Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Tips Menghemat Biaya Operasional Mobil  (Read 10365 times)

romy_tx

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 93
Tips Menghemat Biaya Operasional Mobil
« on: August 21, 2005, 12:57:11 PM »

Mobil bukan lagi soal gengsi. Bagi sebagian orang, mobil adalah alat transportasi penting yang masuk dalam kelompok kebutuhan sehari-hari. Sama seperti yang lain dalam kelompok itu, kebutuhan transportasi harus dibuat seirit dan se-efektif mungkin agar tidak menggangu stabilitas neraca keuangan rumah tangga.

Kondisi ini terutama dirasakan di kota-kota besar. Di Jakarta, hampir 40% pengeluaran berada di pos ini. Lebih dari 50% perjalanan adalah pulang pergi kerja. Sekitar 20% untuk pulang pergi sekolah.


Penghematan bisa dimulai ketika membeli mobil. Memilih mobil bekas bisa menghemat sekian juta rupiah dibandingkan mobil baru dari model yang sama (tentu yang masih laik dan layak. Lihat jurus memilih mobil bekas di tip mobilku.com sebelumnya). Demikian pula pajak yang harus dibayarkan, juga lebih hemat.


Konfigurasi mesin empat silinder segaris lebih hemat dari V6 ataupun V8 yang peformanya jauh lebih baik. (lagian, buat apa cari mobil yang bisa ngebut di Jakarta bila kecepatan jelajah rata-rata hanya 8 km/jam, jauh lebih kecil dari rata-rata internasional, 12 km/jam ). Mobil yang ringan, kecil juga lebih bersahabat soal bensin.


Kalaupun saat ini sudah memiliki mobil, Anda masih bisa melakukan penghematan dengan langkah-langkah sederhana yang sesuai akal sehat.


+ Jangan memanaskan mesin terlalu lama


Kebiasaan memanaskan mesin itu baik, tapi jangan terlalu lama. Karena bensin yang terbakar itu tidak membawa Anda kemana-mana. Lagipula mobil lebih cepat “panas” ketika dikendarai. Apalagi teknologi mobil sekarang tidak membutuhkan waktu pemanasan bermenit-menit. Jadi buat apa buang bensin dengan ‘ritual’ pemanasan berlama-lama?


+ Perlakukan mobil secara lembut


Jalankan mobil dengan lembut dan halus. Bawalah mobil ke kecepatan ideal/jelajah dengan cepat tapi jangan kasar. Usahakan untuk stabil di kecepatan itu. Ini akan menghemat bensin. Hindari kebiasaan ngebut dan ngerem berulang-ulang. Menurut Environmental Protection Agency USA, kecepatan paling ekonomis berkisar 40 km/jam hingga 100 km/jam. Menjalankan mobil dengan lembut, bukan saja menghemat bensin tapi juga memperpanjang umur mesin, transmisi dan rem.


+ Hati-hati dengan roof rack


Mungkin tidak pernah terpikirkan bahwa menempatkan barang di roof rack akan menyebabkan bensin menjadi lebih boros. Kenyataannya terganggunya aliran udara akibat penempatan barang itu menyebabkan mesin harus bekerja lebih keras dan ini berarti bensin lebih banyak. Bila dilengkapi AC, biasakan untuk menutup semua jendela, karena jendela yang terbuka akan mengganggu aliran udara dan menciptakan hambatan baru.



+ Pakai bahan bakar rekomendasi pabrik


Kalau mobil anda dirancang untuk memakai premium, ya beli premium. Membeli bensin yang lebih mahal tidak memberi keuntungan yang signifikan. Hanya saja, hati-hati dengan premium bertimbal yang masih saja dijual Pertamina. Bensin ini cenderung menghasilkan timbunan kerak di ruang bakar dalam jangka panjang.


+ Rawat teratur


Kebiasaan merawat mobil termasuk ganti oli secara reguler pada akhirnya akan menekan biaya operasional, karena mobil beroperasi dalam kondisi puncak dan jarang rusak. Mesin yang tidak di tune up menyerap bensin 10 – 20% lebih banyak dari yang rajin dirawat. Mesin-mesin modern yang dikontrol komputer memang tidak membutuhkan tune up sesering mesin lama, tapi tetap harus dirawat. Pastikan mobil dirawat sesuai jadwal yang ada pada buku manual. Bertindak sigap ketika mendengar atau merasakan suara, getaran dan bau yang berbeda, akan banyak membantu mengurangi risiko kantong kering.


+ Tidak harus bengkel resmi


Dealer resmi tentu dilengkapi dengan peralatan modern dan berpengalaman memperbaiki mobil produksinya. Tapi bengkel resmi biasanya lebih mahal dari bengkel biasa. Jadi ada baiknya mencari bengkel biasa dengan mekanik berpengalaman dan profesional untuk melakukan perawatan rutin mobil anda. Sedangkan pada kasus-kasus tertentu yang tergolong sulit dan jarang terjadi, lebih baik manfaatkan bengkel resmi. Biasakan menyimpan catatan perawatan mobil setiap kali mobil masuk bengkel. Catatan ini akan sangat berguna kelak bila mobil akan dijual kembali.


+ Periksa ban mobil


Seringkali pengendara lalai memeriksa ban mobil. Padahal ban yang kurang tekanan anginnya membutuhkan energi lebih besar untuk menggulirkannya, selain lebih cepat aus. Cek ban minimal sebulan sekali pada kondisi dingin. Tekanan yang direkomendasikan biasanya tertera di buku manual ataupun di bagian dalam mobil. Kebiasaan ini akan memperpanjang umur ban yang sekarang mahal harganya.


+ Sabuk pengaman bukan hiasan


Manfaatkan sabuk pengaman, karena perangkat ini terbukti memberikan perlindungan optimal ketika terjadi benturan. Risiko cidera bisa dikurangi, demikian pula biaya perawatan rumah sakit
  
Logged
Beware of Doggy Syle

suryalexus

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: Tips Menghemat Biaya Operasional Mobil
« Reply #1 on: January 09, 2007, 11:42:34 PM »

coba deh..selain mobil yang irit en dan mobil yang sistem hybrid ada bahan bakar yang menentuikan pengiritan....namanye bahan bakar dari ethanol atau biofuel.....mau coba?? sms g di 08128232927 g jelasin....lebih murah dari bensin premium....mau coba?? hemat bahan bakar en pembuangan bersih....ngak percaya kan? hybrid udah tewas di eropa en us...
Logged

mansetha

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 49
Re: Tips Menghemat Biaya Operasional Mobil
« Reply #2 on: November 21, 2007, 10:18:38 AM »

pilihan sekarang mobil buat keluarga tidak harus BBM bensin, mobil dg BBM solar juga patut diperhitungkan, selain lebih irit juga lebih ramah lingkungan, memang akselerasi masih kalah dg mobil bensin. Tapi torsinya lumayan besar. buat muatan banyak dan tanjakan lebih ok.

Logged

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: Tips Menghemat Biaya Operasional Mobil
« Reply #3 on: November 22, 2007, 08:42:34 AM »

Yah semoga yang sudah diulas di motor plus tentang motor berbahan bakar air juga bisa diterapkan di mobil.... :wacko:

semoga riset yang dilakukan bisa digunakan di kehidupan sehari-hari... :ph34r:

http://motorplus-online.com/articles.asp?id=11439
Logged
Is not what we ride but how we ride it!

mansetha

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 49
Re: Tips Menghemat Biaya Operasional Mobil
« Reply #4 on: November 22, 2007, 02:37:37 PM »

mo irit bener ya pake aja mobil full elektrik, tanpa BBM, kayak HP abis tinggal dicharge.. ini contohnya, mobil sedan Mitsubishi Miev.

Tulisan MIEV di belakang nama Mitsubishi Lancer merupakan singkatan dari Mitsubishi In-wheel motor Electric Vehicle, yang terjemahan bebasnya adalah kendaraan Mitsubishi dengan motor listrik di empat rodanya.

Tiap-tiap motor listrik itu menghasilkan tenaga maksimum sekitar 67 PK sehingga total tenaga yang dihasilkan setara dengan 270 PK dan torsi maksimum 518 Nm. Itu membuat Mitsubishi Lancer MIEV sanggup berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam 7 detik dan kecepatan maksimumnya mencapai 184 kilometer per jam.

Dalam keadaan baterai penuh, jarak jelajah Mitsubishi Lancer MIEV sekitar 250 kilometer.



Logged

ecallica

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 51
    • Konsultan ISO Terbaik
Re: Tips Menghemat Biaya Operasional Mobil
« Reply #5 on: December 28, 2014, 02:01:37 AM »

yah syg tipsnya udah ga ada..

Fransisca RK

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 12
    • d3 otomotif umm
Re: Tips Menghemat Biaya Operasional Mobil
« Reply #6 on: January 04, 2015, 11:28:27 PM »

ikutan nyimak ya bror  :mellow:
Logged

bimo

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 16
    • rental mobil
Re: Tips Menghemat Biaya Operasional Mobil
« Reply #7 on: October 27, 2015, 10:42:42 AM »

Wah boleh juga nih tipsnya, lumayan buat hemat biaya bulanan :D
Logged

kenzie25

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 6
    • karoseri truk
Re: Tips Menghemat Biaya Operasional Mobil
« Reply #8 on: November 14, 2015, 07:53:10 PM »

Ini tipsnya yang memang udah ga ada apa, lepi ane ya yang error ga keluar tulisannya? kalo udah dihapus diupdate lagi dong :D
Logged

BeliMitsubishi

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
  • Melayani Dengan Hati
    • BeliMitsubishi.Net
Re: Tips Menghemat Biaya Operasional Mobil
« Reply #9 on: February 20, 2016, 09:44:23 PM »

 :ph34r:
numpang nyimak gan, masih nyubi
Logged
<a href='http://www.belimitsubishi.net/2015/12/pajero-sports.html' title='Harga All New Pajero Sport Surabaya'>Harga All New Pajero Sport</a>

<a href='http://www.belimitsubishi.net/2016/02/paket-kredit-ringan-pick-up-t120ss-l300.html' title='Harga Colt Diesel Surabaya'>Truk Colt Diesel</a>

rafa04

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 21
    • AVR Stamford & Generator
Re: Tips Menghemat Biaya Operasional Mobil
« Reply #10 on: March 15, 2016, 04:34:04 PM »

Kalau mau lebih hemat lagi coba deh gunakan mobil hybrid hehehehe
Kurang hemat? Tunggu produk tesla masuk ke Indonesia. Tinggal di cas dan langsung go hahahaha hemat abis pastinya :D
Logged

bowo05

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2
Re: Tips Menghemat Biaya Operasional Mobil
« Reply #11 on: July 26, 2016, 02:28:22 PM »

Gan, kebetulan gue mau ganti oli, terus nyari-nyari, nemu oli idemitsu 0W-20, katanya sih bikin tarikan mobil lebih encer jadi lebih hemat bahan bakar. Kan lumayan, kalau bisa ngirit buat persiapan nikah.  ^_^ Mobil ane avanza tahun 2015. Ane mau coba.
Agan-agan disini ada yang udah pernah coba? minta inpoh nya gan kalau udah pernah coba! ;D
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything