• Welcome to Forum Otomotif Indonesia. Please login or sign up.
 
May 30, 2020, 08:28:06 am

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.


Hati-hati Aki Soak

Started by Kang Nunu a.k.a Sphere, October 31, 2007, 03:20:08 pm

Previous topic - Next topic

Kang Nunu a.k.a Sphere

Khususnya untuk motor yang kelistrikannya DC. Musti buru-buru ganti. Soalnya kalo aki soak trus tetap dijalankan, bisa merembet ke yang lain. Gara-gara harus nyala lampu siang hari, aki gw soak, trus gw cuekin ajah. :rolleyes: Soalnya biasa setahun sekarang cuma setengah tahun. Ya udah alhasil motor gw mogok dijalan. :buck2: Terpaksa dorong-dorong dari Perumnas Kelender ke  Pondok Ungu. Untuk kalo mesin udah dingin bisa distater lagi, abis itu mogok lagi, dorong sambil tunggu mesin digin dst. Besoknya dibawa ke AHASS katanya coilnya rusak, diganti, dan langung tokcer lagi. Mekaniknya juga pesan, kalo aki soak harus cepat-cepat di ganti ya... hiks... :'(
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

m0k0_ginta

Itu buat motor yang pengapiannya DC ya... ? :rolleyes:

aku pernah ada pengalaman sama yamaha Jupiter, kejadiannya juga seperti itu.. :angry:
Is not what we ride but how we ride it!

Cupliz

maap nimbrung...

Tp kan Jupi Z pengapianya AC??
No Body See the Trouble I See, No Body Know My Sorrow.

m0k0_ginta

Quote from: Cupliz on February 04, 2008, 10:32:57 pm
maap nimbrung...

Tp kan Jupi Z pengapianya AC??


Nah itu aku ngga tahu, tapi dulu pas aku pake jupi Z trus akinya soak gara2 elektrik stater konslet, setelah di coba pake kick stater tetap ngga mau nyala...
Is not what we ride but how we ride it!

Cupliz

Yg pasti saya pernah bongkar kelistrikan Jupi-Z...waktu itu ada temen minta tolong mau lepas aki...saya lepas biasa dan kabel dari kiprok yang masuk ke aki saya tutup isolasi..hasilnya no problem...cuman g isa nyalain reting ama rem belakang+elektrik stater...

jadi seharusnya pengapian jupi-Z g tergantung sama aki(bukan DC)

^^
No Body See the Trouble I See, No Body Know My Sorrow.

oir

Aki soak itu bgmn cirinya kalo pas nancep di motor?
Kalo di elektrik starter gak mau nyala apa sdh dikategorikan aki soak?

PiaL

salah satu gejalanya tuh
lebih jelas lagi elektrik stater nggak bisa ato sulit plus waktu elektrik stater diteken, lampu2 indikator meredup ato mati


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

upil naga

 ;D ;D ;D iya betul kalo motor pengapian DC aki harus bener2 di cek ... kalo bisa sih pake aki basah aja ... jadi bisa di maintenance ... saran gw ... untuk perawatan aki ... coba periksa regulator/kiproknya ... kalo kiproknya udah jelek malah bisa merusak akinya ... nah kalo bener2 sial sampai mogok gara2 aki ... coba cabut sekring yang ada di aki ... nah itu aja tips dari gw smoga bermanfaat ...
kalo ada yang mau ngobrol atau diskusi ama gw ... silakan contact di YM gw ricky_mcreith[at]yahoo.c0m THX

upil naga

Quote from: oir on February 10, 2009, 09:49:43 am
Aki soak itu bgmn cirinya kalo pas nancep di motor?
Kalo di elektrik starter gak mau nyala apa sdh dikategorikan aki soak?


kalo aki2 udah bener2 soak ... gampang ceknya ... hidupin kontak .... (jangan nyalain mesinnya...posisi kontak nyala aja) ... kalo bisa di stater elektrik itu masih >80% bagus ... kalo klakson bisa bunyi ... itu tandanya >50% ... kalo lampu netral aja ga nyala .... cek akinya masih ada ato gak (siapa tau ilang)  hahaha
kalo ada yang mau ngobrol atau diskusi ama gw ... silakan contact di YM gw ricky_mcreith[at]yahoo.c0m THX

kasburator

bisa lari ke koil aki soak ya mas bro? thanks info nya

centra

klo saya punya sedikit masalah aki motor saya (saya pake aki basah ). saya baru beli aki  tiga bulan ,trus air aki nya saya ganti, sayang nya pas udah di pasang ,sampe skarang ga kuat stater,bisa ngasih solusi ga untuk atasi ini???

etrox

makasi sarannya gan... makasi ya share nya juga

roda-dua

Quote from: centra on March 07, 2011, 10:59:16 am
klo saya punya sedikit masalah aki motor saya (saya pake aki basah ). saya baru beli aki  tiga bulan ,trus air aki nya saya ganti, sayang nya pas udah di pasang ,sampe skarang ga kuat stater,bisa ngasih solusi ga untuk atasi ini???



aye pernah tuh gan ngalamin hal yang sama
coba cek dinamo starter nya dah, sapa tau itu yang jadi masalah