• Welcome to Forum Otomotif Indonesia. Please login or sign up.
 
June 01, 2020, 02:43:20 am

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.


OLI bagus bukan oli biasa

Started by wahyu, February 06, 2009, 03:13:24 pm

Previous topic - Next topic

wahyu

Quote from: denbagoes18 on March 14, 2009, 06:01:17 pm
tergantung jg bro sm kbutuhan lo,kalo buat sehari2 sm buat balapan harus beda emang
perlu diketahui bahwa oli ini dibuat bukan untuk balapan, akan tetapi untuk jarak tempuh yang jauh (80000km). karena flas point (titik bakar) dari oli ini sekitar 448 dari yang disyaratkan untuk balap 420, maka salah satu pembalap jepang merekomendasikan untuk pakai oli ini bahkan tim sriwijaya air relly mobil pakai pada oli ini.  :ph34r: :ph34r:(pengalamannya).

wahyu

Quote from: i_wan19 on February 10, 2009, 02:35:04 am
Kalo pake oli QUASAR P2 gmn bro ?
Denger2 sih bagus tuh...
pakai oli bukan berdasarkan merk, tapi harus tahu lulus sertifikasi atau tidak (API dunuts). kemudian ada pabriknya atau tidak(perusahaannya), jangan-jangan pesan di pabrik lain, dikemas yang ciamik, dibungkus dengan iklan yang menawan, apalagi melibatkan artis,,, pasti banyak yang tertarik, hati-hati broo. kemudian perusahaan tsb mempunyai teknologi yang terkini atau tidak atau apakah mendapat sertifikat ISO ini atau ISO sekian. kemudian pabrik menjamin bahwa oli ini termasuk Drain interval (jarak diatas 25000km) bahkan dengan dibuktikan oleh lembaga independen. atau ada atau tidak orang lain yang merekomendasikan oli tsb.
perlu diketahui tanpa ada lisensi API dunut (gambar lingkaran seperti donut) di Indonesia masih di legalkan. hati hati banyak oli yang hanya mengambil keuntungan saja tanpa mempehatikan mutu. jangan terjadi pada mesin anda!!!!!!!!!!!!!!

wahyu

Quote from: Actros on March 03, 2009, 09:47:39 am
Saya telah memakai oli "*****" CI4-Plus Jaso MA selama 2 tahun dengan lebih dari 20.000km tanpa ganti dan tanpa kuras, untuk Toyota Kijang dan Jupiter MX, tanpa ada masalah hanya saja pada saat penggantian oli di tahun ke 2, oli berkurang 50% dengan kwalitas masih baik, jadi teori bisa berkurangnya oli itu benar bila temperatur mesin >140degree celcius, tapi secara ekonomis ya masih ngirit di banding oli kebanyakan. Saya pakai di mobil, karena mobil saya sering over heat, tapi dengan oli tsb Over heat nya bisa ter atasi. Sebenarnya dari situs api.0rg itu bisa diketahui kok kelebihan CI4-Plus Grade, tinggal sertifikasinya valid gak, kalo memakai SAE.... atau CI / CH?... yang mengeluarkan Sertifikasinya ya harus API dong (Americal Petroleum Institute), ternyata di Indo ini banyak kok yg CI4-Plus sertifikasi API ada Mobil Oil, Caltex, ELF, dll (masih import semua) tinggal bandingkan harganya saja(bisa lihat di Counternya Auto Mall SCBD / PI) Pertamina sebenarnya telah membuat tetapi hak jualnya masih dikuasai Perush Qatar karena faktor kerja sama pembiayaan (entah sampai kapan??) karena teknologi CI4-Plus ini sesuai dengan project ramah lingkungan "Save Our Planet".
Quote from: Actros on March 03, 2009, 09:47:39 am
Saya telah memakai oli "*****" CI4-Plus Jaso MA selama 2 tahun dengan lebih dari 20.000km tanpa ganti dan tanpa kuras, untuk Toyota Kijang dan Jupiter MX, tanpa ada masalah hanya saja pada saat penggantian oli di tahun ke 2, oli berkurang 50% dengan kwalitas masih baik, jadi teori bisa berkurangnya oli itu benar bila temperatur mesin >140degree celcius, tapi secara ekonomis ya masih ngirit di banding oli kebanyakan. Saya pakai di mobil, karena mobil saya sering over heat, tapi dengan oli tsb Over heat nya bisa ter atasi. Sebenarnya dari situs api.0rg itu bisa diketahui kok kelebihan CI4-Plus Grade, tinggal sertifikasinya valid gak, kalo memakai SAE.... atau CI / CH?... yang mengeluarkan Sertifikasinya ya harus API dong (Americal Petroleum Institute), ternyata di Indo ini banyak kok yg CI4-Plus sertifikasi API ada Mobil Oil, Caltex, ELF, dll (masih import semua) tinggal bandingkan harganya saja(bisa lihat di Counternya Auto Mall SCBD / PI) Pertamina sebenarnya telah membuat tetapi hak jualnya masih dikuasai Perush Qatar karena faktor kerja sama pembiayaan (entah sampai kapan??) karena teknologi CI4-Plus ini sesuai dengan project ramah lingkungan "Save Our Planet".


ada API DONUTnya nggak?, yaitu gambar lingkaran seperti donut yang di dalamnya ada tingkatan oli kelas CJ (C utk solar J nilai kelulusan dari API) atau SL (S utk bensin L nilai kelulusan dari API) atau bahkan bisa keduanya C...../S......  . (utk yg ini bisa solar atau bensi) seperti oli DURON E XL ini.

wahyu

Quote from: Actros on March 03, 2009, 09:47:39 am
Saya telah memakai oli "*****" CI4-Plus Jaso MA selama 2 tahun dengan lebih dari 20.000km tanpa ganti dan tanpa kuras, untuk Toyota Kijang dan Jupiter MX, tanpa ada masalah hanya saja pada saat penggantian oli di tahun ke 2, oli berkurang 50% dengan kwalitas masih baik, jadi teori bisa berkurangnya oli itu benar bila temperatur mesin >140degree celcius, tapi secara ekonomis ya masih ngirit di banding oli kebanyakan. Saya pakai di mobil, karena mobil saya sering over heat, tapi dengan oli tsb Over heat nya bisa ter atasi. Sebenarnya dari situs api.0rg itu bisa diketahui kok kelebihan CI4-Plus Grade, tinggal sertifikasinya valid gak, kalo memakai SAE.... atau CI / CH?... yang mengeluarkan Sertifikasinya ya harus API dong (Americal Petroleum Institute), ternyata di Indo ini banyak kok yg CI4-Plus sertifikasi API ada Mobil Oil, Caltex, ELF, dll (masih import semua) tinggal bandingkan harganya saja(bisa lihat di Counternya Auto Mall SCBD / PI) Pertamina sebenarnya telah membuat tetapi hak jualnya masih dikuasai Perush Qatar karena faktor kerja sama pembiayaan (entah sampai kapan??) karena teknologi CI4-Plus ini sesuai dengan project ramah lingkungan "Save Our Planet".

asd

wahyu

Quote from: ullynih on February 16, 2009, 06:24:46 pm
karena saya orang asia menggunakan sepeda motor jepang....
api yg ada di botol oli enduro racing sudah cukup buat saya....
kecuali orang2 amerika udah ga gengsi make motor dibawah 250cc
mungkin saya akan mencari api donut itu ditiap oli yg akan saya isi
ke mesin motor saya ;)


bung janga keliru, mesin jepang, amerika tetap membutuhkan oli, oli yang terbaik itu yang akan membuat mesin awet, jangan tertipu pengusaha oli yang dapat untung dari banyaknya beli oli, karena makin banyak beli oli pengusaha makin untung. kasihan dong mesin kamu.

wahyu

Quote from: ullynih on February 16, 2009, 06:24:46 pm
karena saya orang asia menggunakan sepeda motor jepang....
api yg ada di botol oli enduro racing sudah cukup buat saya....
kecuali orang2 amerika udah ga gengsi make motor dibawah 250cc
mungkin saya akan mencari api donut itu ditiap oli yg akan saya isi
ke mesin motor saya ;)

Quote from: PiaL on February 17, 2009, 04:47:11 pm
motul yang mana kang ?
kayaknya bukan berkurang karena ngerembes keluar kang, tapi karena menguap tu olinya, jadinya berkurang deh

OLI duron di produksi dengan teknologi Hydro Traking sehingga menghasilkan base oil termurni hingga 99,99%. sehingga tidak terjadi penguapan karena tanpa ada campuran BBM atau bahan lain yang bisa menguap karena panas mesin bahkan meninggalkan kerak pada mesin sebagaimana oli konvensional.

wahyu

Quote from: i_wan19 on February 18, 2009, 12:54:49 am
om wahyu...
pernah denger oli QUASAR P2 gak ?
gmn tentang tuh oli ?
bagus gak ya ?

cari oli itu yang ada lambang API DONUT dengan katagori yang tinggi seperti SL, profil perusahaan oli tersebut apakah seudah menerima berbagai macam ISO sesuai dengan produk, ada apa tidak lembaga lain yang merekomendasi, teknologi perusahaan yang digunakan, jangan tertipu oleh merek oli yang tidak punya pabrik alias pabrik ndopleng pabrik oli lain.

wahyu

[/quot
Quote from: Actros on March 03, 2009, 09:47:39 am
Saya telah memakai oli "*****" CI4-Plus Jaso MA selama 2 tahun dengan lebih dari 20.000km tanpa ganti dan tanpa kuras, untuk Toyota Kijang dan Jupiter MX, tanpa ada masalah hanya saja pada saat penggantian oli di tahun ke 2, oli berkurang 50% dengan kwalitas masih baik, jadi teori bisa berkurangnya oli itu benar bila temperatur mesin >140degree celcius, tapi secara ekonomis ya masih ngirit di banding oli kebanyakan. Saya pakai di mobil, karena mobil saya sering over heat, tapi dengan oli tsb Over heat nya bisa ter atasi. Sebenarnya dari situs api.0rg itu bisa diketahui kok kelebihan CI4-Plus Grade, tinggal sertifikasinya valid gak, kalo memakai SAE.... atau CI / CH?... yang mengeluarkan Sertifikasinya ya harus API dong (Americal Petroleum Institute), ternyata di Indo ini banyak kok yg CI4-Plus sertifikasi API ada Mobil Oil, Caltex, ELF, dll (masih import semua) tinggal bandingkan harganya saja(bisa lihat di Counternya Auto Mall SCBD / PI) Pertamina sebenarnya telah membuat tetapi hak jualnya masih dikuasai Perush Qatar karena faktor kerja sama pembiayaan (entah sampai kapan??) karena teknologi CI4-Plus ini sesuai dengan project ramah lingkungan "Save Our Planet".
e]

kalau oli masih menguap itu bisa diakibatkan oleh teknologi pemurnian oli yang tidak sempurna sehingga kandungan BBM masih ada yang menyebabkan terbakarnya pada saat mesih panas dan mengurangi volume oli. jadi oli berkurang saat di tap dikemudian hari. berbeda dengan duron dari petro canada yang menggunakan teknologi Hidro Tracking yang menghasilkan pemurnian oli sampai 99,99 % sehingga hampir tidak ada BBM yang tertinggal, maka tak akan ada penguapan karena panas mesin

wahyu

Quote from: wahyu on April 02, 2009, 09:42:14 am


kalau oli masih menguap itu bisa diakibatkan oleh teknologi pemurnian oli yang tidak sempurna sehingga kandungan BBM masih ada yang menyebabkan terbakarnya pada saat mesih panas dan mengurangi volume oli. jadi oli berkurang saat di tap dikemudian hari. berbeda dengan duron dari petro canada yang menggunakan teknologi Hidro Tracking yang menghasilkan pemurnian oli sampai 99,99 % sehingga hampir tidak ada BBM yang tertinggal, maka tak akan ada penguapan karena panas mesin

wahyu

Quote from: Actros on March 03, 2009, 09:47:39 am
Saya telah memakai oli "*****" CI4-Plus Jaso MA selama 2 tahun dengan lebih dari 20.000km tanpa ganti dan tanpa kuras, untuk Toyota Kijang dan Jupiter MX, tanpa ada masalah hanya saja pada saat penggantian oli di tahun ke 2, oli berkurang 50% dengan kwalitas masih baik, jadi teori bisa berkurangnya oli itu benar bila temperatur mesin >140degree celcius, tapi secara ekonomis ya masih ngirit di banding oli kebanyakan. Saya pakai di mobil, karena mobil saya sering over heat, tapi dengan oli tsb Over heat nya bisa ter atasi. Sebenarnya dari situs api.0rg itu bisa diketahui kok kelebihan CI4-Plus Grade, tinggal sertifikasinya valid gak, kalo memakai SAE.... atau CI / CH?... yang mengeluarkan Sertifikasinya ya harus API dong (Americal Petroleum Institute), ternyata di Indo ini banyak kok yg CI4-Plus sertifikasi API ada Mobil Oil, Caltex, ELF, dll (masih import semua) tinggal bandingkan harganya saja(bisa lihat di Counternya Auto Mall SCBD / PI) Pertamina sebenarnya telah membuat tetapi hak jualnya masih dikuasai Perush Qatar karena faktor kerja sama pembiayaan (entah sampai kapan??) karena teknologi CI4-Plus ini sesuai dengan project ramah lingkungan "Save Our Planet".
Quote from: wahyu on April 02, 2009, 09:42:14 am


kalau oli masih menguap itu bisa diakibatkan oleh teknologi pemurnian oli yang tidak sempurna sehingga kandungan BBM masih ada yang menyebabkan terbakarnya pada saat mesih panas dan mengurangi volume oli. jadi oli berkurang saat di tap dikemudian hari. berbeda dengan duron dari petro canada yang menggunakan teknologi Hidro Tracking yang menghasilkan pemurnian oli sampai 99,99 % sehingga hampir tidak ada BBM yang tertinggal, maka tak akan ada penguapan karena panas mesin

noeg

OK - OK, sekarang ditinjau dari segi harga bagaimana ??

wahyu

August 30, 2009, 03:00:16 pm #31 Last Edit: August 30, 2009, 03:03:42 pm by wahyu
Quote from: noeg link=topic=1873@FOg17312#msg17312 date=1241171116
OK - OK, sekarang ditinjau dari segi harga bagaimana ??


harganya sekitar Rp 300.000 per litre sangat irit dengan jarak tempuh 80.000km. info ke "fadhilcom@plasa(titik)com"

divana

April 03, 2010, 08:17:48 am #32 Last Edit: April 03, 2010, 08:26:34 am by divana
Quote from: ullynih link=topic=1873.     msg15513#msg15513 date=1233937669
cintailah produk dalam negri enduro racing tetep paling mantap
Quote from: Kang Nunu a.     k.     a Sphere link=topic=1873.     msg15496#msg15496 date=1233915222
Sori bro, gw ga setuju dengan oli motor yang bisa nempun 80000 km.      Tapi bukan berarti meragukan kwalitas itu oli yahhh.     .     .     

Pertama, jarak tempuh hingga 80000 km, menurut gw terlalu lama, karena panas biasanya olinya nguap trus bisa berkurang.      Blum lagi kalo ada seal-nya yang bocor.      Jadi musti rajin-rajin cek oli juga dan tambah kalo kurang.     .     .      Apalagi kali olinya encer.     .     .     

Yang kedua, biasanya oli untuk daerah tropis kaya Indonesia beda dengan daerah subtropis kaya kanada.      Trus biasanya musti cari tau udah standar JASO-MA nya ga.      Karena motor di indonesia mesinnya masih menggunakan kopling basah.      Ntar malah sering selip jadinya kalo pake oli untuk kopling kering.     .     .     

Tapi selama Anda happy dengan oli-nya gpp koq dipake truss.     .     .     .     


pengalaman neh coba olie yang bagus (katanya) buat motor ane kopling basah, mesin alus, rpm cepat akselerasinya , tapi.     .     .     , setelah 500km /1 bulan ketauan dah nggak cocok, kopling selip, kemudian kopling loss.      terpaksa deh ganti kopling yang notabene harganya lebih mahal dari perhitungan kalo pake olie tersebut.      Bagus , mahal, belum tentu cocok dengan motor kopling basah, laen dengan mobil pake kopling kering (ato motor pake kopling kering >>harley, bmw)Bagus dimesin belum tentu bagus di kopling, soale motor kecil oli mesin ama oli gearbox jadi satu.

lostboys

setau ane sh bro yg ajib th oli cuma total

kasburator

saia biasa pake shell helix ultra yg 5w 40 (soalnya kudu pake yg itu dari bengkelnya bro).  Trus sekarang pake castrol yg sama 5w 40, harga lebih murah, kualitas kok sama aja ya? malah kayanya lebih enteng castrol.  Tp klo urusan 80km. . hhmmmm, bagusnya gak gak usah sampe segitu di ganti aja bro.  Jaga2

etrox

mending ganti oli motor di km 2000 aja gan, tu terlalu nyiksa mesin.

roda-dua

pakai oli sesuai dengan mesin adalah hal yang tepat demi untuk membuat mesin jadi tetap dalam performa terbaiknya.
namun tidak hanya oli saja, tapi cara perawatan motor juga harus diperhatikan juga