• Welcome to Forum Otomotif Indonesia. Please login or sign up.
 
May 25, 2020, 06:38:04 pm

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.


OLI bagus bukan oli biasa

Started by wahyu, February 06, 2009, 03:13:24 pm

Previous topic - Next topic

wahyu

2 bulan yang lalu aku ditawarin oli Merk Duron E-XL 15-30 dari Petro canada, katanya mampu menempuh 80.000 km. mesin halus, tarikan nambah, bensin irit, mampu merawat mesin hingga 2 jt kam tanpa turun mesin, bahkan dicritain mobil yang bocor radiator mampu menempuh krian surabaya tanpa rusak mesin (mulet) dan susuki jelajah nusantara 20.000 - 35.000 km itu pakai oli ini, ku cek di gogle "petro canada" ternyata banyak yang mereferensikan oli itu. penasaran akhirnya tak coba pada grand 97 gue 80cc yg nota bene jarang servis tapi ganti oli tiap 3000 km, ternyata ada perbedaan yaitu ; tarikan nambah dan 80 km mampu dipersneleng 3 itu pun gas belum pol yg sebelumnya menggunakan persneleng 4. 1 litre 50 menjadi 65 km, aku tau emailnya saja "fadhilcom[at]plasa.c0m" coba aja pasti dibalas

Kang Nunu a.k.a Sphere

Sori bro, gw ga setuju dengan oli motor yang bisa nempun 80000 km. Tapi bukan berarti meragukan kwalitas itu oli yahhh...

Pertama, jarak tempuh hingga 80000 km, menurut gw terlalu lama, karena panas biasanya olinya nguap trus bisa berkurang. Blum lagi kalo ada seal-nya yang bocor. Jadi musti rajin-rajin cek oli juga dan tambah kalo kurang... Apalagi kali olinya encer...

Yang kedua, biasanya oli untuk daerah tropis kaya Indonesia beda dengan daerah subtropis kaya kanada. Trus biasanya musti cari tau udah standar JASO-MA nya ga. Karena motor di indonesia mesinnya masih menggunakan kopling basah. Ntar malah sering selip jadinya kalo pake oli untuk kopling kering...

Tapi selama Anda happy dengan oli-nya gpp koq dipake truss....
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

ullynih

cintailah produk dalam negri enduro racing tetep paling mantap

i_wan19

Kalo soal iklim sih masuk akal juga ya.
Btw, udah pernah coba ampe 80.000KM ? Trus gmn tuh ?
 *Image Removed*

PiaL

denger2 sih belom ada pengguna tu oli yang dah nyampe 80.000 km  ;D


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

ullynih

hehehehe 80.000 km pas dibuka baut olinya ga ada yg netes kayanya...
atau udah berubah jadi pasir semua... ?

Kang Nunu a.k.a Sphere

Quote from: ullynih on February 06, 2009, 11:27:49 pm
cintailah produk dalam negri enduro racing tetep paling mantap


Yoi nehhh, semenjak motul udah jadi 83 ribu gw ganti enduro racing sebagai penggantinya. Tiada yang lebih mantaffb selain enduro racingg...
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

PiaL

olinya bro biker zone mantap lho  :ph34r:


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

i_wan19

Kalo pake oli QUASAR P2 gmn bro ?
Denger2 sih bagus tuh...
 *Image Removed*

wahyu

Quote from: Kang Nunu a.k.a Sphere on February 06, 2009, 05:13:42 pm
Sori bro, gw ga setuju dengan oli motor yang bisa nempun 80000 km. Tapi bukan berarti meragukan kwalitas itu oli yahhh...

Pertama, jarak tempuh hingga 80000 km, menurut gw terlalu lama, karena panas biasanya olinya nguap trus bisa berkurang. Blum lagi kalo ada seal-nya yang bocor. Jadi musti rajin-rajin cek oli juga dan tambah kalo kurang... Apalagi kali olinya encer...

Yang kedua, biasanya oli untuk daerah tropis kaya Indonesia beda dengan daerah subtropis kaya kanada. Trus biasanya musti cari tau udah standar JASO-MA nya ga. Karena motor di indonesia mesinnya masih menggunakan kopling basah. Ntar malah sering selip jadinya kalo pake oli untuk kopling kering...

Tapi selama Anda happy dengan oli-nya gpp koq dipake truss....


__________________________________
kang ....!
tahukan suzuki setiap ngluarin produk baru selalu ada acara "suzuki jelajah nusantara", tuh motor gak boleh mati mesinnya, trus gimana cara ganti oli???????. and nempuh jarak lebih dari 20000 km nyampai 35000km. pakai oli pasaran akan rontok tuh mesin.
coba gogling "petro canada indonesia" banyak informasi di sana.

wahyu

Quote from: ullynih on February 06, 2009, 11:27:49 pm
cintailah produk dalam negri enduro racing tetep paling mantap

_________
sayangnya bung pertamina tidak mendaftarkan oli tsb ke ke American Petrolium institut (API) yang ada lambang "donut" nya (lingkaran yang ada tulisan API servis sm)
API itu lembaga yang ngluarin sertifikat oli, layak dipakai atau tidak. kalo tak ada mungkin tak di daftarkan atau didaftarkan tapi gak lulus. inga` inga` harus ada "API DONUT"

wahyu

Quote from: i_wan19 on February 09, 2009, 02:03:42 am
Kalo soal iklim sih masuk akal juga ya.
Btw, udah pernah coba ampe 80.000KM ? Trus gmn tuh ?


_______
ada mobil terrios udah nyampai 40000 km, dan oli itu di cek oleh PT CORRELAB jakarta, masih layak pakai dan tak terjadi keausan dini
cari infonya di gogle "petro canada indonesia"

ullynih

Quote from: wahyu on February 16, 2009, 03:14:50 pm
_________
sayangnya bung pertamina tidak mendaftarkan oli tsb ke ke American Petrolium institut (API) yang ada lambang "donut" nya (lingkaran yang ada tulisan API servis sm)
API itu lembaga yang ngluarin sertifikat oli, layak dipakai atau tidak. kalo tak ada mungkin tak di daftarkan atau didaftarkan tapi gak lulus. inga` inga` harus ada "API DONUT"

karena saya orang asia menggunakan sepeda motor jepang....
api yg ada di botol oli enduro racing sudah cukup buat saya....
kecuali orang2 amerika udah ga gengsi make motor dibawah 250cc
mungkin saya akan mencari api donut itu ditiap oli yg akan saya isi
ke mesin motor saya ;)

Kang Nunu a.k.a Sphere

Quote from: wahyu on February 16, 2009, 03:07:53 pm
kang ....!
tahukan suzuki setiap ngluarin produk baru selalu ada acara "suzuki jelajah nusantara", tuh motor gak boleh mati mesinnya, trus gimana cara ganti oli???????. and nempuh jarak lebih dari 20000 km nyampai 35000km. pakai oli pasaran akan rontok tuh mesin.
coba gogling "petro canada indonesia" banyak informasi di sana.


Yakin gan olinya bisa nempuh 80000 km? Berarti kalo dipake di motor gw harusnya 6 tahun sekali baru ganti oli, trayek-nya itu tiap hari sudirman-bekasi, setahun belakangan sudirman-tangerang. Soalnya kemaren pake oli motul 10/40 ajah pas diganti di 2000km olinya udah tinggal setengah. Gw rasa sich motor Suzuki baru keluar pabrik seal-nya masih bagus, ga ada yang rembes... Yah, gpp sehhh kalo ada yang berminat pake... terutama motornya kalo masih baru keluar pabrik, trus ganti olinya 5-6 tahun kemudian... Kan gw dah bilang, gw ga meragukan kemampuan nich produk. Cuma bener ga bisa sampe 80000km tanpa memperhatikan faktor eksternal?
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

Kang Nunu a.k.a Sphere

Quote from: wahyu on February 16, 2009, 03:14:50 pm
sayangnya bung pertamina tidak mendaftarkan oli tsb ke ke American Petrolium institut (API) yang ada lambang "donut" nya (lingkaran yang ada tulisan API servis sm)
API itu lembaga yang ngluarin sertifikat oli, layak dipakai atau tidak. kalo tak ada mungkin tak di daftarkan atau didaftarkan tapi gak lulus. inga` inga` harus ada "API DONUT"


Kalo klaim-nya pertamina sehh, Enduro Racing 4T udah memenuhi kualifikasi standard mutu internasional API SJ, gw ga tau dech lulus apa ngga-nya...
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

PiaL

Quote from: Kang Nunu a.k.a Sphere on February 17, 2009, 03:00:51 pm
Yakin gan olinya bisa nempuh 80000 km? Berarti kalo dipake di motor gw harusnya 6 tahun sekali baru ganti oli, trayek-nya itu tiap hari sudirman-bekasi, setahun belakangan sudirman-tangerang. Soalnya kemaren pake oli motul 10/40 ajah pas diganti di 2000km olinya udah tinggal setengah. Gw rasa sich motor Suzuki baru keluar pabrik seal-nya masih bagus, ga ada yang rembes... Yah, gpp sehhh kalo ada yang berminat pake... terutama motornya kalo masih baru keluar pabrik, trus ganti olinya 5-6 tahun kemudian... Kan gw dah bilang, gw ga meragukan kemampuan nich produk. Cuma bener ga bisa sampe 80000km tanpa memperhatikan faktor eksternal?


motul yang mana kang ?
kayaknya bukan berkurang karena ngerembes keluar kang, tapi karena menguap tu olinya, jadinya berkurang deh


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

i_wan19

om wahyu...
pernah denger oli QUASAR P2 gak ?
gmn tentang tuh oli ?
bagus gak ya ?
 *Image Removed*

Kang Nunu a.k.a Sphere

Quote from: PiaL on February 17, 2009, 04:47:11 pm
motul yang mana kang ?
kayaknya bukan berkurang karena ngerembes keluar kang, tapi karena menguap tu olinya, jadinya berkurang deh


Motulnya yang buat mobil, encer banget...
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

Actros

Saya telah memakai oli "*****" CI4-Plus Jaso MA selama 2 tahun dengan lebih dari 20.000km tanpa ganti dan tanpa kuras, untuk Toyota Kijang dan Jupiter MX, tanpa ada masalah hanya saja pada saat penggantian oli di tahun ke 2, oli berkurang 50% dengan kwalitas masih baik, jadi teori bisa berkurangnya oli itu benar bila temperatur mesin >140degree celcius, tapi secara ekonomis ya masih ngirit di banding oli kebanyakan. Saya pakai di mobil, karena mobil saya sering over heat, tapi dengan oli tsb Over heat nya bisa ter atasi. Sebenarnya dari situs api.0rg itu bisa diketahui kok kelebihan CI4-Plus Grade, tinggal sertifikasinya valid gak, kalo memakai SAE.... atau CI / CH?... yang mengeluarkan Sertifikasinya ya harus API dong (Americal Petroleum Institute), ternyata di Indo ini banyak kok yg CI4-Plus sertifikasi API ada Mobil Oil, Caltex, ELF, dll (masih import semua) tinggal bandingkan harganya saja(bisa lihat di Counternya Auto Mall SCBD / PI) Pertamina sebenarnya telah membuat tetapi hak jualnya masih dikuasai Perush Qatar karena faktor kerja sama pembiayaan (entah sampai kapan??) karena teknologi CI4-Plus ini sesuai dengan project ramah lingkungan "Save Our Planet".

denbagoes18

tergantung jg bro sm kbutuhan lo,kalo buat sehari2 sm buat balapan harus beda emang