Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: RPM tidak stabil  (Read 11505 times)

deng37

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
RPM tidak stabil
« on: June 07, 2009, 09:31:42 PM »

Helo  ;D, saya pengguna mobil honda accord tahun 1990. Mobil saya punya masalah mengenai RPM nya.

(*) Saat memanaskan mobil, mobil di starter, RPM berada di 100-200an. Begitu saya injak lepas pedal gas sekali (injak dan langsung lepas), RPM manteng pada 900an. Begitu saya injak lepas pedal gas nya lagi, RPM kembali pada 100-200an. Kalau saya injak lepas lagi, RPM tetap pada 100-200an.

(*)Saat mobil sudah panas, RPM berada pada 800-900.

(*)Saat malam hari, lampu besar dinyalakan, RPM berada pada 400-500 (mesin panas), berada pada 100-200 (mesin dingin).

(*)RPM mengalami penurunan bila menaik/turunkan jendela dan mengerem (rem kaki). Tapi saat menyalakan lagu, tidak berpengaruh.  :idiot2:

Emang kalau RPM menunjuk pada 400-500, dia stabil pada angka segitu, tapi kenapa waktu mesin dingin, panas, dan mengunakan peralatan elektronik, berbeda2. Ga bisakah RPM idle pada 800-900 pada segala kondisi? Terima kasih  :ph34r:
  
« Last Edit: June 07, 2009, 09:44:55 PM by deng37 »
Logged

ae86

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 16
  • fast forward
Re: RPM tidak stabil
« Reply #1 on: March 04, 2010, 11:55:43 PM »

beban kelistrikan seperti menyalakan lampu dll mengakibatkan penambahan beban pada mesin ya efeknya rpm mesin akan turun sedikit, begitu juga kalau kita injak pedal rem. . . .  dikarenakan ada booster rem yang memanfaatkan vakum mesin maka saat injak rem rpm mesin juga ikut berubah
pada mesin injeksi , masalah beban kelistrikan ini disensor oleh komputer mesin jadi rpm mesin masih tetap stabil
Logged
*Link Removed*

erpurpone

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: RPM tidak stabil
« Reply #2 on: May 15, 2011, 12:41:38 AM »

newbi coba membantu bro,kemungkinannya banyak bro
1. kalo pake ac rpmnya gimana,rpm wajib naik kisaran 200 rpm,kalo rpm gak naik ===> idle up ac error 
2. nih mobil masih karbu or injek,kalo karbu setel ulang karbu semprot carb cleaner
3. cek kelistrikan bro bisa jadi ada yg korslet terutama yg di spedometernya yg bikin rpm gak stabil
4. cek koil,sebab kalo koil rusak bisa membuat rpm gak stabil karena arus yg diterima gak singkron
5. cek termoswich,thermostat
semoga bisa membantu CMIIW. . . .
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything