Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: 1 2 3 [4]   Go Down

Author Topic: Produk Inovatif -> Cara Baru Aki Bekerja -> Hemat + Bertenaga  (Read 24612 times)

VITTA-Q

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 0
Serba Serbi Otomotif
« Reply #60 on: December 04, 2010, 08:56:53 AM »



Serba Serbi Otomotif


Dear pecinta otomotif,

Kami selalu berusaha memberikan lebih kepada Anda semua.
Perubahan Situs VITTA-Q yang belum lama kami lakukan memungkinkan untuk menambahkan fitur-fitur yang makin OK.

Saat ini kami ingin memperkenalkan figur baru yaitu: Serba Serbi Otomotif.
Fitur ini berguna untuk merangkum berita-berita otomotif dari berbagai sumber di internet.

Dengan fitur ini Anda tidak perlu browsing ke banyak tempat untuk mencari berita otomotif. 
Selain itu berita yang disajikan pastinya terkini, maksimal 1 bulan yang lalu.

Langsung saja kunjungi halaman muka Situs baru VITTA-Q; kemudian klik lainnya. .  jika ingin melihat lebih banyak.



Berita-berita otomotif dari berbagai sumber dirangkum di sini -> akibaterai@ FO.


Hanya untuk Anda praktisi/pecinta otomotif,

VITTA-Q
  
Logged

VITTA-Q

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 0
Humvee -> transformer tx -> helikopter + pesawat
« Reply #61 on: December 15, 2010, 01:38:06 PM »

[SPOILER]



[/spoiler]
Humvee -> Transformer TX -> Helikopter + Pesawat

Selama ini kendaraan campuran mobil, heli dan pesawat hanya ada di film-film seperti James Bond, tapi militer Amerika Serikat sedang mengembangkan hal yang sebenarnya.

Mereka sedang mengembangkan mobil empat roda yang dilengkapi baling-baling dan sayap.  Jadi, kendaraan itu bisa terbang untuk menghindari jalanan yang penuh ranjau.

Prototipe tersebut diberi nama Transformer (TX). Dalam keadaan darurat, cukup dengan menekan satu tombol, Humvee empat roda itu akan berubah menjadi helikopter.

Defense Advanced Research Project yang berada di bawah markas besar militer AS, Pentagon, telah mengeluarkan dana 41 juta dolar untuk mengembangkan kendaraan itu.

Kendaraan tersebut berkapasitas angkut empat orang, kecepatan di darat 65 mil perjam atau 150 mil per jam di udara.  Jarak tempuhnya sekitar 280 mil di darat dan udara.  Baling-baling membuatnya bisa lepas landas seperti helikopter.

Kendaraan tersebut dilengkapi komposit ringan anti-ledakan sebagai pelindung, ditambah kaca anti-peluru, senapan mesin dan canon. Mesinnya menggunakan JP-8 turboshaft untuk menjelajah udara.  TX diperkirakan akan siap tahun 2015.

Seri komersil dari TX diperkirakan akan dijual seharga Rp2,1 miliar atau setara satu Ferarri.  Versi sipil tersebut tak dilengkapi baling-baling sehingga perlu jalan lurus sepanjang 1. 700 kaki untuk tinggal landas.

"Kami berminat mengembangkan semua teknologi baru yang berpotensi membantu angkatan bersenjata, dan kami tak peduli jika hal itu terlihat sangat ambisius," kata seorang sumber militer.


Segera gunakan VITTA-Q untuk AKI Anda.
Logged

VITTA-Q

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 0
Jadi beringas jika pegang kemudi? Tips Mengatasinya
« Reply #62 on: December 18, 2010, 11:08:29 AM »




Suatu survey di Inggris belum lama ini mencoba menjawab pertanyaan "mengapa orang kadang berperilaku begitu buruk ketika berada dibalik kemudi. "

Penelitian dilakukan Dr Peter Marsh, seorang psikolog terkenal, pengamat perilaku berkendara, dosen senior, pengarang dan pecinta mobil Alfa Romeo.

Di kota London, Marsh bersama kolumnis otomotif Telegraph, David Williams, mengamati lalu-lintas padat dengan kendaraan yang zigzag pindah jalur, main potong antrean dan sebentar-sebentar membunyikan klakson.

Survey yang dilakukan bersama satu perusahaan asuransi itu akhirnya menyimpulkan bahwa yang membuat orang jadi "galak" di balik kemudi bukanlah kemacetan, membubungnya harga BBM, tapi. . . pengemudi lain.  Tepatnya, pengemudi lain yang tak peduli.

Daftar kebencian pada pengemudi lain dimulai dengan mereka yang "tak lagi memegang kendali dalam posisi yang tepat".  Kita merasa bahwa orang lain yang tidak memegang stir dengan benar artinya tak sepenuhnya memegang kendali.

Daftar berikutnya yang memicu kebencian ternyata adalah para pengguna sepeda yang bebas menerobos lampu merah.  "Pengemudi jadi benci karena mereka sendiri tak bisa melakukannya.  Di mata mereka, pengguna sepeda bisa melanggar aturan dan tak kena sanksi," kata Marsh.

Menurut Marsh, cara meredam kemarahan adalah justru dengan yakin tetap patuh pada aturan.  Pengemudi lain akan menghormati kita akan hal itu, misalnya dengan memberi acungan jempol jika kita memberi jalan.

"Hanya dengan beberapa tanda terima kasih, maka kita akan merasa lebih 'enak' mengemudi," kata Marsh.  Dia salah satu penulis buku "Driving Passion – The Psychology of the Car".

"Ini soal wilayah," Ujar Dr Marsh. "Ford mengiklankan mobil mereka pada tahun 40-an sebagai 'ruang tamu di dalam kendaraan'.  Itulah yang menggambarkan dengan jelas tentang kendaraan kita; bagian dari perluasan wilayah.  Kita tak akan suka jika orang masuk ke wilayah kita. "

Dalam bukunya, Dr Marsh menjabarkan "wilayah mobil itu tak sebatas yang dibatasi oleh lapisan body metal.  Sama seperti kita menganggap wilayah tubuh kita tak sebatas kulit.  Secara normal, ada zona beberapa centimeter di sekitar tubuh yang kita anggap merupakan wilayah pribadi.  Akan sangat menyebalkan ketika tamu asing yang tak diundang menjangkaunya. "

Nah, perasaan atas "wilayah pribadi" ini tak sama luasnya di sekeliling tubuh.  Kita merasa wilayah pribadi itu lebih luas lagi di bagian belakang tubuh.  Itu pula jawaban atas pertanyaan mengapa pengemudi sangat sebal jika dikuntit.  Ada 70 responden yang mengakui hal itu.

"Ketika pengendara lain berada sangat dekat di belakang bemper kita jadi gugup dan melakukan pertahanan," ujar Dr marsh.  "Mereka masuk ke dalam wilayah kita yang sedang bergerak.  Kalau keadaannya terus begitu, kemarahan kita akan meninggi. "

Survey itu juga menemukan hal lain; orang gemuk cenderung menganggap kendaraan mereka dapat "masuk" ke celah sempit sedangkan orang kurus beranggapan sebaliknya.

Lebih lanjut Dr Marsh mengatakan bahwa orang cenderung tak memberi jalan ke pengemudi lain di jalanan yang padat karena "kita tahu tak akan bertemu lagi dengan dia. "

Tips berkendara agar nyaman dari Dr Marsh justru bukan berharap bahwa semuanya akan baik-baik saja, tak ada kemacetan dan tak ada yang menyerobot.

"Kalau mau senang berkendara, kita harus realistis.  Berkendara adalah soal cara kita memperlakukan orang lain dan diri sendiri. "


Mengemudilah secara aman dengan VITTA-Q.



** Tips Mengemudi yang Membuat Cewek Kagum **



Banyak cara untuk para cowok membuat cewek terkagum-kagum.  Salah satu cara adalah dengan mahir memarkirkendaraan.  Paling tidak, itu hasil survei yang dilakukan Halfords, perusahaan aksesoris kendaraan di Inggris.

Menurut survei yang dilakukan terhadap 2. 000 pengendara itu, hampir setengah responden perempuan mengaku paling suka dengan cowok di belakang kemudi karena tahu cara mengganti ban yang kempes dan tahu cara menangani mobil mogok.

Sebanyak 41 persen cewek kagum dengan cara cowok "memarkirkan kendaraan di lokasi yang sempit" , disusul cara melakukan "manuver dan memundurkan kendaraan" (39 persen).

Mengenai hal yang tak disukai cewek dari cowok yang mengemudi adalah jika melakukan "tailgating" yaitu terlalu dekat dengan mobil di depannya.  Cewek juga tak suka cowok yang "ngebut", menggunakan HP saat mengemudi, "sok kuasa di jalanan", "gengsi bertanya saat tersesat" dan terus menerus mengganti saluran radio".

Sebaliknya dari sisi cowok, 46 persen mengaku kagum dengan kemampuan perempuan yang mempersiapkan makanan dan minuman untuk bepergian serta merencanakan tempat makan dan "ngopi" di perjalanan.

Hal ke-2 yang disukai cowok dari cewek adalah kemauan mereka bertanya jika tak tahu jalan.

Cowok juga kagum dengan cewek karena mau memberi jalan kepada pengendara lain, tak gampang marah di belakang kemudi, dan cewek selalu terus mengajak ngobrol cowok yang mengemudi dengan tujuan mengusir kantuk.

Hal yang tidak disukai cowok dari cewek yang mengemudi adalah "terlalu lama dalam manuver dan parkir", "sempat-sempatnya dandan saat lampu merah", "lamban menggerakkan mobil setelah lampu merah", "konsentrasinya lebih pada ngobrol dan menoleh ke penumpang lain, bukan ke jalan", serta "bingung memilih jalur".


Buatlah si dia lebih kagum dengan umur aki Anda.
Logged

VITTA-Q

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 0
Mobil Konsep Detroit Auto Show 2011
« Reply #63 on: January 14, 2011, 09:54:09 PM »



 

Mobil Konsep Detroit Auto Show 2011

Detroit Auto Show 2011 berlangsung di Amerika Utara, Detroit, Michigan pada tanggal 10 s/d 23 Januari 2011.
Detroit Auto Show 2011 banyak menampilkan mobil konsep baru yang menarik secara tampilan maupun teknologi.

Berikut adalah beberapa mobil konsep yang ditampilkan:


   1.  Mobil Konsep Hyundai Curb

      Mobil dengan design 'mengalir' (fluidic sculpture) ini memiliki panjang sedikit lebih pendek dari Hyundai Tucson.  Mesin 4 silinder; 1600cc turbocharger 175 dk; disematkan kepada mobil ini.


   2.  Mobil Konsep KIA KV7

      Sebuah mobil crossover perpaduan dari rasa SUV dan tempat duduk Minivan.
      KV7 memiliki pintu asimetris - di sisi penumpang, pintu depan konvensional berengsel diikuti oleh sebuah pintu gullwing dirancang untuk akses mudah ke kursi tengah-belakang.  Bagian kursi belakang, seperti kursi depan, bisa diputar; sehingga kabin KV7 bisa menjadi sebuah 'lounge'.
      Mesin 4 silinder 2000cc turbocharger 285dk.

   3.  Mobil Konsep Ford C-Max

      Mobil ini sepertinya akan masuk produksi massal tahun 2012.
      Mobil konsep ini akan dikeluarkan dalam dua jenis: hibrida konvensional dan yang lain yang lebih maju plug-in hibrida.  Kedua mobil itu bernama Ford C-Max Hybrid dan Ford C-Max Energi Plug-In Hybrid.
      Detil teknis untuk kedua kendaraan belum dikeluarkan, tetapi keduanya akan menggunakan baterai ion-lithium - yang pertama untuk Ford.

   4.  Mobil Konsep GMC Sierra All Terrain HD

      V-8 turbodiesel di ruang mesin mampu menyemburkan 397 dk.
      All Terrain HD mampu melakukan semua ini berkat ditambahkan fitur off-road fitur termasuk trek lebar 73-inci, ground clearance tiga inci lebih tinggi, lengan suspensi custom control, remote-reservoir Fox off-road guncangan, stabilizer depan elektronik bar terpisah, perlindungan bawah bodi mobil penuh komposit, dan ban khusus lumpur (mud tire) setinggi 35-inci BF Goodrich MK2 di atas roda aluminium 20-inci.

   5.  Mobil Konsep Toyota Prius C Compact Hybrid

      Sebagai bagian dari kelompok empat mobil Toyota Prius hibrida yang diperkenalkan produsen pada Detroit Auto Show.  Mobil ini menunjukkan konsep baru, Prius hatchback kompak.
      Konsep Prius C masih 'berlatih' gaya, namun perhatikan Toyota untuk meluncurkan versi produksi ini kira-kira selama paruh pertama 2012.



Gambar-gambar mobil konsep tersebut bisa dilihat di htxq:\w3. akibaterai@ FO/otomotifdetil. php?id=88.


Segera gunakan VITTA-Q untuk aki mobil Anda.
Logged

VITTA-Q

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 0
Tips Memilih Sepeda Motor yang Pas!
« Reply #64 on: January 21, 2011, 06:17:09 PM »



Tips Memilih Sepeda Motor yang Pas!


Sebuah sepeda motor yang pas untuk kita pastinya lebih nyaman untuk digunakan, lebih mudah untuk dikontrol, aman untuk digunakan, dan akhirnya lebih menyenangkan untuk dikendarai.

Sebuah sepeda motor harus sesuai tubuh pengendara, jadi tangan, kaki dan bagian belakang diposisikan dengan nyaman + semua tombol dan tuas yang mudah dioperasikan.  Demikian pula memilih motor harus sesuai dengan tujuan penggunaan dan tingkat pengalaman.

Produsen sepeda motor telah membuat beberapa jenis motor: sport, touring, sport touring, penjelajah (cruiser), standar, dan tujuan ganda (multi purpose); yang bisa kita pilih.

Berikut adalah kriteria dasar untuk mempertimbangkan, dan beberapa petunjuk untuk mendapat motor yang pas dikendarai atau nantinya ingin dimodifikasi:

   1.  Tangan


      Tombol harus mudah dicapai dari ujung jari.
      Hal yang sama berlaku untuk rem depan dan tuas kopling.  Bagaimana sudut kemiringan sehingga jari-jari Anda dapat meraih dengan mudah? Mereka mungkin dapat diputar ke posisi yang lebih baik.  Juga, apakah mereka cukup dekat untuk dijangkatu dengan beberapa jari? Jika mereka yang dapat disesuaikan, aturlah agar mudah dijangkau.
      Jika Anda tidak bisa mendapatkan posisi sesuai, produk aftermarket mungkin memiliki pilihan untuk Anda.

   2.  Kaki


      Rem belakang harus mudah untuk diinjak, dan transmisi harus dioperasikan tanpa harus mengangkat atau menggeser kaki Anda dari dudukan, atau jari kaki Anda menjangkau terlalu jauh ke atas atau bawah.

      Perlu diketahui bahwa makin maju kaki Anda, semakin berat badan Anda akan didukung oleh bagian belakang Anda.  Semakin kaki Anda lebih ke belakang, kemungkinan rasanya akan semakin nyaman, tetapi Anda harus menekuk kaki lebih banyak.

  3.  Sadel/Pelana

      Pelana ini mempengaruhi seberapa baik kaki Anda mencapai tanah, dan bagaimana Anda diposisikan relatif terhadap setang dan dudukan kaki.

      Tinggi sadel seharusnya membuat Anda mampu menyentuh bumi dengan dengan kedua kaki.  Beberapa pengendara belajar menyentuh bumi hanya satu kaki pada suatu waktu, tetapi ini kurang optimal dan harus dihindari jika memungkinkan.  Jika perbedaan dekat, pelana kustom lebih rendah bisa membuat perbedaan.


Kesimpulan

Memilih motor yang pas bisa jadi sebuah tebak-tebakan.  Banyak orang sudah pas dengan konfigurasi standar dari produsen, tapi mungkin Anda bisa menemukan ketidaknyamanan, atau merasa canggung sehingga tidak bisa menggunakan motor sebaik harapan Anda.

Tiga titik utama - tangan, kaki, dan sadel - semua saling berhubungan, dan ada kemungkinan penyesuaian untuk masing-masing sesuai kebutuhan atau keinginan.

Mengetahui pilihan Anda di muka dapat mencegah Anda memilih sepeda motor yang salah, juga memberikan jaminan bahwa Anda dekat dengan sepeda motor yang optimal (pas) untuk Anda.



Jangan lupa gunakan VITTA-Q untuk AKI Anda.

VITTA-Q


sepeda motor, motor,motor pas
Logged

VITTA-Q

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 0
Mobil Bertenaga Hidrogen & Mobil Bertenaga Surya
« Reply #65 on: January 28, 2011, 06:14:33 PM »

Mobil Kecil Bertenaga Hidrogen



Konon, mobil yang panjangnya kurang dari 11 kaki 6 inci tak akan mungkin bisa memenuhi standard keamanan.  Tapi, tak semua orang setuju dengan hal tersebut.

Hugo Spowers, insinyur sekaligus entepreneur, dengan Riversimple, bersama para ilmuwan dan insinyur, berambisi melahirkan mobil bertenaga hidrogen untuk diproduksi massal.

Kendaraan ini hasil perancangan ulang dari mobil konsep hidrogen yang lebih ada dengan badan yang lebih kecil.  Rencananya pertengahan Februari 2011 purnarupanya sudah siap.

Hidrogen tidaklah murah, tapi Riversimple menyiasati dengan bentuk kecil dan ringan sehingga ongkosnya murah dan dampak lingkungannya kecil.

"Kendaraan ini ditujukan untuk penggunaan lokal, radius 25 mil," kata Spowers.  Masuk akal juga karena rencananya semua Riversimple cuma punya 1 SPBU yang dipasok oleh BOC, perusahaan terbesar pemasok gas industri di Inggris.

Kecepatan maksimalnya 80. 46 km/jam, akselerasi 0-48 km/jam dalam waktu 5,5 detik dan tangki hidrogen 5. 000 psi bisa untuk 386 km.

Mobil itu setara dengan kendaraan bermesin BBM yang menghabiskan 482 km per tangki.  Emisi CO2 nya 34gram/km, bandingkan dengan diesel Smart yang lebih dari 100 gram/km.

--

Mobil Tenaga Surya Pecahkan Rekor Dunia




Sebuah mobil bertenaga surya yang dirancang oleh para mahasiswa dari Universitas New South Wales (UNSW) Australia telah memecahkan rekor dunia kecepatan mobil bertenaga surya, yaitu 88 km/jam.

Mobil yang bernama "Sunswift" mengalahkan rekor sebelumnya yaitu 79 km/jam sewaktu uji coba kecepatan resmi pada Jumat di landasan terbang Pangkalan Angkatan Laut HMAS Albatros di Nowra, Australia selatan yang melaju pada kecepatan lebih dari 88 km/jam, sebagaimana dikutip dari CIHAN.

Mobil tenaga surya tersebut juga terkenal dengan nama Sunswift Ivy yang dirancang dan dirakit di Universitas New South Wales.  Mobil ini menghasilkan tenaga listrik sekitar 1. 200 watt yang menyamai kekuatan sebuah pemanggang roti.

"Kami amat gembira dengan hal itu, kami telah memecahkan rekor," kata manajer proyek Sunswift, Daniel Friedman.

Hal yang penting dari mobil ini adalah tenaga yang khusus dihasilkan oleh sel silikon tenaga surya.  Ivy biasanya menggunakan selnya untuk mengisi sebuah baterai seberat 25 kilogram, namun baterai itu telah dipindahkan bagi pencapaian rekor.

Juri dari "Guinness World Book of Records" hadir pada pengujian tersebut dan telah menyerahkan sertifikat rekor.

--


GO GREEN with VITTA-Q!




mobil, GO GREEN, GREEN car, mobil bertenaga hidrogen, mobil bertenaga surya
Logged

VITTA-Q

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 0
Plus Minus Beberapa Energi Alternatif + Bensin Sintetik
« Reply #66 on: February 05, 2011, 09:34:21 AM »



Plus Minus Beberapa Energi Alternatif + Bensin Sintetik


Bahan bakar minyak dan gas yang kita kenal sekarang sekarang ini selain tidak bisa diperbarui, harganya pun makin mahal.
Bagaimana dengan energi alternatif yang ada?

Bahan bakar paling ideal adalah hidrogen.  Pasalnya, pembakarannya tidak menghasilkan emisi karbon.  Masalahnya, mobil berbahan bakar hidrogen—umumnya masih dalam tahap konsep—punya banyak kendala.  Hal yang sama juga terjadi pada kendaraan listrik.

Hidrogen
Prototipe mobil berbahan bakar hidrogen sekarang cukup rumit dan risikonya tinggi.  Pasalnya, hidrogen dicairkan sampai suhu minus 253 derajat celsius.  Lantas hidrogen cait itu dimampatkan ke dalam silinder atau tangki bertekanan tinggi, 10. 000 psi atau 700 bar.

Hal ini tidak hanya memusingkan produsen merancang kendaraan, tetapi juga stasiun tempat pengisian hidrogen.  Butuh biaya mahal dan keterampilan khusus untuk menanganinya.

Cara lain, menggubah hidrogen menjadi energi listrik langsung atau sel bahan bakar (FC) membutuhkan kanister metal hidrida bertekanan rendah.  Problemnya, sulit dibawa-bawa.


Hibrida dan Listrik
Bensin dan diesel? Harga bahan bakar minyak terus melambung atau tak karuan.  Masalah lain, pembakaran menimbulkan emisi karbon.  Dengan tuntutan emisi karbon yang makin ketat, biaya pembuatan mesin semakin mahal.  Ini pula yang menyebabkan produsen terpaksa memperkenalkan mobil listrik dan hibrida.

Masalahnya, baterai lithium-ion yang digunakan mobil listrik atau hibrida (plug-in) teknologinya masih baru.  Insfrastruktur tempat pengisian listrik sangat terbatas.  Masalah lain, membuat mobil listrik kurang menarik—sekali isi baterai hanya bisa untuk jarak 160 kilometer.


Hidrogen Cella Energy
Bahan bakar yang digunakan Cella Energy basisnya adalah hidrogen.  Hanya berbeda cara mengemas atau ujudnya.  Hidrogen tidak lagi didinginkan atau dicairkan.  Karena itu pula tidak dibutuhkan tangki tekanan tinggi.

Cella Energy memanfaatkan kelebihan nano-struktur.  Selanjutnya, hidrogen atau hidrida dikemas dengan proses coaxial electrospinning bersama mikro-serat dari polimer.  Ukuran serat sepertiga puluh diameter rambut manusia.  Selanjutnya, struktur bahan bakar adalah inti hidrida dibungkus oleh polimer.  Bagian luar berfungsi sebagai pengaman dan pelindungi hidrida, sekaligus sebagai filter (kimia).  Karena itulah, konsep ini dianggap 100 persen aman plus biaya produksi yang lebih murah.

Dengan cara tersebut, pengisian ulang hidrogen dapat dilakukan dalam beberapa menit saja, seperti bensin atau diesel.  Hanya diperlukan sedikit modifikasi.  Dikatakan, juga bisa digunakan kendaraan dengan sistem sel bahan bakar (hidrogen sekarang).

Dikatakan, konsepnya sama dengan menuang aditif ke bensin.  Densitas atau kandungan energi bisa disesuaikan dengan kebutuhan industri!

Bensin sintetik ini lebih murah dibandingkan dengan hasil tambang, hanya Rp 3. 500 per liter (1,50 dollar AS per galon).
Bensin sintetik ini tidak menimbulkan emisi karbon.  Nah, tentu saja bisa dibayangkan, harapan produsen mesin konvensional bisa hidup lagi setelah terancam mobil listrik.

Bensin sintetik ini memiliki kandungan energi sangat tinggi dan dikemas seperti kapsul dengan teknik nanostruktur yang disebut coaxial electrospraying.

Sebuah harapan besar untuk masa depan bukan?


Disadur dari: Kompas

Segera gunakan VITTA-Q untuk masa depan.



energi alternatif, bensin sintetik, hidrogen
Logged

VITTA-Q

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 0
Tips Membaca Kode Aki
« Reply #67 on: February 12, 2011, 10:07:49 AM »



Tips Membaca Kode Aki


Banyak pelanggan VITTA-Q yang bertanya mengenai kapasitas akinya karena bingung menentukan takaran VITTA-Q yang tepat.

Kali ini kami coba memberikan panduan agar Anda dapat membaca kapasitas dan lebih mengerti aki yang Anda gunakan secara langsung.

Kode aki dituliskan mengikuti 2 standar/metode:

1.  Japan Industrial Standard (JIS)
2.  Deutsches Institut für Normung (DIN)

Sepertinya yang lebih banyak beredar adalah aki berstandar JIS.  Ini sesuai dengan permintaan pasar yang lebih banyak kepada kendaraan Jepang.


Setiap aki punya kode yang bisa dilihat langsung pada akinya.
Perbedaan standar bisa dilihat pada letak kepala aki (kutub): tenggelam untuk aki tipe DIN dan muncul untuk aki tipe JIS (lebih tinggi).


Aki Japan Industrial Standard (JIS)

Contoh 1: Aki NS40ZLS

    * N = Normal

    * S = pengurangan daya aki sebesar 20%

    * 40 = daya utama aki

    * Z = penambahan daya aki sebesar 10% setelah dikurangi 20% (huruf S pertama)

    * L = left, artinya pole (kepala aki / kutub negatif) [-]) berada di sebelah kiri.
      Tanpa kode ini pole pasti berada di sebelah kanan.

    * S = aki memiliki kutub ukuran besar


Jadi aki NS40ZLS mempunyai daya: 40Ah - 20% + 10% = 32 Ah dengan pole sebelah kiri dan kepala aki besar.


Contoh 2: Aki N 40

    * Daya utama 40Ah

    * Kepala aki besar, walaupun tidak memiliki kode S dibelakangnya.
      Hal ini karena huruf awalnya bukan NS.



Contoh lain:

    * Aki NS 40: kapasitas 32 Ah

    * Aki NS 40 Z: kapasitas 35 Ah

    * Aki NS 40 ZS: kapasitas 35 Ah dengan kepala aki besar



Sekarang ini kode di atas mengalami perubahan menjadi lebih simpel.
Seperti NS 40 menjadi 32B20R, artinya:


    * 32: kapasitas aktual aki 32 Ah

    * B: kode baterai

    * 20: panjang aki 20cm

    * R: posisi pole di sebelah kanan




Aki Deutsches Institut für Normung (DIN)

Aki DIN banyak digunakan untuk mobil buatan Eropa.
Aki ini menggunakan kode 5 digit angka.  Tapi yang perlu diperhatikan hanya 3 digit angka di depan.
Cara membacanya:


    * Angka I 5 menjadi 0

    * Angka I 6 menjadi 1

    * Angka I 7 menjadi 2


Contoh: Aki 54533


   1.  Angka I 5: menjadi angka 0

   2.  Angka II & III 45 = tetap angka 45


Kapasitas (daya) aki adalah 045 Ah = 45 Ah

Contoh lain: Aki 73530
Kapasitas aki adalah: 235 Ah.


Mengenai kode produksi aki bisa dilihat di:
hxxp: www. akibaterai. com/tipsdetil. php?id=93


Periksalah kode aki Anda, dan temukan kebutuhan VITTA-Q Anda dengan Pakar AKI.


aki,daya aki, kepala aki,kode aki
Logged
Pages: 1 2 3 [4]   Go Up
 

anything