Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: 1 [2] 3   Go Down

Author Topic: Postur Scorpio-Z ndelosor  (Read 36593 times)

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #20 on: January 08, 2007, 09:40:35 AM »

Nah, sekarang ke performa dapur pacu. Kenapa ya kalau lepas gas mendadak (speed sedang saja), kok kadang mesin mati? Padahal tuh motor keluaran 2006 dan masih standar abis.
Bisa bantu saran?

Setelan karbu? :huh: Soalnya karbunya kan vakum. Tapi biasanya kalo di scorpio lepas gas mendadak knalpotnya nembak, bukan mati mesin.
  
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

TITSI

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 30
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #21 on: January 08, 2007, 10:26:52 AM »

biasanya klo mesin mati pada saat dilepas.. kelongaran klep nya terlalu rapat. tau stelan air screw di karbunya terlalu basah (klo vakum cara menyetelnya putaran angin berkebalikan dngan karbu non vakum) ;D ;D kejadiannya persiis yg dialami sya bberapa minggu lalu. -_- -_-
Logged

Pras

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 22
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #22 on: January 08, 2007, 12:50:50 PM »

Yup, lengan ayun asli bawaan motor cuma ditambah pipa kotak dihubungkan plat 3 mm.
« Last Edit: January 08, 2007, 12:53:21 PM by Pras »
Logged

Pras

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 22
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #23 on: January 08, 2007, 12:57:59 PM »

biasanya klo mesin mati pada saat dilepas.. kelongaran klep nya terlalu rapat. tau stelan air screw di karbunya terlalu basah (klo vakum cara menyetelnya putaran angin berkebalikan dngan karbu non vakum) ;D ;D kejadiannya persiis yg dialami sya bberapa minggu lalu. -_- -_-

eh, betul juga pernah knalpotnya nembak, tapi tidak sering. Maksudnya bahan bakar yg dipompakan terlalu kaya gitu? Maklum gak ngerti mesin nih gue.
Logged

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #24 on: January 08, 2007, 01:45:18 PM »

Berikut ini tips untuk menghindari suara nembak dari knalpot Scorpio...

Bagi pemilik motor Scorpio, terkadang akan terdengar suara meledak di knalpot saat mengurangi kecepatan dengan melepas gas. Hal ini bisa terjadi pada motor 4 Tak 1 cylinder dengan volume mesin diatas 150cc. Nembak di knalpot utamanya adalah karena kegagalan pembakaran di ruang bakar sehingga gas yang tidak terbakar tadi akan terbakar dengan sendirinya saat berada di ruang knalpot. Tidak terbakar disebabkan dari campuran yang terlalu miskin. Dan jika volume mesin semakin besar, maka efek timbulnya gas tidak terbakar tadi juga semakin besar.

Untuk mengurangi gejala suara nembak dari motor Scorpio Anda, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan ;

  • Saat mengurangi kecepatan tutuplah handle gas secara perlahan, jangan langsung menutupnya dengan cara mendadak. Atau bisa sesekali melakukan me”racing” 1 kali saat putaran mesin turun. Penutupan secara mendadak akan meningkatkan tingkat kevakuman di saluran Hisap yang tinggi, sehingga kadar campuran menjadi berubah secara tiba-tiba.
  • Stel putaran Pilot Screw (bahasa Bengkelnya : Stelan Angin), sesuai Standar. Untuk Motor ber CC besar seperti Scorpio, Putaran Pilot Screw yang dianjurkan adalah antara 3 – 3,5 putaran.
  • Stel Celah Klep sesuai standart. Stelan Klep yang tidak tepat (terlalu rapat), dapat memicu timbulnya suara ledakan dari knalpot. Celah Klep Standar untuk Scorpio adalah : - Hisap = 0.08 mm, Buang = 0,13 mm.
  • Periksa kevakuman di saluran Hisap (In manifold) dan Buang (Ex Manifold). Kevakuman yang tidak baik pada saluran Hisap dan Buang dapat mengakibatkan kadar campuran terganggu sehingga memicu timbulnya ledakan di saluran knalpot.
  • Periksa celah busi. Celah busi standar untuk Scorpio adalah 0.6 – 0.7 mm, mesin 4 Tak ber CC besar seperti Scorpio celahnya harus lebih rapat dari motor 4 Tak ber CC sedang atau kecil. Untuk itu jaga dan usahakan celah businya agar tidak melewati standart.
  • Jaga Oktan Bensin. Usahakan untuk selalu mengisi bensin Scorpio anda ditempat SPBU kepercayaan. Yang anda yakinkan bahwa SPBU tersebut tidak mencampur bensinnya dengan minyak tanah, air dan lainnya. Karena perubahan nilai oktan bensin yang digunakan dapat memicu timbulnya ledakan, bensin yang digunakan cukup premium saja.

Kesimpulannya: kalo mau gampang bawa aja ke bengkel... hehehhehe  ;D :buck2:



Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

Pras

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 22
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #25 on: January 08, 2007, 01:53:58 PM »

Ok boss, singkat jelas. Thanks.
Tambahan nanya lagi nih. Pada jawaban penjelasan Kang Nunu pada poin yg terakhir disebutkan "cukup premium saja".
Motor saya sejak awal beli selalu pake Pertamax. Oktan mustinya lebih tinggi. Apakah justru tidak disarankan dalam hal ini? (hubungannya sama nembak tadi)
Thanks berat.
Logged

TITSI

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 30
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #26 on: January 08, 2007, 01:54:42 PM »

masukanya boleh juga kang nunu .. nambahin yah ... diambil dari wacana Bro SHELDIEZ mlis

biasanya scorpio kelemahannya pembakarnya kurang sempurna klo sya dr pada pakai bbm pertamax plus.. lebih baik pakai WRAIN == water injeksion
Dah ada yang denger atau tau tentang Water Injection....

katanya
Water Injection atau sering disingkat dengan Wa-i, mungkin agak aneh didengar, meng’injeksi’ air ke dalam ruang bakar mesin… hmm.
Namun ternyata banyak keuntungan yang didapat dari metode tersebut.
Wa-i sendiri bukan hal yang baru, bahkan metode ini sudah digunakan waktu perang dunia ke-2 pada pesawat tempur untuk meningkatkan tenaga mesin pada saat penyerangan.

Panas adalah masalah utama pada mesin, dan dapat menyebabkan cepatnya kerusakan komponen mesin sehingga menurunkan performance mesin itu sendiri. Panas pada ruang bakar mesin bisa mencapai 1100 derajat Celcius! apalagi mesin tersebut menggunakan Turbo atau SuperCharger.

Wa-i bekerja dengan cara menurunkan suhu ruang bakar yang tinggi tersebut, yaitu akibat udara yang dihisap mesin menjadi dingin karena bercampur dengan kabut air, dengan demikian dapat memperlambat terbakarnya bensin. Hal ini bisa sepadan dengan menggunakan bensin beroktan tinggi sekitar setara angka oktan 113.
Ini menguntungkan karena timing pengapian bisa dibuat lebih maju (advance) tanpa gejala knocking (ngelitik), dan power yang dihasilkan mesin menjadi lebih besar. Secara teori, butir halus air akan terpecah menjadi uap pada suhu panas ruang bakar, ini menghasilkan tenaga tambahan ekstra bagi mesin.

Keuntungan Wa-i:
- Memungkinkan untuk menyetel campuran bensin seirit mungkin (LEAN)
- Memungkinkan untuk menyetel Timing Pengapian lebih maju (ADVANCE) untuk mendapatkan torsi lebih besar.
- Menjaga ruang bakar tetap bersih, karena selalu terbilas oleh uap air tadi.
- Mencegah penumpukan Carbon di ruang bakar.
- Menjaga stabilitas suhu mesin
- Mencegah terjadinya Knocking/Pinging (ngelitik).
- Menurunkan kadar polusi NOx karena suhu ruang bakar tidak tinggi.
- Bisa menggunakan Premium tanpa gejala ngelitik.
- Dapat dicampur dengan alkohol/methanol untuk mendapatkan nilai oktan yang lebih tinggi.

Namun ada juga efek negatifnya lho¦
- Karena tidak terjadi Knocking/Pinging (ngelitik), menjadi susah bagi kita untuk mendeteksi kualitas bensin.
- Knalpot relatif perlu perhatian dari kemungkinan berkarat.
- Ada kerja ekstra untuk selalu memantau kondisi tangki air.

klo dipikir-2 kayaknya di Scopie bisa diaplikasiin nich
mo dicoba dulu ya....heuheueue ntar klo sukses ada yg mau ngekutin gak ya
Duh..inovasi mulu nich gw....kayak yg kurang kerjaan banget
« Last Edit: January 08, 2007, 02:20:17 PM by Kang Nunu »
Logged

TITSI

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 30
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #27 on: January 08, 2007, 01:57:40 PM »

Logged

Pras

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 22
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #28 on: January 08, 2007, 02:09:01 PM »

Boleh juga idenya tuh. Nunggu hasilnya aja dah.
Ada juga yang punya percobaan Main Jet yang ada di karbu, diganti sama Pilot Air Jet nya FIZ-R, karena kebetulan ukuran ulirnya sama. Wah kedengarannya sih lebih sederhana tapi secara teknis gimana, kira2 bisa mempengaruhi umur mesin gak ya? Menurut pengalaman penulis tersebut, bahkan dikatakan bisa menambah tarikan segahar RX King....wah.
Logged

TITSI

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 30
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #29 on: January 08, 2007, 02:09:15 PM »

Logged

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #30 on: January 08, 2007, 02:25:51 PM »

 :rolleyes: ehhhh.. musti bawa2 tangki air yah di motor...??? :buck2:
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

TITSI

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 30
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #31 on: January 09, 2007, 02:10:42 PM »

selama sya pakai WRAIN...  motor mmang muantap.. yah itu kang,,, masalah tmpat,,buat naro air injeksinya yah pake tabung dibwah jok manfaatin bagasi,, ^_^ ^_^
Logged

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #32 on: January 09, 2007, 02:47:40 PM »

Dari segi keamanan gimana? Trus harus ngebor blok mesin ya?
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

Pras

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 22
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #33 on: January 09, 2007, 04:30:58 PM »

seberapa banyak air yg musti dibawa (liter)? lalu misalnya saja dipakai konstan menempuh jarak 100 km, berapa kali isi air?
Logged

TITSI

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 30
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #34 on: January 09, 2007, 05:07:07 PM »

seberapa banyak air yg musti dibawa (liter)? lalu misalnya saja dipakai konstan menempuh jarak 100 km, berapa kali isi air?

tergantung tabung WRAIN nya klo bagasinya muat pake yang 1ltl ya mongo, biasanya bagasi scorpio bisa tuk 1/2 lt aja. itu juga sblumnya dipanasin dahulu.. klo tbung 1/2 lt bisa tuk sminggu. perbandingannya 25 ml metanol dan 25 ml accu zur

Dari segi keamanan gimana? Trus harus ngebor blok mesin ya?
dari segi keamanan?? aman2x sja,,, tidak ngebor mesin cma manfaatin lubang ais di manifold karburator,, WRAIN juga bisa dikombinaasiin dengan YEIS
klo tertarik bisa hub bro ernest di 0818438808.. bisa di yamaha pio dan nuvo  ^_^ ^_^ skalian promosi
oh iya saya dah 3 bulan pakai .. ttap enjoy and wustt
Logged

Pras

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 22
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #35 on: January 09, 2007, 05:48:10 PM »

ok, kreatif juga tuh. Perlu dibuktikan. Kalo perlu bentuk klub Scorpie-Z dari forumotomotif, rame2 uji coba inovasi2 baru seperti ini. Gimana bros?
Logged

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #36 on: January 10, 2007, 08:52:28 AM »

sayang gw pake megapro  :buck2:
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

Pras

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 22
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #37 on: January 10, 2007, 09:02:22 AM »

hehe...beli satu lagi bang, scorpio-z mumpung harga belum naik, lagian dibanding kompetitor lain cc sekelas, scorpie aku rasa paling bagus dan paling murah harga per cc nya.
Logged

TITSI

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 30
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #38 on: January 12, 2007, 03:01:15 PM »

ide nya boleh juga mas pras.. tp klo scorpio z doank kurang afdol.. kenapa ngak gabung ma kang nunu dan tman2x lainya dri forum ini.
Logged

Pras

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 22
Re: Postur Scorpio-Z ndelosor
« Reply #39 on: January 12, 2007, 05:54:39 PM »

Di Sby kurang marak nih grup pemakai Pio. Jadinya cari teman seperti anda anda ini secara online. Padahal sebetulnya Pio termasuk motor cc besar yang harga dasarnya cukup terjangkau.
Logged
Pages: 1 [2] 3   Go Up