Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1] 2 3 ... 13   Go Down

Author Topic: memodifikasi mio biar KENCENG!!  (Read 228951 times)

jmx

  • Moderator
  • Supir Angkot
  • *****
  • Reputation: 6
  • Offline Offline
  • Posts: 66
  • push the limit
memodifikasi mio biar KENCENG!!
« on: November 02, 2007, 05:15:17 PM »

halo lam kenal...
mau kenceng, tetep tergantung budget bos...hehehe...
step 1>> ganti knalpot racing (dan pilot jet kalo perlu),roller, per cvt,...(dengan ubahan ini tidak akan menambah top speed, tapi akselerasi bertambah).estimasi biaya :
knalpot:(HRP) kisaran 200rb
           (AHM)kisaran 350-400rb
           (yy pang) kisaran 250-350 rb
           (endurance) kisaran 500-600rb
           (DBS) kisaran 1,2-1,4 jt
           (TDR) kisaran 800 rb...dsb msh bnyk lg...
           *masing-masing knalpot punya spek sendiri..enak di rpm bwh, medium, atau high, atau gabungan diantaranya..
roller: satu buah paling 9rb atu 10 rb..
         pakai kombinasi 9gr-11gr, atau 10gr-10,8gr(std)... (yg paling umum utk mtr std), atau terserah anda..tergantung di rpm berapa anda ingin bermain..
per cvt: ada merk lhk,cld,kitaco,barra,dsb...kisaran 80-110rb..
            per cvt yang merah untuk 2000rpm,yang putih 1500rpm..

step 2>> papas head 0,5-0,8 mm,noken as racing,per klep racing, koil racing,CDI racing unlimiter...(nah di tahap ini mulai serius karena ada beberapa part std yang kena bubut, dan mesin mulai dibongkar-bongkar..)
Papas head: 0.5-0,8 mm..kisaran paling 25 rb..tergantung
                 bengkel bubutnya, dan ongkos bongkar head cyllinder
                 + skir klep..kisaran 50rb,75rb tergantung bengkel
noken as racing: beragam merk CLD,LHK,KAWAHARA, kisaran harga
                       sekitar 300rb-450rb..
                       *masing-masing noken as punya spek sendiri ada
                         yang korek harian atau kompetisi, dibedakan atas
                         derajatnya..misal-280drajat,sampe 330 drajat
                       *jika mengganti noken as dgn yg racing, maka per
                         klep jg hrs diganti yg lebih keras(racing) untuk
                         menghindari klep floating pada putaran atas.
                         merk beragam sama spt diatas..
                       *tenaga pada mesin 4 tak (4 stroke) yg besar,
                         berasal dari modifikasi head (utk kompresi), dan
                         durasi noken as !!
koil racing: ada beberapa merk: XP andrion,blue thunder,nology,
                CLD,kitaco,,,dsb harga kisaran 150rb-250rb..
                *koil akan bekerja maksimal jika juga dilakukan
                  perubahan pada CDI.
CDI racing : Ada beberapa merk: XP,black hawk,kitti,shindengen,BRT,
                 kitaco,rextor,dsb...kisaran 250-1jt..
                 *beberapa CDI racing ada yang yang bisa diprogram
                  (programmable), dan ada yang dual band..
             
                 *masing-masing CDI tsb mempunyai spek derajat
                   pengapian yang berbeda..(tanya penjual)
                 * NOTE: produk yang baik pasti akan menyertakan
                    spek nya pada kemasan..
step 3>>membesarkan CC alias Bore UP!!!!
            ini adalah step yang paling sangat serius walaupun masih dapat digunakan untuk harian.banyak part yang harus diganti untuk mengimbangi besarnya tenaga..dan agar tenaga yang besar tsb dapat maksimal..
banyak merk di pasaran untuk blok bore up:
merk eon (diameter 58,5mm) kisaran 600-750 rb (yg ceramic)
merk RRGS (diameter 58,5) kisaran 700-850 rb
merk posh..(hilang di pasaran)...dsb

jika piston diganti dengan ukuran 58,5 mm maka mio/nouvo akan bengkak menjadi 155cc (dengan stroke std)..
untuk merk RRGS juga terdapat hingga diameter 73mm (kalo ga salah)..tapi yang pasti diatas 58,5 mm maka crankcase harus dibubut...
untuk paket yang lebih murah, jg terdapat piston merk HI-speed dengan uk.69mm ke atas (tanpa blok)..bisa didapat di harapan motor (cineng)kebon jeruk III, atau MC racing..
atau untuk pembesaran hingga 125 cc dapat digunakan piston daytona khusus untuk mio/nouvo.. bisa didapat di daytona ciledug (sebelah raja motor).

setelah pembesaran diameter piston maka selanjutnya adalah pembesaran diameter klep,bisa memakai klep sonic atau shogun atau dapat dibeli paket yang langsung plek beserta head cylinder..
bisa didapat di matic shop ciledug, JP racing, Raja motor ciledug,matic corner cinere,dsb....harga kisaran 1,2-1,8 jt..
jika anda memodifikasi sendiri head cylinder, harap diperhatikan Squish yang diaplikasi...

untuk mengimbangi tenaga yang besar, maka belt harus kuat (kevlar) walau untuk harian belt std jg msh dapat diandalkan. juga rumah roller (variator) harus diganti dgn yg lebih besar (kitaco,RRGS,TDR,...dsb)...
setelah itu adalah penyaluran tenaga yaitu gigi rasio...
penggantian rasio tergantung dengan trek (harian, drag, atau road race)...tapi untuk herian yang kadabg-kadang dipakai berboncengan gigi rasio std nouvo udh lmyn panjang...

kemudian hal yang vital yang harus diganti adalah karburator..
biasanya memakai keihin PE 28,krn harganya lmyn terjangkau...kisaran 450-550rb...dan selanjutnya adalah setting spuyer (main jet-pilot jet)...

modifikasi diatas biasa dilakukan pada motor mio/nouvo...
semuanya tergantung mekanik atau bengkel yang menjadi bidan motor anda...
untuk step 2 dam step 3 yang pasti top speed bertambah tergantung ubahan yang dilakukan dan keberanian anda....

SELAMAT MEMODIFIKASI!!!
posted by JMX..
  
Logged

jmx

  • Moderator
  • Supir Angkot
  • *****
  • Reputation: 6
  • Offline Offline
  • Posts: 66
  • push the limit
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #1 on: November 02, 2007, 05:19:55 PM »

untuk berbagi..bisa e-mail ke saya... thejauemaxx11@yahoo.com [nofollow]...
thank you all....makasih om moderator...
« Last Edit: November 06, 2007, 04:06:27 PM by Kang Nunu a.k.a Sphere »
Logged

caez

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 249
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #2 on: November 20, 2007, 04:51:03 PM »

 ;D hallo bos jmx..gua mau nanya nih..sebelumnya gua kasih spek motor gua dulu deh..
gue dah bore up 155 cc,rumah pulley pake kitaco roller 9-11,secondary cvt nya pake tdr,karburator keihin pe 28 ..pilot 42 main jet 108..v-belt stdrt..knalpot racing ahm,cdi gua pake brt hyperband punya jupie z,koil pake cld semi racing,klep dan per masih standart..
buat speed gue masih kurang di atas yah..untuk awal dari 0 - 115 tu cepet banget,tapi setelahnya agak mendem gt bos..palingan sekitar 125km/jam ajah gt top speed motor gue..
bisa minta saran gak apa aja yang harus gue ganti lagi bos supaya bisa tembus 140 lah kaya yang ada di spedometer aslinya gt bos..thanks sbelumnya
Logged

jmx

  • Moderator
  • Supir Angkot
  • *****
  • Reputation: 6
  • Offline Offline
  • Posts: 66
  • push the limit
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #3 on: November 26, 2007, 10:00:34 AM »

bro caez...
anda pasti masih memakai gear ratio standard....
jadi rada maksain buat nembus 140 km/jam...
dengan spek harian anda yang sedikit ekstrem, anda harus merubah gear ratio/final gear dengan yang lebih berat...
anda bisa memakai 14/41 atau 15/39..tapi saya tidak bisa recommend pake yang berapa, karena itu tergantung berat badan anda, trek, dan settingan lainnya yang saya tidak tahu informasinya dari anda (knalpot,derajat cam,dsb...)..
Logged

caez

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 249
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #4 on: November 26, 2007, 02:51:34 PM »

 :ph34r: okeh sip..thanks banget sarannya..sekedar pengen tau ajah,kalo gue buka box filter mempengaruhi top speed ga seh.. ;D soalnya gue banyak banget ngeliat orang2 dengan spek yang extreem tapi dah ga pake box filter..sekedar nanya lagi..cam kawahara dan cld bagusan mana yah buat main top..
hehehehe..thanks bos jmx
Logged

caez

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 249
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #5 on: December 10, 2007, 06:22:55 PM »

gue punya alamat web coba di cermati deh..http://unjatkadur.blogspot.com/2007/06/yamaha-mio-2006-jawara-skutik-125-cc.html

 :ph34r:
sepertinya buat urusan era matic sekarang perlu di cermati tuh
Logged

baybay

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 17
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #6 on: December 12, 2007, 03:36:53 PM »

mas..mas..mau nanya yah mas jmx....motor mio gw koq larinya cuma 125 doang yah..padahal dah spek tinggi..?knp yah..?CDI brt,knalpot DBS,koil YZ,rumah roller LHK,noken as kawahara.......(tinggi gak sih speknya?).....trus denger2 mas jmx mau ngeluarin knalpot yahh....brp harganya..?denger2 enak tuh knalpott... -_-...makasih...
Logged

caez

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 249
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #7 on: December 13, 2007, 05:38:46 PM »

hallo bro bay-bay.. ;D bukannya saya sok tahu ataupun so ngajarin tentang pertanyaan bro baybay buat
bro jmx..dan maaf bro jmx ngeduluin pertanyaan nya..heheheh, :wub: gini lho bro bay bay..untuk spek seperti itu dah termasuk exterm banget,full upgrade racing..tapi alangkah baiknya untuk menambah di top speed anda mengganti final gear ratio anda yang lebih kecil agar supaya dapat menambah lari di top..tapi saya belum tau juga tentang spek diameter seher motor anda..kalo masih standart,memang agak susah yang ada malah motor nambah berat di awal.. ;D..coba ajah main main ke gatsu a.k.a gatot subroto tiap malem sabtu depan shell tapi yang kearah kuningan disana kita banyak share buat matic yang udah cc gede ..malah ada yang jauh lebih extrem dari motor anda...heheheheheh... :2funny:
Logged

baybay

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 17
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #8 on: December 14, 2007, 04:42:49 PM »

 :huh:ohhh..begitu yah mas..mas..caez...diameter seher saya 58,5 klo gak salah yah...mungkin  gear ratio itu yah harus di ganti? :rolleyes:okeh saya akan maen2 ke gatsu untuk mengetes motor saya setelah di ganti gear ratio.. :ph34r:..tapi kira2 gear ratio nya ukuran berapa aj yah mas..? ;D
Logged

ian777

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 3
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #9 on: January 16, 2008, 11:34:36 AM »

halo bro jmx,
salam kenal nih. Gw baru join nih. Untuk info, gw baru aja punya mio 2006. Beli second. Tertarik baget sama modifikasi mio. Mesin masih standar. Kira2 yg pertama gw bikin apa yah spy paling tidak tarikan bisa enak, dan kalo ngebonceng org masih kuat gitu kalo tanjakan di puncak.... thanks bgt buat info dr bro2 sekalian....
Logged

dragboy

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #10 on: January 20, 2008, 01:48:59 AM »

pengen modif mesin, coba di blueprinting dulu. Baru dari situ kita bisa bikin patokan risetnya mau dibawa kemana.

Pada intinya four stroke engine ada di Efisiensi Volumetrik.
Modifikasi Cyl.Head jadiin fokus utama dulu.
Catat perkembangannya.
Lanjutkan riset bertahap, sehingga punya pace note tersendiri untuk tiap ubahan.

thanks
Logged

Ghee

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #11 on: February 11, 2008, 07:08:12 PM »

Hai Broo Sekalian...
Salam Kenal..
Mau minta saran kalo modif nouvo juga denger'' ga jauh beda ama mio yah?
kalo sy nouvo baru ganti roller dah gitu ga pengen di bore up kira'' bagusnya diapain yah??
boleh minta sarannya donk...
Dan sy juga pengen ganti karbu, tp yg kya gmn?dah gitu apa ada efek nya Ga?
Thank's... ;D ;D
Logged

m0k0_ginta

  • Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 883
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #12 on: February 11, 2008, 09:24:14 PM »

@ Ghee
Salam kenal juga...
kalau ngga mau bore up... mungkin ganti cdi dan pengapian aja...
untuk karburasi bisa juga sih tapi jadi boros... bisa jadi boros busi dan ada kemungkinan borosnya ngga sebanding sama kecepatannya...
Logged
Is not what we ride but how we ride it!

Ghee

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #13 on: February 16, 2008, 09:03:34 AM »

Wow...Thank's bgt ama sarannya yah.. ;D
Ama mau nanya lagi kalo cdi yg ga gitu mahal kelas menengah apa Yah Bagusnya?
kmr udah liat'' Brt yg dual tp msh bingung dah gitu kalo pengapian kmr ditawarin pake ya tamaha Yz klo ga salah, tp Sy belum gitu tau...
Kalau Cdi ama Pengapian ada cocok ato ga cocok ga Yah? -_- :ph34r:
Logged

caez

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 249
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #14 on: February 19, 2008, 02:35:06 PM »

 ;D hallo..bro jmx..dah lama ga ada kabar nih..hehehehe..finally akhirnya riset gw berhasil,dengan ubahan ubahan sedikit klep standart mio yang berdiameter 23/20 ,seher 58,5 ,cdi brt ,koil standart , rumah roller standart dan agak di papas sedikit, v-belt standart ,bensin pertamax biru ! !,knalpot bikinan di ...*masih rahasia euy...mampu tembus 140 km/jam dengan jarak 600 meter,di gatsu dah ngalahin seher 65 lho dan klep gd pula jg.,..cuma masalah portingan di head,dan ubahan2 di secondary cvt...gak percaya,,gw bisa buktiin kok didepan mata kalian..heheheheh.. :police: awas ada police..jalanan licin pula..ati2 portingan bukan cm menaikan dk bisa jg menurunkan dk..hati2 memorting ! !.salah sedikit bisa rugi..selamat mencoba dan ditunggu lawan yang sekelasnya nih..hihihihihi asyiiiieeek  :smitten:
Logged

whitehorsegoks

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #15 on: February 22, 2008, 11:38:02 AM »

Halooo.. salam kenal buat semuanya.. gw punya mio nih, tapi masih bingung mao diapain buat modifnya.. ada ga sih website untuk liat2 gambar2 mio yang udah di modif..? tolong dong dikirimkann.. untuk mesin mgkn belakangan, tampilan dulu biar mantapp..
Logged

epin

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 25
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #16 on: February 29, 2008, 12:41:06 AM »

halo mio soul gw juga baru diboreup 58,5 nih klep kawahara karbu 28 knalpot AHM cdi BRT koil HOL tp pas dicoba top speed cuma 110 maybe bisa 115 tp ga bisa naek lage... kira2 apa ya masalahnya? head gw lage buat dgn ukuran 27/23 moga2 bisa nambah performanya  ;D met kenal all  :ph34r:
Logged

epin

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 25
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #17 on: March 04, 2008, 08:31:13 PM »

koq sepi aja nih tread..... :idiot2:
Logged

jmx

  • Moderator
  • Supir Angkot
  • *****
  • Reputation: 6
  • Offline Offline
  • Posts: 66
  • push the limit
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #18 on: March 12, 2008, 07:36:22 AM »

sori bro epin,br reply..
seharusnya mtr bro epin bisa lebih maksimal. coba diganti perbandingan gigi rasionya,setting lg ukuran spuyer karbu, kerenggangan klep, cek kompresinya, banyak faktor yang menyebabkan mtr tidak maksimal..belum lagi settingan CVt seperi roller dan per nya..
slamat mencoba..
Logged

epin

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 25
Re: memodifikasi mio biar KENCENG!!
« Reply #19 on: March 13, 2008, 01:19:58 AM »

mau tanya bro, kalo misal dgn spek kaya gw gini perlu ga ampe ganti big pulley? ato belt cvt kevlar ? pengaruhnya apa ya bro pake big pulley? dgr2 malah bawahnya jadi agak berat ya?  :huh:
Logged
Pages: [1] 2 3 ... 13   Go Up