Indonesian Automotive Community

General Motorcycle => General Motorcycle Discussion => Topic started by: wakijoey on April 30, 2008, 09:15:27 AM

Title: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: wakijoey on April 30, 2008, 09:15:27 AM
salam bikers !!!

alow bro semua, minta pendapat dunk bersta alasannya kl bisa dan mw  -_-
klo motor bebek mending pake aki kering atau aki basah ya?
thnks buat advicenya bro... :smitten:

Keep The Fight Bro... :ph34r:
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: m0k0_ginta on April 30, 2008, 10:09:54 AM
Kalau kabel kelistrikan masih baik pakai aki kering kalau udah ada sedikit saja masalah pakai aki basah saja....
kemaren pakai aki kering.... ngga taunya ada kabel body yang konslet, lsg tekor akinya dan ngga bisa ngisi lagi....
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: noeg on April 30, 2008, 11:59:00 AM
Enakan pakai aki kering, benar-benar bebas perawatan, pengalaman sih untuk umur aki memang lebih pendek pakai yang kering, tapi dibanding kerepotan kalau kutub-kutubnya sudah penuh garam, kalau isi terlalu penuh bisa tumpah dan merusak cat, dll, dll. Saya pilih aki kering. Untuk harga tidak terlalu jauh selisihnya...
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: Kang Nunu a.k.a Sphere on April 30, 2008, 01:08:01 PM
Setuju pake aki kering ajah...
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: wakijoey on April 30, 2008, 04:49:52 PM
oke..oke..oke..thnks bgt bro buat pilihan dan alasannya  :ph34r:
masukkan buat saia  -_-
buat bro2 yang lain mana neh  :rolleyes: ditunggu pilihan dan alasannya

Let's Get Rock Bro... :ph34r:
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: Kang Nunu a.k.a Sphere on April 30, 2008, 04:56:14 PM
Cuma kalo beli aki kering musti hati-hati juga karena kalo beli yang murah cepet soak...
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: PiaL on April 30, 2008, 06:05:43 PM
lebih pilih aki kering, alasannya lebih kearah kepraktisan sih benernya, perawatannya lebih gampang
tapi sementara masih pake aki basah, masih bagus soalnya, eman-eman  :P
aki kering yang bagus merek apa ya ?
ada masukan ?
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: m0k0_ginta on April 30, 2008, 07:53:06 PM
Berhubung aku pakai motor tua.... malah pingin lepas aki... bener2 bebas perawatan...
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: wakijoey on May 01, 2008, 08:53:50 PM
klo mnrt bengkel t4 saia biasa berkeluh kesah mending pake aki kering pny Ninja... :mellow:
wah klo bro moko pengen lepas aki  :coolsmiley: ya gpp, tapi apa g kasian ma lampu2nya ?
siapa tahu lagi asik2 betot gas mpe max (wkt malam jemput cewenya  :smitten: ) tiba2 matek semua lampunya gmn? :buck2:...just kidding bro  :ph34r:
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: PiaL on May 01, 2008, 09:08:28 PM
aki keringnya ninja mereknya apa ya bro ?

kalo lampunya mati semua, ya gelap  :2funny:
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: wakijoey on May 01, 2008, 09:23:15 PM
aki keringnya ninja mereknya apa ya bro ?

kalo lampunya mati semua, ya gelap  :2funny:

waduh klo g salah Pannasonic bro, coz saia juga lagi hunting2 tapi ya itu mentok diharga bro...klo g salah juga sekitar 120rb-an...bikin kantong kering juga bro...;D
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: PiaL on May 01, 2008, 09:35:29 PM
denger2 aki kering emang kisaran 120 rb, ada yang lebih murah nggak ya ?  ^_^
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: wakijoey on May 01, 2008, 09:40:30 PM
klo cari yang murah mungkin aki second ya bro  :2funny:
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: m0k0_ginta on May 02, 2008, 02:36:53 PM
Aki kering yang aku pakai kemaren Merknya Taijin Rp.90.000,-
Ngga pakai Aki bisa kok... mungkin perlu ditambah hambatan (dioda) di lampunya....ngga gampang putus kok Bro...
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: Kang Nunu a.k.a Sphere on May 02, 2008, 04:34:46 PM
Kalo ga salah ada yang mereknya Speed buatan Jerman. Bagus juga tuch...
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: PiaL on May 02, 2008, 06:00:15 PM
klo cari yang murah mungkin aki second ya bro  :2funny:

murah banget tuh bro, apalagi yang udah soak  :2funny:

Aki kering yang aku pakai kemaren Merknya Taijin Rp.90.000,-

waduh merknya kayak gantinya susu, air taijin  :2funny:
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: wakijoey on May 02, 2008, 07:40:26 PM
Aki kering yang aku pakai kemaren Merknya Taijin Rp.90.000,-
Ngga pakai Aki bisa kok... mungkin perlu ditambah hambatan (dioda) di lampunya....ngga gampang putus kok Bro...

Wogh getu ya bro :D , emang kuat berapa lama tuch aki ?
oke dech klo g pake aki bisa, bisa minta tolong buatkan (skema) rangkainnya bro ? trus lampu rem ma sign ikut nyala g ?
thnks buat ilmunya bro
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: m0k0_ginta on May 02, 2008, 10:38:47 PM
Akinya cuman bisa kepakai sekitar 5 bulanan... soalnya motorku banyak yang konslet kabel2nya ....
waduh skema ya... aku pakai kabel Aslinya cuman dikurangin kabelnya yang ada... untuk diodanya... ntar aku liat dulu soalnya ngga bikin sendiri... yang bikin bengkel... di Jln. HOS. Cokroaminoto, bengkel motor antik...
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: Cupliz on May 03, 2008, 02:45:21 AM
rasanya diode g perlu dah...klo dari kiprok langsung di paralel ke lampu depan+belakang soalnya arusnya berkurang dan g mungkin cpt panas...klo kluaran dari kiprok g mungkin lebih dari 12v kok sedang lampu depan mampu sampe 15v masih bisa mas...^^,
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: m0k0_ginta on May 03, 2008, 08:10:46 AM
hmmm....
tuh bro wakijoey ada yang udah jawab...
iya sih... dulu juga pernah kayak gitu tapi kok bohlamnya yang belakang kok sering putus... kalau belakang udah putus depannya jadi ikutan dah... tapi kalau ngga pakai aki... kiproknya katanya juga jadi cepet panas ya?
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: noeg on May 03, 2008, 02:19:52 PM
Yang penting, kabel hijau dari kiprok jangan lupa dihubungkan langsung ke massa (untuk HONDA), biar kiprok nggak kepanasan.
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: wakijoey on May 03, 2008, 02:30:24 PM
Akinya cuman bisa kepakai sekitar 5 bulanan... soalnya motorku banyak yang konslet kabel2nya ....
waduh skema ya... aku pakai kabel Aslinya cuman dikurangin kabelnya yang ada... untuk diodanya... ntar aku liat dulu soalnya ngga bikin sendiri... yang bikin bengkel... di Jln. HOS. Cokroaminoto, bengkel motor antik...

bro moko masih pake yg made in HOS. Cokroaminoto g ? klo ya lampunya boros g ? masih fungsi g sign dan lampu rem ? kira2 nama bengkelnya apa ya ?and terakhir mpe berapa duit ya bro ;D
thanks berat bro buat infonya
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: m0k0_ginta on May 03, 2008, 02:52:33 PM
Masih... tapi kayaknya mau diringkasin lagi... kabel2nya....
ngga ada nama bengkelnya... cuman buka ditrotoar jalan kok bro... namanya Pak wanto tepatnya di depan pasar klithikan kuncen yang baru... dulu dia ada bengkel di rumahnya di sebelah utaranya... spesialis motor tua dia... dulu motornya zundap ama dkw
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: wakijoey on May 05, 2008, 02:24:51 PM
Masih... tapi kayaknya mau diringkasin lagi... kabel2nya....
ngga ada nama bengkelnya... cuman buka ditrotoar jalan kok bro... namanya Pak wanto tepatnya di depan pasar klithikan kuncen yang baru... dulu dia ada bengkel di rumahnya di sebelah utaranya... spesialis motor tua dia... dulu motornya zundap ama dkw

wogh thanks berat infonya bro..ntar klo libur aq jajal dolan ke sana, sekalian bro klo misalnya sdh diringkas lagi tolong up-load skemanya ya...Thnks berat dech bro
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: syafi on April 18, 2011, 11:08:31 AM
mending pake aki kering, dah kurang lebih 3 tahun ku gunakan aki kering dengan merek CAMPION harganya Rp.  90. 000, n sampe sekarang masih awet lom ganti.  satu tahun yang lalu pernah mati, tapi ku buka tutpnya n ku basahi dengan air acu zur terus ku gunakan lagi masih seperti yang baru dech. . .  met mencoba ya. . .
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: yuyus on May 26, 2011, 01:52:15 AM
yang basah aja , pernah pakai kering. . . . konslet lampu putus semua . . . .  motor megapro.
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: castrobo on March 21, 2012, 02:34:38 PM
motor ane pake aki kering bawaan pabrik.. dah 2 tahun ga diapa2in masih oke..

bahkan pernah klaksonnya mbrebet dikirain akinya tekor tapi ternyata emang klaksonnya yg dah rusak sedangkan akinya masih tokcer...
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: narialmy on September 06, 2012, 11:46:54 PM
kalo menurut ane probadi sih mending pake aki kering bagi agan-agan yang ga punya waktu luang untuk ngecek air aki
tapi aki basah juga ada enaknya ... kalo ada tekornya masi bisa di benerin
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: roda-dua on October 17, 2014, 04:16:50 PM
saya vota aki kering
lebih bisa bertahan lama
Title: Re: kira-kira mending aki basah atau aki kering ya?
Post by: roda-dua on January 18, 2015, 12:31:41 PM
klo aye seh gan ikutin ajah jenis aki awal pas kita beli tuh motor
untuk awet mana, aki kering atau basah ? kedua nya pun kelebihan dan kekurangan, namun itu semua tergantung bagaimana perawatan yang kita lakukan