Indonesian Automotive Community

Matic Lovers => General Matic Lovers Discussion => Topic started by: Ronny_Glandut on January 10, 2009, 07:49:37 PM

Title: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: Ronny_Glandut on January 10, 2009, 07:49:37 PM
Bro semua, mau nanya...mana yg lebih bagus, Big pulley(pulley racing) atau pulley standart(baik benar2 std ataupun std modifan)??? menurut pengalaman brother semua aja, mohon pencerahaannya mungkin dr Biker Zone, GT Speed, JP Racing, Han's motor..Dll...ada yg mau berbagi info...Thx...
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: ABBAN on January 10, 2009, 10:31:02 PM
nah kalo soal pulley coba kasih sarannya donk bro han... sy aja dulu diajarin sama beliau :)
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: jmx on January 11, 2009, 12:47:21 AM
Bro semua, mau nanya...mana yg lebih bagus, Big pulley(pulley racing) atau pulley standart(baik benar2 std ataupun std modifan)??? menurut pengalaman brother semua aja, mohon pencerahaannya mungkin dr Biker Zone, GT Speed, JP Racing, Han's motor..Dll...ada yg mau berbagi info...Thx...
halo bro ronny..
pulley diliat dari sudut kemiringannya.big pulley 14 derajat(bs diliat di kemasan),std sekitar 13 derajat..nah kalo pulley std yang di modif apanya dulu nie?got roller nya apa sudut kemiringannya (yg jd penampang belt)??..
-big pulley punya diameter yang lebih besar dan sudut yang lebih tegak dibanding std dan sudut got roller yang tinggi (ga landai),artinya roller sedikit tertahan bergerak shg mengakibatkan belt sedikit tertahan membuka.cocok buat mesin stop and go dan mesin yang torsinya di rpm atas.
-pulley std sudutnya lebih tirus,dan got rollernya landai..nah kalo dimodif biasanya got rollernya,derajat kemiringan tergantung peruntukkannya tp yang pasti adalah stopper yang ada diujung got roller harus dihilangkan,jadi pulley bisa membuka maksimal. karena got rollernya landai makanya cocok buat trek sekali betot dan buat mesin yang torsinya di rpm bwh (stroke std mio lebih besar dari bore nya kan?)

roller dan per CVT juga pengaruh lho bro..smua tergantung spek mesin,CVT cuma penerus daya,tapi CVT punya pengaruh besar thd output.

kira-kira begitu analisa gembelnya..
kalo secara teknis mgkn bro lainnya bs membantu? 
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: numatak on January 11, 2009, 02:15:10 PM
nah kalo soal pulley coba kasih sarannya donk bro han... sy aja dulu diajarin sama beliau :)
di bandung jagonya pully mah cuma pak ojo. beliau udah riset dari taun 2005. tapi sayang beberapa tekniknya masih dirahasiakan, terutama buat road race. tapi kalo untuk harian sama balap liar kayaknya beliau mau deh sharing2, gimana bang hans?
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: Ronny_Glandut on January 12, 2009, 12:05:07 AM
halo bro ronny..
pulley diliat dari sudut kemiringannya.big pulley 14 derajat(bs diliat di kemasan),std sekitar 13 derajat..nah kalo pulley std yang di modif apanya dulu nie?got roller nya apa sudut kemiringannya (yg jd penampang belt)??..
-big pulley punya diameter yang lebih besar dan sudut yang lebih tegak dibanding std dan sudut got roller yang tinggi (ga landai),artinya roller sedikit tertahan bergerak shg mengakibatkan belt sedikit tertahan membuka.cocok buat mesin stop and go dan mesin yang torsinya di rpm atas.
-pulley std sudutnya lebih tirus,dan got rollernya landai..nah kalo dimodif biasanya got rollernya,derajat kemiringan tergantung peruntukkannya tp yang pasti adalah stopper yang ada diujung got roller harus dihilangkan,jadi pulley bisa membuka maksimal. karena got rollernya landai makanya cocok buat trek sekali betot dan buat mesin yang torsinya di rpm bwh (stroke std mio lebih besar dari bore nya kan?)

roller dan per CVT juga pengaruh lho bro..smua tergantung spek mesin,CVT cuma penerus daya,tapi CVT punya pengaruh besar thd output.

kira-kira begitu analisa gembelnya..
kalo secara teknis mgkn bro lainnya bs membantu? 

Iya si bro jmx...tp g suka liat orng2 ada yg make Pulley modifan(diubah got roller-nya)...tp derajat kemiringan ga diubah...itu efek sama ga si sama BIG pulley??? karena saat roller dilempar baik Big pulley maupun pulley modifan punya got yg sama2 bisa melempar roller secara max...dan bisa dilempar sama2 jauh...dan untuk aplikasinya apakah ada efek saat pulley std dimodif spt itu???
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: Ronny_Glandut on January 12, 2009, 12:20:11 AM
di bandung jagonya pully mah cuma pak ojo. beliau udah riset dari taun 2005. tapi sayang beberapa tekniknya masih dirahasiakan, terutama buat road race. tapi kalo untuk harian sama balap liar kayaknya beliau mau deh sharing2, gimana bang hans?

Iya bro....coz g cuma mau bikin komparasi n informasi...coz banyak beredar Big pulley di pasaran..tp orang2 pas g tanya, knapa ga pke big pulley??? kata mereka enakan pke yg std tp dimodif bos...trus g dikasih liat modifannya, got roller yg diubah tp derajat kmiringan ngga diubah...katanya ini efeknya sama kyk pke big pulley....dan ada lagi yg bilang klo big pulley dipake harian, efek motor pas dibawa pelan/ RPM bawah suka nyendat n slip...tp pas di RPM atas enak...buat OM OJO, bagi2 informasi donk dan tips-tips tentang pulley, baik Big pulley maupun Pulley std yah untuk pemakaian harian n liaran aja om, yg road race mah biar jd rahasia dapur aja deh..hehehe..mohon info dan pencerahaanya... buat brother skalian yg mau bagi info dan pengalaman seputar pemakaian pulley silakan reply....Thx bro...
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: HANojo on January 12, 2009, 08:41:41 PM
di bandung jagonya pully mah cuma pak ojo. beliau udah riset dari taun 2005. tapi sayang beberapa tekniknya masih dirahasiakan, terutama buat road race. tapi kalo untuk harian sama balap liar kayaknya beliau mau deh sharing2, gimana bang hans?
Ahh...bro numatak sih bisa aja..sama aja koq sm bro jmx teori nya...ya memang gitu...cuma kadang sy suka liat kondisi motor yg dateng ke saya nya.... jadi kadang ada yg teknis nya pake teknik A dimotor yg ini bagus tp di motor yg B gak optimal....nah kalo ketemu problem seperti itu baru sy setting sendiri sesuai keperluan si customer...krn beda power..beda jg terapan nya....

Cuma kalo untuk ngejar RPM atas sy biasanya pake Big Pulley....tp kalo buat touring atau panjang2 bisa pake pulley std di sebit got roller nya atau pake pulley ukuran std tp merk after market... yang pasti saya banyak maenin di kipas sama ring nya...
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: Ronny_Glandut on January 13, 2009, 12:32:31 AM
Ahh...bro numatak sih bisa aja..sama aja koq sm bro jmx teori nya...ya memang gitu...cuma kadang sy suka liat kondisi motor yg dateng ke saya nya.... jadi kadang ada yg teknis nya pake teknik A dimotor yg ini bagus tp di motor yg B gak optimal....nah kalo ketemu problem seperti itu baru sy setting sendiri sesuai keperluan si customer...krn beda power..beda jg terapan nya....

Cuma kalo untuk ngejar RPM atas sy biasanya pake Big Pulley....tp kalo buat touring atau panjang2 bisa pake pulley std di sebit got roller nya atau pake pulley ukuran std tp merk after market... yang pasti saya banyak maenin di kipas sama ring nya...

Maksudnya touring ato panjang2 apa om??? trek panjang??? kalo sama buat trek seukuran pasupati??? buat drag 2km, itu juga termasuk??? atau buat touring yg memang trek yg dilewati sangat panjang??? btw ring apa yg dimaksud om??? di bagian mana??? Thx om...
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: numatak on January 13, 2009, 12:37:27 AM
om ojo, kalo ngasih tau yang jelas atuh. jangan setengah2 hehehe
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: ABBAN on January 13, 2009, 07:38:13 AM
suka ngegantung gitu ahhhhhhh! hihihihihihihihi
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: Ronny_Glandut on January 13, 2009, 09:10:00 AM
jiahahaha...om yg lebih jelaslah..hehe...coz biar lbh jelas gitu...Thx`om...
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: sancipak on January 13, 2009, 09:34:55 AM
ikut menyimak dulu.......hahahahahahahahah
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: HANojo on January 13, 2009, 08:41:09 PM
Maksud nya kalo buat touring sy lbh seneng pake pulley ukuran std tp merk after market (Lxx)....krn selain torsi lbh lembut....rpm engine gak terlalu tinggi....jadi kalo setiap kita buka gas keluar tikungan lebih smooth....

Untuk pasupati juga sama, sering nya saya pake yg seperti untuk touring...krn pasupati treknya panjang banget jd sy biarkan tarikan nya lbh smooth...kadang sama yg lain pada saat start suka ketinggalan....yang penting pada saat di tiang pancang mesin mulai jerit....trik ini sih beberapa kali 3 besar ya....cuma kan sekarang kaya bro numatak sm abban jg pada kenceng tuh....pada gak cerita aja tuuuhhhh....

Nah kalo untuk karakter yg perlu torsi hebat and engine perlu sampe menjerit jerit.....biasanya baru sy pake big pulley....

Ring yg dimaksud yg tebalnya 1mm, posisi std nya antara bos sama kipas, nah kalo dilepas dr posisinya atau disimpen di blk...otomatis belt jd lbh kejepit.....karakter engine jd langsung rubah....tarikannya lbh smooth lg...tp atas nya lbh jalan lg kalo cam/noken as nya cukup neken di atasnya.....

sesuai keterangan sy sebelumnya....terapan2 diatas biasanya sy praktekan kalo karakter engine nya mendukung....jd blm tentu semuanya bisa langsung cocok...gitu looohhh
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: sancipak on January 14, 2009, 04:17:52 PM
Maksud nya kalo buat touring sy lbh seneng pake pulley ukuran std tp merk after market (Lxx)....krn selain torsi lbh lembut....rpm engine gak terlalu tinggi....jadi kalo setiap kita buka gas keluar tikungan lebih smooth....

Untuk pasupati juga sama, sering nya saya pake yg seperti untuk touring...krn pasupati treknya panjang banget jd sy biarkan tarikan nya lbh smooth...kadang sama yg lain pada saat start suka ketinggalan....yang penting pada saat di tiang pancang mesin mulai jerit....trik ini sih beberapa kali 3 besar ya....cuma kan sekarang kaya bro numatak sm abban jg pada kenceng tuh....pada gak cerita aja tuuuhhhh....

Nah kalo untuk karakter yg perlu torsi hebat and engine perlu sampe menjerit jerit.....biasanya baru sy pake big pulley....

Ring yg dimaksud yg tebalnya 1mm, posisi std nya antara bos sama kipas, nah kalo dilepas dr posisinya atau disimpen di blk...otomatis belt jd lbh kejepit.....karakter engine jd langsung rubah....tarikannya lbh smooth lg...tp atas nya lbh jalan lg kalo cam/noken as nya cukup neken di atasnya.....

sesuai keterangan sy sebelumnya....terapan2 diatas biasanya sy praktekan kalo karakter engine nya mendukung....jd blm tentu semuanya bisa langsung cocok...gitu looohhh


heheheheh....mantabh, akhirnya ada jg juragan laen yg mw jawab soal spek / tips and trik di tret ini selaen om tovy.....soalnya disini jarang bgt yg jawab klo dah ditanya soal spek nih.......hahahahah......

wah kayanya perlu dikasih reputation nih.....ya udah saya kasih rep deh soalnya cuma bisa ngasih itu doank

ngemeng2 spek mtrnya om ojo piston berapa sih.....?
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: ABBAN on January 14, 2009, 08:02:38 PM
wah om ojo mesinnya banyakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk nyakkkkkkk nyakkkkkkkkkkkkk
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: Ronny_Glandut on January 14, 2009, 08:52:53 PM
Maksud nya kalo buat touring sy lbh seneng pake pulley ukuran std tp merk after market (Lxx)....krn selain torsi lbh lembut....rpm engine gak terlalu tinggi....jadi kalo setiap kita buka gas keluar tikungan lebih smooth....

Untuk pasupati juga sama, sering nya saya pake yg seperti untuk touring...krn pasupati treknya panjang banget jd sy biarkan tarikan nya lbh smooth...kadang sama yg lain pada saat start suka ketinggalan....yang penting pada saat di tiang pancang mesin mulai jerit....trik ini sih beberapa kali 3 besar ya....cuma kan sekarang kaya bro numatak sm abban jg pada kenceng tuh....pada gak cerita aja tuuuhhhh....

Nah kalo untuk karakter yg perlu torsi hebat and engine perlu sampe menjerit jerit.....biasanya baru sy pake big pulley....

Ring yg dimaksud yg tebalnya 1mm, posisi std nya antara bos sama kipas, nah kalo dilepas dr posisinya atau disimpen di blk...otomatis belt jd lbh kejepit.....karakter engine jd langsung rubah....tarikannya lbh smooth lg...tp atas nya lbh jalan lg kalo cam/noken as nya cukup neken di atasnya.....

sesuai keterangan sy sebelumnya....terapan2 diatas biasanya sy praktekan kalo karakter engine nya mendukung....jd blm tentu semuanya bisa langsung cocok...gitu looohhh


ok..ok...
wah..wah..wah....tipsnya bagus banget om...n makasih juga buat pencerahannya, oh iya saya juga sempat mainin juga di kipas aja tp....ngga sampe ke ringnya...hehehe...tapi emang iya si Big pulley cocok buat mesin yg ganas...tp om mau nanya...kalo pulley std di modif got rollernya apakah sama efeknya sama kyk big pulley??? kan roller sama2 bisa dilempar jauh??? Sama mau nanya soal per CVT...apakah emang bener per CVT yang ada di pasaran skarang ini semuanya tidak lebih baik dibandingkan standarnya??? coz ada yg beranggapan per CVT yg ada skarang ini semuanya berkualitas jelek...merk aftermarket manapun...mhn pencerahannya Thx om.....

Buat bro ABBAN n bro Numatak...nahhh kan ketahuan...tuh dah dibilang sama om Ojo, motornya pada kenceng2 juga, bagi tipsnyalah...ya itung2 buat pencerahan n nambah pahala juga...hehehehe, ya walaupun udah sbagian besar udh diwakilin om ojo....OK!!!  :ph34r:
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: Ronny_Glandut on January 14, 2009, 08:57:31 PM
heheheheh....mantabh, akhirnya ada jg juragan laen yg mw jawab soal spek / tips and trik di tret ini selaen om tovy.....soalnya disini jarang bgt yg jawab klo dah ditanya soal spek nih.......hahahahah......

wah kayanya perlu dikasih reputation nih.....ya udah saya kasih rep deh soalnya cuma bisa ngasih itu doank

ngemeng2 spek mtrnya om ojo piston berapa sih.....?

iya nih juragan yg satu ini berarti berhati mulia...hehehe....klo saya boleh tebak om ojo, motornya ada 2...tp mesinnya ada 3++(58,65,70)...jiahahahaha.... ;D
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: ABBAN on January 14, 2009, 09:25:18 PM
mesinnnnn dia banyakkkk...

sy kan udah jujur di posting sebelumnya bilang, sy tau dan belajar basic matic dr om ojo :D
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: HANojo on January 14, 2009, 09:44:04 PM
Ah..pada bisa aja nih....haha gak lah sy sih seneng aja bisa berbagi...tp sekarang kan udah banyak yg jago..and lbh hebat lah....

kalo soal puley std di sebit got roler nya..kayanya tetep gak bisa nyamain karakter big pulley..bahkan sama puley ukuran std after market aja pasti beda....

kalo soal per cvt...sy gak pernah ganti2..selalu pake std.....paling banter di ganjel...itu juga gmn keperluan aja.....soalnya kalo diganti suka gak jalan atas nya....tp gak tau yah yg lain....mungkin ada ilmu yg lbh hebat lagi....hehehe
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: HANojo on January 15, 2009, 07:30:10 AM
heheheheh....mantabh, akhirnya ada jg juragan laen yg mw jawab soal spek / tips and trik di tret ini selaen om tovy.....soalnya disini jarang bgt yg jawab klo dah ditanya soal spek nih.......hahahahah......

wah kayanya perlu dikasih reputation nih.....ya udah saya kasih rep deh soalnya cuma bisa ngasih itu doank

ngemeng2 spek mtrnya om ojo piston berapa sih.....?
Thanks ya bos......Rep nya...hehehe
Spec nya biasa aja ....hampir rata sm yg lain...piston 64.sampe 65.5...ada jg yg 71 sih tp jarang dipake
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: sancipak on January 15, 2009, 08:42:14 AM
Thanks ya bos......Rep nya...hehehe
Spec nya biasa aja ....hampir rata sm yg lain...piston 64.sampe 65.5...ada jg yg 71 sih tp jarang dipake
yg 71 maksudnya cuma turun special occasion gitu yah...hahahahah......
tp biasanya justru yg dituakan itu yg mw share....tq om....hehehehe
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: Ronny_Glandut on January 16, 2009, 10:48:33 PM
Ah..pada bisa aja nih....haha gak lah sy sih seneng aja bisa berbagi...tp sekarang kan udah banyak yg jago..and lbh hebat lah....

kalo soal puley std di sebit got roler nya..kayanya tetep gak bisa nyamain karakter big pulley..bahkan sama puley ukuran std after market aja pasti beda....

kalo soal per cvt...sy gak pernah ganti2..selalu pake std.....paling banter di ganjel...itu juga gmn keperluan aja.....soalnya kalo diganti suka gak jalan atas nya....tp gak tau yah yg lain....mungkin ada ilmu yg lbh hebat lagi....hehehe

OO gitu ya om...ok..ok...ngerti2...soal per CVT om juga pke standaran juga ya...oo...gitu...ok..ok..ngerti2...ok om thx infonya...trima kasih juga pencerahaanya... :ph34r:
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: jmx on January 18, 2009, 12:25:30 AM
Iya si bro jmx...tp g suka liat orng2 ada yg make Pulley modifan(diubah got roller-nya)...tp derajat kemiringan ga diubah...itu efek sama ga si sama BIG pulley??? karena saat roller dilempar baik Big pulley maupun pulley modifan punya got yg sama2 bisa melempar roller secara max...dan bisa dilempar sama2 jauh...dan untuk aplikasinya apakah ada efek saat pulley std dimodif spt itu???
pada dasarnya setting pulley sama kayak gir di sepeda balap (analoginya),kan bekerjanya kurang lebih kayak gt bro..utk akselerasi lebih baik berarti diameter depan lebih kecil dan belakang semakin besar.utk top speed depan lebih besar,dan belakanglebih kecil.demikian juga posisi rumah pulley/variator (primary) terhadap rumah pulley blkg/secondary sliding sheave/rumah cvt.karena perbandingan rasio antara depan terhadap belakang lebih besar, jadi mesin enteng menarik beban,hasilnya akselerasi jadi lebih baik dan powernya rata (dari rpm bawah sampai atas)

cara yang bisa ditempuh adalah dengan menambah ring pengganjal pulley depan (yang terletak di bos rumah pulley).standarnya kira-kira 1.3mm dan ditambah dengan ring sesuai kebutuhan (dapat diukur dgn melihat posisi belt di rumah cvt blkg/secondary jangan sampai terlampau keluar, maksimal posisinya sama dengan/sejajar bibir diameter rumah cvt belakang).atau bisa diakali jg lewat pemakaian belt yang lebih tipis.
kalo sudah demikian,kasih roller yang lebih berat dari standarnya (utk big pulley biasanya diatas 10 gr,untk pulley std biasanya diatas 10.5 gr[std mio pabrikan]).gunanya agar pulley membuka maksimal,karena roller berat utk rpm atasnya lebih ngisi tapi akselerasinya rada lemot(tapi kan sudah diakali lewat penambahan ring jadi akselerasi tetap okeh).jadi dari rpm bawah sampe rpm atas tetap ngisi.jadi ga perlu pake per cvt aftermarket yang keras.karena kalo terlalu keras,rumah cvt belakang ga bisa membuka selebar-lebarnya,jadi menghambat top-speed.
agar pulley std bisa membuka maksimal maka yang harus diubah pertama-tama adalah batas/stopper yang ada di ujung got roller. stopper itu harus dihilangkan dengan cara di kikir/dikerok/digerus,ya terserah lah caranya..maksudnya adalah agar roller ga terhambat ketika mengembang,dan membuat travel rollernya lebih panjang.jadi pulley bisa membuka semaksimal mungkin.

trus pake belt standar aja.karena dari pengalaman emang lebih awet.kalo ada belt bekas juga oke (asal belom retak ya)karena elastisitasnya udah berkurang jadi lebih rigid menerima beban, lebih tipis dan mulur,dan sudut kemiringan pada belt sama dengan pulley std) .jadi bidang yang bertemu antara belt dan pulley rata.

nah abis itu baru cari gigi rasio yang sesuai dengan trek deh..

kalo masalah derajat kemiringan got roller,ya seperti pak ojo bilang.itu sesuai dengan karakter mesin atau trek yang dilalui,apakah power mesin mau langsung keluar atau progressive..
roller yang dimeter atau dimensinya gede (cnth roller vario buat big pulley)pasti derajat got rollernya lebih tinggi, dibanding roller mio yang kecil dan derajat got rollernya landai..walau emang sama-sama bisa melempar roller sejauh-jauhnya,pasti ada perbedaannya kan?intinya ada pada "perjalanan" roller itu dari awal menuju akhir..

kira-kira begitu lah bro...semoga membantu...

Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: Ronny_Glandut on January 18, 2009, 10:47:39 PM
pada dasarnya setting pulley sama kayak gir di sepeda balap (analoginya),kan bekerjanya kurang lebih kayak gt bro..utk akselerasi lebih baik berarti diameter depan lebih kecil dan belakang semakin besar.utk top speed depan lebih besar,dan belakanglebih kecil.demikian juga posisi rumah pulley/variator (primary) terhadap rumah pulley blkg/secondary sliding sheave/rumah cvt.karena perbandingan rasio antara depan terhadap belakang lebih besar, jadi mesin enteng menarik beban,hasilnya akselerasi jadi lebih baik dan powernya rata (dari rpm bawah sampai atas)

cara yang bisa ditempuh adalah dengan menambah ring pengganjal pulley depan (yang terletak di bos rumah pulley).standarnya kira-kira 1.3mm dan ditambah dengan ring sesuai kebutuhan (dapat diukur dgn melihat posisi belt di rumah cvt blkg/secondary jangan sampai terlampau keluar, maksimal posisinya sama dengan/sejajar bibir diameter rumah cvt belakang).atau bisa diakali jg lewat pemakaian belt yang lebih tipis.
kalo sudah demikian,kasih roller yang lebih berat dari standarnya (utk big pulley biasanya diatas 10 gr,untk pulley std biasanya diatas 10.5 gr[std mio pabrikan]).gunanya agar pulley membuka maksimal,karena roller berat utk rpm atasnya lebih ngisi tapi akselerasinya rada lemot(tapi kan sudah diakali lewat penambahan ring jadi akselerasi tetap okeh).jadi dari rpm bawah sampe rpm atas tetap ngisi.jadi ga perlu pake per cvt aftermarket yang keras.karena kalo terlalu keras,rumah cvt belakang ga bisa membuka selebar-lebarnya,jadi menghambat top-speed.
agar pulley std bisa membuka maksimal maka yang harus diubah pertama-tama adalah batas/stopper yang ada di ujung got roller. stopper itu harus dihilangkan dengan cara di kikir/dikerok/digerus,ya terserah lah caranya..maksudnya adalah agar roller ga terhambat ketika mengembang,dan membuat travel rollernya lebih panjang.jadi pulley bisa membuka semaksimal mungkin.

trus pake belt standar aja.karena dari pengalaman emang lebih awet.kalo ada belt bekas juga oke (asal belom retak ya)karena elastisitasnya udah berkurang jadi lebih rigid menerima beban, lebih tipis dan mulur,dan sudut kemiringan pada belt sama dengan pulley std) .jadi bidang yang bertemu antara belt dan pulley rata.

nah abis itu baru cari gigi rasio yang sesuai dengan trek deh..

kalo masalah derajat kemiringan got roller,ya seperti pak ojo bilang.itu sesuai dengan karakter mesin atau trek yang dilalui,apakah power mesin mau langsung keluar atau progressive..
roller yang dimeter atau dimensinya gede (cnth roller vario buat big pulley)pasti derajat got rollernya lebih tinggi, dibanding roller mio yang kecil dan derajat got rollernya landai..walau emang sama-sama bisa melempar roller sejauh-jauhnya,pasti ada perbedaannya kan?intinya ada pada "perjalanan" roller itu dari awal menuju akhir..

kira-kira begitu lah bro...semoga membantu...



Ok deh bro Jaue...hehehe..enakan pake panggilan itu ah...sorry ga pke JMX...hehe...kan waktu dulu..manggilnya di forum dah pke Jaue..ok!! gpp kan...btw untuk tips n penjelasannya ajibbb...BGT dah...thx BGT untuk pencerahannya juga...jadi ngerti teori n bakal dicoba untuk pengaplikasiannya...BTW..bro bengkel masih buka kan yg di Jeruk Purut??? coz dah jarang nih lewat situ... ;D ada project baru lagi ga nih??? kali gitu lagi bikin motor lagi..hehe...sekali lagi Thx BGT bro.... :ph34r:
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: wira on August 21, 2009, 10:44:23 AM
salam kenal bro2. . .
mo nanya nih klo mio mesin standart mo pake big pully tdr enak nya pake roller ukran brp ya??
skrg yg dah diganti cdi brt, busi irredium, per cvt 1500rpm diganjel peluru. .
ban dpn 215/90 blk 250/120. .
thx. .
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: buatlo on September 20, 2009, 10:05:11 AM
alow all. . .  salam kenal. . . 
saya baru pake matic 5bln terakhir (SW). . . .  mohon petunjuknya untuk memaksimal kan CVT di SW apa aja ya?. . . . .

saat ini udah pake per vario & spring sliding, lainnya masih standar, kira2 apa lagi ya biar maksimal?
untuk mesin saat ini so far so good untuk harian udah cukup ok.
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: buffereyes on November 22, 2010, 11:45:00 PM
permisi rekan2, saya numpang gabung. . .
saya ingin belajar lebih banyak tentang cvt, sudah ada gambaran dan mengerti cara kerjanya, namun belum pernah bongkar sendiri. . .   ;D

motor saya new mio 2010, sudah ganti cdi varro, koil karisma, cop 0 resistant, selama pemakaian sih mio saya cuman nambah irit doang dari standart. . .
top speed cuman manteng di angka 100kpj, tapi masuk 90 ke atas seperti ada sendatan. . .
ini baiknya pakai pulley apa ya? pernah baca kalau ada pulley standar modifan yg diperlebar jalur gotnya, kira2 harganya berapa ya?

thanks,
salam kenal
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: ba2he on December 20, 2010, 12:15:03 PM
lam kenal, sy penumpang baru mau gabung. . . 

mio sy pake piston 65,5 stroke std, klep EE, Big pulley 14 drajat, roler vario 10gr, ratio 14-41. .
di awalnya motor susah di kendalikan. .  tp di atasnya motor kaya ga jalan, cm triak aja. . .  apa ada yang salah ma pulley n rolernya ya bro. . . ?CVT semua std. .

mohon pencerahannya. . .  thanks. . .
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: kasburator on January 28, 2011, 01:27:43 AM
klo mo ngebut ya pake big pulley. Tp hukum alamnya yg bebannya lebih banyak ya lebih gampang aus
Title: Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
Post by: bantex28 on January 27, 2012, 03:13:18 PM
mau tnya nih mas, mio saya pke seher 57, roller 9 gram. pulley uda di kerok sama rubah derajat 13.5 . 0-40 tarikan bawahnya rada lemot gtu tapi pas 40 ++ baru enak jalanya kenapa itu yah?