Indonesian Automotive Community

General Motorcycle => Motorcycle Repair & Maintenance => Topic started by: wahyu on February 06, 2009, 03:13:24 PM

Title: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: wahyu on February 06, 2009, 03:13:24 PM
2 bulan yang lalu aku ditawarin oli Merk Duron E-XL 15-30 dari Petro canada, katanya mampu menempuh 80.000 km. mesin halus, tarikan nambah, bensin irit, mampu merawat mesin hingga 2 jt kam tanpa turun mesin, bahkan dicritain mobil yang bocor radiator mampu menempuh krian surabaya tanpa rusak mesin (mulet) dan susuki jelajah nusantara 20.000 - 35.000 km itu pakai oli ini, ku cek di gogle "petro canada" ternyata banyak yang mereferensikan oli itu. penasaran akhirnya tak coba pada grand 97 gue 80cc yg nota bene jarang servis tapi ganti oli tiap 3000 km, ternyata ada perbedaan yaitu ; tarikan nambah dan 80 km mampu dipersneleng 3 itu pun gas belum pol yg sebelumnya menggunakan persneleng 4. 1 litre 50 menjadi 65 km, aku tau emailnya saja "fadhilcom[at]plasa.c0m" coba aja pasti dibalas
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: Kang Nunu a.k.a Sphere on February 06, 2009, 05:13:42 PM
Sori bro, gw ga setuju dengan oli motor yang bisa nempun 80000 km. Tapi bukan berarti meragukan kwalitas itu oli yahhh...

Pertama, jarak tempuh hingga 80000 km, menurut gw terlalu lama, karena panas biasanya olinya nguap trus bisa berkurang. Blum lagi kalo ada seal-nya yang bocor. Jadi musti rajin-rajin cek oli juga dan tambah kalo kurang... Apalagi kali olinya encer...

Yang kedua, biasanya oli untuk daerah tropis kaya Indonesia beda dengan daerah subtropis kaya kanada. Trus biasanya musti cari tau udah standar JASO-MA nya ga. Karena motor di indonesia mesinnya masih menggunakan kopling basah. Ntar malah sering selip jadinya kalo pake oli untuk kopling kering...

Tapi selama Anda happy dengan oli-nya gpp koq dipake truss....
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: ullynih on February 06, 2009, 11:27:49 PM
cintailah produk dalam negri enduro racing tetep paling mantap
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: i_wan19 on February 09, 2009, 02:03:42 AM
Kalo soal iklim sih masuk akal juga ya.
Btw, udah pernah coba ampe 80.000KM ? Trus gmn tuh ?
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: PiaL on February 09, 2009, 01:36:03 PM
denger2 sih belom ada pengguna tu oli yang dah nyampe 80.000 km  ;D
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: ullynih on February 09, 2009, 02:27:15 PM
hehehehe 80.000 km pas dibuka baut olinya ga ada yg netes kayanya...
atau udah berubah jadi pasir semua... ?
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: Kang Nunu a.k.a Sphere on February 09, 2009, 04:43:23 PM
cintailah produk dalam negri enduro racing tetep paling mantap

Yoi nehhh, semenjak motul udah jadi 83 ribu gw ganti enduro racing sebagai penggantinya. Tiada yang lebih mantaffb selain enduro racingg...
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: PiaL on February 09, 2009, 10:33:46 PM
olinya bro biker zone mantap lho  :ph34r:
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: i_wan19 on February 10, 2009, 02:35:04 AM
Kalo pake oli QUASAR P2 gmn bro ?
Denger2 sih bagus tuh...
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: wahyu on February 16, 2009, 03:07:53 PM
Sori bro, gw ga setuju dengan oli motor yang bisa nempun 80000 km. Tapi bukan berarti meragukan kwalitas itu oli yahhh...

Pertama, jarak tempuh hingga 80000 km, menurut gw terlalu lama, karena panas biasanya olinya nguap trus bisa berkurang. Blum lagi kalo ada seal-nya yang bocor. Jadi musti rajin-rajin cek oli juga dan tambah kalo kurang... Apalagi kali olinya encer...

Yang kedua, biasanya oli untuk daerah tropis kaya Indonesia beda dengan daerah subtropis kaya kanada. Trus biasanya musti cari tau udah standar JASO-MA nya ga. Karena motor di indonesia mesinnya masih menggunakan kopling basah. Ntar malah sering selip jadinya kalo pake oli untuk kopling kering...

Tapi selama Anda happy dengan oli-nya gpp koq dipake truss....

__________________________________
kang ....!
tahukan suzuki setiap ngluarin produk baru selalu ada acara "suzuki jelajah nusantara", tuh motor gak boleh mati mesinnya, trus gimana cara ganti oli???????. and nempuh jarak lebih dari 20000 km nyampai 35000km. pakai oli pasaran akan rontok tuh mesin.
coba gogling "petro canada indonesia" banyak informasi di sana.
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: wahyu on February 16, 2009, 03:14:50 PM
cintailah produk dalam negri enduro racing tetep paling mantap
_________
sayangnya bung pertamina tidak mendaftarkan oli tsb ke ke American Petrolium institut (API) yang ada lambang "donut" nya (lingkaran yang ada tulisan API servis sm)
API itu lembaga yang ngluarin sertifikat oli, layak dipakai atau tidak. kalo tak ada mungkin tak di daftarkan atau didaftarkan tapi gak lulus. inga` inga` harus ada "API DONUT"
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: wahyu on February 16, 2009, 03:20:59 PM
Kalo soal iklim sih masuk akal juga ya.
Btw, udah pernah coba ampe 80.000KM ? Trus gmn tuh ?

_______
ada mobil terrios udah nyampai 40000 km, dan oli itu di cek oleh PT CORRELAB jakarta, masih layak pakai dan tak terjadi keausan dini
cari infonya di gogle "petro canada indonesia"
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: ullynih on February 16, 2009, 06:24:46 PM
_________
sayangnya bung pertamina tidak mendaftarkan oli tsb ke ke American Petrolium institut (API) yang ada lambang "donut" nya (lingkaran yang ada tulisan API servis sm)
API itu lembaga yang ngluarin sertifikat oli, layak dipakai atau tidak. kalo tak ada mungkin tak di daftarkan atau didaftarkan tapi gak lulus. inga` inga` harus ada "API DONUT"
karena saya orang asia menggunakan sepeda motor jepang....
api yg ada di botol oli enduro racing sudah cukup buat saya....
kecuali orang2 amerika udah ga gengsi make motor dibawah 250cc
mungkin saya akan mencari api donut itu ditiap oli yg akan saya isi
ke mesin motor saya ;)
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: Kang Nunu a.k.a Sphere on February 17, 2009, 03:00:51 PM
kang ....!
tahukan suzuki setiap ngluarin produk baru selalu ada acara "suzuki jelajah nusantara", tuh motor gak boleh mati mesinnya, trus gimana cara ganti oli???????. and nempuh jarak lebih dari 20000 km nyampai 35000km. pakai oli pasaran akan rontok tuh mesin.
coba gogling "petro canada indonesia" banyak informasi di sana.

Yakin gan olinya bisa nempuh 80000 km? Berarti kalo dipake di motor gw harusnya 6 tahun sekali baru ganti oli, trayek-nya itu tiap hari sudirman-bekasi, setahun belakangan sudirman-tangerang. Soalnya kemaren pake oli motul 10/40 ajah pas diganti di 2000km olinya udah tinggal setengah. Gw rasa sich motor Suzuki baru keluar pabrik seal-nya masih bagus, ga ada yang rembes... Yah, gpp sehhh kalo ada yang berminat pake... terutama motornya kalo masih baru keluar pabrik, trus ganti olinya 5-6 tahun kemudian... Kan gw dah bilang, gw ga meragukan kemampuan nich produk. Cuma bener ga bisa sampe 80000km tanpa memperhatikan faktor eksternal?
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: Kang Nunu a.k.a Sphere on February 17, 2009, 03:10:43 PM
sayangnya bung pertamina tidak mendaftarkan oli tsb ke ke American Petrolium institut (API) yang ada lambang "donut" nya (lingkaran yang ada tulisan API servis sm)
API itu lembaga yang ngluarin sertifikat oli, layak dipakai atau tidak. kalo tak ada mungkin tak di daftarkan atau didaftarkan tapi gak lulus. inga` inga` harus ada "API DONUT"

Kalo klaim-nya pertamina sehh, Enduro Racing 4T udah memenuhi kualifikasi standard mutu internasional API SJ, gw ga tau dech lulus apa ngga-nya...
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: PiaL on February 17, 2009, 04:47:11 PM
Yakin gan olinya bisa nempuh 80000 km? Berarti kalo dipake di motor gw harusnya 6 tahun sekali baru ganti oli, trayek-nya itu tiap hari sudirman-bekasi, setahun belakangan sudirman-tangerang. Soalnya kemaren pake oli motul 10/40 ajah pas diganti di 2000km olinya udah tinggal setengah. Gw rasa sich motor Suzuki baru keluar pabrik seal-nya masih bagus, ga ada yang rembes... Yah, gpp sehhh kalo ada yang berminat pake... terutama motornya kalo masih baru keluar pabrik, trus ganti olinya 5-6 tahun kemudian... Kan gw dah bilang, gw ga meragukan kemampuan nich produk. Cuma bener ga bisa sampe 80000km tanpa memperhatikan faktor eksternal?

motul yang mana kang ?
kayaknya bukan berkurang karena ngerembes keluar kang, tapi karena menguap tu olinya, jadinya berkurang deh
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: i_wan19 on February 18, 2009, 12:54:49 AM
om wahyu...
pernah denger oli QUASAR P2 gak ?
gmn tentang tuh oli ?
bagus gak ya ?
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: Kang Nunu a.k.a Sphere on February 18, 2009, 08:38:52 AM
motul yang mana kang ?
kayaknya bukan berkurang karena ngerembes keluar kang, tapi karena menguap tu olinya, jadinya berkurang deh

Motulnya yang buat mobil, encer banget...
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: Actros on March 03, 2009, 09:47:39 AM
Saya telah memakai oli "*****" CI4-Plus Jaso MA selama 2 tahun dengan lebih dari 20.000km tanpa ganti dan tanpa kuras, untuk Toyota Kijang dan Jupiter MX, tanpa ada masalah hanya saja pada saat penggantian oli di tahun ke 2, oli berkurang 50% dengan kwalitas masih baik, jadi teori bisa berkurangnya oli itu benar bila temperatur mesin >140degree celcius, tapi secara ekonomis ya masih ngirit di banding oli kebanyakan. Saya pakai di mobil, karena mobil saya sering over heat, tapi dengan oli tsb Over heat nya bisa ter atasi. Sebenarnya dari situs api.0rg itu bisa diketahui kok kelebihan CI4-Plus Grade, tinggal sertifikasinya valid gak, kalo memakai SAE.... atau CI / CH?... yang mengeluarkan Sertifikasinya ya harus API dong (Americal Petroleum Institute), ternyata di Indo ini banyak kok yg CI4-Plus sertifikasi API ada Mobil Oil, Caltex, ELF, dll (masih import semua) tinggal bandingkan harganya saja(bisa lihat di Counternya Auto Mall SCBD / PI) Pertamina sebenarnya telah membuat tetapi hak jualnya masih dikuasai Perush Qatar karena faktor kerja sama pembiayaan (entah sampai kapan??) karena teknologi CI4-Plus ini sesuai dengan project ramah lingkungan "Save Our Planet".
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: denbagoes18 on March 14, 2009, 06:01:17 PM
tergantung jg bro sm kbutuhan lo,kalo buat sehari2 sm buat balapan harus beda emang
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: wahyu on March 26, 2009, 09:02:21 AM
tergantung jg bro sm kbutuhan lo,kalo buat sehari2 sm buat balapan harus beda emang
perlu diketahui bahwa oli ini dibuat bukan untuk balapan, akan tetapi untuk jarak tempuh yang jauh (80000km). karena flas point (titik bakar) dari oli ini sekitar 448 dari yang disyaratkan untuk balap 420, maka salah satu pembalap jepang merekomendasikan untuk pakai oli ini bahkan tim sriwijaya air relly mobil pakai pada oli ini.  :ph34r: :ph34r:(pengalamannya).
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: wahyu on March 26, 2009, 09:14:47 AM
Kalo pake oli QUASAR P2 gmn bro ?
Denger2 sih bagus tuh...
pakai oli bukan berdasarkan merk, tapi harus tahu lulus sertifikasi atau tidak (API dunuts). kemudian ada pabriknya atau tidak(perusahaannya), jangan-jangan pesan di pabrik lain, dikemas yang ciamik, dibungkus dengan iklan yang menawan, apalagi melibatkan artis,,, pasti banyak yang tertarik, hati-hati broo. kemudian perusahaan tsb mempunyai teknologi yang terkini atau tidak atau apakah mendapat sertifikat ISO ini atau ISO sekian. kemudian pabrik menjamin bahwa oli ini termasuk Drain interval (jarak diatas 25000km) bahkan dengan dibuktikan oleh lembaga independen. atau ada atau tidak orang lain yang merekomendasikan oli tsb.
perlu diketahui tanpa ada lisensi API dunut (gambar lingkaran seperti donut) di Indonesia masih di legalkan. hati hati banyak oli yang hanya mengambil keuntungan saja tanpa mempehatikan mutu. jangan terjadi pada mesin anda!!!!!!!!!!!!!!
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: wahyu on March 26, 2009, 09:27:05 AM
Saya telah memakai oli "*****" CI4-Plus Jaso MA selama 2 tahun dengan lebih dari 20.000km tanpa ganti dan tanpa kuras, untuk Toyota Kijang dan Jupiter MX, tanpa ada masalah hanya saja pada saat penggantian oli di tahun ke 2, oli berkurang 50% dengan kwalitas masih baik, jadi teori bisa berkurangnya oli itu benar bila temperatur mesin >140degree celcius, tapi secara ekonomis ya masih ngirit di banding oli kebanyakan. Saya pakai di mobil, karena mobil saya sering over heat, tapi dengan oli tsb Over heat nya bisa ter atasi. Sebenarnya dari situs api.0rg itu bisa diketahui kok kelebihan CI4-Plus Grade, tinggal sertifikasinya valid gak, kalo memakai SAE.... atau CI / CH?... yang mengeluarkan Sertifikasinya ya harus API dong (Americal Petroleum Institute), ternyata di Indo ini banyak kok yg CI4-Plus sertifikasi API ada Mobil Oil, Caltex, ELF, dll (masih import semua) tinggal bandingkan harganya saja(bisa lihat di Counternya Auto Mall SCBD / PI) Pertamina sebenarnya telah membuat tetapi hak jualnya masih dikuasai Perush Qatar karena faktor kerja sama pembiayaan (entah sampai kapan??) karena teknologi CI4-Plus ini sesuai dengan project ramah lingkungan "Save Our Planet".
Saya telah memakai oli "*****" CI4-Plus Jaso MA selama 2 tahun dengan lebih dari 20.000km tanpa ganti dan tanpa kuras, untuk Toyota Kijang dan Jupiter MX, tanpa ada masalah hanya saja pada saat penggantian oli di tahun ke 2, oli berkurang 50% dengan kwalitas masih baik, jadi teori bisa berkurangnya oli itu benar bila temperatur mesin >140degree celcius, tapi secara ekonomis ya masih ngirit di banding oli kebanyakan. Saya pakai di mobil, karena mobil saya sering over heat, tapi dengan oli tsb Over heat nya bisa ter atasi. Sebenarnya dari situs api.0rg itu bisa diketahui kok kelebihan CI4-Plus Grade, tinggal sertifikasinya valid gak, kalo memakai SAE.... atau CI / CH?... yang mengeluarkan Sertifikasinya ya harus API dong (Americal Petroleum Institute), ternyata di Indo ini banyak kok yg CI4-Plus sertifikasi API ada Mobil Oil, Caltex, ELF, dll (masih import semua) tinggal bandingkan harganya saja(bisa lihat di Counternya Auto Mall SCBD / PI) Pertamina sebenarnya telah membuat tetapi hak jualnya masih dikuasai Perush Qatar karena faktor kerja sama pembiayaan (entah sampai kapan??) karena teknologi CI4-Plus ini sesuai dengan project ramah lingkungan "Save Our Planet".

ada API DONUTnya nggak?, yaitu gambar lingkaran seperti donut yang di dalamnya ada tingkatan oli kelas CJ (C utk solar J nilai kelulusan dari API) atau SL (S utk bensin L nilai kelulusan dari API) atau bahkan bisa keduanya C...../S......  . (utk yg ini bisa solar atau bensi) seperti oli DURON E XL ini.
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: wahyu on March 26, 2009, 09:28:03 AM
Saya telah memakai oli "*****" CI4-Plus Jaso MA selama 2 tahun dengan lebih dari 20.000km tanpa ganti dan tanpa kuras, untuk Toyota Kijang dan Jupiter MX, tanpa ada masalah hanya saja pada saat penggantian oli di tahun ke 2, oli berkurang 50% dengan kwalitas masih baik, jadi teori bisa berkurangnya oli itu benar bila temperatur mesin >140degree celcius, tapi secara ekonomis ya masih ngirit di banding oli kebanyakan. Saya pakai di mobil, karena mobil saya sering over heat, tapi dengan oli tsb Over heat nya bisa ter atasi. Sebenarnya dari situs api.0rg itu bisa diketahui kok kelebihan CI4-Plus Grade, tinggal sertifikasinya valid gak, kalo memakai SAE.... atau CI / CH?... yang mengeluarkan Sertifikasinya ya harus API dong (Americal Petroleum Institute), ternyata di Indo ini banyak kok yg CI4-Plus sertifikasi API ada Mobil Oil, Caltex, ELF, dll (masih import semua) tinggal bandingkan harganya saja(bisa lihat di Counternya Auto Mall SCBD / PI) Pertamina sebenarnya telah membuat tetapi hak jualnya masih dikuasai Perush Qatar karena faktor kerja sama pembiayaan (entah sampai kapan??) karena teknologi CI4-Plus ini sesuai dengan project ramah lingkungan "Save Our Planet".
asd
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: wahyu on March 26, 2009, 09:34:00 AM
karena saya orang asia menggunakan sepeda motor jepang....
api yg ada di botol oli enduro racing sudah cukup buat saya....
kecuali orang2 amerika udah ga gengsi make motor dibawah 250cc
mungkin saya akan mencari api donut itu ditiap oli yg akan saya isi
ke mesin motor saya ;)

bung janga keliru, mesin jepang, amerika tetap membutuhkan oli, oli yang terbaik itu yang akan membuat mesin awet, jangan tertipu pengusaha oli yang dapat untung dari banyaknya beli oli, karena makin banyak beli oli pengusaha makin untung. kasihan dong mesin kamu.
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: wahyu on March 26, 2009, 09:45:09 AM
karena saya orang asia menggunakan sepeda motor jepang....
api yg ada di botol oli enduro racing sudah cukup buat saya....
kecuali orang2 amerika udah ga gengsi make motor dibawah 250cc
mungkin saya akan mencari api donut itu ditiap oli yg akan saya isi
ke mesin motor saya ;)

motul yang mana kang ?
kayaknya bukan berkurang karena ngerembes keluar kang, tapi karena menguap tu olinya, jadinya berkurang deh
OLI duron di produksi dengan teknologi Hydro Traking sehingga menghasilkan base oil termurni hingga 99,99%. sehingga tidak terjadi penguapan karena tanpa ada campuran BBM atau bahan lain yang bisa menguap karena panas mesin bahkan meninggalkan kerak pada mesin sebagaimana oli konvensional.
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: wahyu on April 02, 2009, 09:30:29 AM
om wahyu...
pernah denger oli QUASAR P2 gak ?
gmn tentang tuh oli ?
bagus gak ya ?
cari oli itu yang ada lambang API DONUT dengan katagori yang tinggi seperti SL, profil perusahaan oli tersebut apakah seudah menerima berbagai macam ISO sesuai dengan produk, ada apa tidak lembaga lain yang merekomendasi, teknologi perusahaan yang digunakan, jangan tertipu oleh merek oli yang tidak punya pabrik alias pabrik ndopleng pabrik oli lain.
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: wahyu on April 02, 2009, 09:42:14 AM
[/quot
Saya telah memakai oli "*****" CI4-Plus Jaso MA selama 2 tahun dengan lebih dari 20.000km tanpa ganti dan tanpa kuras, untuk Toyota Kijang dan Jupiter MX, tanpa ada masalah hanya saja pada saat penggantian oli di tahun ke 2, oli berkurang 50% dengan kwalitas masih baik, jadi teori bisa berkurangnya oli itu benar bila temperatur mesin >140degree celcius, tapi secara ekonomis ya masih ngirit di banding oli kebanyakan. Saya pakai di mobil, karena mobil saya sering over heat, tapi dengan oli tsb Over heat nya bisa ter atasi. Sebenarnya dari situs api.0rg itu bisa diketahui kok kelebihan CI4-Plus Grade, tinggal sertifikasinya valid gak, kalo memakai SAE.... atau CI / CH?... yang mengeluarkan Sertifikasinya ya harus API dong (Americal Petroleum Institute), ternyata di Indo ini banyak kok yg CI4-Plus sertifikasi API ada Mobil Oil, Caltex, ELF, dll (masih import semua) tinggal bandingkan harganya saja(bisa lihat di Counternya Auto Mall SCBD / PI) Pertamina sebenarnya telah membuat tetapi hak jualnya masih dikuasai Perush Qatar karena faktor kerja sama pembiayaan (entah sampai kapan??) karena teknologi CI4-Plus ini sesuai dengan project ramah lingkungan "Save Our Planet".
e]

kalau oli masih menguap itu bisa diakibatkan oleh teknologi pemurnian oli yang tidak sempurna sehingga kandungan BBM masih ada yang menyebabkan terbakarnya pada saat mesih panas dan mengurangi volume oli. jadi oli berkurang saat di tap dikemudian hari. berbeda dengan duron dari petro canada yang menggunakan teknologi Hidro Tracking yang menghasilkan pemurnian oli sampai 99,99 % sehingga hampir tidak ada BBM yang tertinggal, maka tak akan ada penguapan karena panas mesin
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: wahyu on April 02, 2009, 09:49:23 AM


kalau oli masih menguap itu bisa diakibatkan oleh teknologi pemurnian oli yang tidak sempurna sehingga kandungan BBM masih ada yang menyebabkan terbakarnya pada saat mesih panas dan mengurangi volume oli. jadi oli berkurang saat di tap dikemudian hari. berbeda dengan duron dari petro canada yang menggunakan teknologi Hidro Tracking yang menghasilkan pemurnian oli sampai 99,99 % sehingga hampir tidak ada BBM yang tertinggal, maka tak akan ada penguapan karena panas mesin
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: wahyu on April 14, 2009, 10:41:22 AM
Saya telah memakai oli "*****" CI4-Plus Jaso MA selama 2 tahun dengan lebih dari 20.000km tanpa ganti dan tanpa kuras, untuk Toyota Kijang dan Jupiter MX, tanpa ada masalah hanya saja pada saat penggantian oli di tahun ke 2, oli berkurang 50% dengan kwalitas masih baik, jadi teori bisa berkurangnya oli itu benar bila temperatur mesin >140degree celcius, tapi secara ekonomis ya masih ngirit di banding oli kebanyakan. Saya pakai di mobil, karena mobil saya sering over heat, tapi dengan oli tsb Over heat nya bisa ter atasi. Sebenarnya dari situs api.0rg itu bisa diketahui kok kelebihan CI4-Plus Grade, tinggal sertifikasinya valid gak, kalo memakai SAE.... atau CI / CH?... yang mengeluarkan Sertifikasinya ya harus API dong (Americal Petroleum Institute), ternyata di Indo ini banyak kok yg CI4-Plus sertifikasi API ada Mobil Oil, Caltex, ELF, dll (masih import semua) tinggal bandingkan harganya saja(bisa lihat di Counternya Auto Mall SCBD / PI) Pertamina sebenarnya telah membuat tetapi hak jualnya masih dikuasai Perush Qatar karena faktor kerja sama pembiayaan (entah sampai kapan??) karena teknologi CI4-Plus ini sesuai dengan project ramah lingkungan "Save Our Planet".


kalau oli masih menguap itu bisa diakibatkan oleh teknologi pemurnian oli yang tidak sempurna sehingga kandungan BBM masih ada yang menyebabkan terbakarnya pada saat mesih panas dan mengurangi volume oli. jadi oli berkurang saat di tap dikemudian hari. berbeda dengan duron dari petro canada yang menggunakan teknologi Hidro Tracking yang menghasilkan pemurnian oli sampai 99,99 % sehingga hampir tidak ada BBM yang tertinggal, maka tak akan ada penguapan karena panas mesin
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: noeg on May 01, 2009, 04:45:16 PM
OK - OK, sekarang ditinjau dari segi harga bagaimana ??
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: wahyu on August 30, 2009, 03:00:16 PM
Quote from: noeg link=topic=1873@FOg17312#msg17312 date=1241171116
OK - OK, sekarang ditinjau dari segi harga bagaimana ??

harganya sekitar Rp 300.000 per litre sangat irit dengan jarak tempuh 80.000km. info ke "fadhilcom@plasa(titik)com"
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: divana on April 03, 2010, 08:17:48 AM
Quote from: ullynih link=topic=1873.     msg15513#msg15513 date=1233937669
cintailah produk dalam negri enduro racing tetep paling mantap
Quote from: Kang Nunu a.     k.     a Sphere link=topic=1873.     msg15496#msg15496 date=1233915222
Sori bro, gw ga setuju dengan oli motor yang bisa nempun 80000 km.      Tapi bukan berarti meragukan kwalitas itu oli yahhh.     .     .     

Pertama, jarak tempuh hingga 80000 km, menurut gw terlalu lama, karena panas biasanya olinya nguap trus bisa berkurang.      Blum lagi kalo ada seal-nya yang bocor.      Jadi musti rajin-rajin cek oli juga dan tambah kalo kurang.     .     .      Apalagi kali olinya encer.     .     .     

Yang kedua, biasanya oli untuk daerah tropis kaya Indonesia beda dengan daerah subtropis kaya kanada.      Trus biasanya musti cari tau udah standar JASO-MA nya ga.      Karena motor di indonesia mesinnya masih menggunakan kopling basah.      Ntar malah sering selip jadinya kalo pake oli untuk kopling kering.     .     .     

Tapi selama Anda happy dengan oli-nya gpp koq dipake truss.     .     .     .     

pengalaman neh coba olie yang bagus (katanya) buat motor ane kopling basah, mesin alus, rpm cepat akselerasinya , tapi.     .     .     , setelah 500km /1 bulan ketauan dah nggak cocok, kopling selip, kemudian kopling loss.      terpaksa deh ganti kopling yang notabene harganya lebih mahal dari perhitungan kalo pake olie tersebut.      Bagus , mahal, belum tentu cocok dengan motor kopling basah, laen dengan mobil pake kopling kering (ato motor pake kopling kering >>harley, bmw)Bagus dimesin belum tentu bagus di kopling, soale motor kecil oli mesin ama oli gearbox jadi satu.
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: lostboys on July 25, 2010, 05:11:35 AM
setau ane sh bro yg ajib th oli cuma total
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: kasburator on January 28, 2011, 12:59:05 AM
saia biasa pake shell helix ultra yg 5w 40 (soalnya kudu pake yg itu dari bengkelnya bro).  Trus sekarang pake castrol yg sama 5w 40, harga lebih murah, kualitas kok sama aja ya? malah kayanya lebih enteng castrol.  Tp klo urusan 80km. . hhmmmm, bagusnya gak gak usah sampe segitu di ganti aja bro.  Jaga2
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: etrox on February 14, 2012, 11:48:08 AM
mending ganti oli motor di km 2000 aja gan, tu terlalu nyiksa mesin.
Title: Re: OLI bagus bukan oli biasa
Post by: roda-dua on January 18, 2015, 01:40:58 PM
pakai oli sesuai dengan mesin adalah hal yang tepat demi untuk membuat mesin jadi tetap dalam performa terbaiknya.
namun tidak hanya oli saja, tapi cara perawatan motor juga harus diperhatikan juga