Indonesian Automotive Community

Car => Car Maintenance & Repair => Topic started by: BeliOnderdil on November 21, 2016, 11:25:01 AM

Title: Cara Aman Mencuci Ruang Mesin Mobil
Post by: BeliOnderdil on November 21, 2016, 11:25:01 AM
(https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/originals/10/c2/94/10c2942ae29f7140fc91cb5636170ce1.jpg)

Perawatan seperi pencucian komponen eksterior dan interior mobil memang telah sering dilakukan. Namun, tak hanya dua komponen tersebut yang perlu dilakukan pembersihan. Bila perlu, Anda juga dapat mencuci komponen mesin mobil agar tidak berdebu dan memiliki penampilan yang bersih dan rapih.

Pada dasarnya, terdapat beberapa alasan mengapa orang ingin mencuci komponen mesin mobilnya :

Seluruh komponen mesin mobil yang terlihat bersih tentu diinginkan para pemilik mobil, terutama ketika Anda membuka kap mobil dan melihat seluruh rangkaian mesin dalam keadaan yang bersih.
Selain itu, mesin yang bersih juga membuat Anda semangat untuk melakukan perawatan komponen mesinnya, bersihnya ruang mesin juga dapat memudahkan Anda untuk melakukan identifikasi rangkaian mobil yang mengalami masalah.

(https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/originals/3e/f9/f3/3ef9f376657ee59616479b2c66a20472.jpg)

Berikutnya, Anda perlu membersihkan ruang mesin ketika berniat ingin menjual mobil agar calon pembeli tertarik karena segala komponen mesin terlihat bersih.
Menurut segi pandang akademisi otomotif, ruang mesin yang bersih memiliki efek akan membuat kinerja mesin meningkat, meskipun tak begitu dapat Anda rasakan.
Berikutnya terdapat beberapa peralatan dan bahan yang perlu Anda siapkan ketika ingin membersihkan ruangan mesin mobil :

Alat:


Bahan:


Setelah Anda menyiapkan seluruh peralatan dan bahan yang dibutuhkan, saat ini Anda dapat mulai melakukan pembersihan terhadap ruang mesin mobil Anda. Cermati ulasan berikut ini :

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentunya memastikan bahwa mesin mobil sedang dalam kondisi mati dan tidak panas.
2. Berikutnya, matikan atau cabut seluruh komponen yang mengandung arus listrik agar keamanan Anda dalam mencuci mesin mobil tetap terjaga.
3. Karena pembersihan ini berhubungan dengan air, cabut terminal aki baik negatif maupun positif agar terhindari dari korsleting yang dapat membahayakan diri Anda.
4. Selanjutnya Anda harus menutupi dengan plastik berbagai komponen yang memiliki arus listrik atau pengapian seperti kabel busi, sensor coil, sekring dan kotak sekring, berbagai soket kelistrikan, lubang hisap udara, serta perangkat elektronik lainnya seperti GPS/sensor dan komponen lain yang memang perlu ditutup.
5. Setelah Anda telah siap untuk mencuci mesin mobil, mulailah membasahi berbagai komponen tersebut dengan menyiram air dengan tekanan yang rendah menggunakan selang. Agar tak terjadi semprotan yang bertekanan, hindari menekan selang yang terlalu kencang.
6. Setelah melakukan penyiraman, bersihkanlah kotoran yang melekat pada mesin menggunakan kuas, gunakan sikat gigi yang telah tidak terpakai untuk membersihkan kotoran yang membandel dari mesin mobil. 7. Gunakan sabun khusus untuk menyingkirkan kotoran yang sulit dihilangkan untuk memudahkan Anda. Yang perlu Anda perhatikan ialah jangan menyikat kotoran tersebut terlalu kencang.

Untuk mengetahui langkah aman mencuci ruang mesin mobil selanjutnya dapat dilihat di blog.belionderdil.co.id