Indonesian Automotive Community

Car => Car Maintenance & Repair => Topic started by: BeliOnderdil on January 09, 2017, 10:33:59 AM

Title: Pentingnya Melakukan Spooring Balancing Mobil
Post by: BeliOnderdil on January 09, 2017, 10:33:59 AM
(https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/originals/9c/19/3b/9c193b1df092215ed8d98a88027d8923.jpg)

Spooring balancing merupakan sebuah proses memperbaiki setelan ban mobil agar ke empat roda mobil tidak berada pada posisi miring sehingga putaran roda tetap seimbang (balance).

Roda atau ban mobil yang tidak berposisi dengan benar seperti tidak lurus atau tidak seimbang tentu membuat kenyamanan dan keamanan berkendara terganggu. Roda yang mengalami hal tersebut seringkali terjadi pada mobil yang sudah cukup berusia. Roda mobil yang tidak stabil tersebut tentu menimbulkan rasa tak nyaman ketika berkendara seperti bergetarnya setir kemudi dan roda, juga kondisi mengemudi yang seolah terlempar. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membawa kendaraan ke bengkel terdekat untuk melakukan proses spooring balancing yang kian terkenal bagi para pengendara yang ingin keempat roda mobilnya kembali stabil.

Akibat jangka waktu pemakaian yang terlalu lama terkadang ban mobil mengalami pergeseran atau perubahan setelan baik komponen mur, baut dan lain sebagainya sehingga mobil akan melaju atau berjalan miring dan tentunya bergetarnya ban mobil tak dapat dihindari.

(https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/originals/59/03/79/590379cfe22d1e1483657cdb8a2403bd.jpg)

Semakin lama usia mobil, semakin besar pula kemungkinan putaran roda mengalami ketidakseimbangan. Terdapat beberapa faktor penyebab yang membuat setelan roda menjadi kendur sehingga mobil tak lagi seimbang ketika dikemudikan, diantaranya :



Roda kendaraan yang perlu dilakukan proses spooring balancing dapat Anda kenali dengan tanda-tanda berikut ini :


Tak hanya itu, tentunya terdapat beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan setelah melakukan proses spooring balancing ini :


Lalu, kapan waktu yang tepat untuk melakukan spooring balancing bagi mobil?

Anda dapat melakukan spooring dan balancing setiap menempuh jarak 20.000 km jika pemakaian dikendaraan masih berstatus normal dan tidak melakukan penggantian komponen seperti velg dan lain sebagainya. Namun, khusus Anda yang sering melaju kendaraan di jalan yang rusak atau berlubang dan sebagainya, lakukan proses spooring balancing setiap kendaraan telah menempuh jarak 10.000 km.

Spooring balancing juga dapat Anda lakukan bersamaan ketika Anda mengganti komponen suku cadang lain seperti velg, sistem suspensi mobil, kaki-kaki mobil, dan lain-lain.

© Automotivexist

Untuk mengetahui info dan tips mengenai otomotif lainnya baca selengkapnya di blog.belionderdil.co.id