Indonesian Automotive Community

Car => Car Maintenance & Repair => Topic started by: BeliOnderdil on January 09, 2017, 11:01:05 AM

Title: Cara Detailing Mobil dengan Mudah
Post by: BeliOnderdil on January 09, 2017, 11:01:05 AM
(https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/originals/5b/7f/8b/5b7f8b2dd03173ebc1da87836906a902.jpg)

Detailing merupakan sebuah proses yang bukan hanya sekedar menyedot debu atau mencuci mobil saja. Detailing ialah proses memperhatikan detail demi detail berbagai komponen atau rangkaian mobil agar dapat terlihat lebih indah, kinclong, dan membuat pemilik mobil bangga karena memiliki kendaraan dengan performa yang prima.

Detailing mobil memiliki 2 tahap, yakni detailing interior, dan detailing eksterior dimana proses pengerjaannya tetap dilakukan di waktu yang sama dengan tahap detailing interior terlebih dahulu.

Untuk melakukan detailing mobil, tentu tidaklah sulit. Untuk itu, Blog BeliOnderdil akan memberikan tahap demi tahap proses detailing interior maupun eksterior mobil yang dapat Anda lakukan sendiri. Berikut ulasannya :

Detailing Interior

Proses detailing interior mobil memiliki poin-poin lebih banyak jika dibandingkan dengan proses detailing eksterior. Perlu bagi Anda untuk memperhatikan seluruh komponen interior mobil mulai dari plafon, dashboard, karpet lantai, jok beserta bagian bawahnya sampai celah-celah tombol dan blower yang perlu dibersihkan.

- Jika jok Anda terbuat dari bahan kulit tentu tidak mudah kotor dan pembersihannya cukup dilap menggunakan kain lembut ditambah mengoleskan kondisioner agar jok yang terbuat dari kulit terlihat lebih lembab dan bersih tentunya.
- Untuk Anda pengguna jok berbahan dasar kain tentu kotoran akan sering terlihat, terlebih ketika jok tertumpahan air minuman atau makanan yang akan memperlihatkan bekas noda. Cara pembersihannya tidaklah sulit, Anda hanya perlu menggunakan alat pencuci jok atau dapat mencuci secara manual menggunakan air dan sabun khusus beserta sikat halus. Setelah melakukan proses pencucian, Anda dapat langsung menyedot bagian yang telah dicuci menggunakan ekstraksi penyedot basah agar sabun dan kotoran terhisap sehingga jok akan kembali bersih.

Detailing Eksterior Mobil

Sebelum melakukan proses detailing eksterior, Anda perlu membersihkan seluruh bodi mobil menggukan air sampai ke velg serta kolong atau bagian bawah mobil dan gunakan lap khusus untuk menghilangkan debu dan pasir.


Demikianlah beberapa cara detaling interior dan eksterior mobil yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah. Proses detailing ini tentu dapat meningkatkan performa dan tampilan kendaraan Anda agar lebih prima dan tentunya bersih.

© Automotivexist

Untuk mengetahui tips dan info lainnya mengenai otomotif bisa dapat dibaca selengkapnya di blog.belionderdil.co.id