Indonesian Automotive Community

Car => General Car Discussion => Topic started by: BeliOnderdil on February 11, 2017, 09:54:13 AM

Title: Langkah-langkah Membersihkan Throttle Body Mobil
Post by: BeliOnderdil on February 11, 2017, 09:54:13 AM
Throttle body merupakan salah satu komponen yang terdapat di mobil yang menggunakan sistem injeksi. Throttle body berfungsi untuk menghisap udara bersih yang telah disaring oleh filter udara. Udara yang dihisap oleh throttle body ini memiliki peran tersendiri atau berguna dalam proses pembakaran di ruang kompresi mesin.

Berikut langkah-langkah membersihkan throttle body :

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan tentunya memarkirkan kendaraan di permukaan jalan yang aman dan rata serta pastikan ruang mesin tidak panas dan jangan lupa untuk mengaktifkan rem parkir atau rem tangan.

Berikutnya, mulailah membuka kap mesin serta pasang besi penyangga.
Setelah itu, Anda dapat melepaskan kabel negatif terminal aki mobil.
Temukan letak filter atau saringan udara, kemudian buka tutup filter udara dan lepas filter tersebut dari tempatnya.
Cara melepasnya dapat dilakukan dengan melepas terlebih dahulu 3 mur ukuran 10 mm yang menahan housing atau dudukan filter udara bagian bawah. 3 mur tersebut terdapat 1 buah di sebelah kiri, 1 buah di sebelah kanan. Dan 1 buah di sebelah tengah depan.

Komponen berikutnya yang perlu Anda lepas ialah kabel/ konektor/ selang vakum yang terpasang ke housing filter. Semua konektor tersebut berada di sebelah kiri filter.

Setelah dilepas, Anda juga perlu melepas sensor yang terletak di sebelah depan filter, lakukan pelepasan cukup dengan menarik komponen tersebut.

Berikutnya Anda perlu mengendurkan baut ukuran 10 mm untuk melepaskan air intake, cukup kendurkan saja, tidak perlu dilepaskan.

Selanjutnya, tarik dan lepaskan air filter dari housing nya.
Setelah air filter terlepas, barulah Anda dapat melihat throttle body beserta igniton coils. Throttle body memiliki rubber seal (paking karet), jika Anda ingin memberi carburator cleaner atau cairan WD40, lepaskan komponen tersebut terlebih dahulu. Hal ini tentu dilakukan agar aman, karena beberapa solvent tersebut dapat membuat rubber seal atau karet melar (memanjang)

Selanjutnya, Anda memasuki tahap melepas konektor idle air control. Ketika melepas komponen tersebut memang terasa agak keras, tetapi Anda perlu melakukannya secara hati-hati dengan menggoyangkan dari sisi ke sisi sambil ditarik sedikit demi sedikit.

Kemudian, Lepaslah dudukan kabel yang melewati throttle body.
Setelah itu, Anda perlu melepaskan pegangan atau breket yang terpasang dari throttle body ke valve cover. Kemudian lepaskan juga throttle cable nya.

Berikutnya Anda dapat melepaskan vacuum hose yang terpasang di throttle body.
Lepaskan juga vacuum hose di bagian belakang throttle body.
Setelah itu, baru Anda dapat melepaskan konektor untuk idle air adjuster yang terletak di belakang throttle body.
Lepaskan 2 buah mur ukuran 12 mm di sebelah kanan throttle body. Untuk mengakses mur di sebelah belakang, Anda perlu melepas dudukan kabel yang ada karena soket tidak memiliki ruang cukup besar. Cara melepasnya dapat dilakukan dengan menahan plastik pengaitnya menggunakan kuku lalu tarik ke atas.

Lepaskan mur ukuran 10 mm. Jangan lupa untuk memperhatikan dudukan kabel nya yang berada di atas throttle body.
Goyangkan sedikit throttle body dan akhirnya komponen satu ini dapat dilepas. Jangan lupa lepaskan rubber seal throttle body ke intake manifold.

Kali ini, Anda memasuki tahap pembersihan throttle body. Bersihkan komponen ini menggunakan carburator cleaner. Ulangi beberapa kali sampai semua bagian bersih, bila perlu gunakan lap bersih / sikat kawat / sikat gigi bekas untuk menyeka bagian-bagian yang masih kotor. Bisa juga menggunakan angin bertekanan untuk menghilangkan kotoran yang ada.

Pastikan semua ruang yang ada di throttle body dibersihkan menggunakan carburator cleaner, dan jangan sampai ada yang luput dari pembersihan.

Bila throttle body telah bersih dari kotoran dan debu segera rakit kembali komponen ini jangan sampai ada bagian yang terlewatkan.

Pasang kembali throttle body ke posisi semula. Setelah itu hidupkan mesin beberapa saat, sesekali injak pedal gas dan kecepatan mesin menjadi normal seperti sedia kala.
Apabila setelan mesin dirasa berbeda maka Anda dapat meminta bantuan bengkel untuk memeriksa kondisi mesinnya menggunakan “Scanner” bisa saja karena kondisi throttle body sudah bersih maka perlu disesuaikan kecepatan idling dari mesin.

selesai deh cara membersihkan throttle. Selamat mencoba!