Indonesian Automotive Community

Car => Car Maintenance & Repair => Topic started by: BeliOnderdil on February 17, 2017, 10:40:40 AM

Title: Langkah-langkah Membersihkan Radiator Mobil
Post by: BeliOnderdil on February 17, 2017, 10:40:40 AM
Selain oli, terdapat satu lagi cairan yang perlu diperiksa secara rutin. Cairan tersebut adalah air radiator. Air radiator ini berfungsi untuk menjaga temperatur mesin mobil. Air radiator yang kurang diperhatikan dengan baik bisa menyebabkan berbagai kerusakan. Seperti contoh, Mobil akan memanas dan mengalami overheat jika dikendarai dengan kapasitas air radiator yang habis. Tak hanya air radiator yang perlu diperhatikan, wadah atau radiatornya pun juga perlu dijaga kebersihannya setiap saat.

Sebelum mengetahui bagaimana cara membersihkan radiator mobil, penting bagi Anda untuk memahami apa fungsi dari komponen pendingin mobil satu ini. Radiator merupakan alat  pendingin mesin mobil  yang memiliki cara kerja dengan memindahkan panas dari satu elemen ke elemen mesin yang lainnya. Tujuan dari alat ini tidak lain untuk mengatur suhu mesin agar tidak terjadi overheat yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin,

Tak cukup untuk memahami fungsinya saja, sebelum memulai pembersihan, Anda juga perlu mengetahui bagian-bagian radiator mobil. Radiator memiliki tiga bagian, yakni upper tank (tangki bagian atas), lower water tank (tangki bawah) dan terakhir, core tank (intri radiator). Kondisi kebersihan di ruang radiator tergantung dengan pemakaian airnya, disarankan bagi Anda untuk menggunakan air khusus radiator seperti radiator coolant. Air jenis tersebut memiliki kandungan yang cocok dan pas untuk mencegah terjadinya penumpukan kerak dibanding dengan air biasa.

Kali ini, kami akan memberikan langkah-langkah untuk membersihkan radiator mobil dengan tepat dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Simak ulasan berikut ini :

Persiapkan bahan untuk membersihkan radiator mobil
Mempersiapkan bahan merupakan tahap pertama yang perlu Anda lakukan. Bahan yang dimaksud ialah air galon atau coolant radiator serta cairan untuk membersihkan radiator.

Pastikan mesin mobil dalam keadaan mati
Setelah bahan telah disiapkan, bukalah kap mesin mobil. Sebelumnya, pastikan bahwa mesin mobil telah mati dan dalam kondisi yang dingin agar keamanan Anda tetap terjaga. Selanjutnya, Anda dapat membuka tutup tangki radiator untuk menguras atau membersihkan radiator. Lakukan pengurasan ketika volume air sudah menunjukkan titik lower tank atau tangki bagian bawah.

Menguras air pada radiator
Pengurasan air radiator dapat Anda lakukan dengan membuka keran yang terletak di bagian bawah tangki radiator. Jika Anda merasa kesulitan menemukannya, gunakan selang untuk membuang dari bagian bawah. Jika melalui selang, tentu Anda harus melepas selang terlebih dahulu dari aliran menuju mesin mobil. Tunggu hingga air radiator sudah dipastikan habis. Pembuangan menggunakan selang dapat memperlancar arus air ke luar. Pada tahap satu ini, Anda harus cukup bersabar. Pastikan tangki radiator sudah benar-benar dalam kondisi kosong.

Membersihkan selang air radiator
Cara membersihkan radiator mobil berikutnya ialah membersihkan selang air yang terhubung ke mesin. Cara membersihkannya dapat dilakukan dengan membuka dan mengambil selang yang menuju ke arah mesin. Semprotkan air ke dalam selang hingga tidak ada kotoran yang tertinggal. Hal ini penting untuk dilakukan. Pasalnya, semua akan terbilang percuma jika radiator sudah bersih namun selangnya masih kotor. Selang yang kotor ini bisa menimbulkan kerak di bagian mesin mobil.

Membersihkan bagian inti radiator
Untuk bagian core tank atau bagian inti radiator bisa dilakukan dengan cara mengisi air pada radiator. Selanjutnya, pastikan bahwa keluarannya berupa air bersih. Terdapat hal penting sebelum melakukan langkah utama cara membersihkan radiator mobil tersebut. Pastikan selang yang mengarah ke mesin bisa mengalirkan air dengan lancar. Anda harus berhati-hati memilih air yang anda gunakan untuk membersihkan radiator. Jika sulit menemukan radiator coolant, air galon bisa menjadi pilihan berikutnya. Usahakan untuk tidak menggunakan air sumur atau air keran. Dikhawatirkan memiliki kandungan kapur yang cukup tinggi. Kandungan kapur yang tinggi bisa menyebabkan pertumbuhan kerak di area dinding radiator dan mesin mobil.

Nyalakan mesin mobil untuk menguras air radiator
Saat keluaran air radiator sudah bersih, cara membersihkan radiator mobil berikutnya adalah menyalakan mesin. Tentu saja dilakukan setelah tutup tangki sudah terpasang kembali. Panaskan mesin kira-kira 15 menit. Tunggu hingga thermostat naik ke posisi setengah. Perhatikan keluaran air radiator. Pastikan air keluar dengan lancar dan tidak lagi membawa berbagai kotoran. Jika sudah benar-benar kosong matikan kembali mesin dan tunggu hingga dingin.

Mengulang pembersihan radiator
Cara membersihkan radiator mobil yang ketujuh adalah mengisi radiator hingga penuh. Kemudian tutup tangki dengan penutup radiator. Langkah ini adalah pengisian air pada radiator harus menunggu hingga mesin sudah dingin. Nyalakan kembali mesin mobil agar air radiator kembali keluar sampai habis. Langkah ini bisa diulang hingga dua atau tiga kali. Hal ini untuk memastikan tidak ada lagi kerak yang menempel pada radiator. Pembersihan ini dilakukan agar air mengalami sirkulasi. Begitu pula dengan sisa cairan pembersih bisa ikut terangkat dengan cara mengalirkan air secara terus menerus.

Menutup keran dan memasang kembali selang radiator
Jika tangki radiator dan selang air sudah benar-benar bersih maka lanjut ke cara membersihkan radiator mobil berikutnya. Tahap tersebut yakni menutup kran dan memasang selang kembali menuju mesin. Untuk kali ini isi radiator secara penuh. Usahakan untuk memberikan sedikit campuran coolant. Agar kualitas air yang mengalir ke mesin bisa jauh lebih baik dan bertahan lama. Campuran coolant radiator juga bisa mencegah timbulnya kerak yang membandel.

Periksa kondisi radiator
Mulai nyalakan mesin mobil dengan kondisi tutup tangki radiator tertutup sempurna. Periksalah air dan pastikan sudah terjadi sirkulasi air yang baik. Selang beberapa saat anda menyalakan mesin, matikan mesin sejenak untuk memeriksa kondisi radiator. Kemudian buka tutup radiator dan periksa keadaan air radiator. Jika sekiranya sudah mulai berkurang, sebaiknya jangan menambahkan dengan air. Namun, tambahkan dengan coolant radiator agar pengaturan suhu bisa berjalan lebih baik. Langkah kesembilan dari cara membersihkan radiator mobil ini sekaligus merupakan langkah yang terakhir. Setelah menambahkan air coolant, tutup kembali tangki radiator dengan baik dan benar.

Bersihkan radiator secara teratur
Tips terakhir untuk cara membersihkan radiator mobil tanpa harus ke bengkel adalah lakukan secara teratur. Pembersihan radiator ini bisa dilakukan kurang lebih enam bulan sekali. Jika sekiranya sebelum enam bulan namun tangki sudah berkerak segera lakukan pembersihan. Dikarenakan akan sulit dibersihkan jika keraknya sudah cukup tebal. Mau tidak mau, untuk membersihkan kerak yang membandel adalah membawanya ke bengkel untuk dilakukan pembongkaran. Tentu saja anda tidak menginginkan hal ini terjadi bukan? Karena dipastikan biayanya pun tidak akan sedikit jika harus melakukan perawatan di bengkel.

Itulah tadi beberapa langkah atau cara membersihkan radiator mobil di rumah. Cara-cara tersebut sebenarnya cukup sederhana dan tidak memerlukan alat yang rumit. Bahannya pun mudah didapatkan. Selamat Mencoba!