Indonesian Automotive Community

Car => Car Maintenance & Repair => Topic started by: BeliOnderdil on February 28, 2017, 04:38:55 PM

Title: Langkah-langkah Menyetel Karburator Mobil
Post by: BeliOnderdil on February 28, 2017, 04:38:55 PM
Karburator merupakan salah satu komponen mesin mobil yang memiliki peran begitu penting. Komponen ini berfungsi untuk mengkabutkan bahan bakar agar dapat melakukan pembakaran pada ruang bakar sehinggai bisa menimbulkan tenaga untuk menjalankan mesin mobil. Karburator penting untuk dirawat dengan baik serta memiliki setelan yang tepat, karena setelan karburator sangat mempengaruhi kinerja mesin yang tentunya juga berpengaruh pada kenyamanan siapapun yang berada di dalam mobil. Berbagai masalah tentu dapat timbul apabila karburator tidak disetel dengan benar yakni akan menyebabkan borosnya konsumsi bahan bakar dan masalah lain seputar stasioner mesin.

Walaupun tidak dipungkiri bahwa jaman sekarang banyak mobil telah menerapkan sistem injeksi, akan tetapi masih banyak pula yang menggunakan mobil dengan sistem karburator.

Mencari perbandingan udara dan bensin yang tepat tentu akan memperpanjang usia pemakaian mobil. Jika mobil terasa terlalu kasar, perlu bagi Anda untuk mengatur campuran tersebut dan mencari kondisi stasioner yang tepat untuk menggurangi beban pada mesin, dimana mesin tidak berputar terlalu cepat atau lambat. Menyetel karburator bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah dan tidak membutuhkan alat khusus.

Di kesempatan kali ini, Blog BeliOnderdil akan memberikan langkah-langkah untuk menyetel karburator mobil dengan tepat dan mudah yang tentunya dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Simak ulasan berikut ini :

Peralatan yang Anda Butuhkan adalah sebagai berikut:

Obeng pipih
Tang
Tissu kertas
Lalu, langkah pengerjaannya adalah

Metode 1 : Mengatur Campuran Bensin dan Udara

Buka kap mesin dengan kondisi mesin yang telah mati. Cari letak filter udara kemudian buka seluruh sekrup yang ada dan lepaskan keseluruhan filter udara. (Letak filter udara tentu berbeda-beda tergantung pada merek dan model mobil serta jenis mesinnya, periksa buku manual mobil atau tanyakan kepada ahlinya.)
Setelah filter udara terbuka, cari letak baut setelan yang ada di bagian depan karburator. Umumnya akan terdapat dua baut, satu untuk mengatur udara, dan satu lagi untuk mengatur bensin. Gunakan obeng pipih dengan cara memutarnya untuk mengetahui serta mengatur jumlah campuran bensin dan udara dalam karburator.
Hidupkan mesin dan biarkan mencapai suhu normal. Untuk mengetahui suhu mesin, Anda dapat memeriksa jarum temperatur, dengarkan suara mesin untuk mendapatkan setelan yang tepat nantinya.
Saat Anda menekan gas, mesin akan mengeluarkan suara berupa denting pada kondisi RPM tinggi ketika campuran bensin dan udara sedikit. Untuk itu, Anda perlu menambahkan lebih banyak bensin pada campuran tersebut. Mesin dengan campuran bensin dan udara yang begitu banyak akan mengeluarkan suara yang tidak jauh berbeda dari kondisi campuran bensin dan udara yang sedikit, dalam proses ini Anda juga bisa mencium baunya, untuk itu kurangi campuran bensinnya.
Berikutnya Anda memasuki tahap menyetel kedua sekrup untuk menemukan campuran bensin dan udara yang sesuai. Penyetelan karburator dapat Anda lakukan dengan memutar sekrup tersebut secara seimbang dan perlahan sampai Anda telah mendapatkan posisi yang pas. Tidak masalah apakah campuran bensin dan udara terlalu sedikit atau banyak, putarlah kedua sekrup tersebut seperempat putaran berlawanan dengan arah jarum jam, kemudian balas putaran secara bertahap.
Penyetelan ini membutuhkan Anda untuk mengenal mesin lebih jauh serta pendengaran yang tajam. Kencangkan kembali kedua sekrup tersebut perlahan dan dengarkan sampai mesin bersuara lembut. Apabila terdengar suara tersendat, hal ini menandakan campuran bensin dan udara masih terlalu sedikit, untuk itu putar terus sampai Anda mendapatkan posisi yang tepat.
Setelah karburator telah berhasil Anda setel atau telah disetting, pasang kembali filter udara agar aktivitas berkendara dapat Anda lanjutkan. Namun, apabila Anda ingin mengatur pula posisi stasioner, filter tak perlu dipasang kembali ke tempatnya.
Metode 2 : Mengatur Putaran Stasioner

Pengaturan putaran stasioner dapat Anda lakukan dengan menemukan kabel gas beserta sekrup pengaturnya terlebih dahulu. Kabel tersebut dapat ditemukan dengan mengurutkan kabel dari pedal gas sampai pada karburator. Jika Anda tidak berhasil menemukan letak sekrup, periksa kembali buku manual mobil Anda.
Berikutnya, Anda dapat menstarter mesin dan biarkan mencapai suhu normal, sama halnya ketika Anda menyetel karburator. Biarkan mesin panas agar Anda dapat menyetelnya pada kondisi aktual.
Anda perlu mengencangkan sekrup pengatur gas, putar komponen tersebut secara berlawanan arah jarum jam, tidak lebih dari setengah putaran, setelah itu dengarkan putaran mesin. Pada umumnya, putaran mesin yang optimal pada saat stasioner telah tercantum di buku manual kendaraan Anda, untuk itu periksa buku manual tersebut dan lihat tachometer untuk menyetelnya.
Anda perlu melakukan penyetelan kembali ketika suara kasar pada mesin masih terdengar. Mesin tentunya perlu beradaptasi dengan setelan Anda sekitar 30 detik, untuk itu jangan menyetel terlalu cepat. Buat putaran yang lambat dan dengarkan responnya dengan teliti.
Setelah penyetelan RPM stasioner sudah Anda lakukan sesuai spesifikasi yang benar atau sesuai selera Anda, matikan mesin kemudian pasang kembali filter udara dengan tepat pada tempatnya.
Tips

Mengencangkan sekrup setelan RPM akan mempercepat putaran, dan mengendurkannya akan mengurangi RPM.
Jika penyetelan telah dilakukan namun mesin tidak berjalan lembut, ulangi lagi penyetelan udara dan bensin.
Jika mobil anda dilengkapi tachometer, anda bisa menggunakannya untuk alat menentukan RPM stasioner yang benar.