Indonesian Automotive Community

General Motorcycle => Motorcycle Repair & Maintenance => Topic started by: Noobie Sin on November 11, 2007, 08:39:41 AM

Title: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: Noobie Sin on November 11, 2007, 08:39:41 AM
Bro M0k0 atau kawan2,

Ajarin atau bagi2 ilmu gimana cara jadi tukang cat yang baik.  Terus peralatan apa aja yang harus saya punya?  Cat kelas teri sampe kelas kakap apaan aja merknya?  Ruangan harus khusus kaga atau asal grasi?

Thanks seblumnya
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: m0k0_ginta on November 11, 2007, 12:12:55 PM
Paling ngga, yang harus punya....

1. Kompresor....( ngga usah besar2 banget 1/2 pk udah cukup)
2. Air Filter...( filter supaya air dalam kompresor tidak ikut keluar)
3. Spray Gun...( hati2 dengan tipe dan merek)

model2 spraygun pada dasarnya terbagi menjadi dua (umum)

1 model tabung bawah...
model klassik jaman dulu pada pake jenis kaya gini....., biasanya yang dipake mereknya Sagola....
kelebihan : kalau tabung bawahnya besar, ngga perlu sering2 masukin cat ke spet...
kekurangan : kadang cat 1 tabung ngga habis...  ^_^

2. model tabung atas...
model sekarang ciri2nya seperti pistol dengan tabung diatas.... sekarang banyak yang pake gini...kalau aq percaya ama merek meiji...udah lama dan sering aq pake....( lebih awet)
kelebihan : cat pasti habis, membersihkan lebih mudah, penggunaan lebih mudah
kekurangan : kalau ngga hati2 cat bisa tumpah di bidang yang akan dicat terutama pada bidang datar...

untuk ruangan:
ruangan apa saja boleh tapi harus bersirkulasi yang bagus..., udara harus cepat ganti..., kalau mau lebih bagus lagi bisa pakai  cabinet\Studio Spraybooths ( kata orang bule bilang) ini contohnya

http://www.graphicsdirect.co.uk/subcategories/1031/TechFlo.htm (http://www.graphicsdirect.co.uk/subcategories/1031/TechFlo.htm)

ini cara bikin sendiri cabinet...

http://www.airbrush.com/how-to-guide.aspx?content=how-to/howtoDetail&id=163 (http://www.airbrush.com/how-to-guide.aspx?content=how-to/howtoDetail&id=163)

kalau mau yang lebih besar harus pesen...( wah kalau ampe punya bisa punya bengkel cat mobil oven)
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: m0k0_ginta on November 11, 2007, 12:19:58 PM
Untuk pengecatan motor

Jenis cat yang digunakan adalah jenis "Cat Duco" nah cat ini bisa dilarutkan dengan thinner....

cat 2 yang sering digunakan Isamu( aq sering pake coz murah), danagloss, suzuka, dan seabreg merek lain...

untuk thinner DTL, Impala, TIga roda,...tapi pilih yang high gloss.

untuk menguji thinner yang bagus.., semakin bagus thiner maka thinner tersebut makin irit digunakan, sebab hanya dengan prbandingan yang tepat, standard sudah menghasilkan ramuan cat yang halus dan langsung mengkilap ketika disemprotin...

sampai sini dulu nanti sore aq lanjutin....
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: m0k0_ginta on November 11, 2007, 05:36:11 PM
untuk jenis bahan clear yang digunakan... kalau aq saranin pake clear bakar....hasilnya lebih bagus dan langsung mengkilap... untuk mereknya bisa langsung beli dipasaran..yang pake hardener ya...caranya pernah diulas disini, hardener agak dibanyakin dari seharusnya ( sedikit aja) dari pada ngga kering.... :buck2:

untuk clear bakar juga ada thiner khususnya, semerek dengan merek clear tersebut, lesonal, catina, sikkens, dlsb...

untuk cat dasarnya aq jelasin besok yah... ini baru ada order desain... :buck2: :angel: ^_^
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: Noobie Sin on November 11, 2007, 11:21:37 PM
Brotha M0k0 is da Man!  Thanks alot bro!

Besok gua kalo ada waktu jalan2 ke daerah tukang cat....kalo ada pertanyaan jangan bosan ama pertanyaan newbie kaya gua yah hehehe

Once again....Thanks  :ph34r:
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: m0k0_ginta on November 12, 2007, 01:25:41 AM
ok deh bro Noobie.... :ph34r:

untuk memulai cat kita harus punya dasar yang halus dahulu...

untuk cat lama kita siapkan 2 jenis amplas (kertas pasir)
amplas ini terdiri dari 2 jenis yaitu amplas kain dan amplas kertas (waterproof)
dan sesuai dengan perkembangannya sekarang banyak ampelas yang ngawur ukurannya dan gampang habis...

cari aja yang agak kasar 100-200 ukuran kekasarannya untuk mulai menggosok di awal..( dempul dan cat yang terkelupas). setelah itu kita gosok lagi dengan amplas yang lebih halus digosok pake air sabun, dan dicuci sampai bersih dari kotoran yang berupa lumpur, minyak, dll . setelah halus kita mulai semprotkan epoxy...
epoxy ini terdiri dari dua bahan yaitu epoxy itu sendiri dan hardener, untuk campuran kita terapkan sama dengan clear, jangan sampai ngga kering...epoxy merupakan pewarna dasar juga, tersedia warna kuning, abu2, hitam.
thinner bisa apa aja, semakin bagus thinner, semakin halus epoxy....

setelah selesai epoxy itu disemprotkan merata, tunggu semalaman....untuk menjamin keringnya, setelah itu kita gosok lagi dengan ampelas halus, agar didapat bidang yang licin, gosoknya pake aer ya...kalau mau pake sabun lagi lebih bagus... setelah halus dan sudah dicuci lagi... mulai dengan pewarnaan..

diperhatikan jangan sampai ada sisa minyak/ silikon sebelum di cat ( lemon pledge, kit , dkk) kalau sekiranya masih mengandung minyak, dicuci dulu dengan bensin... -_-

kalau ada masalah dan ada yang kurang jelas mohon dimaklumi....ini tutorial singkat....cobalah bereksperimen... sebab kegagalan, dan pengalaman masih menjadi guru terbaik di dunia... :ph34r:
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: m0k0_ginta on November 12, 2007, 07:33:45 AM
sekedar sharing pengalaman.... biasanya kalau orang yang pertama kali ngecat kurang memperhatikan tekanan angin yang keluar dari ujung spray gun...(model spet meiji R-2), kadang terlalu besar, sehinga hal itu yang buat cat jadi belepotan..., jadi kalau pingin ngga belepotan dikira-kira dulu enaknya anginnya seberapa... jangan langsung ke bidang yang bakalan di cat... ;D

keuntungan tambahan kalau angginnya pas cat jadi lebih irit... :ph34r:
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: m0k0_ginta on November 12, 2007, 07:36:19 AM
nah rasanya tutorial belum lengkap kalau ngga ada gambarnya....

besok kalau dapet pinjeman kamera, pas ada proyek nge-cat aku upload foto2nya.... :ph34r:

ini postingan q ke 200..... ;D :wacko: :smitten:

ini print screennya.............. :smitten:

(http://www.forumotomotif.com/gallery/main.php?g2_view=core.DownloadItem&g2_itemId=388&g2_serialNumber=2)


ternyata Full Member cuman 3 orang.... ;D jadi yang nomer 3 dah... :wacko:
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: Kang Nunu a.k.a Sphere on November 12, 2007, 10:03:36 AM
Wah  ;D sorry neehhh... gara2 si Noobie  :tickedoff: jadi turun ke 199. Posting satu lage yah bro..  :smitten:
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: m0k0_ginta on November 12, 2007, 10:17:59 AM
gpp bro....  ;D

kok bisa jadi turun ada postingan yang dihapus kah?

Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: Kang Nunu a.k.a Sphere on November 12, 2007, 11:15:04 AM
Iya tuch dia yang suruh hapus...  :uglystupid2:
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: Noobie Sin on November 12, 2007, 10:41:28 PM
Hehehehe....tidak maksud menodai rating bro M0k0....it just my personal reasoning :)
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: m0k0_ginta on November 13, 2007, 12:08:46 AM
Gpp bro Noobie nyantai aja... :ph34r:
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: minyaktoge on November 26, 2007, 10:56:31 AM
hello all,...
gua juga newbie nih dan tertarik dengan pengecetan/coating dengan spray gun. mo tanya dan minta input-nya.
untuk pengecatan & coating clear pake spray gun nozzle 1,3 hasilnya bisa cukup halus gak? lebih baik beli yg nozzle-nya 1,2 , 1,3 , 1,4, ato 1,6? ada saran merek apa yang bagus tapi tidak terlalu mahal(budget 300-600rb)? dan compressornya merek apa yang kira2 lumayan dan tidak terlalu mahal? terus,.. apakah ada accesoris lain yang harus dibeli juga?
sorry kl terlalu banyak tanya  -_-
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: m0k0_ginta on November 26, 2007, 01:07:10 PM
@ bro minyaktoge

ukuran spraygun tergantung dari kekuatan kompresor..... semakin besar nozzlenya semakin besar angin dari kompresor yang diperlukan... -_-

menurut pengalamanku kalau cuman buat ngecat motor ( bukan mobil ) pake Meiji R2 (lumayan banyak dipasaran) sudah bisa cukup halus, dengan kompresor 1 hp ... atau pake spray gun seukuran itu misalnya Einhil, dsb

kalau buat mobil aku saranin pake spraygun yang nozzlenya gede, tapi kalau cuman dikit2 ( lecet/ tergores) pake nozzle kecil juga bisa...., 2 bulan lalu aq malah ngeblok mobil mazda interplay cuman pakai Meiji R2... ^_^ tapi hasilnya tetp bagus..., tapi dengan Spraygun yang ujungnya keluarannya seperti kipas....

coba aja pake sraygun kecil dulu..., asal bro minyak bisa mengatur keluaran angin dan cat dengan pas pasti hasil akhirnya baik, untuk mobil kalau pake sg (spraygun) kecil mungkin harus memakai compound pada finishing hasil akhirnya, tapi kalau bisa mengkilap tanpa kompon, kilatnya lebih bagus, untuk teknik tanpa compund biasanya jenis2 cat oven, soalnya minim debu..., tapi kalau udah jago bisa kok ngga perlu oven2an... ;D walaupun akhir akhir pasti beda..., tergantung tekniknya juga...


saranku pake sg yang pakai tabung atas...lebih gampang pakenya, bersihin juga enak... masalah ukuran tergantung kompresor
untuk kompresor aku saranin beli yang dinamonya terpisah... kalau rewel gampang perbaiki/ kalau rusak dinamonya bisa dibelikan baru.... :angel:, mending pake listrik, jangan yang pake diesel.. ntar cape harus nyalain berulang...
untuk sg kalau memang belum pengalaman bisa pake meiji R2 dulu... nanti kalau emang udah jago bisa beli yang lebih bagus lagi... kalau di Jogja Meiji R2 harganya ngga mahal Rp.130ribu ngga tau kalau udah naik, atau meiji yang agak besar....tapi kompresor harus besar juga.....
untuk kompresor bisa pake tabung swan biasa, trus minta pake dinamo 1/2 hp (agak murah) 1/2 tahun yang lalu Rp.1,3juta...

yang perlu diingat dalam proses pengecatan tidak dibutuhkan angin yang besar...tapi yang dibutuhin keluaran angin yang tepat... :buck2:, makanya ada regulator....
O iya jangan lupa pake regulator dan filter, biar angin bener2 bersih..terutama terhindar dari air..

yang jelas kalau pingin jago jangan takut2 untuk eksperimen dan keluar biaya..(seperti Oom Noob yang sering eksperimen)... dari kegagalan biasanya malah bisa muncul teknik2 luar biasa.... :ph34r:

Ok segitu dulu maap kalau kurang jelas bisa ditanyakan lagi... -_-
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: minyaktoge on November 26, 2007, 09:36:15 PM
tq bro m0k0, atas masukan n sarannya-nya.
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: minyaktoge on November 29, 2007, 09:21:56 AM
kemaren sudah tes asal semprot pada helm cetok saya, hasilnya lumayan  ;D
tadinya mo beli Meiji yang FS-G08R nozzle 0,8mm. udah obok2 glodok gak nemu, jadi beli yg F100-G10 nozzle 1mm.

saya dah beli air regulator/air gauge yg kecil yg di taruh di bawah sg. saya masih rada bingung tekanan di air regulator/air gauge. tekanan yg terukur pada air regulator/air gauge tersebut adalah tekanan yang masuk ke dalam sg atau tekanan yg berada di dalam sg? pada sg-nya sendiri juga ada air adjusting valve di bagian bawah sg. bedanya apa antara air adjusting valve pada sg dengan air regulator/air gauge?

di http://www.epa.gov/dfe/pubs/auto/spraygun_success/ di tulis:
Ensure 10 psi at the Spray Gun Tip
• Use air hose with inner diameter of 3/8 inch
• Measure air cap pressure with gauges for your specific spray gun (available through your gun distributor).

air cup pressure maksudnya tekanan penampung cat?
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: m0k0_ginta on November 29, 2007, 10:44:14 AM
Meiji F-100, aq tau Sg itu..., itu bagus buat mobil.... Nozzlenya kipas kan..., itu butuh angin besar bro, kalau tekanan kompresor kurang ntar hasilnya bisa seperti kulit jeruk, kalau kebanyakan thinner cat bisa turun, seperti luber.. ( wah gimana ngartiinnya ya..., kurang kosakata nih..) :buck2:

itu butuh kompresor lumayan besar bro...

yang di regulator itu tekanan di dalam sg... maksudnya tekanan dari regulator ke sg... jadi fungsi regulator sebenarnya mengurangi output angin ke dalam sg...

Aircap pressure itu tekanan diujung Nozzle.... sepertinya itu yang dimaksud...( maklum bahasa inggris pas2an), atau mungkin juga itu yang dimaksud tekanan dalam botol SG untuk yang pakai tabung bawah...

Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: minyaktoge on November 29, 2007, 12:12:50 PM
ngerti kok  ;D

emank sih, kerjanya gak bisa terus. bentar2 berhenti, nunggu kompressor isi lagi. abis gak ada pilihan lain lg  :buck2:
kl yg FS-G08R air consumptionnya kecil cuma 50L/min. yg F100-G10 100L/min  :buck2:
nanti kumpulin duit, beli yg gedean d  ;D

tq u bro  :ph34r:

F100/F200 http://www.meijiair.co.jp/E_Home/html/gun/specF100.htm
FS http://www.meijiair.co.jp/E_Home/html/gun/E_PIECE.htm
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: m0k0_ginta on November 29, 2007, 01:36:09 PM
kalau cuman buat motor pake yang ini aja juga gpp.... :ph34r:

http://www.meijiair.co.jp/E_Home/html/gun/E_F21L.htm (http://www.meijiair.co.jp/E_Home/html/gun/E_F21L.htm)
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: Kureta_228 on March 06, 2008, 03:44:02 AM
Broooo mau klas Teri Hasilnya memuaskan

Tapi rada susah


Pke Philox

heheheh
Merknya Pake DItton  kalo ngak Aerofox

nahhhh coba dehh

gw pernah pake buat satria gw
Warna orange candy tone Gradasi 2 warna

jadi dari depan Orange candy nya terang, rada kebelakang rada gelap


dashhhhhh mantab

Rahasianya ada di dasar broo n sinar matahari

kalo punya tempat oven buat cat mobil juga bagusss

heheheheh

enaknya pake pilox murah

coba dehhhh

nanti gw masukin warna motor gw dehhhh
gw harus cari2 gambarnya

hehehehehehheheheheheh

slamat mencoba  :mellow:
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: m0k0_ginta on March 10, 2008, 10:33:31 AM
Pake pylox bisa juga tapi malah lebih boros dari pakai kompresor...

bisa sih dibuat bagus...

O iya aku heran kenapa ya, beberapa waktu yang lalu eksperimen pakai cat type candytone bening...
udah pakai epoxy trus ditimpa cat silver trus dilabur pakai cat candy tone, jadinya bagus mengkilap dan keren tapi setelah sering kena matahari cat itu jadi ngelupas... tepat di lapisan candytonenya... apa karena cat silvernya kurang bersih ya...
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: noeg on March 15, 2008, 09:55:59 PM
Ikutan nanya sama masternya. . .
Kalau mau repair lapisan clearnya saja langkahnya apa??
Sebenarnya buat mobil nih, bagian kap mesin sudah retak-retak lapisan clearnya. .
Thank's
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: m0k0_ginta on March 17, 2008, 12:47:03 PM
Diliat dulu warnanya udah pudar belum?
kalau belum cuman retak2 aja bisa langsung diclear ulang pake clear bakar...
agar retaknya ngga keliatan digosok amplas halus dulu agar retak2nya bisa tersamarkan....
agar bekas2 minyaknya hilang, bisa sedikit dikasih bensin
setelah itu coba langsung semprot tipis aja dulu... kalau ngga ada reaksi (cat ngangkat) langsung hajar tebal saja gpp..
Tapi sebisa mungkin jangan pakai pilox pake clear bakar aja...hardenernya dikasih agak banyak dikit dari seharusnya ya...
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: noeg on March 18, 2008, 11:49:57 AM
Warna masih bagus, belum mbluthuk. .  sebenarnya retaknya gak banyak, cuman krn posisi di kap mesin, jadi keliatan juelekkkk. .

Ok, pertanyaan lanjutan :
Itu istilah clear bakar merupakan istilah pasar ?? maksudnya kalau ke toko cat langsung tahu ??

Trus merk apa yang direkomendasikan buat saya (benar-benar pemula di bidang cat mengecat, kecuali ngecat pagar rumah :laugh:)

Juga untuk hardenernya, merk apa.  PErlu thinner nggak ??, belinya berapa banyak ??

Sorry nanyanya standard banget.

Tambahan, harga jangan yang mahal.

Terima kasih buanyakkkkk.
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: polozaq on July 20, 2008, 06:03:13 PM
kawan2 gw mo nanya nih ttg gun spray.
gw kan punya mini kompresor dgn spec power 1/8 Hp ,presure 4kg/cm^3
kira2 gun spray yg cocok buat mini komp gw apa??
Trs gun spray kan nozlenya ada yg bentuk titik ama flat bedanya apa yah??
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: wakijoey on July 30, 2008, 11:52:39 AM
bro moko klo misalnya ngecatnya cuma di halaman trs dijemur di panas matahari gmn bro?
ngaruhnya kemana bro? thnks buat advicenya...
btw maap lama g OL dan ikut cuap2 di forum
keep the figt bro
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: noeg on August 10, 2008, 09:30:13 PM
Bro Moko, kalau kita ngecat tanpa Epoxy dulu, apa akibatnya ??
Trus kalau mau ngecat helm, biar ndak nglothok-2 caranya bagaimana ??
(pertanyaan no 2 menyangkut pertanyaan no 1)
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: Cupliz on August 11, 2008, 02:22:54 AM
helm itu agak susah...sing bikin ngelontok2 itu kan plastik di cat....ya yg memungkinkan di dempul dah^^...

aku sendiri mau tanya soal Cat tahan panas...buat mesih, soalnya g punya oven buat cat, otomatis klo cuman di cara biasa umur 6-8 bulan udah ada yg ngelupas kena gesekan ama kaki...sob2..
Title: Re: Question: Ajarin jadi tukang cat dong!
Post by: noeg on August 11, 2008, 07:53:49 AM
Bro Moko ... banyak peertanyaan nih ...