Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: 1 2 [3] 4 5 ... 10
 21 
 on: February 13, 2017, 09:19:06 AM 
Started by BeliOnderdil - Last post by BeliOnderdil
Ban merupakan komponen penting pada setiap kendaraan, baik mobil, motor maupun kendaraan-kendaraan besar lainnya. Performa kendaraan tentu dipengaruhi oleh kondisi ban, penting bagi setiap pengendara untuk selalu memperhatikan kondisi ban nya dengan benar. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai ban mobil, salah satu hal penting tersebut ialah tekanan angin pada ban. Kekurangan atau kelebihan tekanan pada ban memberikan efek yang tidak baik, bisa jadi akan menyebabkan umur ban yang pendek, profil cepat gundul atau akan memberikan beban lebih berat yang berpengaruh pada kinerja mesin.

Kali ini Blog BeliOnderdil akan mengulas tekanan angin ban yang tepat untuk kendaraan beserta beberapa hal lain yang satu lingkup dengan pembahasan kali ini. Untuk itu, simak ulasan berikut ini :

Tekanan Angin Mobil yang Tepat

Untuk mendapatkan kenyamanan berkendara, umumnya tekanan ban untuk mobil penumpang biasa adalah 30 – 35 psi (pada kondisi ban dingin). Spesifikasi ban yang digunakan dan beban kendaraan menjadi faktor utama dalam menentukan nilai tekanan. Ukuran tekanan ban pada mobil berbeda beda antara jenis mobil satu dengan yang lainnya. Di buku petunjuk kendaraan selalu dijelaskan rekomendasi nilai tekanan dan dari tipe ban yang digunakan biasanya terdapat batasan maksimal tekanan.

Tekanan Ban yang Kurang

Jika ban di bawah tekanan yang direkomendasikan maka dengan mudah kita dapat melihatnya langsung. Kondisi ban terlihat kempis atau sering kita bilang ‘kurang angin’, apalagi saat kendaraan ditumpangi, ban akan terlihat menonjol keluar di bagian bawahnya, tepat pada bagian ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan. Jika tekanan ban saat itu 25% di bawah tekanan standar maka sudah dikategorikan ‘Parah’ (under inflation), artinya tekanan ban sekitar 7 psi kurang dari standar. Efek buruk dari kondisi ini adalah:

Profil ban dibagian pinggir akan lebih dulu habis atau aus selama pemakaian. Keausan yang tidak rata akan memperpendek umur ban.
Beban kendaraan menjadi berat, memutar ban yang kurang angin memberikan beban pada mesin sehingga berakibat borosnya konsumsi bahan bakar.
Pengendalian atau handling kendaraan menjadi buruk.
Jika pada saat bersamaan kondisi ban agak tipis, keausan yang tidak rata akan terjadi pada bagian pinggir yang beresiko membuat ban pecah.
Tekanan Ban yang Berlebih

Ban yang memiliki tekanan di atas standar juga berakibat tidak baik :

Profil ban dibagian tengah akan lebih cepat habis, keausan tidak rata ini juga akan memperpendek umur ban.
Getaran dan ayunan suspensi terasa keras dan kasar.
Jika tekanan diberikan berlebih bahkan melebihi standar spesifikasi ban, maka ban juga dapat pecah. Pada saat kendaraan dijalankan dengan durasi yang panjang dan kecepatan tinggi, maka temperatur meningkat menjadikan tekanan udara di dalam ban juga meningkat. Dengan awal tekanan yang sudah tinggi ditambah dengan peningkatan tekanan selama berkendara maka pecah ban pun semakin lebih beresiko terjadi.

Tekanan Ban yang Tepat

Memberikan tekanan yang pas menjadikan ban memiliki umur panjang, keausan ban merata, tapak ban dengan jalan menjadi maksimal dan tentunya akan berdampak pada pengendalian yang baik selama berkendara. Bobot penumpang ataupun barang dalam kendaraan juga menjadi faktor penentu nilai tekanan. Jika umumnya sebuah mobil seringkali beroperasi untuk mengangkut penumpang banyak atau beban yang berat maka sebaiknya tekanan ban dibuat agak tinggi. Di Indonesia, mobil berjenis MPV ataupun SUV umumnya memiliki desain mesin di bagian depan sehingga pada bagian inilah beban lebih banyak terpusat daripada di belakang. Demikian sehingga jika kita seringkali hanya mengemudi sendiri, maka tekanan ban di depan lebih baik dibuat sedikit lebih tinggi biasanya 32-34 psi, sedangkan di belakang boleh di-setting di nilai tekanan 30-32 psi

Rekomendasi Pemeliharaan Ban

Telah dijelaskan bahwa tekanan menjadi penentu umur ban. Pengecekan tekanan disarankan untuk minimal dilakukan sekali dalam sebulan atau pada saat akan melakukan perjalanan jauh. Tekanan ban diukur pada saat kondisi ban dingin atau setidaknya pada saat kendaraan menempuh jarak tidak lebih dari 2 km. Jika kendaraan terlanjur menempuh perjalanan jauh maka kondisi dingin akan dicapai paling tidak setelah 3 jam dari kondisi kendaraan tidak beroperasi.

Beberapa Fakta Mengenai Tekanan Ban Mobil

90% dari semua kendaraan sedikitnya memiliki satu ban yang tekanannya kurang dari standar yang direkomendasikan
Ban dengan tekanan kurang 20% dari standar bisa mengurangi sebesar 30% umur ban dan meningkatkan konsumsi bahan bakar hingga 7%
Ban dengan tekanan kurang 30% dari standar bisa mengurangi sebesar 50% umur ban

Di sisi lain, umur ban yang panjang dan beban mesin kendaraan atau mobil yang bisa bekerja optimal akan memberikan penghematan dari segi finansial. Jadi selalu luangkan waktu untuk melakukan pengecekan minimal seperti rekomendasi yang telah dijelaskan.

 22 
 on: February 13, 2017, 09:17:09 AM 
Started by BeliOnderdil - Last post by BeliOnderdil
Pintu mobil merupakan salah satu komponen dari bodi mobil yang memiliki peran sangat penting. Pintu mobil ini harus berfungsi dengan baik untuk menjaga keamanan penumpang dalam mobil dan sebagai sara keluar masuk penumpang. Tak hanya itu, komponen pintu mobil lainnya seperti handle pintu dan kunci juga harus dapat beroperasi dengan optimal. Begitu pun dengan kaca jendela yang harus berfungsi dengan baik yakni bisa bekerja naik dan turun. Terkadang banyak faktor dan penyebab yang dapat membuat pintu mobil mengalami kerusakan. Permasalahan yang terjadi pada pintu mobil tentu dapat menganggu kenyamanan serta keamanan dalam berkendara, apalagi jika pintu mobil tidak simetris.

Kerusakan pintu mobil bisa terjadi pada beberapa bagian yang disebabkan oleh beberapa hal. Apabila Anda lalai, bukan tidak mungkin kerusakan akan merambat ke komponen pintu lainnya. Lantas apa sajakah masalah yang sering terjadi pada kerusakan pintu mobil ? Simak ulasan berikut ini mengenai beberapa penyebab kerusakan pintu mobil beserta cara memperbaikinya.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang menyebabkan pintu mobil mengalami kerusakan, diantaranya ialah :

Karet pintu yang sudah getas akibat usia pemakaian yang sudah lampau.
Pengait pintu yang sudah rusak dan membuat pintu mobil susah tertutup.
Lis pintu mobil yang sudah mulai rusak.
Pintu mobil dapat mengalami perpindahan posisi turun ke bawah. Hal tersebut dapat terjadi akibat engsel pada pintu mobil sudah mengalami keausan sehingga tingkat presisinya menurun. Terjadinya bagian di area engsel pintu yang sudah keropos juga menjadi salah satu penyebab berubahnya dudukan pintu mobil. Tak hanya itu, kerusakan pintu dapat terjadi akibat baut pengikat engsel sudah mulai mengalami keausan. Masalah lain yang mungkin pernah Anda temui ialah pintu telah terkunci namun terasa belum menutup sempurna, hal tersebut terjadi akibat setelah kunci yang sudah bergeser. Untuk itu Anda perlu melakukan penyetelan ulang pintu.

Handle dan kunci pintu terlepas atau patah
Jika Anda pernah mengalami permasalahan ini, penting bagi Anda untuk segera melakukan penggantian pintu mobil yang baru. Namun jika komponen tersebut hanya terlepas saja, Anda masih bisa memperbaikinya dengan cara membuka door trim. Hal ini terjadi akibat lepasnya pengikat besi penghubung yang berada di dalam.

Jendela mobil tidak dapat naik dan turun
Permasalahan lain yang sering terjadi pada pintu mobil ialah kaca jendela yang tidak dapat beroperasi naik dan turun atau justru miring. Hal ini disebabkan oleh rel atau jalur mekanisme kaca jendela telah lepas dari tempatnya. Solusi yang dapat lakukan untuk mengatasi permasalahan ini ialah melihat pada bagian dalm pintu dan mengembalikannya ke rel atau jalur kaca pada posisi awal atau posisi semula.

Pintu tidak dapat menutup rapat
Selain jendela yang tidak bisa naik dan turun, masalah lain pada pintu mobil ialah pintu yang tidak dapat menutup dengan rapat karena karet pada pintu mobil yang sudah getas, permasalahan ini sering terjadi pada mobil yang sudah lama pemakkainnya. Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini ialah dengan mengganti karet pintu yang baru. Untuk ukuran pintu depan, umumnya Anda memperlukan panjang karet sampai 4 meter.

Ketika permasalahan di atas terjadi pada pintu mobil Anda, segeralah memperbaikinya agar pintu mobil dapat beroperasi kembali dengan baik dan optimal.

 23 
 on: February 12, 2017, 09:37:38 PM 
Started by fargas - Last post by virusisme
KR150L alias ninja 150 R
kondisi full standar on spedo 145 km/h bannya saja masih dari pabrik

 24 
 on: February 11, 2017, 09:34:44 PM 
Started by galerinomor - Last post by galerinomor
NOMOR CANTIK XL
GAMPANG INGAT & COCOK UNTUK JADI NOMOR CONTACT KAMU


08170 110000
0817 633 8888
0817 0 11 88 55
0818 0888 1100
0818 0888 1144
0818 0888 1155
0878 0888 2288
0877 8000 8800
0878 2000 2200
08780 89999 88
08 199 199 1122
08 199 199 1188


Info HARGA, klik aja di nomornya

Tersedia PULUHAN RIBU nomor cantik lainnya

Info lengkap, klik aja langsung www galerinomor.com

 BARU !!!!  PROMO BELI 1 GRATIS 1 !!!!!

Call / SMS / WhatsApp : 08388 911 911
BBM Pin: 27 FFF 000

YM: galerinomorcom
TWITTER: galerinomorcom
FACEBOOK: galerinomorcom
INSTAGRAM: galerinomorcom
PATH: galerinomorcom


 25 
 on: February 11, 2017, 03:39:02 PM 
Started by rama - Last post by bandarbo
salam kenal yah bro,, numpang iklan yahh
Situs Taruhan Online

 26 
 on: February 11, 2017, 10:05:51 AM 
Started by BeliOnderdil - Last post by BeliOnderdil
Wiper merupakan salah satu aksesoris mobil yang memiliki peran penting mobil Anda. Fungsinya adalah untuk membersihkan kaca mobil baik bagian depan maupun belakang dari air hujan serta kotoran yang menempel di kaca. Bukan hanya menjadi sebuah aksesoris semata namun sudah menjadi sebuah item yang wajib ada pada setiap kendaraan, keberadaan wiper tentu penting karena sangat membantu dalam menyajikan sudut pandang yang bersih.

Kerusakan dan Cara Memperbaiki Wiper Mobil yang Rusak

Jika Anda telah mengalami ciri-ciri kerusakan wiper yang telah disebutkan di atas, sebaiknya penting bagi Anda untuk melakukan perbaikan secepat mungkin. Berikut ini adalah langkah-langkah memperbaiki wiper mobil yang rusak, simak ulasan berikut ini.

Kerusakan bisa disebabkan oleh adanya debu atau kerikil kecil yang terselip di karet wiper, lihat dan sentuh keseluruhan karet wiper apakah terdapat batu atau kerikil dengan diameter 1-2 milimeter yang terselip di-lipatan karet. Jika Anda menemukan batu atau kerikil tersebut, segera ambil dan buang.
Karet wiper yang retak bisa menyebabkan sapuan menjadi kurang merata dan menyisakan lumuran air. Periksa serta lihat dan sentuh apakah karet wiper retak atau pecah. Jika hal ini terjadi, penting bagi Anda untuk segera melakukan penggantian karet wiper.
Wiper berkarat atau terlalu longgar pada bagian sambungan, hal ini juga bisa menyebabkan sapuan kurang sempurna. Jika terlalu longgar bisa dirapatkan, sedangkan jika berkarat bisa dibersihkan karatnya.
Wiper pecah dapat terjadi karena faktor usia dan pemakaian. Jika komponen wiper telah pecah atau patah, Anda perlu membeli komponen wiper yang baru. Anda bisa saja mengatasi permasalahan ini dengan menyambung kembali wiper yang patah, namun ssecara estetika tentu kurang bagus karena sambungan terkadang tidak presisi.
Karet wiper mengeras, karet yang mengeras akan menyebabkan sapuan kurang merata karena tidak semua ujung wiper menyapu kaca (karet sudah tidak elastis lagi). Solusi yang dapat Anda lakukan tentu mengganti karet wiper dengan yang baru.
Demikianlah informasi mengenai ciri-ciri kerusakan wiper mobil beserta cara memperbaiki kerusakan tersebut. Kerusakan wiper mobil tentu saja mengharuskan Anda untuk membeli komponen pengganti yang baru.

 27 
 on: February 11, 2017, 10:03:26 AM 
Started by BeliOnderdil - Last post by BeliOnderdil
Wiper memiliki dua bagian utama yaitu lengan wiper dan karet wiper. Pada umumnya, bagian lengan wiper ini jarang sekali mengalami kerusakan. Namun apabila terindikasi rusak, bagian ini dapat diatasi sendiri atau dengan membeli lengan wiper yang baru. Berbeda dari karet wiper yang perlu dilakukan penggantian secara periode setiap satu tahun sekali, penggantian idealnya dapat dilakukan ketika memasuki awal musim hujan.

Ada suatu alasan penting mengapa karet wiper perlu diganti setiap setahun sekali. Hal ini karena karet wiper terbuat dari bahan karet yang mudah rusak jika terkena paparan sinar matahari. Kerusakan karet wiper yang sering terjadi ialah karet wiper yang menjadi keras dan tidak elastis lagi serta karet wiper yang pecah-pecah.

Kedua kerusakan utama tersebut membuat sapuan wiper terhadap kaca mobil menjadi tidak maksimal dan kurang merata. Ketika sapuan wiper kurang merata, maka air hujan yang deras akan sangat menghalangi pandangan si pengendara.

Ciri-ciri Wiper yang Mengalami Kerusakan

Kondisi wiper sebenarnya dapat diketahui saat karet wiper menyapu kaca depan mobil sewaktu hujan, apakah masih bagus atau justru sudah rusak. Beberapa tanda sapuan wiper telah mengalami kerusakan antara lain :

Sapuan tidak rata
Sapuan wiper membentuk kabut
Sapuan wiper menyisakan lumuran air
Karet wiper menggores kaca
Saat bergerak wiper mengeluarkan bunyi

 28 
 on: February 11, 2017, 09:54:13 AM 
Started by BeliOnderdil - Last post by BeliOnderdil
Throttle body merupakan salah satu komponen yang terdapat di mobil yang menggunakan sistem injeksi. Throttle body berfungsi untuk menghisap udara bersih yang telah disaring oleh filter udara. Udara yang dihisap oleh throttle body ini memiliki peran tersendiri atau berguna dalam proses pembakaran di ruang kompresi mesin.

Berikut langkah-langkah membersihkan throttle body :

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan tentunya memarkirkan kendaraan di permukaan jalan yang aman dan rata serta pastikan ruang mesin tidak panas dan jangan lupa untuk mengaktifkan rem parkir atau rem tangan.

Berikutnya, mulailah membuka kap mesin serta pasang besi penyangga.
Setelah itu, Anda dapat melepaskan kabel negatif terminal aki mobil.
Temukan letak filter atau saringan udara, kemudian buka tutup filter udara dan lepas filter tersebut dari tempatnya.
Cara melepasnya dapat dilakukan dengan melepas terlebih dahulu 3 mur ukuran 10 mm yang menahan housing atau dudukan filter udara bagian bawah. 3 mur tersebut terdapat 1 buah di sebelah kiri, 1 buah di sebelah kanan. Dan 1 buah di sebelah tengah depan.

Komponen berikutnya yang perlu Anda lepas ialah kabel/ konektor/ selang vakum yang terpasang ke housing filter. Semua konektor tersebut berada di sebelah kiri filter.

Setelah dilepas, Anda juga perlu melepas sensor yang terletak di sebelah depan filter, lakukan pelepasan cukup dengan menarik komponen tersebut.

Berikutnya Anda perlu mengendurkan baut ukuran 10 mm untuk melepaskan air intake, cukup kendurkan saja, tidak perlu dilepaskan.

Selanjutnya, tarik dan lepaskan air filter dari housing nya.
Setelah air filter terlepas, barulah Anda dapat melihat throttle body beserta igniton coils. Throttle body memiliki rubber seal (paking karet), jika Anda ingin memberi carburator cleaner atau cairan WD40, lepaskan komponen tersebut terlebih dahulu. Hal ini tentu dilakukan agar aman, karena beberapa solvent tersebut dapat membuat rubber seal atau karet melar (memanjang)

Selanjutnya, Anda memasuki tahap melepas konektor idle air control. Ketika melepas komponen tersebut memang terasa agak keras, tetapi Anda perlu melakukannya secara hati-hati dengan menggoyangkan dari sisi ke sisi sambil ditarik sedikit demi sedikit.

Kemudian, Lepaslah dudukan kabel yang melewati throttle body.
Setelah itu, Anda perlu melepaskan pegangan atau breket yang terpasang dari throttle body ke valve cover. Kemudian lepaskan juga throttle cable nya.

Berikutnya Anda dapat melepaskan vacuum hose yang terpasang di throttle body.
Lepaskan juga vacuum hose di bagian belakang throttle body.
Setelah itu, baru Anda dapat melepaskan konektor untuk idle air adjuster yang terletak di belakang throttle body.
Lepaskan 2 buah mur ukuran 12 mm di sebelah kanan throttle body. Untuk mengakses mur di sebelah belakang, Anda perlu melepas dudukan kabel yang ada karena soket tidak memiliki ruang cukup besar. Cara melepasnya dapat dilakukan dengan menahan plastik pengaitnya menggunakan kuku lalu tarik ke atas.

Lepaskan mur ukuran 10 mm. Jangan lupa untuk memperhatikan dudukan kabel nya yang berada di atas throttle body.
Goyangkan sedikit throttle body dan akhirnya komponen satu ini dapat dilepas. Jangan lupa lepaskan rubber seal throttle body ke intake manifold.

Kali ini, Anda memasuki tahap pembersihan throttle body. Bersihkan komponen ini menggunakan carburator cleaner. Ulangi beberapa kali sampai semua bagian bersih, bila perlu gunakan lap bersih / sikat kawat / sikat gigi bekas untuk menyeka bagian-bagian yang masih kotor. Bisa juga menggunakan angin bertekanan untuk menghilangkan kotoran yang ada.

Pastikan semua ruang yang ada di throttle body dibersihkan menggunakan carburator cleaner, dan jangan sampai ada yang luput dari pembersihan.

Bila throttle body telah bersih dari kotoran dan debu segera rakit kembali komponen ini jangan sampai ada bagian yang terlewatkan.

Pasang kembali throttle body ke posisi semula. Setelah itu hidupkan mesin beberapa saat, sesekali injak pedal gas dan kecepatan mesin menjadi normal seperti sedia kala.
Apabila setelan mesin dirasa berbeda maka Anda dapat meminta bantuan bengkel untuk memeriksa kondisi mesinnya menggunakan “Scanner” bisa saja karena kondisi throttle body sudah bersih maka perlu disesuaikan kecepatan idling dari mesin.

selesai deh cara membersihkan throttle. Selamat mencoba!

 29 
 on: February 11, 2017, 07:17:50 AM 
Started by lungo ngolu - Last post by lungo ngolu
Beli Motor Apapun Lokasi Jogja / Yogya
Kondisi Hidup atau Mati, Tahun Tua atau Muda asal lokasi jogja kami pun ready
Apapun type, merk, tahun dan kondisi motor Anda !!!!

text me
081.2296.3010

pin BB by request

Silaken Sms / BBM / WhatsApp


=============================================
JualMotorJogja?. Jual Motor Jogja ?. JualMotorJogja?. Jual Motor Jogja?. JualMotorJogja?  JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja Jual Beli Motor Jogja . JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja. Jua lBeli Motor Jogja.
=============================================

Beli Motor Apapun Lokasi Jogja / Yogya
Kondisi Hidup atau Mati, Tahun Tua atau Muda asal lokasi jogja kami pun ready
Apapun type, merk, tahun dan kondisi motor Anda !!!!

text me
081.2296.3010

pin BB by request

Silaken Sms / BBM / WhatsApp


=============================================
JualMotorJogja?. Jual Motor Jogja ?. JualMotorJogja?. Jual Motor Jogja?. JualMotorJogja?  JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja Jual Beli Motor Jogja . JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja. Jua lBeli Motor Jogja.
===================================
=============================================

Beli Motor Apapun Lokasi Jogja / Yogya
Kondisi Hidup atau Mati, Tahun Tua atau Muda asal lokasi jogja kami pun ready
Apapun type, merk, tahun dan kondisi motor Anda !!!!

text me
081.2296.3010

pin BB by request

Silaken Sms / BBM / WhatsApp


=============================================
JualMotorJogja?. Jual Motor Jogja ?. JualMotorJogja?. Jual Motor Jogja?. JualMotorJogja?  JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja Jual Beli Motor Jogja . JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja. Jua lBeli Motor Jogja.
===================================
=============================================

 30 
 on: February 11, 2017, 07:16:54 AM 
Started by lungo ngolu - Last post by lungo ngolu
Beli Motor Apapun Lokasi Jogja / Yogya
Kondisi Hidup atau Mati, Tahun Tua atau Muda asal lokasi jogja kami pun ready
Apapun type, merk, tahun dan kondisi motor Anda !!!!

text me
081.2296.3010

pin BB by request

Silaken Sms / BBM / WhatsApp


=============================================
JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja. Jua lBeli Motor Jogja.
JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja Jual Beli Motor Jogja . JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja. Jua lBeli Motor Jogja.

=============================================

Beli Motor Apapun Lokasi Jogja / Yogya
Kondisi Hidup atau Mati, Tahun Tua atau Muda asal lokasi jogja kami pun ready
Apapun type, merk, tahun dan kondisi motor Anda !!!!

text me
081.2296.3010

pin BB by request

Silaken Sms / BBM / WhatsApp


=============================================
JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja. Jua lBeli Motor Jogja.
JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja Jual Beli Motor Jogja . JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja. Jua lBeli Motor Jogja.

=============================================

Beli Motor Apapun Lokasi Jogja / Yogya
Kondisi Hidup atau Mati, Tahun Tua atau Muda asal lokasi jogja kami pun ready
Apapun type, merk, tahun dan kondisi motor Anda !!!!

text me
081.2296.3010

pin BB by request

Silaken Sms / BBM / WhatsApp


=============================================
JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja. Jua lBeli Motor Jogja.
JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja Jual Beli Motor Jogja . JualBeliMotorJogja. Jual Beli Motor Jogja. JualBeliMotorJogja. Jua lBeli Motor Jogja.

=============================================

Pages: 1 2 [3] 4 5 ... 10