• Welcome to Forum Otomotif Indonesia. Please login or sign up.
 
November 21, 2019, 12:56:37 am

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.


Tambah Tenaga & Irit BBM

Started by Noobie Sin, July 08, 2005, 08:51:54 pm

Previous topic - Next topic

Noobie Sin

Hello,

Gw dapet idenya dari koran....er lupa nama pastinya....otomotif gitu atau otoplus....
Anyway, infonya sih bilang kalo manifold motor bagian dalamnya kan kaya kulit jeruk...sedikit kasar seperti berpasir.....kalo ama kita amplas sampe halus hasilnya menarik sekali boo! :)

Me satisfied like  :smitten:
10001101010100101100001

Yudhiez

nob manifold itu apaan sih..... :wacko:

Noobie Sin

Manifold itu pipa besi yg nempel antara kalbulator & cylinder head.
Pendek gitu....umumnya bentuknya mengarah ke huruf "C"....gitu  :ph34r:
10001101010100101100001

romy_tx

coba buka busa saringan udara yg terletak didepan karbu..dijamin irit dan akselerasi bertambah..cobain aja..karna gw sndiri jg dah nyoba.. -_-
Beware of Doggy Syle

Noobie Sin

Errrr....bukannya gimana gimana gitu....tapi bukannya kalo ngga ada saringan sama sekali....debu2 jadi ngga kesaring sama sekali & masuk ke mesin.....kan jadi kurang tokcer gesekan spare-parts engine tuk jangka waktu panjang (ngerusak mesin)....
Ini info gua dapet dari manual book honda....lagian masuk akal juga....

Beda lagi kalo lubang si kalbu di hadap ke samping.......mungkin lebih sedikit resiko tuk kemasukan debunya
10001101010100101100001

romy_tx

hehehehe..yg ane mksd tuh hanya busanya aja yg dilepas yg terletak didalam kotak hitam..bukan sama kotak hitamnya dicopot..klo kotaknya dicopot ya itu baru bener masuk lsg ke karbu..tapi ini kan hanya busanya saja...(coba saja seminggu)aku dah test di motor jupi ku dan tdk ada efek negatif apa2..karna mekanik jupiter sndiri yg rekomended
Beware of Doggy Syle

Noobie Sin

Ahhhhhhhh....ngerti2 gw sekarang :P
Mudah2an beneran ngga bakalan "gimana2" deh engine motor loe tuk long-run  :ph34r:
10001101010100101100001

eduardgt

ikutan nimbrung nich..newbe...

Kalau mau nambah Tenaga Motor bawa aja motornya ke bengkel specialist bisa nambah Tenaga, alamatnya :

Idol@ Motorindo  -_-
Jl. Raya Bogor KM 28, No. 1
( Gandaria - Persis didepan Bengkel Service Mobil / Depan Banak BCA )
Tel : 3227 2372

Tks,
EGT




Gw dapet idenya dari koran....er lupa nama pastinya....otomotif gitu atau otoplus....
Anyway, infonya sih bilang kalo manifold motor bagian dalamnya kan kaya kulit jeruk...sedikit kasar seperti berpasir.....kalo ama kita amplas sampe halus hasilnya menarik sekali boo! :)

Me satisfied like  :smitten:
[/quote]

m0k0_ginta

Kayanya kalau mau irit pake BBN ini beritanya...
Wah bangga juga nih jadi anak jogja ikut2an bangga... :wacko:

QuoteBahan bakar Nusantara

Krisis energi mendorong banyak orang berkreasi dan melakukan penelitian. Termasuk penelitian tentang Bahan Bakar Minyak (BBM) yang semakin langka dan makin mahal harganya. Inilah yang mendorong BSW Adjikoesoemo dari komunitas Indonesia Bangkit melakukan riset biota laut yang dapat menghasilkan minyak.

"Saya riset bertahun-tahun. Saya sadar bahwa negeri ini 50% dikelilingi laut yang sangat kaya biota laut atau semacam plangton, bisa diolah menjadi minyak mentah. Dan hasilnya berupa BBM setara Pertamax. Karena kadar oktannya sudah mendekati 94. Dan harga jualnya cukup menggiurkan karena hanya Rp 1.500 per liter," buka BSW Adjikoesoemoe.

Akhirnya, "Temuan ini diberi nama Bahan Bakar Nusantara (BBN)," jelas BSW Adjikoesoemoe saat dijumpai di Perum Griya Mahkota, Blok J, No. 16, Yogyakarta. Menurutnya, untuk memproduksi BBN ini, tidak diperlukan biaya mahal. Karena biaya produksi per liter hanya perlu biaya antara Rp 340-500.

"Jadi, memang sangat murah sekali. Dan dipastikan rakyat Indonesia tidak mengeluh boros mengeluarkan uang untuk membeli BBM yang saat ini teramat mahal," kata pria biasa disapa Bung AK ini.

Biota laut masih dalam bentuk aslinya diproses atau diolah dan menghasilkan beberapa bagian. Di antaranya 60% air, 10% residu atau ampas dan 30% minyak mentah. Dari hasil yang 30% minyak mentah diproses lagi dengan cara penyulingan dan menghasilkan bensin, solar dan minyak tanah. Ampas juga bisa untuk pakan ternak, pupuk dan apabila dicampur tanah akan jadi seperti aspal.

Dan untuk perkembangbiakan biota laut, bisa dilakukan di darat dengan kelembapan tertentu. Pemanenan biota laut, bisa dilakukan setiap 10 hari sekali. Setiap satu hektar lahan dapat menghasilkan 140 ribu liter.

"Nantinya temuan ini akan saya serahkan ke pemerintah, biar mereka yang mengelola. Disamping itu, agar rakyat di negeri ini menjadi makmur," tutup Adjikoesoemo yang masih kerabat Sri Sultan ini.

KOMENTAR DARI AKADEMIS
Dr. Supranto yang Ketua Pasca Sarjana Teknik Kimia Universitas Gagah Mada (UGM) Yogyakarta membenarkan adanya temuan biota laut yang dapat diolah jadi minyak. Biota laut yang dikembangkan berupa tumbuhan atau sejenis rumput laut. Atau tanaman rendah yang bayak mengandung asiri dan hidro karbon.

"Biota laut jenis ini tidak terlihat mana batang, daun ataupun bunga, karena bentuknya sama semua. Dan jenis ini memang bisa dikembangkan di darat dengan kadar kelembapan udara tertentu," jelas bapak murah senyum ini.

Dikatakan lebih lanjut, untuk pengolahan bisa ditempuh dengan dua cara. Yaitu, dengan ekstilasi, dimana biota laut diolah dengan cara dilarutkan dalam solven atau pelarut. Pelarut bisa berupa etanol, alkohol atau benzena.

Cara kedua lewat langkah destilasi. "Atau orang biasa menyebutnya cara penyulingan. Relatif lebih murah dari langkah yang pertama. Karena dengan sistem pemanasan, akan dipisahkan menjadi bahan bakar padat, cair dan gas," terangnya lagi..

Bahan bakar gas yang dimaksut LPG biasa dipakai untuk keperluan masak. Sedang yang cair bisa berupa minyak tanah, solar dan bensin. Dan dari hasil penyulingan itu, akan dihasilkan pirolosis atau termal craking. Itupun masih harus dipisahkan lagi antara bensin, solar, dan minyak tanah. Dan bensin yang dihasilkan mengandung oktan antara 86-94 atau hampir setara Pertamax.

Juga akan terasa agak wangi karena kandungan alkoholnya tinggi. "Dan tidak menutup kemungkinan bahwa temuan Adji ini merupakan loncatan yang luar biasa dan harus digandeng oleh pemerintah selaku pihak yang sangat berkompeten," tutupnya penuh harap.

HASIL UJI COBA MOTOR PLUS
1. Warna bensin kuning seperti Premium pada umumnya
2. Saat dicium, bau bensin memang rada lebih wangi. Kata Dr. Supranto karena masih mengandung alkohol. 3. Diuji di Yamaha Mio, bahan bakar yang sebelumnya ada di tangki dan karburator tentu dikuras.
4. Kemudian dituangkan bensin dari biota laut ini sebanyak setengah liter untuk dicoba.
5. Motor distandar tengah, mesin dinyalakan beberapa saat. Memainkan putaran mesin dan digas sampai mentok. 6. Motor dijalankan mulai dari Jl. Kaliurang, Km 6,5 menuju Kaliurang yang kontur jalannya semakin naik. Mulai dari jalan pelan dan stabil antara 30-40 km/jam.
7. Dicoba kecepatan tinggi setelah memasuki wilayah Pakem Km 15, jalan mulai naik dan turun. Pada kecepatan tinggi mesin juga tidak menimbulkan gejala mbrebet. Dan begitu sampai Kaliurang, bensin habis dan tidak mengalami hambatan.

diambil dari Motorplus http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=12003
Is not what we ride but how we ride it!

noeg

Quote from: romy_tx link=topic=116. msg425#msg425 date=1123950814
coba buka busa saringan udara yg terletak didepan karbu. . dijamin irit dan akselerasi bertambah. . cobain aja. . karna gw sndiri jg dah nyoba. .  -_-


Mohon maaf sebelumnya,

Menurut saya cara ini kurang bijak, meskipun yang dilepas hanya filternya (busa - menurut anda), tetap saja berpotensi debu dan partikel lain yang berukuran lebih besar dari pori busa ikut masuk ke dalam karbu.

Untuk jangka pendek memang akan lebih "irit".  Saya beri tanda petik karena suplai udara lebih lancar, maka pengkabutan juga lebih maksimal.  Dan efek lainnya adalah tenaga bertambah.

Namun untuk jangka panjang, partikel-2 yang masuk tadi akan membuat lubang-lubang pada karburator yanag berukuran kecil-2 aus atau tersumbat.  Lama kelamaan akan mengakibatkan putaran idle yang tidak rata (engine stall).

PiaL

biar gimana2 kayaknya masih lebih baik kalo busanya tetep dipasang deh
nggak mungkin kan yang design ngasih busa kalo nggak ada gunanya, pastinya semuanya udah diperhitungkan sebelum motor dilepas ke pasaran :ph34r:


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

Kang Nunu a.k.a Sphere

Atau mending di ganti busanya, kalo ga salah di bonjer ada yang jual busa tapi kerapatannya lebih rendah dengan kemampuan penyaringan yang sama.
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

m0k0_ginta

Lepas busa sah2 saja bahkan sampai lepas filter juga ngga apa2, motor balap rata2 malah ngga pakai filter... karena pasokan angin ngga bisa lepas... lepas filter juga bikin motor jadi responsif.

repotnya kalau hujan pasti kemasukan air.... dan yang pasti harus lebih sering bersihkan karbu dan kepala cilinder....
kalau mau aman ya main standard aja... kalau buat harian dan sering putar2 kota dan bukan buat kebut2an pasang aja... gimanapun pakai filter dan busa lebih awet.. :ph34r: :ph34r:
Is not what we ride but how we ride it!

Cupliz

tergantung penggunaan kaleee...

mau pake apa??drag, Road, semi, harian???se extrem apa modikasi untuk tujuan tertentu selalu ada sisi negatif walaupun hanya sedikit...menurut saya sih mending klo takut rusak jng dimodif, pilihan ke 2 tunggu rusak baru dimodif^^,
No Body See the Trouble I See, No Body Know My Sorrow.

wakijoey

saran :
tetep standar aja cukup maen di stelan klep aja plus stel ulang karburator  :ph34r:
klo mw model lepas saringan dan apalah yg mendongkrak performa lebih baik jangan, coz bikin boros (contoh motor saia g pake filter dan saringan hanya pake karet filter aja-->boros bro  :angry: )
oke bro ?  -_-

Let's Make Thing Better... :laugh:
" No Feel Like This "

m0k0_ginta

Pakai filter TDR denger2 mantep Bro...
Is not what we ride but how we ride it!

wakijoey

Quote from: m0k0_ginta on April 30, 2008, 10:02:12 am
Pakai filter TDR denger2 mantep Bro...


wow filter TDR..? emm Bro Moko pake ya ?
klo pake kira2 pengaruh utamanya dimn ya bro ?
trus Harganya berapa ya bro?
Thanks berat bro buat sarannya...
Keep The Fight Bro
" No Feel Like This "

m0k0_ginta

Belum bro... masih denger2 aja kok.... besok baru mau beli.... makanya tanggal 1 mau ke Andoyo...
Is not what we ride but how we ride it!

wakijoey

Quote from: m0k0_ginta on April 30, 2008, 07:55:43 pm
Belum bro... masih denger2 aja kok.... besok baru mau beli.... makanya tanggal 1 mau ke Andoyo...


wes tanggal 1 sdh beli filter TDR-nya Bro? berapa harganya, ngaruh bgt g?
Thanks infonya bro
" No Feel Like This "

PiaL

besok kali bro belinya, sekarang kan tanggal merah, mustinya andoyo tutup kan  ;D


:ph34r: drive safely everyone :ph34r: