Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: 1 [2] 3   Go Down

Author Topic: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone  (Read 29011 times)

SUTANA

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 82
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #20 on: May 29, 2008, 03:50:58 PM »

nimbrung ach...... bro Biker zone, apa lekukan leher knalpot bisa pengaruh trhadap speed
n akselerasi motor?  :idiot2: optimalnya gimana? :smitten:
  
Logged
Gas full....dapur ngebul.....

Biker Zone

  • Supir Pribadi
  • ****
  • Reputation: 12
  • Offline Offline
  • Posts: 630
    • http://www.bikerzone.web.id
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #21 on: May 29, 2008, 04:40:01 PM »

Logged

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #22 on: May 29, 2008, 04:48:08 PM »

kalo besar kecilnya mulut knalpot ada pengaruhnya ke performa nggak bro ?
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

Biker Zone

  • Supir Pribadi
  • ****
  • Reputation: 12
  • Offline Offline
  • Posts: 630
    • http://www.bikerzone.web.id
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #23 on: May 29, 2008, 05:04:32 PM »

kalo besar kecilnya mulut knalpot ada pengaruhnya ke performa nggak bro ?
Ada dong bro..
kalo kebesaran kan ga padet /ngempos makanya harus di hitung volume piston terhadap leher
Logged

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #24 on: May 29, 2008, 05:07:13 PM »

oo, ya ya ya
kalo seandainya mulutnya ditambah ?
misal dijadi'in dua gitu, selama hitungannya pas, tetep bisa optimal kan ?
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

Biker Zone

  • Supir Pribadi
  • ****
  • Reputation: 12
  • Offline Offline
  • Posts: 630
    • http://www.bikerzone.web.id
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #25 on: May 29, 2008, 05:19:24 PM »

oo, ya ya ya
kalo seandainya mulutnya ditambah ?
misal dijadi'in dua gitu, selama hitungannya pas, tetep bisa optimal kan ?
Bisa bro tapi itu masalah nya menghitung atau membuat pada saat leher pisah jadi 2 ,sudut harus sama,artinya aliran nya harus sama ke dua nya jangan sampai yang 1 lekukan beda sehingga jadi lebih ngalir yang sebelah gitu bro....
Logged

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #26 on: May 29, 2008, 08:36:16 PM »

hehehe, biar lebih gampang, mungkin yang satu dummy aja kali ya  :P
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

motoro

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 5
  • Offline Offline
  • Posts: 179
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #27 on: September 25, 2008, 04:16:39 PM »

om BZ mau nanya dong.. klo buat motor matic itu bagusan yg berjenis chamber,atau free flow ya ..?
thank u... :)
Logged

ORD

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: -1
  • Offline Offline
  • Posts: 198
  • http://www.youtube.com/user/ORDengineering
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #28 on: October 26, 2008, 02:16:39 AM »

bro Tovi, thanks for share...
ane dari bengkel mobil mau ikutan nimbrung, ane baru belajar maen matic moga2 bisa dapet ilmu lagi di sini... :shakehand:


introduce dulu dikti :)
ORDengineering juga merupakan produsen exhaust system (baru di mobil2 drag aja), benar yang bro tovi bilang mengenai bilangan reynold tersebut ane juga belajar waktu di teknik mesin, kita harus mengelilinir semaksimum mungkin gejalan turbulen dalam aliran udara yang masuk maupun keluar dari mesin...

selain itu, untuk panjang dan diameter pipa pun sangat mempengaruhi powerband characteristic dari mesin 4 tak (disini ane cuma bicara 4 tak, 2 tak kaga ngarti :D :D ).

nah pertama kita bicara header atau lebih di kenal dengan "leher" dalam dunia motor.
diameter pipa leher mempengaruhi angka kecepatan udara yang akan keluar dari mesin.. kecepatan udara ideal untuk menghasilkan peak power (horspower) ada pada 300ft/sec...
jadi kita harus hitung diameter pipa kita mau pake berapa agar di sesuaikan dengan karakteristik mesin kita, parameter yang paling mempengaruhi diameter ialah CC dan RPM untuk Peak Power yang di inginkan.
dari rumus simple yang di sederhanakan oleh para engineer terdahulu seperti "Graham Bell" "Smockey Yunick" "Jim McFarland" etc2... kita dapat menghitung diameter pipa yang diinginkan dengan mengetahui RPM peak power yang kita incar dan juga dengan mengetahui CC dari mesin tersebut...
saya pun menyederhanakan rumus tersebut dalam Thesis saya agar lebih aplikatif oleh teknisi2 seperti saya yang sering membuat 4-5 header pesanan pembalap2 mobil dalam 1 minggu

(saya bisa kirim email untuk rumusnya, atau thesis saya juga bisa di send via email)

Nah, untuk panjang pipa header / leher, di hitung jarak dari pembuangan di mulut cylinder head sampai dengan silencer (atau juga kolektor bagi mesin 2 silinder atau lebih).. Penentuan panjang ini pun di tentukan oleh RPM peak power untuk powerband yang kita inginkan, dan juga oleh Durasi Exhaust valve (derajat bukaan katup buang)...

(saya bisa kirim email untuk rumusnya, atau thesis saya juga bisa di send via email)

Nah bila kedua hal tersebut (diameter dan panjang) perhitungannya digabungkan secara akurat sesuai kebutuhan mesin, maka akan menghasilkan performa yang optimum dan maksimal untuk sistem pembuangan mesin tersebut.

Hasil nyata yang saya alami ialah, header ORD Engineering yang buatan lokal di bawah 1jt rupiah sanggup mengalahkan header2 Import berharga 4-12juta rupiah untuk mesin2 Honda balap di indonesia pada beberapa tim pemegang juara nasional dari 2001 sampai dengan sekarang..

Begitu juga yang dilakukan oleh para teknisi2 Senior dalam dunia motorcycle di indonesia salah satunya ya bro Biker Zone ini :)

Bila peminat di thread exhaust ini banyak, ane bakal seneng banget sharing sama pentolan Matic Indonesia "Bikerzone" tentang exhaust. Bagi2 ilmu ya bro ke ane, ane newbie dalam dunia motorcycle...

Salam kenal bro Tovi :shakehand:

odie

ORDengineering
Logged
"ORDengineering"
We Built - We Win - We Dominate !!

1. Fastest Honda SOHC All Motor in ASIA, 13.102 Sec
2. BIGGEST HORSEPOWER Honda DOHC VTEC All Motor in South East Asia, 366 Hp [at] 8500rpm
3. Fastest Honda All Motor in Indonesia -
12.342sec

Video website : liat di bawah avatar gw web-n

ORD

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: -1
  • Offline Offline
  • Posts: 198
  • http://www.youtube.com/user/ORDengineering
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #29 on: October 26, 2008, 02:20:35 AM »

wah iya nih, untuk tekukan pasti teknisi motor jauh lebih advance knowledge nya dari teknisi mobil,
lanjuttttttt bro ......... ane ikut nyimak
Logged
"ORDengineering"
We Built - We Win - We Dominate !!

1. Fastest Honda SOHC All Motor in ASIA, 13.102 Sec
2. BIGGEST HORSEPOWER Honda DOHC VTEC All Motor in South East Asia, 366 Hp [at] 8500rpm
3. Fastest Honda All Motor in Indonesia -
12.342sec

Video website : liat di bawah avatar gw web-n

ORD

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: -1
  • Offline Offline
  • Posts: 198
  • http://www.youtube.com/user/ORDengineering
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #30 on: October 27, 2008, 03:15:21 AM »

 Bro Tovi

boleh konsultasi?
mau nanya, dimana bengkel knalpot motor yang bisa bikin knalpot custom sesuai request kita untuk panjang dan diameter, termasuk muffler/silencer... pake bahan stainless, tp untuk wilayah jakarta, khususnya jakarta timur.. atau bikerzone bisa membantu?

mahal ga masalah, asal kooperatif dan rapi kerjaannya, tai/kotoran sisa las ga masuk2 ke dalam pipa..

qt perlu bengkel yang kooperatif soalnya kita bakal bikin yang agak ribet, seperti menggunakan "anti reversion chamber" yang biasa di gunakan pada mobil2 drag race seperti produk "hytech exhaust USA". hxxp://w3.hytechexhaust.c0m/ hxxp://w3.hytechexhaust.c0m/

fitur anti reversion chamber tersebut kita baru buat dan test untuk mio 246cc kita yang kemarin turun perdana di event drag bike dan kita bikin exhaust system tersebut di tukang las buat pagar, mereka tidak bisa dia minta untuk produksi masal.
jadi fitur tersebut bukanlah hal yang sulit untuk dibuat, asal bengkel knalpotnya mau di ajak 'ribet' sedikit.

bila pengerjaan bagus dan kooperatif, kami berencana akan membuat kontrak kerjasama untuk produksi massal pada 2009 nanti.

salam, terimakasih...

nb : mohon maaf bila request agak asing dan nyeleneh, karena kami baru dalam hal dunia motorcycle.
Logged
"ORDengineering"
We Built - We Win - We Dominate !!

1. Fastest Honda SOHC All Motor in ASIA, 13.102 Sec
2. BIGGEST HORSEPOWER Honda DOHC VTEC All Motor in South East Asia, 366 Hp [at] 8500rpm
3. Fastest Honda All Motor in Indonesia -
12.342sec

Video website : liat di bawah avatar gw web-n

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #31 on: October 27, 2008, 01:20:05 PM »

Halah! Gw telat... Keburu beli knalpot racing2an, baru baca thread ini... Knalpot gw sama ajah ama yang lama cuma beda di suara ajah ngebass... Takutnya lagi dijalan ditilang nehhh ama polisi gara2 ribut. Benar ga sich?
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #32 on: October 27, 2008, 04:27:55 PM »

ngebass tu maksudnya besar dan berat kang ?
ato keras kayak knalpot2 racing itu yang suaranya nada tinggi itu ?
kalo besar dan berat harusnya nggak ditilang kang, kan suaranya nggak keras tuh  :ph34r:

mau donk knalpot ngebass nya, merknya apa ya ?  ;D
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #33 on: October 28, 2008, 08:48:02 AM »

Gw beli merk Yoshimura, harganya 450 rebu. Kayanya kemahalan dech harusnya 400 rebu. Gara2 tergoda...

ngebass tu maksudnya besar dan berat kang ?
ato keras kayak knalpot2 racing itu yang suaranya nada tinggi itu ?
kalo besar dan berat harusnya nggak ditilang kang, kan suaranya nggak keras tuh  :ph34r:

mau donk knalpot ngebass nya, merknya apa ya ?  ;D
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

Biker Zone

  • Supir Pribadi
  • ****
  • Reputation: 12
  • Offline Offline
  • Posts: 630
    • http://www.bikerzone.web.id
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #34 on: October 29, 2008, 11:54:37 AM »

Bro Tovi

boleh konsultasi?
mau nanya, dimana bengkel knalpot motor yang bisa bikin knalpot custom sesuai request kita untuk panjang dan diameter, termasuk muffler/silencer... pake bahan stainless, tp untuk wilayah jakarta, khususnya jakarta timur.. atau bikerzone bisa membantu?

mahal ga masalah, asal kooperatif dan rapi kerjaannya, tai/kotoran sisa las ga masuk2 ke dalam pipa..

qt perlu bengkel yang kooperatif soalnya kita bakal bikin yang agak ribet, seperti menggunakan "anti reversion chamber" yang biasa di gunakan pada mobil2 drag race seperti produk "hytech exhaust USA". hxxp://w3.hytechexhaust.c0m/ hxxp://w3.hytechexhaust.c0m/

fitur anti reversion chamber tersebut kita baru buat dan test untuk mio 246cc kita yang kemarin turun perdana di event drag bike dan kita bikin exhaust system tersebut di tukang las buat pagar, mereka tidak bisa dia minta untuk produksi masal.
jadi fitur tersebut bukanlah hal yang sulit untuk dibuat, asal bengkel knalpotnya mau di ajak 'ribet' sedikit.

bila pengerjaan bagus dan kooperatif, kami berencana akan membuat kontrak kerjasama untuk produksi massal pada 2009 nanti.

salam, terimakasih...

nb : mohon maaf bila request agak asing dan nyeleneh, karena kami baru dalam hal dunia motorcycle.
Bro Odie (ORD)
terima kasih atas share nya dan salam kenal juga ya
Saya sebagai pelaku oprak oprek matic sangat suka riset..
Dan BZ ada factory(factory istilah keren tapi sebenarnya work shop lah gitu,tapi kita terus invest utk mesin2 penunjang massproduction) di Cikarang dan saat ini kita memproduksi beberapa part racing nya BZ (produksi dalam negri nih)
Terus utk pembuatan bro Odie itu ada design gambarnya ga? kalo ga ada gambar teknisnya maka hasil tidak bisa presisi
tapi kita bisa bantu gambar lalu produksi....memang nanti kita ngobrol2 dulu deh sebab loading kita juga agak penuh ,karena kita juga produksi utk OEM nya 2 merek motor yg ada dipasar
Terima kasih,semoga ini awal kebangkitan mengalahkan produk2 racing tipuan (yg katanya thailand tapi ga ada hasilnya)
Logged

ORD

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: -1
  • Offline Offline
  • Posts: 198
  • http://www.youtube.com/user/ORDengineering
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #35 on: October 29, 2008, 04:52:40 PM »

wah saya senang sekali bila berhubungan dengan orang yang memang doyan riset...
jadi bukan semata profit motif, tapi memang seorang 'gearhead' / research freak sejati  :smitten:

kalau gambar teknis orat oret prespektif sih ada bro tovi,
tapi kalau desain cad cam, saya belum ada waktu buat bikinnya, tapi kurang lebih gambar teknis prespektifnya sudah mencukupi dan mudah dimengerti koq..

di fabrikasi biker zone minimum loading untuk per desain berapa pcs bro?

iya, saya sangat sedih dengan banyak produk yang mengatasnamakan thailand padahal produksi lokal, dan mereka tidak membuat knalpot yang di sesuaikan dengan spesifikasi mesin, sering orang beli knalpot untuk 250cc tapi dipasang pada mesin 150cc...
kasian customer...

wah luar biasa memang research and development dalam dunia motorcycle, sampai2 bikerzone juga memproduksi parts OEM motor ATPM...
 :ph34r: Salut buat biker zone..!!!


oh ya, no telp bro tovi berapa?
Logged
"ORDengineering"
We Built - We Win - We Dominate !!

1. Fastest Honda SOHC All Motor in ASIA, 13.102 Sec
2. BIGGEST HORSEPOWER Honda DOHC VTEC All Motor in South East Asia, 366 Hp [at] 8500rpm
3. Fastest Honda All Motor in Indonesia -
12.342sec

Video website : liat di bawah avatar gw web-n

Biker Zone

  • Supir Pribadi
  • ****
  • Reputation: 12
  • Offline Offline
  • Posts: 630
    • http://www.bikerzone.web.id
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #36 on: October 30, 2008, 05:12:57 PM »

Bro Odie Terima kasih...waduuh jadi tersanjung...ga lah
begini lu kan juga bikin (riset sendiri)
neh gw pingin lo dibikin batlle matic ,hasil bikinan gw sama bikinan (glondongan build up Thailand)
Gw berani di adu .....
gw bisa di hubungi di 021 708 50 50 5
Bikin drag race sendiri yuk bro 402m ....gw pingin ngilangin drag palsu nih (201m) aneh motor kaga kenceng,kencengan motor liar
he...he...
Logged

ORD

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: -1
  • Offline Offline
  • Posts: 198
  • http://www.youtube.com/user/ORDengineering
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #37 on: November 01, 2008, 12:57:12 AM »

Bro Odie Terima kasih...waduuh jadi tersanjung...ga lah
begini lu kan juga bikin (riset sendiri)
neh gw pingin lo dibikin batlle matic ,hasil bikinan gw sama bikinan (glondongan build up Thailand)
Gw berani di adu .....
gw bisa di hubungi di 021 708 50 50 5
Bikin drag race sendiri yuk bro 402m ....gw pingin ngilangin drag palsu nih (201m) aneh motor kaga kenceng,kencengan motor liar
he...he...


batle matic adu apa nih bro?
bro tovi biasa benchmark hasil knalpot pake dynotest atau test di track?

wah... bikin event sendiri maksud nya? belom nyanggup dana bro.. dulu ane tahun 2000 pernah bikin event drag sih, tp ga balik modal ga da sponsor..

emang bener, 201 tuh drag banci.. masa udah dapat trek di sentul drag mio masih di jatahin setengah lapangan doank (201)..

apa qt ajuin opsi ke panitia (buat voting)?
Logged
"ORDengineering"
We Built - We Win - We Dominate !!

1. Fastest Honda SOHC All Motor in ASIA, 13.102 Sec
2. BIGGEST HORSEPOWER Honda DOHC VTEC All Motor in South East Asia, 366 Hp [at] 8500rpm
3. Fastest Honda All Motor in Indonesia -
12.342sec

Video website : liat di bawah avatar gw web-n

Biker Zone

  • Supir Pribadi
  • ****
  • Reputation: 12
  • Offline Offline
  • Posts: 630
    • http://www.bikerzone.web.id
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #38 on: November 03, 2008, 11:24:02 AM »

batle matic adu apa nih bro?
bro tovi biasa benchmark hasil knalpot pake dynotest atau test di track?

wah... bikin event sendiri maksud nya? belom nyanggup dana bro.. dulu ane tahun 2000 pernah bikin event drag sih, tp ga balik modal ga da sponsor..


emang bener, 201 tuh drag banci.. masa udah dapat trek di sentul drag mio masih di jatahin setengah lapangan doank (201)..

apa qt ajuin opsi ke panitia (buat voting)?
Ga usah tergantung sponsor bro...kita2 aja dulu
gua serius neh mo bikin drag sendiri aja kelas utamanya matic track 402m
Dana udah di hitung kalo sama mobil perlu 305jt kalo motor doang sih jauh lebih murah bro....215jt an
Si Abban (Erwin juga mau tuh)
bikin 2 kelas 402m sama 600m (yang 600m,jadinya anak2 liar bisa ikut ga usah rubah jadi motor drag...he...he... ide gila sih
Logged

cking

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 10
  • Offline Offline
  • Posts: 492
  • SOC -skywave owner club-
Re: Bahasan Khusus Tentang Knalpot dari Biker Zone
« Reply #39 on: November 03, 2008, 02:39:27 PM »

Ga usah tergantung sponsor bro...kita2 aja dulu
gua serius neh mo bikin drag sendiri aja kelas utamanya matic track 402m
Dana udah di hitung kalo sama mobil perlu 305jt kalo motor doang sih jauh lebih murah bro....215jt an
Si Abban (Erwin juga mau tuh)
bikin 2 kelas 402m sama 600m (yang 600m,jadinya anak2 liar bisa ikut ga usah rubah jadi motor drag...he...he... ide gila sih

GW setuju nich,,even2 yg kayak gini nich yg bakalan mengexsistkan dunia matic...maju terus...
gw siap bantu kok ( jng duit yah ) eheheh...
Logged
Speed Not Everyting
Money Not Everyting
Sex is number one
Pages: 1 [2] 3   Go Up