Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Baru belajar bawa mobil  (Read 18824 times)

taruna265

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 14
Baru belajar bawa mobil
« on: May 22, 2008, 03:40:02 PM »

Saya baru belajar membawa mobil jadi belum paham cara-cara membawa mobil yang benar seperti cara memindahkan kopleng, berhenti di pendakian dan hal lainnya yang berhubungan dengan cara membawanya.

Diforum ini pas gak yach saya tanya2..?

Ada yang punya trik2 untuk membawa kendaraan gak ? bagi dong

Terima kasih
  
Logged

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Baru belajar bawa mobil
« Reply #1 on: May 22, 2008, 03:49:31 PM »

Tips pertama, pas mau belok kalo bisa mundurkan gigi dulu jauh sebelumnya. Soalnya kebanyakan pemula mo belok pake rem dan ganti giginya pas udah lewat belokan...

Tips kedua, selalu rajin lihat kaca spion kiri-kanan clingukan, walaupun ngga belok, apalagi mau belok atau ganti jalur...

Ada yang lain tambahin yah...
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

taruna265

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 14
Re: Baru belajar bawa mobil
« Reply #2 on: May 22, 2008, 04:31:56 PM »

Quote
Tips pertama, pas mau belok kalo bisa mundurkan gigi dulu jauh sebelumnya. Soalnya kebanyakan pemula mo belok pake rem dan ganti giginya pas udah lewat belokan...

Saat mau belok kan mesti di rem, apakah koplengnya diinjak penuh baru injak rem atau injak rem sedikit, jika udah mulai pelan baru injak kopleng, benarnya yang mana ? sebab kata teman yang pernah saya ajak jalan, kalau mau belok saya suka injak kopleng dulu baru injak rem, hal ini saya lakukan guna menghindari mesin mati mendadak seperti kita mau berhenti waktu lagi menggunakan gigi 1

Terima kasih
Logged

taruna265

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 14
Re: Baru belajar bawa mobil
« Reply #3 on: May 22, 2008, 04:35:16 PM »

Quote
Tips kedua, selalu rajin lihat kaca spion kiri-kanan clingukan, walaupun ngga belok, apalagi mau belok atau ganti jalur...

Kaca spion nya diarahkan kemana ? apakah kesudut belakang mobil atau ke bagian sisi mobil ? sebab saya pernah waktu mau belok kanan jadi bingung (kebetulan ada pembatas jalan) kok gak kelihatan bagian bawahnya apakah sisi ban kita mengenai sisi pembatas jalan atau belum, tahu-tahu mobil saya udah naikin tuh pembatas jalan  ;D
Logged

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Baru belajar bawa mobil
« Reply #4 on: May 22, 2008, 04:56:00 PM »

Harusnya injak rem dulu, biasakan injak kopling kalo kendaraan mau berhenti. Sebenarnya ini harus banyak latihan.

Jadi pertama harus injak rem, kalo sudah terbiasa kita bisa merasakan apakah kecepatan cukup untuk belok, kemudian turun kan gigi, turunkan gigi juga harus memperkirakan apakah kecepatan cukup untuk menurunkan gigi. Biasanya kalo pemula kan waktu turun gigi sembarang ajah, jalan jadi ndut2an... (halah apaan sich ndut2 an... :P ). Maksudnya kalo mau turunin gigi juga diperkirakan apakah kecepatan sudah berkurang sehingga gigi bisa diturunkan. Kalo memang sudah pelan dan posisi gigi sudah paling rendah, ga usah diturunkan lagi.

Jadi teman Anda benar, injak rem dulu sampai kecepatan turun, cukup untuk belok, diikuti dengan menurunkan gigi kalo perlu. Ga usah injek kopling sampai habis, malah kalo perlu ga injek sama sekali. Itulah gunanya menurunkan gigi, supaya mesin ga mati... Kalo berasa mesin mau mati baru injek kopling...

Yang kaya begini perlu latihan bro, rajin2 ajah keliling bawa mobilnya, ntar juga biasa...

Saat mau belok kan mesti di rem, apakah koplengnya diinjak penuh baru injak rem atau injak rem sedikit, jika udah mulai pelan baru injak kopleng, benarnya yang mana ? sebab kata teman yang pernah saya ajak jalan, kalau mau belok saya suka injak kopleng dulu baru injak rem, hal ini saya lakukan guna menghindari mesin mati mendadak seperti kita mau berhenti waktu lagi menggunakan gigi 1

Terima kasih

Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Baru belajar bawa mobil
« Reply #5 on: May 22, 2008, 04:58:49 PM »

Kalo ke bagian belakang sich ga perlu yah menurutku, soalnya maksud spion kan untuk lihat samping... bukan belakang... Baiknya sich ke sisi mobil, supaya jangkauan lebih luas, terutama kalo ada motor yang nyalip. Trus agak kebawah dikit gpp supaya trotoar kelihatan...

Kaca spion nya diarahkan kemana ? apakah kesudut belakang mobil atau ke bagian sisi mobil ? sebab saya pernah waktu mau belok kanan jadi bingung (kebetulan ada pembatas jalan) kok gak kelihatan bagian bawahnya apakah sisi ban kita mengenai sisi pembatas jalan atau belum, tahu-tahu mobil saya udah naikin tuh pembatas jalan  ;D
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Baru belajar bawa mobil
« Reply #6 on: May 22, 2008, 05:11:59 PM »

nambahin soal spion
kalo aku pribadi, spion kanan melihat ke samping tapi bagian sisi mobil masih terlihat sedikit (berguna kalo parkir mundur)
spion tengah, aku tambahin spion yang kacanya panjang, jadi spion tengah bisa buat liat belakang + belakang kiri
spion kiri sama dengan spion kanan, lihat samping tapi bagian sisi mobil masih terlihat

betul bro, rajin2 keliling2 naik mobil bro taruna, plus sementara jangan suka ganti2 mobil dulu biar hapal sama mobilnya
entar kalo udah mahir, baru ganti2 mobil nggak masalah  :ph34r:
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

taruna265

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 14
Re: Baru belajar bawa mobil
« Reply #7 on: May 23, 2008, 09:47:36 AM »

Mau tanya lagi, boleh yach ?

Jika kita lagi pada posisi gigi 3 lalu didepan ada lampu merah dan jalannya mendaki 45" apa yang mesti saya lakukan ?

Begitu juga saat di pendakian tiba-tiba didepan macet apa yang harus dilakukan sehubungan dengan kopleng, gas dan rem ?

Terima kasih dan mohon jangan bosan menjawab yach  -_-
Logged

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Baru belajar bawa mobil
« Reply #8 on: May 23, 2008, 05:09:26 PM »

Jika kita lagi pada posisi gigi 3 lalu didepan ada lampu merah dan jalannya mendaki 45" apa yang mesti saya lakukan ?

kalo depan lampu merah pastinya berenti kan  :angel:
setelah mobil berhenti, tarik tuas rem tangan (pengen lebih aman, pedal rem di injek juga nggak papa)
setelah lampu hijau, nih jalan kan  :angel:
bersamaan : kopling buka setengah, gas injek secukupnya sampe terasa mobil mo maju
kalo mobil dah terasa mo maju, tuas rem tangan turunkan pelan2

emang butuh latihan bro, kalo latian di jalan datar aja, bisa juga kalo lagi lampu merah tapi jalannya datar  :ph34r:

Begitu juga saat di pendakian tiba-tiba didepan macet apa yang harus dilakukan sehubungan dengan kopleng, gas dan rem ?

kalo situasi macet  di jalan nanjak biasanya lebih sering maenin kopling ama gas, rem hampir nggak perlu, soalnya kan mobil udah maunya mundur aja, jadi gravitasi dipake buat ngerem
maen koplingnya ya setengah ama injek gas secukupnya, kalo ini butuh kebiasaan sama mobilnya jadi tau dimana letak setengahnya kopling itu  :ph34r:
kalo bener2 bisa nginjek kopling setengah, mobil nggak akan mundur dan mesin nggak akan mati meskipun kita nggak nginjek gas sama sekali  -_-
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

taruna265

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 14
Re: Baru belajar bawa mobil
« Reply #9 on: May 29, 2008, 09:34:56 AM »

Seandainya kita lagi pada posisi gigi 3 lalu mendadak jalan mesti jalan pelan, setelah di rem apa bisa dari gigi 3 injak kopleng langsung ke gigi 1 atau ke gigi 2 dulu lalu injak kopleng lagi laku baru masuk ke gigi 1 ?
Logged

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Baru belajar bawa mobil
« Reply #10 on: May 29, 2008, 04:44:14 PM »

kalo mobil jalannya udah cukup pelan untuk masuk gigi 1, bisa kok bro dari 3 langsung ke 1
kalo mobil nggak harus urut bro (kalo manual lho ya  :P:ph34r:
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Baru belajar bawa mobil
« Reply #11 on: June 17, 2008, 09:23:57 PM »

Wah, kemaren gw bawa taruna sepupu gw. Busettt dech! Koplingnya keras, udah gitu dalem banget... Setirnya rada berat, padahal power steering. Mungkin kurang service kali... Masih mending bawa Panther gerobak punya punya pabrik tempat bokap gw kerja...
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Baru belajar bawa mobil
« Reply #12 on: June 17, 2008, 10:05:40 PM »

kurang perawatan kali kang  ;D
setir berat ? jangan2 oli power streeringnya habis tuh  :huh:
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

senoaji

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 262
  • Lakukan saja!!!!!!!
Re: Baru belajar bawa mobil
« Reply #13 on: June 20, 2008, 11:29:48 AM »

Logged

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Baru belajar bawa mobil
« Reply #14 on: June 20, 2008, 01:43:12 PM »

Wah ide bagus tuch, kasih rep satu dech...
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

senoaji

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 262
  • Lakukan saja!!!!!!!
Re: Baru belajar bawa mobil
« Reply #15 on: June 22, 2008, 09:14:11 AM »

mas rep itu apa??
Logged
Pages: [1]   Go Up