Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1] 2   Go Down

Author Topic: Motor Berbahan Bakar Minah  (Read 13378 times)

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Motor Berbahan Bakar Minah
« on: June 17, 2008, 09:44:22 AM »

Quote
Surabaya -  Siapa sangka minyak tanah (minah) bisa menjadi bahan bakar motor? Boleh percaya boleh tidak.

Tetapi Heru Suwandhi (50) sudah membuktikannya sendiri. Bahkan tak terasa dia sudah memanfaatkan minyak tanah sebagai sumber energi motornya selama 24 tahun.

"Tidak mogok. Mesin juga masih bagus," kata Heru saat ditemui detiksurabaya.com di sebuah warung di kawasan Gubeng, Surabaya, Selasa (17/6/2008).

Pertama kali, pria yang menjabat sebagai staf di Dinas Pendidikan Jatim ini menggeber sepeda motornya Surabaya-Malang tahun 1984. Perjalanan itu memakan lima liter minah. Sayangnya, pulang dari Malang sepeda motor itu rusak berat.

Heru pun tak putus asa. Pria yang tinggal di Sukodono Sidoarjo ini kemudian mencoba menyempurnakan eksperimennya. Mesin motornya pun diutak-atik.

Hasilnya mencapai kesempurnaan tahun 2000an. Sepeda motor Yamaha Zigma miliknya praktis berbahan bakar minah.

"Konsumsi bahan bakarnya cukup lumayan irit. Bisa 50-60 kilometer perliter. Sampai detik ini motor saya ini pakai minyak tanah lo," tambahnya dengan tersenyum.

Sebelum memermak mesin Yamaha Zigma-nya, Heru pada kali pertama menguji bahan bakar minah untuk sepeda motor Yamaha Deluxe keluaran Tahun 1974.

Sumber: detiksurabaya.com
  
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #1 on: June 17, 2008, 03:37:41 PM »

minyak tanah kan sekarang juga susah, jadi sama aja donk  :huh:
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #2 on: June 17, 2008, 03:39:31 PM »

Pake minyak kayu putih sajah...
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #3 on: June 17, 2008, 10:14:07 PM »

dijamin bebas kembung  :2funny:
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

Cupliz

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 3
  • Offline Offline
  • Posts: 221
  • Come to Me, and Feel My Strength!!~!
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #4 on: June 18, 2008, 04:33:36 PM »

pake minyak tawon aja banyak di apotek...
Logged
No Body See the Trouble I See, No Body Know My Sorrow.

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #5 on: June 18, 2008, 10:06:33 PM »

wah, lama2 minyak jelantah pun jadi bahan bakar nih  ;D
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

SUTANA

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 82
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #6 on: June 19, 2008, 12:41:57 AM »

Kalo minah bukannya udah sering buat bahan bakar diesel sprti yg sering dipke nelayan...
untuk motor?... saluuuuuut :ph34r: aq jg prnh eksperimen pk spirtus hasilnya .........
njebluk.... alias overheat piston lngsg ngancing :2funny:
Logged
Gas full....dapur ngebul.....

senoaji

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 262
  • Lakukan saja!!!!!!!
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #7 on: June 19, 2008, 12:44:14 PM »

bagaimana cara kerjanya?? siapa tahu katie bisa diajak minum minum minah sampaimabok:)
Logged

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #8 on: June 19, 2008, 05:10:44 PM »

entar katie mogok ditengah hutan lagi lho  ;D
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

SUTANA

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 82
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #9 on: June 20, 2008, 12:34:58 AM »

Katie apaan kang.... :idiot2:
Logged
Gas full....dapur ngebul.....

senoaji

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 262
  • Lakukan saja!!!!!!!
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #10 on: June 20, 2008, 09:16:44 AM »

ini katie-ku sayang...  :smitten:
Logged

wakijoey

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 6
  • Offline Offline
  • Posts: 343
  • " More Than You Can Feel "
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #11 on: June 20, 2008, 07:40:50 PM »

Kalo minah bukannya udah sering buat bahan bakar diesel sprti yg sering dipke nelayan...
untuk motor?... saluuuuuut :ph34r: aq jg prnh eksperimen pk spirtus hasilnya .........
njebluk.... alias overheat piston lngsg ngancing :2funny:

waduh kog bisa bro emang spirtusnya murni 100%
Logged
" No Feel Like This "

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #12 on: June 20, 2008, 10:04:10 PM »

emang ada ya yang jual spiritus 100% ? :rolleyes:
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

senoaji

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 262
  • Lakukan saja!!!!!!!
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #13 on: June 22, 2008, 08:48:21 AM »

emang ga ada ya??
Logged

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #14 on: June 22, 2008, 04:26:17 PM »

nggak tau, makanya aku nanya  :P
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

Cupliz

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 3
  • Offline Offline
  • Posts: 221
  • Come to Me, and Feel My Strength!!~!
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #15 on: June 22, 2008, 04:38:46 PM »

klo buat disel rasanya minyak jelantah/minyak sayur bisa dipake disana...cuman saat ini harga produksi buat minyak sayur rasanya lebih mahal drpd beli solar..minyak dari apa ya yg murah??minyak kedelai??minyak kelapa??minyak rambut??

klo kemarin soal mesin bensin yg bisa dikembangkan katanya di luar negri ada yg pake spiritus ama ethanol...masalahnya mudah meleduk^^,

Rasanya enak pindah ke mesin disel ya??klo punya sawah isa bikin bahan bakar sendiri dah^^....
Logged
No Body See the Trouble I See, No Body Know My Sorrow.

senoaji

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 262
  • Lakukan saja!!!!!!!
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #16 on: June 23, 2008, 01:51:39 PM »

lalu bikin krisis pangan global... lapaaaar :P
Logged

Cupliz

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 3
  • Offline Offline
  • Posts: 221
  • Come to Me, and Feel My Strength!!~!
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #17 on: June 25, 2008, 09:17:59 PM »

pilih mana: krisis pangan atau krisis air??

klo air dipake bahan bakar emang limbahnya bagus??

klo nda perlu pikir 2kali kalo mau pake air sebagai bahan bakar.
Logged
No Body See the Trouble I See, No Body Know My Sorrow.

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #18 on: June 26, 2008, 04:32:38 PM »

kalo memang harus memilih, lebih baik krisis pangan  :buck2:
kalo masih ada air masih bisa bertani buat bikin pangan, kalo air udah nggak ada, nggak akan ada yang bisa hidup didunia ini
karena air adalah segalanya  ;D
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

senoaji

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 262
  • Lakukan saja!!!!!!!
Re: Motor Berbahan Bakar Minah
« Reply #19 on: June 27, 2008, 12:10:55 PM »

mending tunggu teknologi kendaraan berbahan CO :)
Logged
Pages: [1] 2   Go Up