Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Tekanan Angin Pada Ban  (Read 10554 times)

taruna265

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 14
Tekanan Angin Pada Ban
« on: June 25, 2008, 02:46:09 PM »

Ikut bertanya nih... abis udah bingung... cari2 di internet tapi gak ada rekomendasi yang pas..

Mobil aku Kijang Super tahun 1987 akhir, menggunakan ban ukuran 14 inci standard.... untuk tekanan anginnya yang pas berapa yach..? dilihat pada pintu sebelah supir tapi aku gak ada lagi tuh, apalagi buku petunjuknya... jangan ditanya.. entah kemana...

Untuk catatan : mobil ini biasa dipakai untuk ke kantor dengan jarak 15 menit perjalan dan paling hanya aku yang di mobil, paling banyak isinya 6 orang, itupun 2 orang anak-anak jadi gak terlalu berat berat lah beban mobilnya....

Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.
  
Logged

senoaji

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 262
  • Lakukan saja!!!!!!!
Re: Tekanan Angin Pada Ban
« Reply #1 on: June 26, 2008, 11:29:35 AM »

depan 26 psi, belakang 28-30psi
Logged

taruna265

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 14
Re: Tekanan Angin Pada Ban
« Reply #2 on: June 27, 2008, 08:29:10 AM »

Terima kasih sdr Senoaji  -_-

Emang yang di depan selalu lebih rendah yah tekanan anginnya.
 
Logged

senoaji

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 262
  • Lakukan saja!!!!!!!
Re: Tekanan Angin Pada Ban
« Reply #3 on: June 27, 2008, 12:03:28 PM »

biasanya begitu karena tergolong kendaraan semi niaga, bagian belakang biasanya agak lebih banyak dimuati beban ketimbang di depan.
dalam kondisi kosong bisa dikurangi tekanannya untuk cengkraman ke aspal yang lebih baik di kecepatan tinggi. konsekuensinya setir jadi lebih berat sedikit.
Logged

taruna265

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 14
Re: Tekanan Angin Pada Ban
« Reply #4 on: June 27, 2008, 02:00:07 PM »


Kebetulan jalan ke kantor ku berlobang-lobang, 2 jalur berlobang-lobang gak tahu kapan diperbaiki... apakah tekanan 26 dan 30 ini dapat diterima ?

Parah deh jalannya... kalau bisa tuh jalannya dengan gigi 3 aja....
Logged

noeg

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 262
Re: Tekanan Angin Pada Ban
« Reply #5 on: July 01, 2008, 12:51:36 PM »

Kalau pendapat saya, tekanan angin jangan terlalu rendah, memang untuk offroad, untuk mencegah slip, sering tekanan angin dikurangi, tapi untuk jalan raya, sebaiknya jangan, kalau terlalu rendah, maka dinding ban akan berayun-2. Kalau kita menggunakan ban radial yang memakai sabuk baja (steel belted radial), kawat di dalamnya rawan putus, dan ban jadi bisulan.
Rekomendasi saya ban depan belakang tekanan angin 30, mengingat mobil anda jarang membawa beban berat.

Omong-2 nggak kena 3 in 1 ????
Logged

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Tekanan Angin Pada Ban
« Reply #6 on: July 01, 2008, 10:30:42 PM »

emang 3 in 1 masih berlaku ya ?  :huh:
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

senoaji

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 262
  • Lakukan saja!!!!!!!
Re: Tekanan Angin Pada Ban
« Reply #7 on: July 02, 2008, 02:05:14 PM »

biasanya begitu karena tergolong kendaraan semi niaga, bagian belakang biasanya agak lebih banyak dimuati beban ketimbang di depan.
dalam kondisi kosong bisa dikurangi tekanannya untuk cengkraman ke aspal yang lebih baik di kecepatan tinggi. konsekuensinya setir jadi lebih berat sedikit.

maaf 28-30. tekanan ini lumayan ideal. namun kadang tiap pengemudi berbeda-beda kecenderungannya. tinggal saudara rasakan saja kira-kira yang nyaman bagaimana. menurut saya tekanan demikian cukup mumpuni untuk banstandar.
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything