Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Basic querries tentang mobil  (Read 7986 times)

ximi08

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Basic querries tentang mobil
« on: August 06, 2008, 09:43:59 AM »

Tanya basic banget tentang mobil..  :2funny:

Seharusnya gw nanya kayak ginian di forum/topik lain kali ya?.. Tapi mudah-mudahan aja gw bisa dapat pencerahan di sini, soalnya gw dah browsing kemana-mana tapi masih saja tersisa tanda tanya  :uglystupid2:.


1. Sebenarnya apa yang dilumasi oleh oli mesin itu?  :tickedoff: Apakah cuma mesin aja? Bagaimana dengan komponen-komponen mekanik di luar mesin, misalnya as roda, setir, pedal, dll.. dimana dan bagaimana sistem pelumasannya?

2. Apa sih hubungan perseneling, torsi, rpm, and kecepatan?

3. Apa gunanya gardan? Kalo gardan sering bunyi "klak" apakah itu berbahaya?  ^_^

4. Bagaimana prinsip kerja rem kanvas? Apa bedanya rem tangan dengan rem pedal? Jika saya menghentikan mobil di sebuah jalan yang mendaki/menurun dengan menggunakan rem pedal, trus pedal rem saya lepas pelan-pelan, dan mobil bergerak karena gravitasi, kadang muncul suara gesekan yang menyeramkan.. apakah itu bunyi kanvas? Bagaimana cara mengatasinya?

5. Pedal gas mobil saya agak "longgar". Dia bisa bergerak ke kiri dan ke kanan. Itu kenapa ya?  :crazy2:

6. Bagaimana komposisi persentase kaca film yang baik? Tidak panas pada saat terik, dan tidak gelap pada waktu malam. Saat ini mobil saya hanya diberi film 60% di bagian samping dan belakang, sementara kaca depan tidak pake film. Alhasil, dashboard sering kepanasan. Oiya, mobilnya Xenia Li 1000.  :smitten:

7. Itu dulu aja deh

8. Tengkyu  :knuppel2:
  
Logged

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Basic querries tentang mobil
« Reply #1 on: August 06, 2008, 12:48:26 PM »

yang pertama, welcome to the forum ximi08  :mellow:

pertanyaan bagus nih, informatif buat banyak orang yang tau tapi malu buat nanya  -_-
aku juga nggak seberapa pinter soal beginian, tapi aku coba berbagi deh, kalo ada yang keliru tolong dibenerin ya  ^_^

oli mesin
namanya juga oli mesin, logikanya pasti mesin yang dilumasi, bagian mesin yang dilumasi itu yang pasti adalah bagian yang ada pistonnya yang konstan bergerak kalo mesin itu nyala
pada dasarnya semua bagian yang bergerak dan menilbulkan gesekan itu pasti ada pelumasnya, cuma macam pelumasnya beda2
pelumasnya ditaruh di antara dua sisi yang mengalami gesekan, fungsinya untuk mengurangi gesekan tadi

hubungan perseneling, torsi, rpm dan kecepatan
wuih, bingung juga nih jelasinnya  :P
perseneling itu menentukan gear mana yang digunakan, umumnya (setauku sih) makin tinggi angka persenelingnya makin kecil ukuran gearnya, jadi 1 paling besar, 5 ato 6 paling kecil (bener ya ? nggak kebalik kan ?)
jadi makin besar gearnya makin ringan
torsi itu setauku kekuatan bekerja untuk membuat roda berputar, biasanya disebut ama istilah "tarikan"
rpm itu putaran mesin, putaran mesin optimum akan memberikan torsi terbesar
kalo kecepatan ya seberapa cepat kendaraan itu melaju

bunyi klak
kemungkinan itu karena gigi2 antara gearnya udah nggak rapat lagi, jadi waktu diputar oleh mesin gigi2 tersebut berbenturan jadi muncul bunyi itu
ya kalo dibiarkan lama2 bisa jebol

rem
prinsipnya sama sih mestinya, bedanya cuma rem pedal dioperasikan pake kaki dan rem tangan pake tangan
prinsipnya memanfaatkan energi dari gesekan 2 benda, kalo 2 benda bergerak mengalami gesekan akan berkurang kecepatannya
bunyi pada rem biasanya disebabkan karena basah, jadi bagian yang basah itu lengket sekali jadi bunyi bisa bergesekan
kalo karena basah biasanya akan hilang sendiri, kalo tidak hilang sendiri berarti ada penyebab lain

pedal gas longgar
mungkin ada bagian yang longgar bautnya, coba di cek

kaca film
kaca film sekarang banyak macamnya, dan tidak selalu hitam
sekarang sudah ada kaca film yang bening tapi tetap menahan panas, yang bening ini biasanya dipasang dikaca depan
untuk persennya menurutku bergantung dari merek nya, karena 60% merek yang satu berbeda dengan 60% merek yang lain

rasanya itu dulu, semoga membantu, maaf kalo kurang jelas dan ada keliru2nya  ^_^

yang lain tolong bantu juga ya  :ph34r:
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

noeg

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 262
Re: Basic querries tentang mobil
« Reply #2 on: August 10, 2008, 03:40:59 PM »

Pelumasan, seperti namanya berfungsi melumasi dua permukaan yang saling bergesekan terus menerus. Kalau di dalam mesin, ya piston dengan dindingnya, camshaft dengan rocker arm, crankshaft dengan bearing / metal-2 nya dll.
As roda tidak secara langsung dilumasi, karena as roda ditumpu oleh bearing di ujungnya, bearing ini yang perlu dilumasi, namun menggunakan grease.

Roda gigi juga juga dilumasi karena saling bersinggungan antar gigi-2 nya. Karena putarannya lebih rendah dari putaran mesin, namun memikul beban kerja yang lebih berat, maka oli yang digunakan berbeda dengan oli mesin. Kekentalannya biasa ditunjukkan dengan SAE 90 atau 140 dengan kode GL (Gear Lube).
« Last Edit: August 10, 2008, 03:43:49 PM by noeg »
Logged

noeg

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 262
Re: Basic querries tentang mobil
« Reply #3 on: August 10, 2008, 03:49:57 PM »

Persneling, torsi, rpm dan kecepatan.
Pada dasarnya putaran mesin akan diteruskan untuk memutar roda yang selanjutnya mengakibatkan kendaraan bergerak.
Nah kondisi jalan dan beban (muatan) menuntut kemampuan yang berbeda-beda setiap saat. Sedangkan jika putaran mesin langsung diteruskan, maka saat start, akan dibutuhkan tenaga yang sangat besar, sehingga mesin akan "sempoyongan mengusung beban tersebut".
Untuk itu dipakai persneling, yang fungsinya untuk meningkatkan torsi di roda.
Penjelasan torsi kira-2 sbb : Kalau kita melepas mur roda dengan kunci roda standar dan menggunakan kunci roda dengan stang yang diperpanjang meakai pipa, maka tenaga yang dibutuhkan untuk membuka mur roda tsb akan lebh ringan jika menggunakan kunci roda yang disambung pipa.

Sedangkan jika kendaraan sudah bergerak, maka torsi tidak lagi mutlak dibutuhkan, sehingga perbandingan gigi bisa dikecilkan dan putaran mesin juga akan turun.
Logged

noeg

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 262
Re: Basic querries tentang mobil
« Reply #4 on: August 10, 2008, 03:54:09 PM »

Gardan secara teknis disebut DIFERENTIAL.
Fungsinya untuk membedakan kecepatan putar roda bagian kanan dan kiri saat mobil berbelok. Saat mobil berbelok, maka kecepatan putar roda sebelah luar harus lebih cepat dari roda bagian dalam. Kalau gardan ini dimatikan (dengan cara dilas) maka saat berbelok, kecepatan roda kanan dan kiri akan selalu sama, dan menyebabkan mobil akan bergerak slip. Trik ini sering dipakai untuk stunt-car dalam film-2 action dimana mobil berjalan dengan 2 roda, atau dipakai untuk slalom.
Logged

noeg

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 262
Re: Basic querries tentang mobil
« Reply #5 on: August 10, 2008, 03:56:33 PM »

Kalau ada bunyi-2 an disebut "ABNORMAL NOISE" pada gardan yang sering terjadi bunyinya KLANG, KLING, biasa karena back-lash (kibasan punggung) antar gigi differential sudah diluar standard.
Logged

noeg

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 262
Re: Basic querries tentang mobil
« Reply #6 on: August 10, 2008, 04:03:45 PM »

Prinsip kerja rem adalah merubah energi gerak menjadi energi panas dengan cara menggesek dua permukaan. Biasanya permukaan yang satu dari baja, sedangkan yang lain dari asbes atau yang anda sebut kanvas, daerah lain ada yang menyebut kampas, bahkan ada yang menyebut kain.

Abnormal noise biasa timbul karena kotoran yang terjebak antara kedua permukaan tersebut, atau bahan pembuat kampas rem (BRAKE SHOE / BRAKE PAD) yang terlalu keras. Apabila dibiarkan, ada kemungkinan permukaan baja dari Tromol (DRUM) atau cakram (DISK) menjadi rusak.

Beda rem pedal dan rem tangan hanya di cara pengoperasian. Untuk rem pedal saat ini biasa digerakkan menggunakan bantuan hidrolis (minyak rem) sedangkan rem tangan biasa menggunakan kawat / kabel.

Hampir semua mobil, rem tangan hanya bekerja pada rem belakang saja.
Beberapa mobil rem tangan bekerja pada propeller shaft / As kopel, misal pada si KATANA dan truck kategori 1 dan 2.
Logged

noeg

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 262
Re: Basic querries tentang mobil
« Reply #7 on: August 10, 2008, 04:06:57 PM »

Pedal gas longgar seperti yang dijawab bro PIAL
Namun bukan menggunakan baut, melainkan as dan "spi pen"dan ada pernya (untuk mengembalikan pedal ke posisi semula). Kemungkinan kelonggaran itu normal, mengingat jarak as dengan ujung pedal cukup panjang, sekitar 20 cm. Namun jika dirasa mengganggu, coba lepas dan pada as pedal tsb diganjal menggunakan plastik mika.
Logged

noeg

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 262
Re: Basic querries tentang mobil
« Reply #8 on: August 10, 2008, 04:13:02 PM »

Untuk kaca film berdasar pengalaman.
Kalau dana tersedia banyak pilih meerk V*****, kalau malam kaca terlihat bening, tapi kalau siang / terik kaca seperti terlapis metal.

Kalau dana ngepas, pasang kaca film KTT yg murah 20 %, kemudian didobel dengan kaca film hitam (bahasa pasar = anti gores) 40 - 80 % tergantung selera, untuk kaca samping dan belakang (jika mau)
Untukl kaca depan bisa diblok pakai KTT yang 20 % tsb.

Karena kaca film KTT berwarna perak, mampu menahan panas dan bersifat memantulkan sinar matahari (sy tdk bicara sinar UV). Sedangkan jika hanya warna hitam memang akan menahan sinar matahari, namun warna hitam tidak bisa menahan panas.

makanya radiator selalu berwarna hitam (BLACK-BODY-RADIATOR)
untuk warna, coba bandingkan jika anda memakai baju warna hitam dan putih di bawah sinar matahari. Kl pakai baju hitam, maka punggung anda akan merasa seperti pakai baju habis disetrika ....
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything