Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Broken Valve  (Read 5811 times)

noeg

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 262
Broken Valve
« on: August 10, 2008, 09:27:38 PM »

Bro-2, sy ada kasus dengan motor roda 3.
Bbrp waktu yang lalu mesin jebol, setelah dibongkar, ternyata klepnya patah, kemudian patahannya masuk ke ruang bakar dan selanjutnya tahu sendiri khan ??? piston bolong, boring rompal, silinder head tercacah-cacah, dll.
Saat itu analisa sy mesin mengalami overheat akibat sistem pelumasan.

Setelah diganti, dan dicek sistem pelumasannya (oli naik, normal) baru jalan 1 minggu / 500 km, klepnya patah lagi.

Menurut bbrp teman dr lembaga pendidikan, penyebab klep patah, 1 overheat, 2 saat overlap, klep saling beradu.

Mungkin ada pencerahan dari bro-2 sekalian ???

Catatan, motor roda3 ini utk kanvasing oli, muatan rata-2 300 kg (kapasitas 500 kg) jarak tempuh per hari lebih kurang 100 km.
Oli mesin ndak usah disebutin merknya, tapi kualitas bagus.
  
Logged

Brandal

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: Broken Valve
« Reply #1 on: December 18, 2008, 12:55:05 AM »

penyebab klep patah berkali2 bisa karena usia mesin dah uzur kemungkinan dari bos klep yg udah goyang :2funny: spare clearencenya diatas 0,25mm sehingga pada rpm tertentu bisa terjadi tabrakan saat overlap karena sudah ga pas napaknya sama sitting klep :angel: ganti sitting dan bos klep beres dah..... :ph34r:
Logged

Biker Zone

  • Supir Pribadi
  • ****
  • Reputation: 12
  • Offline Offline
  • Posts: 630
    • http://www.bikerzone.web.id
Re: Broken Valve
« Reply #2 on: December 18, 2008, 10:35:35 AM »

Nambahin dikit
Selain yang bro Brandal sebutin
masih ada 2 penyebab lain
1 adjuster pada timing chain (adjuster pada rante cating) tidak berfungsi dgn baik artinya timing chain/rante cating terlalu kendor sehingga pada putaran tinggi (hi RPM) dudukan gear cam loncat ke posisi berikutnya pada timing chain sehingga klep bertabrakan
2 over turning...tapi karena motor ini motor standard saya rasa ga mungkin di gas pol pada full kecepatan di RPM mentok  (nah yg ke 2 ini kemungkinanya kecil)
semoga bermanfaat
BZ
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything