Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Teknologi Perangkat Keselamatan, Mengemudi Jadi Lebih Aman!  (Read 4001 times)

romy_tx

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 93
Teknologi Perangkat Keselamatan, Mengemudi Jadi Lebih Aman!
« on: August 21, 2005, 12:43:18 PM »

Perangkat keselamatan yang terdapat pada mobil sangat penting fungsinya bagi pengemudi dan penumpang. Disamping perangkat keselamatan yang standard ada di setiap mobil seperti rem dan sabuk pengaman, karena kemajuan tehnologi perangkat keselamatan tersebut telah dikembangkan oleh beberapa pabrikan merek mobil diantaranya :
Anti-lock Braking System (ABS)

Teknologi ini berguna untuk mencegah terjadinya efek mengunci pada perangkat rem tatkala menginjak pedal secara mendadak. Sehingga mobil terhindar dari kemungkinan selip akibat efek gaya dorong kendaraan yang menjauhi titik pusat (sentrifugal). Caranya adalah dengan sensor yang memberikan input atau kontrol, kapan roda harus berhenti dan kapan roda harus berputar. Jadi ketika kendaraan di rem, roda tidak terkunci dan pengemudi masih tetap bisa mengendalikan kendaraan tersebut.

Air Bag (kantong udara)

Adalah teknologi kantong udara untuk menahan penumpang bagian depan ketika tabrakan terjadi. Biasanya Air Bag tersimpan di lingkaran dalam roda stir dan dashboard. Teknologi Air Bag ini diklaim sebagai teknologi yang lebih canggih daripada seatbelt atau sabuk pengaman karena Air Bag bukan sekedar menahan dengan cara mengikat penumpang ke kursi tapi menjadi bantalan yang terkembang di depan wajah si penumpang tepat saat terjadi tabrakan sehingga langsung menahan benturan ke dashboard dan kaca depan.

Electronic Brake Distribution (EBD)

Yaitu system pengereman untuk menghindari terkuncinya keempat roda saat mengerem mendadak. EBD mendistribusikan secara otomatis kekuatan pengereman antara roda depan dan belakang secara elektronik sehingga pengereman di segala kondisi bisa dimaksimalkan.
  
Logged
Beware of Doggy Syle
Pages: [1]   Go Up