Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: velg + ban vs speedometer  (Read 4875 times)

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
velg + ban vs speedometer
« on: November 03, 2008, 05:22:42 PM »

namanya modifikasi nih, velg ama ban kan hampir selalu diganti nih, sedangkan speedometer kan tetep yang bawaan motor
sebenernya perubahan ukuran velg sama ban itu pengaruhnya gede nggak sih terhadap akurasi speedometer ama kilometernya
logikaku sih pasti ada pengaruhnya

ada yang bisa jelasin nggak ?
trus kalo emang berubah akurasinya, cara kalibrasinya gimana donk ?
  
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

noeg

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 262
Re: velg + ban vs speedometer
« Reply #1 on: November 06, 2008, 09:37:49 AM »

Pasti berpengaruh bro...
Secara yang diukur pada sepeda motor itu khan kecepatan sudut, sedangkan yang dibaca kecepatan linier. yang rumusnya :
Kecepatan linier = Kecepatan sudut x Jari-jari

Padahal lagi, kecepatan linier yang dibaca di speedometer kan tidak bisa kita setting.
Logged

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: velg + ban vs speedometer
« Reply #2 on: November 07, 2008, 01:56:04 PM »

berarti kalo ganti ukuran velg musti ada yang diganti juga bagian dari speedometernya ya ?
denger2 ada yang namanya gear nanas (bener nggak tuh namanya ?), yang nempel di velg sebelah kiri itu, kalo asli nya velg 18, trus gear nanas itu yang diganti punya yang aslinnya velg 17, bisa tetep akurat nggak ya ?
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

cyber_ray

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 10
Re: velg + ban vs speedometer
« Reply #3 on: November 13, 2008, 11:04:21 AM »

CMIIW.. setau saya sih speedometer tidak terpengaruh dengan ukuran ban / velg, selamaaa.... yang disebut "gir nanas" tsb tidak berubah juga, kan kita beli ban yang cocok untuk velg-nya, dan beli velg yang cocok dengan motor kita, jadi uda pasti tempat "gir nanas" tsb dipasangkan harus cocok kan. Gir nanas itu kan menghitung berdasarkan rotasi yang dilakukan oleh velg, kemudian disalurkan ke speedo, penghitungannya setau saya ya berdasarkan putaran roda yang penuh dari satu titik ke titik awal (lingkaran). Bila panjang lingkaran tersebut misalnya 1meter, maka dalam 100 kali putaran penuh sudah mencapai 100meter jarak tempuh, untuk penghitungan kecepatan yang dihasilkan dihitung dari:
Jika rodanya kecil, dari satu titik kembali ke titik awal hanya membutuhkan waktu yang singkat (dimana biasanya akselerasi akan bagus), Jika rodanya besar, dari satu titik kembali ke titik awal membutuhkan jarak dan waktu yang lebih lama. Namun perlu diketahui juga faktor dari bukaan gas dan tenaga dorong motor yang membuat roda berputar makin cepat.
apakah ada suhu2 yang bisa menambahkan atau koreksi mungkin? saya hanya maen logika saja sih
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything