Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Mendeteksi Penyakit Mesin dari Busi  (Read 14645 times)

romy_tx

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 93
Mendeteksi Penyakit Mesin dari Busi
« on: August 21, 2005, 12:52:59 PM »

Perangkat pemercik api ini ternyata bisa digunakan untuk mendeteksi kondisi mesin dengan memperhatikan warna ujung elektroda.
Bila berwarna abu-abu terang atau coklat kemerahan, Anda tenang saja karena berarti mesin berada dalam kondisi fit baik itu kondisi mesin, waktu pengapian dan setting mesin.

Bila ujung insulator, elektroda dan busi tertutup jelaga hitam serta sisa pembakaran yang halus dan kering, sebaiknya Anda segera memeriksa mekanisme cuk,saringan udara dan kalau perlu mengganti busi. Kemungkinan ada yang tidak pas dengan onderdil-onderdil itu. Kalau diabaikan maka konsumsi bahan bakar akan boros, asap berwarna hitam dan sukar start saat mesin dingin.

Warna ujung insulator yang kuning agak coklat muda dan mungkin muncul warna hijau biasanya menunjukkan kemungkinan bensin atau oli yang tercemar air atau aditif yang kurang cocok. Akibatnya, mesin loyo, lamban berakselerasi, terengah-engah dan knalpot meledak-ledak.

Jadi rajin-rajinlah membersihkan dan merawat busi. Karena busi yang terawat akan mendukung mesin bekerja dengan baik. Bersihkan busi setiap 2.500 km dan gantilah bila telah menempuh 20.000 km
  
Logged
Beware of Doggy Syle

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Mendeteksi Penyakit Mesin dari Busi
« Reply #1 on: August 22, 2005, 09:47:32 AM »

Kalo gw sich males bersihin busi, jadi setiap 4000 km gw ganti aja ama yang baru...  :ph34r:
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

romy_tx

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 93
Re: Mendeteksi Penyakit Mesin dari Busi
« Reply #2 on: August 22, 2005, 06:20:29 PM »

wah..wahh..sayang bgt...sini deh busi bekasnya kasih aku aja Bro S'phere.. ;D ;D..lumayan siapa tau masih bisa dipake jd nga perlu repot lg beli busi...hehehehe..ngomong2 motornya Bro S'phere apa ya klo boleh tau..?
Logged
Beware of Doggy Syle

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Mendeteksi Penyakit Mesin dari Busi
« Reply #3 on: August 23, 2005, 10:05:42 AM »

Iya nich, boros juga yahhh, soalnya gw males bersihin busi. Sebenarnya sich bukannya males, tapi sibuk mulu. Makanya seneng banget tuch mekanik AHASS kalo gw service.

Nanti gw kumpulin trus gw kirim ke loe dech Rom...  ;D
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

rvo100

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 33
Re: Mendeteksi Penyakit Mesin dari Busi
« Reply #4 on: December 21, 2007, 02:05:17 PM »

oyA nich w mw tanyA bUsi motor w tuCh ktU2p ma koToran gitu yg warna na hitam... w dah cba ganti busi tp mSh aj.... kLO dah gtu diaPain tuch bRo!!! :idiot2:
Logged

dragboy

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: Mendeteksi Penyakit Mesin dari Busi
« Reply #5 on: January 20, 2008, 01:40:27 AM »

Perangkat pemercik api ini ternyata bisa digunakan untuk mendeteksi kondisi mesin dengan memperhatikan warna ujung elektroda.
Bila berwarna abu-abu terang atau coklat kemerahan, Anda tenang saja karena berarti mesin berada dalam kondisi fit baik itu kondisi mesin, waktu pengapian dan setting mesin.

Bila ujung insulator, elektroda dan busi tertutup jelaga hitam serta sisa pembakaran yang halus dan kering, sebaiknya Anda segera memeriksa mekanisme cuk,saringan udara dan kalau perlu mengganti busi. Kemungkinan ada yang tidak pas dengan onderdil-onderdil itu. Kalau diabaikan maka konsumsi bahan bakar akan boros, asap berwarna hitam dan sukar start saat mesin dingin.

Warna ujung insulator yang kuning agak coklat muda dan mungkin muncul warna hijau biasanya menunjukkan kemungkinan bensin atau oli yang tercemar air atau aditif yang kurang cocok. Akibatnya, mesin loyo, lamban berakselerasi, terengah-engah dan knalpot meledak-ledak.

Jadi rajin-rajinlah membersihkan dan merawat busi. Karena busi yang terawat akan mendukung mesin bekerja dengan baik. Bersihkan busi setiap 2.500 km dan gantilah bila telah menempuh 20.000 km


Pakai ColorTune, lo bisa intip bagaimana pengapian di combustion chamber. Dari situ lo bisa analisa lebih jelas dan lebih baik.

best regards,

dragboy
Logged

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Mendeteksi Penyakit Mesin dari Busi
« Reply #6 on: January 22, 2008, 05:18:21 PM »

oyA nich w mw tanyA bUsi motor w tuCh ktU2p ma koToran gitu yg warna na hitam... w dah cba ganti busi tp mSh aj.... kLO dah gtu diaPain tuch bRo!!! :idiot2:

Biasanya saringan udaranya kotor atau bensinnya kotor... Coba test dulu pake pertamax plus... Trus lihat businya... Kalo masih kotor bisa jadi saringan udara. Motor Revonya yang injection ya bro?
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

m0k0_ginta

  • Premium Member
  • Supir Pribadi
  • *******
  • Reputation: 15
  • Offline Offline
  • Posts: 881
Re: Mendeteksi Penyakit Mesin dari Busi
« Reply #7 on: January 22, 2008, 05:33:18 PM »

Hati2 Bro sekarang banyak Busi Palsu beredar baru dipakai bentar langsung mati....
Jadi kalau punya busi mati mending dipecah aja bagian keramik atasnya....
daripada diambil dan didaur ulang sama orang ngga bertanggung jawab...
coba kalau pemalsunya yang dapet busi palsu trus habis dipakai jalan 100 meter itu busi udah koit apa ngga jengkel.... saking takutnya aku sekarang pake busi2 merek china, yang ngga jelas ternyata bisa lebih awet daripada busi2 terkenal dan sering dipakai oleh ATPM.
Logged
Is not what we ride but how we ride it!

Cupliz

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 3
  • Offline Offline
  • Posts: 221
  • Come to Me, and Feel My Strength!!~!
Re: Mendeteksi Penyakit Mesin dari Busi
« Reply #8 on: February 06, 2008, 11:32:31 PM »

"warna IJO"??hampir ga mungkin tuh,kecuali anda telah memasukan sesuatu yang tidak sewajarnya kedalam bensin/oli...

"warna ITEM" g usah takut.. kalo motor anda sudah ganti knalpot...knalpot free flow kalo g sesuai bakal membuat mekanik anda terpaksa menyetel motor anda lebih boros karena kalo suplay udara yg masuk terlalu banyak akhirnya motor anda akan meledak2^^btw kalo motor anda standart ampe warna item berarti anda "TERLALU!!!"

"warna MERAH BATA" saya rasa ini sudah baik walaupun di kursus dosen saya selalu bilang yg bagus warnanya putih...>.< trus terang motor saya g pernah businya warna putih...SUSAHHHHHHHHHHHHHH......
Logged
No Body See the Trouble I See, No Body Know My Sorrow.

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Mendeteksi Penyakit Mesin dari Busi
« Reply #9 on: February 08, 2008, 01:17:28 PM »

Mungkin kalo warnanya ijo si pengendaranya adalah si kolor ijo... Huehehehekekekekeke  ;D
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

rvo100

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 33
Re: Mendeteksi Penyakit Mesin dari Busi
« Reply #10 on: March 22, 2009, 12:23:42 PM »

kang.. mank ad y revo yg injection... :idiot2: koq bru dnger y...
Logged

r3nono

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2
Re: Mendeteksi Penyakit Mesin dari Busi
« Reply #11 on: March 28, 2009, 08:49:54 PM »

Kalo sepengetahuan gue sih itu karna setting karburator yang kurang pas..

Kepala busi hitam legam tuh tanda bila karburator anda terlalu kaya bensin, hingga bensin tidak semua terbakar habis dalam ruang pembakaran.

Kepala busi berwarna putih, kebalikannya jadi campuran udara dan bensin ga seimbang, terlalu banyak udaranya.. biasanya setting ini untuk mengejar keiritan bahan bakar.

Yang bagus dan benar adalah berwarna coklat, tu tanda campuran bensin dan udara dikarburator sudah pas, sehingga performa motor benar2 yahud :-)
Logged

upil naga

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 6
Re: Mendeteksi Penyakit Mesin dari Busi
« Reply #12 on: May 18, 2009, 04:20:17 PM »

Kalo sepengetahuan gue sih itu karna setting karburator yang kurang pas..

Kepala busi hitam legam tuh tanda bila karburator anda terlalu kaya bensin, hingga bensin tidak semua terbakar habis dalam ruang pembakaran.

Kepala busi berwarna putih, kebalikannya jadi campuran udara dan bensin ga seimbang, terlalu banyak udaranya.. biasanya setting ini untuk mengejar keiritan bahan bakar.

Yang bagus dan benar adalah berwarna coklat, tu tanda campuran bensin dan udara dikarburator sudah pas, sehingga performa motor benar2 yahud :-)

ya gua setuju ... dan gw mo nambahin kalo setingan angin dan bensin udah cocok tapi masih item aja ... bisa jadi klepnya sudah longgar (bisa di setel klep ketika motor di service atau kalo sudah parah bisa di skir lagi klepnya) ... nah memang betul settingan bensin dan udara yang cocok, akan menambah umur busi anda .. jadi gw mo bagi penglaman gw soal busi ... ciri2 busi yang bagus adalah percikan apinya tegaklurus dari ujung elektrodanya ... tapi kalo percikan apinya keluar dari sisi2 elektrodanya (*nyebar*) ... tuh busi umurnya gak akan lama lagi ... nah soal busi asli ato palsu itu ... gw punya pengalaman ... setau gw yang keluarin busi palsu itu pake nama NGK ... nah ciri busi NGK asli itu, warna elektrodanya mengkilat perak (sewarna dengan ujungnya), nah kalo NGK palsu itu elektrodanya berwarna coklat kehitaman .... nah jadi kalo sekarang2 bro2 dapet busi NGK dengan harga cuma 8000 rupiah ... gw brani taruhan itu elektrodanya warnanya hitam .... :D
Logged
kalo ada yang mau ngobrol atau diskusi ama gw ... silakan contact di YM gw ricky_mcreith[at]yahoo.c0m THX

buatlo

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 4
Re: Mendeteksi Penyakit Mesin dari Busi
« Reply #13 on: July 18, 2009, 09:31:34 AM »

gw biasa bersiin busi pake carb cleaner. . . .  tinggal semprot & di lap beres.  hehehehe
Logged

joker.21

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Re: Mendeteksi Penyakit Mesin dari Busi
« Reply #14 on: April 06, 2010, 05:21:46 PM »

bersiin busi pake bensin bagus gak ya?
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything