• Welcome to Forum Otomotif Indonesia. Please login or sign up.
 
January 23, 2020, 09:15:49 am

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.


WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???

Started by Ronny_Glandut, January 10, 2009, 07:49:37 pm

Previous topic - Next topic

Ronny_Glandut

Bro semua, mau nanya...mana yg lebih bagus, Big pulley(pulley racing) atau pulley standart(baik benar2 std ataupun std modifan)??? menurut pengalaman brother semua aja, mohon pencerahaannya mungkin dr Biker Zone, GT Speed, JP Racing, Han's motor..Dll...ada yg mau berbagi info...Thx...

ABBAN

nah kalo soal pulley coba kasih sarannya donk bro han... sy aja dulu diajarin sama beliau :)
YAMAHA 0wn3d!

jmx

Quote from: Ronny_Glandut on January 10, 2009, 07:49:37 pm
Bro semua, mau nanya...mana yg lebih bagus, Big pulley(pulley racing) atau pulley standart(baik benar2 std ataupun std modifan)??? menurut pengalaman brother semua aja, mohon pencerahaannya mungkin dr Biker Zone, GT Speed, JP Racing, Han's motor..Dll...ada yg mau berbagi info...Thx...

halo bro ronny..
pulley diliat dari sudut kemiringannya.big pulley 14 derajat(bs diliat di kemasan),std sekitar 13 derajat..nah kalo pulley std yang di modif apanya dulu nie?got roller nya apa sudut kemiringannya (yg jd penampang belt)??..
-big pulley punya diameter yang lebih besar dan sudut yang lebih tegak dibanding std dan sudut got roller yang tinggi (ga landai),artinya roller sedikit tertahan bergerak shg mengakibatkan belt sedikit tertahan membuka.cocok buat mesin stop and go dan mesin yang torsinya di rpm atas.
-pulley std sudutnya lebih tirus,dan got rollernya landai..nah kalo dimodif biasanya got rollernya,derajat kemiringan tergantung peruntukkannya tp yang pasti adalah stopper yang ada diujung got roller harus dihilangkan,jadi pulley bisa membuka maksimal. karena got rollernya landai makanya cocok buat trek sekali betot dan buat mesin yang torsinya di rpm bwh (stroke std mio lebih besar dari bore nya kan?)

roller dan per CVT juga pengaruh lho bro..smua tergantung spek mesin,CVT cuma penerus daya,tapi CVT punya pengaruh besar thd output.

kira-kira begitu analisa gembelnya..
kalo secara teknis mgkn bro lainnya bs membantu? 

numatak

Quote from: ABBAN on January 10, 2009, 10:31:02 pm
nah kalo soal pulley coba kasih sarannya donk bro han... sy aja dulu diajarin sama beliau :)

di bandung jagonya pully mah cuma pak ojo. beliau udah riset dari taun 2005. tapi sayang beberapa tekniknya masih dirahasiakan, terutama buat road race. tapi kalo untuk harian sama balap liar kayaknya beliau mau deh sharing2, gimana bang hans?

Ronny_Glandut

Quote from: jmx on January 11, 2009, 12:47:21 am
halo bro ronny..
pulley diliat dari sudut kemiringannya.big pulley 14 derajat(bs diliat di kemasan),std sekitar 13 derajat..nah kalo pulley std yang di modif apanya dulu nie?got roller nya apa sudut kemiringannya (yg jd penampang belt)??..
-big pulley punya diameter yang lebih besar dan sudut yang lebih tegak dibanding std dan sudut got roller yang tinggi (ga landai),artinya roller sedikit tertahan bergerak shg mengakibatkan belt sedikit tertahan membuka.cocok buat mesin stop and go dan mesin yang torsinya di rpm atas.
-pulley std sudutnya lebih tirus,dan got rollernya landai..nah kalo dimodif biasanya got rollernya,derajat kemiringan tergantung peruntukkannya tp yang pasti adalah stopper yang ada diujung got roller harus dihilangkan,jadi pulley bisa membuka maksimal. karena got rollernya landai makanya cocok buat trek sekali betot dan buat mesin yang torsinya di rpm bwh (stroke std mio lebih besar dari bore nya kan?)

roller dan per CVT juga pengaruh lho bro..smua tergantung spek mesin,CVT cuma penerus daya,tapi CVT punya pengaruh besar thd output.

kira-kira begitu analisa gembelnya..
kalo secara teknis mgkn bro lainnya bs membantu? 


Iya si bro jmx...tp g suka liat orng2 ada yg make Pulley modifan(diubah got roller-nya)...tp derajat kemiringan ga diubah...itu efek sama ga si sama BIG pulley??? karena saat roller dilempar baik Big pulley maupun pulley modifan punya got yg sama2 bisa melempar roller secara max...dan bisa dilempar sama2 jauh...dan untuk aplikasinya apakah ada efek saat pulley std dimodif spt itu???

Ronny_Glandut

Quote from: numatak on January 11, 2009, 02:15:10 pm
di bandung jagonya pully mah cuma pak ojo. beliau udah riset dari taun 2005. tapi sayang beberapa tekniknya masih dirahasiakan, terutama buat road race. tapi kalo untuk harian sama balap liar kayaknya beliau mau deh sharing2, gimana bang hans?


Iya bro....coz g cuma mau bikin komparasi n informasi...coz banyak beredar Big pulley di pasaran..tp orang2 pas g tanya, knapa ga pke big pulley??? kata mereka enakan pke yg std tp dimodif bos...trus g dikasih liat modifannya, got roller yg diubah tp derajat kmiringan ngga diubah...katanya ini efeknya sama kyk pke big pulley....dan ada lagi yg bilang klo big pulley dipake harian, efek motor pas dibawa pelan/ RPM bawah suka nyendat n slip...tp pas di RPM atas enak...buat OM OJO, bagi2 informasi donk dan tips-tips tentang pulley, baik Big pulley maupun Pulley std yah untuk pemakaian harian n liaran aja om, yg road race mah biar jd rahasia dapur aja deh..hehehe..mohon info dan pencerahaanya... buat brother skalian yg mau bagi info dan pengalaman seputar pemakaian pulley silakan reply....Thx bro...

HANojo

Quote from: numatak on January 11, 2009, 02:15:10 pm
di bandung jagonya pully mah cuma pak ojo. beliau udah riset dari taun 2005. tapi sayang beberapa tekniknya masih dirahasiakan, terutama buat road race. tapi kalo untuk harian sama balap liar kayaknya beliau mau deh sharing2, gimana bang hans?
Ahh...bro numatak sih bisa aja..sama aja koq sm bro jmx teori nya...ya memang gitu...cuma kadang sy suka liat kondisi motor yg dateng ke saya nya.... jadi kadang ada yg teknis nya pake teknik A dimotor yg ini bagus tp di motor yg B gak optimal....nah kalo ketemu problem seperti itu baru sy setting sendiri sesuai keperluan si customer...krn beda power..beda jg terapan nya....

Cuma kalo untuk ngejar RPM atas sy biasanya pake Big Pulley....tp kalo buat touring atau panjang2 bisa pake pulley std di sebit got roller nya atau pake pulley ukuran std tp merk after market... yang pasti saya banyak maenin di kipas sama ring nya...

Ronny_Glandut

Quote from: HANojo on January 12, 2009, 08:41:41 pm
Ahh...bro numatak sih bisa aja..sama aja koq sm bro jmx teori nya...ya memang gitu...cuma kadang sy suka liat kondisi motor yg dateng ke saya nya.... jadi kadang ada yg teknis nya pake teknik A dimotor yg ini bagus tp di motor yg B gak optimal....nah kalo ketemu problem seperti itu baru sy setting sendiri sesuai keperluan si customer...krn beda power..beda jg terapan nya....

Cuma kalo untuk ngejar RPM atas sy biasanya pake Big Pulley....tp kalo buat touring atau panjang2 bisa pake pulley std di sebit got roller nya atau pake pulley ukuran std tp merk after market... yang pasti saya banyak maenin di kipas sama ring nya...


Maksudnya touring ato panjang2 apa om??? trek panjang??? kalo sama buat trek seukuran pasupati??? buat drag 2km, itu juga termasuk??? atau buat touring yg memang trek yg dilewati sangat panjang??? btw ring apa yg dimaksud om??? di bagian mana??? Thx om...

numatak

om ojo, kalo ngasih tau yang jelas atuh. jangan setengah2 hehehe

ABBAN

YAMAHA 0wn3d!

Ronny_Glandut

jiahahaha...om yg lebih jelaslah..hehe...coz biar lbh jelas gitu...Thx`om...

sancipak

for honour and for glory.....BANZAI!!

HANojo

Maksud nya kalo buat touring sy lbh seneng pake pulley ukuran std tp merk after market (Lxx)....krn selain torsi lbh lembut....rpm engine gak terlalu tinggi....jadi kalo setiap kita buka gas keluar tikungan lebih smooth....

Untuk pasupati juga sama, sering nya saya pake yg seperti untuk touring...krn pasupati treknya panjang banget jd sy biarkan tarikan nya lbh smooth...kadang sama yg lain pada saat start suka ketinggalan....yang penting pada saat di tiang pancang mesin mulai jerit....trik ini sih beberapa kali 3 besar ya....cuma kan sekarang kaya bro numatak sm abban jg pada kenceng tuh....pada gak cerita aja tuuuhhhh....

Nah kalo untuk karakter yg perlu torsi hebat and engine perlu sampe menjerit jerit.....biasanya baru sy pake big pulley....

Ring yg dimaksud yg tebalnya 1mm, posisi std nya antara bos sama kipas, nah kalo dilepas dr posisinya atau disimpen di blk...otomatis belt jd lbh kejepit.....karakter engine jd langsung rubah....tarikannya lbh smooth lg...tp atas nya lbh jalan lg kalo cam/noken as nya cukup neken di atasnya.....

sesuai keterangan sy sebelumnya....terapan2 diatas biasanya sy praktekan kalo karakter engine nya mendukung....jd blm tentu semuanya bisa langsung cocok...gitu looohhh

sancipak

Quote from: HANojo on January 13, 2009, 08:41:09 pm
Maksud nya kalo buat touring sy lbh seneng pake pulley ukuran std tp merk after market (Lxx)....krn selain torsi lbh lembut....rpm engine gak terlalu tinggi....jadi kalo setiap kita buka gas keluar tikungan lebih smooth....

Untuk pasupati juga sama, sering nya saya pake yg seperti untuk touring...krn pasupati treknya panjang banget jd sy biarkan tarikan nya lbh smooth...kadang sama yg lain pada saat start suka ketinggalan....yang penting pada saat di tiang pancang mesin mulai jerit....trik ini sih beberapa kali 3 besar ya....cuma kan sekarang kaya bro numatak sm abban jg pada kenceng tuh....pada gak cerita aja tuuuhhhh....

Nah kalo untuk karakter yg perlu torsi hebat and engine perlu sampe menjerit jerit.....biasanya baru sy pake big pulley....

Ring yg dimaksud yg tebalnya 1mm, posisi std nya antara bos sama kipas, nah kalo dilepas dr posisinya atau disimpen di blk...otomatis belt jd lbh kejepit.....karakter engine jd langsung rubah....tarikannya lbh smooth lg...tp atas nya lbh jalan lg kalo cam/noken as nya cukup neken di atasnya.....

sesuai keterangan sy sebelumnya....terapan2 diatas biasanya sy praktekan kalo karakter engine nya mendukung....jd blm tentu semuanya bisa langsung cocok...gitu looohhh



heheheheh....mantabh, akhirnya ada jg juragan laen yg mw jawab soal spek / tips and trik di tret ini selaen om tovy.....soalnya disini jarang bgt yg jawab klo dah ditanya soal spek nih.......hahahahah......

wah kayanya perlu dikasih reputation nih.....ya udah saya kasih rep deh soalnya cuma bisa ngasih itu doank

ngemeng2 spek mtrnya om ojo piston berapa sih.....?
for honour and for glory.....BANZAI!!

ABBAN

wah om ojo mesinnya banyakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk nyakkkkkkk nyakkkkkkkkkkkkk
YAMAHA 0wn3d!

Ronny_Glandut

Quote from: HANojo on January 13, 2009, 08:41:09 pm
Maksud nya kalo buat touring sy lbh seneng pake pulley ukuran std tp merk after market (Lxx)....krn selain torsi lbh lembut....rpm engine gak terlalu tinggi....jadi kalo setiap kita buka gas keluar tikungan lebih smooth....

Untuk pasupati juga sama, sering nya saya pake yg seperti untuk touring...krn pasupati treknya panjang banget jd sy biarkan tarikan nya lbh smooth...kadang sama yg lain pada saat start suka ketinggalan....yang penting pada saat di tiang pancang mesin mulai jerit....trik ini sih beberapa kali 3 besar ya....cuma kan sekarang kaya bro numatak sm abban jg pada kenceng tuh....pada gak cerita aja tuuuhhhh....

Nah kalo untuk karakter yg perlu torsi hebat and engine perlu sampe menjerit jerit.....biasanya baru sy pake big pulley....

Ring yg dimaksud yg tebalnya 1mm, posisi std nya antara bos sama kipas, nah kalo dilepas dr posisinya atau disimpen di blk...otomatis belt jd lbh kejepit.....karakter engine jd langsung rubah....tarikannya lbh smooth lg...tp atas nya lbh jalan lg kalo cam/noken as nya cukup neken di atasnya.....

sesuai keterangan sy sebelumnya....terapan2 diatas biasanya sy praktekan kalo karakter engine nya mendukung....jd blm tentu semuanya bisa langsung cocok...gitu looohhh



ok..ok...
wah..wah..wah....tipsnya bagus banget om...n makasih juga buat pencerahannya, oh iya saya juga sempat mainin juga di kipas aja tp....ngga sampe ke ringnya...hehehe...tapi emang iya si Big pulley cocok buat mesin yg ganas...tp om mau nanya...kalo pulley std di modif got rollernya apakah sama efeknya sama kyk big pulley??? kan roller sama2 bisa dilempar jauh??? Sama mau nanya soal per CVT...apakah emang bener per CVT yang ada di pasaran skarang ini semuanya tidak lebih baik dibandingkan standarnya??? coz ada yg beranggapan per CVT yg ada skarang ini semuanya berkualitas jelek...merk aftermarket manapun...mhn pencerahannya Thx om.....

Buat bro ABBAN n bro Numatak...nahhh kan ketahuan...tuh dah dibilang sama om Ojo, motornya pada kenceng2 juga, bagi tipsnyalah...ya itung2 buat pencerahan n nambah pahala juga...hehehehe, ya walaupun udah sbagian besar udh diwakilin om ojo....OK!!!  :ph34r:

Ronny_Glandut

Quote from: sancipak on January 14, 2009, 04:17:52 pm
heheheheh....mantabh, akhirnya ada jg juragan laen yg mw jawab soal spek / tips and trik di tret ini selaen om tovy.....soalnya disini jarang bgt yg jawab klo dah ditanya soal spek nih.......hahahahah......

wah kayanya perlu dikasih reputation nih.....ya udah saya kasih rep deh soalnya cuma bisa ngasih itu doank

ngemeng2 spek mtrnya om ojo piston berapa sih.....?


iya nih juragan yg satu ini berarti berhati mulia...hehehe....klo saya boleh tebak om ojo, motornya ada 2...tp mesinnya ada 3++(58,65,70)...jiahahahaha.... ;D

ABBAN

mesinnnnn dia banyakkkk...

sy kan udah jujur di posting sebelumnya bilang, sy tau dan belajar basic matic dr om ojo :D
YAMAHA 0wn3d!

HANojo

Ah..pada bisa aja nih....haha gak lah sy sih seneng aja bisa berbagi...tp sekarang kan udah banyak yg jago..and lbh hebat lah....

kalo soal puley std di sebit got roler nya..kayanya tetep gak bisa nyamain karakter big pulley..bahkan sama puley ukuran std after market aja pasti beda....

kalo soal per cvt...sy gak pernah ganti2..selalu pake std.....paling banter di ganjel...itu juga gmn keperluan aja.....soalnya kalo diganti suka gak jalan atas nya....tp gak tau yah yg lain....mungkin ada ilmu yg lbh hebat lagi....hehehe

HANojo

Quote from: sancipak on January 14, 2009, 04:17:52 pm
heheheheh....mantabh, akhirnya ada jg juragan laen yg mw jawab soal spek / tips and trik di tret ini selaen om tovy.....soalnya disini jarang bgt yg jawab klo dah ditanya soal spek nih.......hahahahah......

wah kayanya perlu dikasih reputation nih.....ya udah saya kasih rep deh soalnya cuma bisa ngasih itu doank

ngemeng2 spek mtrnya om ojo piston berapa sih.....?
Thanks ya bos......Rep nya...hehehe
Spec nya biasa aja ....hampir rata sm yg lain...piston 64.sampe 65.5...ada jg yg 71 sih tp jarang dipake