Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: 1 [2]   Go Down

Author Topic: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???  (Read 50320 times)

sancipak

  • Supir Pribadi
  • ****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 924
  • for honour and for glory....BANZAI
Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
« Reply #20 on: January 15, 2009, 08:42:14 AM »

Thanks ya bos......Rep nya...hehehe
Spec nya biasa aja ....hampir rata sm yg lain...piston 64.sampe 65.5...ada jg yg 71 sih tp jarang dipake
yg 71 maksudnya cuma turun special occasion gitu yah...hahahahah......
tp biasanya justru yg dituakan itu yg mw share....tq om....hehehehe
  
Logged
for honour and for glory.....BANZAI!!

Ronny_Glandut

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 165
Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
« Reply #21 on: January 16, 2009, 10:48:33 PM »

Ah..pada bisa aja nih....haha gak lah sy sih seneng aja bisa berbagi...tp sekarang kan udah banyak yg jago..and lbh hebat lah....

kalo soal puley std di sebit got roler nya..kayanya tetep gak bisa nyamain karakter big pulley..bahkan sama puley ukuran std after market aja pasti beda....

kalo soal per cvt...sy gak pernah ganti2..selalu pake std.....paling banter di ganjel...itu juga gmn keperluan aja.....soalnya kalo diganti suka gak jalan atas nya....tp gak tau yah yg lain....mungkin ada ilmu yg lbh hebat lagi....hehehe

OO gitu ya om...ok..ok...ngerti2...soal per CVT om juga pke standaran juga ya...oo...gitu...ok..ok..ngerti2...ok om thx infonya...trima kasih juga pencerahaanya... :ph34r:
Logged

jmx

  • Premium Member
  • Supir Angkot
  • *******
  • Reputation: 6
  • Offline Offline
  • Posts: 54
  • push the limit
Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
« Reply #22 on: January 18, 2009, 12:25:30 AM »

Iya si bro jmx...tp g suka liat orng2 ada yg make Pulley modifan(diubah got roller-nya)...tp derajat kemiringan ga diubah...itu efek sama ga si sama BIG pulley??? karena saat roller dilempar baik Big pulley maupun pulley modifan punya got yg sama2 bisa melempar roller secara max...dan bisa dilempar sama2 jauh...dan untuk aplikasinya apakah ada efek saat pulley std dimodif spt itu???
pada dasarnya setting pulley sama kayak gir di sepeda balap (analoginya),kan bekerjanya kurang lebih kayak gt bro..utk akselerasi lebih baik berarti diameter depan lebih kecil dan belakang semakin besar.utk top speed depan lebih besar,dan belakanglebih kecil.demikian juga posisi rumah pulley/variator (primary) terhadap rumah pulley blkg/secondary sliding sheave/rumah cvt.karena perbandingan rasio antara depan terhadap belakang lebih besar, jadi mesin enteng menarik beban,hasilnya akselerasi jadi lebih baik dan powernya rata (dari rpm bawah sampai atas)

cara yang bisa ditempuh adalah dengan menambah ring pengganjal pulley depan (yang terletak di bos rumah pulley).standarnya kira-kira 1.3mm dan ditambah dengan ring sesuai kebutuhan (dapat diukur dgn melihat posisi belt di rumah cvt blkg/secondary jangan sampai terlampau keluar, maksimal posisinya sama dengan/sejajar bibir diameter rumah cvt belakang).atau bisa diakali jg lewat pemakaian belt yang lebih tipis.
kalo sudah demikian,kasih roller yang lebih berat dari standarnya (utk big pulley biasanya diatas 10 gr,untk pulley std biasanya diatas 10.5 gr[std mio pabrikan]).gunanya agar pulley membuka maksimal,karena roller berat utk rpm atasnya lebih ngisi tapi akselerasinya rada lemot(tapi kan sudah diakali lewat penambahan ring jadi akselerasi tetap okeh).jadi dari rpm bawah sampe rpm atas tetap ngisi.jadi ga perlu pake per cvt aftermarket yang keras.karena kalo terlalu keras,rumah cvt belakang ga bisa membuka selebar-lebarnya,jadi menghambat top-speed.
agar pulley std bisa membuka maksimal maka yang harus diubah pertama-tama adalah batas/stopper yang ada di ujung got roller. stopper itu harus dihilangkan dengan cara di kikir/dikerok/digerus,ya terserah lah caranya..maksudnya adalah agar roller ga terhambat ketika mengembang,dan membuat travel rollernya lebih panjang.jadi pulley bisa membuka semaksimal mungkin.

trus pake belt standar aja.karena dari pengalaman emang lebih awet.kalo ada belt bekas juga oke (asal belom retak ya)karena elastisitasnya udah berkurang jadi lebih rigid menerima beban, lebih tipis dan mulur,dan sudut kemiringan pada belt sama dengan pulley std) .jadi bidang yang bertemu antara belt dan pulley rata.

nah abis itu baru cari gigi rasio yang sesuai dengan trek deh..

kalo masalah derajat kemiringan got roller,ya seperti pak ojo bilang.itu sesuai dengan karakter mesin atau trek yang dilalui,apakah power mesin mau langsung keluar atau progressive..
roller yang dimeter atau dimensinya gede (cnth roller vario buat big pulley)pasti derajat got rollernya lebih tinggi, dibanding roller mio yang kecil dan derajat got rollernya landai..walau emang sama-sama bisa melempar roller sejauh-jauhnya,pasti ada perbedaannya kan?intinya ada pada "perjalanan" roller itu dari awal menuju akhir..

kira-kira begitu lah bro...semoga membantu...

Logged

Ronny_Glandut

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 165
Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
« Reply #23 on: January 18, 2009, 10:47:39 PM »

pada dasarnya setting pulley sama kayak gir di sepeda balap (analoginya),kan bekerjanya kurang lebih kayak gt bro..utk akselerasi lebih baik berarti diameter depan lebih kecil dan belakang semakin besar.utk top speed depan lebih besar,dan belakanglebih kecil.demikian juga posisi rumah pulley/variator (primary) terhadap rumah pulley blkg/secondary sliding sheave/rumah cvt.karena perbandingan rasio antara depan terhadap belakang lebih besar, jadi mesin enteng menarik beban,hasilnya akselerasi jadi lebih baik dan powernya rata (dari rpm bawah sampai atas)

cara yang bisa ditempuh adalah dengan menambah ring pengganjal pulley depan (yang terletak di bos rumah pulley).standarnya kira-kira 1.3mm dan ditambah dengan ring sesuai kebutuhan (dapat diukur dgn melihat posisi belt di rumah cvt blkg/secondary jangan sampai terlampau keluar, maksimal posisinya sama dengan/sejajar bibir diameter rumah cvt belakang).atau bisa diakali jg lewat pemakaian belt yang lebih tipis.
kalo sudah demikian,kasih roller yang lebih berat dari standarnya (utk big pulley biasanya diatas 10 gr,untk pulley std biasanya diatas 10.5 gr[std mio pabrikan]).gunanya agar pulley membuka maksimal,karena roller berat utk rpm atasnya lebih ngisi tapi akselerasinya rada lemot(tapi kan sudah diakali lewat penambahan ring jadi akselerasi tetap okeh).jadi dari rpm bawah sampe rpm atas tetap ngisi.jadi ga perlu pake per cvt aftermarket yang keras.karena kalo terlalu keras,rumah cvt belakang ga bisa membuka selebar-lebarnya,jadi menghambat top-speed.
agar pulley std bisa membuka maksimal maka yang harus diubah pertama-tama adalah batas/stopper yang ada di ujung got roller. stopper itu harus dihilangkan dengan cara di kikir/dikerok/digerus,ya terserah lah caranya..maksudnya adalah agar roller ga terhambat ketika mengembang,dan membuat travel rollernya lebih panjang.jadi pulley bisa membuka semaksimal mungkin.

trus pake belt standar aja.karena dari pengalaman emang lebih awet.kalo ada belt bekas juga oke (asal belom retak ya)karena elastisitasnya udah berkurang jadi lebih rigid menerima beban, lebih tipis dan mulur,dan sudut kemiringan pada belt sama dengan pulley std) .jadi bidang yang bertemu antara belt dan pulley rata.

nah abis itu baru cari gigi rasio yang sesuai dengan trek deh..

kalo masalah derajat kemiringan got roller,ya seperti pak ojo bilang.itu sesuai dengan karakter mesin atau trek yang dilalui,apakah power mesin mau langsung keluar atau progressive..
roller yang dimeter atau dimensinya gede (cnth roller vario buat big pulley)pasti derajat got rollernya lebih tinggi, dibanding roller mio yang kecil dan derajat got rollernya landai..walau emang sama-sama bisa melempar roller sejauh-jauhnya,pasti ada perbedaannya kan?intinya ada pada "perjalanan" roller itu dari awal menuju akhir..

kira-kira begitu lah bro...semoga membantu...



Ok deh bro Jaue...hehehe..enakan pake panggilan itu ah...sorry ga pke JMX...hehe...kan waktu dulu..manggilnya di forum dah pke Jaue..ok!! gpp kan...btw untuk tips n penjelasannya ajibbb...BGT dah...thx BGT untuk pencerahannya juga...jadi ngerti teori n bakal dicoba untuk pengaplikasiannya...BTW..bro bengkel masih buka kan yg di Jeruk Purut??? coz dah jarang nih lewat situ... ;D ada project baru lagi ga nih??? kali gitu lagi bikin motor lagi..hehe...sekali lagi Thx BGT bro.... :ph34r:
Logged

wira

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2
Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
« Reply #24 on: August 21, 2009, 10:44:23 AM »

salam kenal bro2. . .
mo nanya nih klo mio mesin standart mo pake big pully tdr enak nya pake roller ukran brp ya??
skrg yg dah diganti cdi brt, busi irredium, per cvt 1500rpm diganjel peluru. .
ban dpn 215/90 blk 250/120. .
thx. .
Logged

buatlo

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 4
Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
« Reply #25 on: September 20, 2009, 10:05:11 AM »

alow all. . .  salam kenal. . . 
saya baru pake matic 5bln terakhir (SW). . . .  mohon petunjuknya untuk memaksimal kan CVT di SW apa aja ya?. . . . .

saat ini udah pake per vario & spring sliding, lainnya masih standar, kira2 apa lagi ya biar maksimal?
untuk mesin saat ini so far so good untuk harian udah cukup ok.
Logged

buffereyes

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
« Reply #26 on: November 22, 2010, 11:45:00 PM »

permisi rekan2, saya numpang gabung. . .
saya ingin belajar lebih banyak tentang cvt, sudah ada gambaran dan mengerti cara kerjanya, namun belum pernah bongkar sendiri. . .   ;D

motor saya new mio 2010, sudah ganti cdi varro, koil karisma, cop 0 resistant, selama pemakaian sih mio saya cuman nambah irit doang dari standart. . .
top speed cuman manteng di angka 100kpj, tapi masuk 90 ke atas seperti ada sendatan. . .
ini baiknya pakai pulley apa ya? pernah baca kalau ada pulley standar modifan yg diperlebar jalur gotnya, kira2 harganya berapa ya?

thanks,
salam kenal
Logged

ba2he

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
« Reply #27 on: December 20, 2010, 12:15:03 PM »

lam kenal, sy penumpang baru mau gabung. . . 

mio sy pake piston 65,5 stroke std, klep EE, Big pulley 14 drajat, roler vario 10gr, ratio 14-41. .
di awalnya motor susah di kendalikan. .  tp di atasnya motor kaya ga jalan, cm triak aja. . .  apa ada yang salah ma pulley n rolernya ya bro. . . ?CVT semua std. .

mohon pencerahannya. . .  thanks. . .
Logged

kasburator

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 31
Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
« Reply #28 on: January 28, 2011, 01:27:43 AM »

klo mo ngebut ya pake big pulley. Tp hukum alamnya yg bebannya lebih banyak ya lebih gampang aus
Logged

bantex28

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Re: WTA: MANA YG BAGUS BIG PULLEY or STANDART PULLEY???
« Reply #29 on: January 27, 2012, 03:13:18 PM »

mau tnya nih mas, mio saya pke seher 57, roller 9 gram. pulley uda di kerok sama rubah derajat 13.5 . 0-40 tarikan bawahnya rada lemot gtu tapi pas 40 ++ baru enak jalanya kenapa itu yah?
Logged
Pages: 1 [2]   Go Up
 

anything