Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: arti standarisasi OLI oleh SAE  (Read 14377 times)

romy_tx

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 93
arti standarisasi OLI oleh SAE
« on: September 02, 2005, 06:10:47 PM »

Ketika kita akan mengganti oli mesin, tertulis dalam kemasan kode-kode yang telah ditentukan oleh SAE. Kode-kode tersebut memiliki arti khususnya mewakili nilai kekentalan dan grade yang cocok untuk applikasi pada kondisi operasi mesin tertentu. Pengertian tentang kode tsb. akan membantu penentuan jenis oli yang akan dipakai, misalnya SAE 5W-30.

Jenis oli mesin ini sangat bervariasi dengan masing-masing memiliki kondisi penggunaan optimum untuk operasional tertentu. Demikian juga ada beberapa lembaga yang bergerak dalam penentuan grade oli ini yang bertugas mengatur klasifikasi oli, sehingga mudah untuk dimengerti dan cocok untuk pemakaian di daerah tsb. Lembaga seperti ini misalnya API (America Petroleum Institute), atau ILSAC (Internasional Lubricant Standardization and Approval Committee) dsb. Salah satu standarisasi yang banyak dipakai adalah standarisasi SAE.

SAE 5W-30: Oli kelas ini ditujukan untuk pemakaian daerah dingin, mudah untuk cranking atau proses starter engine. Oli ini juga didesign memiliki potensi untuk melindungi elemen mesin dari wearing phenomena. Oli kelas ini cukup memiliki grade sekelas SJ atau SH yang ditentukan oleh API, juga mencukupi untuk kategori ILSAC GF-2 untuk driving mothode Gasoline engine Oils Test.

SAE 5W-20: Oli Multigrade dengan proteksi starter pada suhu dingin, dan menunjang effisiensi bahan bakar. Oli kelas ini cukup memiliki grade sekelas SJ atau SH yang ditentukan oleh API, juga mencukupi untuk kategori ILSAC GF-2 untuk driving mothode Gasoline Engine Oils Test. Karena sifat keencerannya, oli jenis ini tidak semestinya dipakai kecuali apabila ada rekomendasi dari produsen mesin. Hal ini untuk menghindari wearing atau ausnya elemen mesin yang tidak cukup terproteksi dengan kekentalan oli kelas ini.

SAE 10-30: Oli kelas ini memiliki kekentalan lebih pekat dari SAE 5W-30 untuk daerah dingin serta tetap memiliki potensi untuk melindungi elemen mesin.

SAE 10W-40: Oli multigrade yang ditujukan untuk melindungi elemen mesin terhadap perubahan suhu udara segala musim. Bisanya oli kelas ini juga cukup memenuhi kategori untuk standarisasi SJ atau SH dari API, atau ILSAC GF-2 untuk driving mothode Gasoline Engine Oils Test.

SAE 20W-50: Oli multigrade dengan tujuan untuk perlindungan mesin terhadap wearing phenomena, atau goresan terhadap elemen mesin. Didesign untuk pemakaian pada suhu mesin yang tinggi. Memiliki kemampuan kuat untuk membuat lapisan oli pada permukaan elemen mesin. Bisanya cukup memenuhi standarisasi dari kategori ILSAC GF-2 untuk driving mothode Gasoline Engine Oils Test.
  
« Last Edit: September 02, 2005, 09:54:14 PM by sphere »
Logged
Beware of Doggy Syle

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: arti standarisasi OLI oleh SAE
« Reply #1 on: September 02, 2005, 09:56:01 PM »

Kalo di daerah tropis kaya di Indonesia cocoknya pake SAE 20W-50 dong?
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

romy_tx

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 93
Re: arti standarisasi OLI oleh SAE
« Reply #2 on: September 03, 2005, 10:09:26 AM »

yap thats right...sebenernya jg oli sintetik didaerah tropis tdk cocok ..cocoknya utk daerah dingin
Logged
Beware of Doggy Syle

mansetha

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 49
Re: arti standarisasi OLI oleh SAE
« Reply #3 on: November 23, 2007, 02:59:19 PM »

Tetapi untuk mesin dengan tekologi HLA pada head cylindernya, lebih baik memakai oli 10W-40, ... Hidraulic lash Ajuster.
Logged

Agus_Petot

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 4
Re: arti standarisasi OLI oleh SAE
« Reply #4 on: March 08, 2008, 12:05:23 PM »

Untuk Indonesia mah yg cocok topwan 10-30....tarikan wuenteng....harga juga tidak bikin kantong juebbbboooolll....
20-50??? ini mah oli khusus mobil2 JADUL n SALJU
Logged

Shika_Nara

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 23
Re: arti standarisasi OLI oleh SAE
« Reply #5 on: August 25, 2008, 02:39:59 PM »

pake pertamina aja tuuh, bangsa untung kita untung
Logged

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: arti standarisasi OLI oleh SAE
« Reply #6 on: August 25, 2008, 08:25:40 PM »

gimana kalo pake BZ Oil aja, kan produk dalam negeri juga tuh  :ph34r:  ;D
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

ecallica

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 51
    • Jasa Sertifikasi ISO 14001 Murah
Re: arti standarisasi OLI oleh SAE
« Reply #7 on: December 28, 2014, 02:25:29 AM »

makasih inpohnya gan
Logged
Badan Sertifikat ISO [nofollow] | Jasa Training ISO [nofollow] | IAS Indonesia [nofollow]

bowo05

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2
Re: arti standarisasi OLI oleh SAE
« Reply #8 on: July 26, 2016, 02:18:25 PM »

Mas Bro,

mau tanya dong! kemarin ane liat-liat ada oli baru 0W-20 dari idemitsu, rencana pengen nyoba buat ganti oli nanti, mobil ane avanza 2015, kalau dari manual booknya emang disaranin 0W-20, udah ada yang pernah coba 0W-20 gan? minta inpo nya gan abis pake 0w-20 gimana// ;D

ini linknya gan:
Logged
Pages: [1]   Go Up