Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Manasin Motor,..  (Read 5638 times)

popollz

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 3
Manasin Motor,..
« on: September 13, 2005, 11:34:20 AM »

 :police:
bro!!! mau nanya nih, sebenarnya manasin motor itu hukumnya apa ya?..
wajib or sunah, ^_^  maksudnya emang penting dan perlu setiap pagi motor kita di panasin,
atau gimana ?, kalo emang penting idealnya berapa menit tuh manasin motornya,.. karena dengan kondisi bbm yang semakin mahal dan menipis stoknya maka bila manasin motornya terlalu lama kan boros dan nambahin polusi, gitu..
masalahnya, sering aku liat orang yang lagi manasin motor tuh lama banget, kadang - kadang di tinggal mandi dulu,.
menurut boros banget gitu lho, :knuppel2:.
makasih...
salam..
  
Logged
"Cepit  159 Workshop"

wildcat

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 35
  • wanted dead or alive
Re: Manasin Motor,..
« Reply #1 on: September 13, 2005, 11:49:53 AM »

manasin mesin motor/mobil itu hukumnya wajib kali yeee :P tapi ...... kalo pagi saja ato setelah mesin tidak dipakai seharian penuh dan cukup 2 ato 3 menit aja karena fungsi memanaskan motor itu supaya oli mesin naik (baca: mengalir) ke mesin karena mesin yang dalam keadaan dingin (dalam pengertian di pagi hari) olinya masih terkumpul di bak oli, kalau oli tidak mengalir kan otomatis mesin tidak ada pelumasnya dan bisa bikin mesin macet (jebol) demikian juga pada waktu memanaskan mesin kadang ada orang yang memainkan gas, sebenernya itu ga bagus karena oli yang belum sepenuhnya mengalir sempurna membuat kerja mesin lebih berat sedangkan pelumas yang mengalir kurang maka mesin (piston) bisa baret malah yang lebih parah bisa jebol  :P, nah waktu kita menyalakan mesin, otomatis oli mulai naik ke mesin dan butuh waktu proses kurang lebih 15 detik saja untuk naik ke mesin dan ga usah mainin gas, agar sedikit lebih merata panaskanlah selama +/- 2 menit. ga usah lama2 mas ... bensin mahal sekarang  ;D
Logged
ride the wind

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: Manasin Motor,..
« Reply #2 on: September 13, 2005, 03:59:21 PM »

Akhirnya bapak moderator kita mengeluarkan suara juga....  ;D

Emang tadinya sich gw pikir manasin mesin maksudnya supaya mesin panas, ga taunya inti permasalahannya supaya oli naik ke mesin. Gw rasa banyak juga orang berpendapat demikian.
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

Noobie Sin

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 487
Re: Manasin Motor,..
« Reply #3 on: September 17, 2005, 12:16:21 AM »

Hmmm waktu mesin gua in-dry-end ...gua sih dinasihatin tuk kick-start / disela 10x biar oli naik (berhubung mesin gua 4 tak).....tapi kalo lebih dari 800km....langsung aja panasin pake tombol starter selama 2 menit lah kurang lebih....biar si mesin kaga kaget....

Loe bayangin aja kalo elu sendiri langsung lari sprint tanpa pemanasan kan....paru2 loe bisa mendekati jebol :D
Logged
10001101010100101100001
Pages: [1]   Go Up