Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Tau ngak bunyi-bunyi aneh apa aja yg ada di boil ?  (Read 9122 times)

dede_harry

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 16
Tau ngak bunyi-bunyi aneh apa aja yg ada di boil ?
« on: March 31, 2009, 08:18:38 AM »

Gue mau sharing TIPS nih ttg bunyi-bunyi aneh yg mungkin kejadian di boil.....

Salah satu kesalahan kecil para pengendara yang dapat berakibat buruk adalah sikap terlalu acuh terhadap bunyi-bunyi abnormal. Karena merasa mobil masih bisa dikendarai, mereka tidak melakukan pemeriksaan apapun walau selalu mendengar bunyi-bunyi yang tidak biasa ketika tengah mengendarai mobil. Padahal, bunyi-bunyi itu bisa menjadi sinyal bahwa ada ancaman kerusakan yang lebih serius.
 
Mestinya, segera lakukan pemeriksaan bila terdengar suara-suara yang tidak biasa. Minimal tanyakan pada mekanik bila Anda mendengar suara mendengung, mencicit atau seperti suara benturan dua logam.
 
Nah, apa sajakah ke-5 bunyi tersebut? Berikut ini kami tampilkan daftarnya:
 
1. Suara dengung di mesin
Periksa van belt, mungkin terlalu kencang. Efek bila didiamkan saja komponen ini bisa putus yang memicu tidak bekerjanya water pump dan alternator (dinamo ampere) yang  dapat mengakibatkan mesin overheating maupun batere (aki) tidak mendapat pengisian arus yang nantinya akan membuat kendaraan menjadi mogok. Kondisi van belt yang abnormal (terlalu kendor) juga bisa menimbulkan bunyi lain, yaitu bunyi mencicit. Efek buruknya sama dengan van belt terlalu kencang.
 
2. Suara dengung di roda
Biasanya terjadi saat mobil diajak lari dengan kecepatan tinggi (di atas 40 km/jam). Periksa bagian kaki-kaki, terutama bearing roda dan roda-rodanya. Bila suara terdengar dari depan, berarti pemeriksaan harus dilakukan di roda-roda depan. Mungkin saja bearing roda sudah aus, atau permukaan roda-roda sudah tidak rata. Memang tidak terlalu berdampak ke bagian lain, tetapi suara ini cukup mengganggu kenyamanan.................

..... Penasaran ama bunyi-bunyi aneh lain yang bisa kejadian di boil ..CLICK DISINI aja  hxxp://w3.astraworld.c0m/?act=tips&id=2009030315280011&cat=2&start=0 ........entar bakal dapat informasi lengkapnya
  
Logged

allstar

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 9
Re: Tau ngak bunyi-bunyi aneh apa aja yg ada di boil ?
« Reply #1 on: March 31, 2009, 08:22:52 AM »

em, kalo mobil ku waktu stater aja tuh mencicit, tapi kata mekanik bengkel resmi ketegangan dan kelenturan v belt oke. kelembapannya juga bagus.. --"
Logged
..variant | [ HiZeR ] evolution..

dede_harry

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 16
Re: Tau ngak bunyi-bunyi aneh apa aja yg ada di boil ?
« Reply #2 on: March 31, 2009, 10:23:20 AM »

wah bingung juga tuh padahal v-beltnya oce-oce aja ..kan ngak mungkin ada tikus didalam mesin boil ..eh coba deh w3.astraworld.c0m disitu ada namanya Car Consultation nah maybe bisa kasih solusi buat masalah mobil sampean.
Logged

allstar

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 9
Re: Tau ngak bunyi-bunyi aneh apa aja yg ada di boil ?
« Reply #3 on: March 31, 2009, 10:41:48 AM »

tikus aja takut liat mobil ane.. ahaha ^_^
Logged
..variant | [ HiZeR ] evolution..

Lemonmon

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: Tau ngak bunyi-bunyi aneh apa aja yg ada di boil ?
« Reply #4 on: August 08, 2009, 02:02:48 AM »

berarti vbeltnya kering banget, waktu dinyalain, kasi air aja beberapa tetes, buat basahin sedikit, jangan dikasi oli ya, ntar malah lepas dari puli nya!
Logged

kobalt

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2
Re: Tau ngak bunyi-bunyi aneh apa aja yg ada di boil ?
« Reply #5 on: January 22, 2010, 10:20:46 AM »

Kalau mobil matic pas direm di posisi 'D' atau 'R' dan pas dilepas remnya mau mulai dijalankan ada bunyi 'Klek klek klek' kayak ada bunyi ketahan gitu di depan mobil itu tahu gak kenapa bos itu? Apa yang salah kira-kira bos? rem nya kah? atau transmisi maticnya ada masalah?

oh yah link-nya tidak bisa di klik tuh bos. . .
Logged

janjo

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2
Re: Tau ngak bunyi-bunyi aneh apa aja yg ada di boil ?
« Reply #6 on: January 27, 2010, 07:39:51 PM »

Bunyi-bunyi adalah keluhan yang complex, susah-susah gampang.  Kalau di informasikan melalui cerita atau lisan terkadang sulit dipastikan penyebabnya atau bahakan komponen mana yang bermasalah.  Jadi kalau secara lisan, paling tidak kita hanya bisa mengira-ngira saja.  Jadi jika ingin jelas sebaiknya konsultasi langsung dengan pihak bengkel beserta mobilnya, sehingga bisa didengarkan sama-sama, mana bunyi yang dimaksud.  Kesulitannya ialah, kadang bunyi itu berdetonasi.  Bisa saja kita dengar bunyi pada komponen A, padahal sumber bunyi pada komponen B. 
Kemudian harus dipastikan benar bunyi yang kita maksud sama dengan bunyi yang didengar teknisi.  Terkadang yang kita maksud bunyi dug-dug, yang ditangkap teknisi tek-tek.  Apalagi bunyi-bunyi yang tdk umum dan samar-samar.  Pemilik dan teknisi harus sepakat dulu bunyi yang dimaksud.
Logged

iwantrisna

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 8
Re: Tau ngak bunyi-bunyi aneh apa aja yg ada di boil ?
« Reply #7 on: February 17, 2010, 02:31:25 PM »

pernah tuch mobil gw 'great corrolla bunyi' roda kanan depan ma kirinya. . .  setelah dicek ganti rumah claher pa namanya.  uyuh. . . .  eh giliran lupa ngecek timebelt,,, putus wek!!! turun mesin deh. . .  tambah g jelas bunyinya mesin . . .  kacau deh g perhatian and jarang dipake. . .
Logged

ecallica

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 51
    • Jasa Sertifikasi ISO 14001 Murah
Re: Tau ngak bunyi-bunyi aneh apa aja yg ada di boil ?
« Reply #8 on: December 28, 2014, 01:46:17 AM »

nais ser masbro.  :ph34r:
Logged
Badan Sertifikat ISO [nofollow] | Jasa Training ISO [nofollow] | IAS Indonesia [nofollow]
Pages: [1]   Go Up