Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: 10 Kiat Menggunakan Genset Untuk Pemula Dengan Baik dan Benar  (Read 1961 times)

rafa04

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 21
    • AVR Stamford & Generator
10 Kiat Menggunakan Genset Untuk Pemula Dengan Baik dan Benar
« on: August 24, 2016, 11:25:56 AM »

Tak ada cara khusus untuk menggunakan sebuah genset, namun jika dalam keadaan tertentu dan Anda dihadapkan pada situasi harus mengoperasikan generator maka perlu waktu lama untuk mengetahui cara kerja mesin tersebut, bahkan bisa jadi Anda panik karena belum tahu langkah awal yang harus dilakukan.



Jangan khawatir, Anda bisa dipastikan bisa mengoperasikan semua jenis generator, paling tidak jika Anda bertemu dengan situasi harus mengoperasikan pembangkit listrik ini maka tak terlalu awam. Namun, Anda terlebih dulu harus mengetahui kiat menggunakan genset untuk pemula berikut ini.

1. Periksa Bahan Bakar

Sebagai tahap paling awal sebelum menyalakan sebuah generator set adalah wajib memeriksa ketersediaan bahan bakar kecuali jenis generator tanpa bahan bakar. Untuk jenis portable genset sebaiknya menggunakan bahan bakar premium. Jika kosong, isi secukupnya jangan terlalu penuh dan jangan pula terlampau sedikit.

2. Periksa Pelumas Mesin

Langkah kedua dalam kiat menggunakan genset untuk pemula adalah memastikan Oli atau pelumas terisi penuh. Umumnya menggunakan oli tipe SAE 20-40 merek apapun bisa Anda gunakan sesuai jenis mesin genset yang Anda miliki.

3. Periksa Kondisi Accu

Cara melakukan pengecekan bisa dengan melakukan start langsung, jika masih baik maka sontak mesin akan menyala, namun jika beberapa kali ditekan tetapi tidak terjadi aktivitas mesin maka bisa jadi accu kurang baik.
Lakukan pengecekan pada accu dan beberapa konektor yang berhubungan langsung dengan pembangkit mesin untuk memicu bergerak. Jika tidak ada masalah dengan konektor dan kabel maka ganti accu Anda.

4. Periksa MCB Pembebanan Listrik

Ini harus dilakukan, karena jangan sampai arus yang nantinya akan dialirkan listrik menjadi bermasalah dan akhirnya menjadi short. Termasuk kabel yang menopang beban arus listrik. Pastikan MCB panel menuju generator dan saklar PLN pada posisi OFF. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran arus yang tidak teratur dan menyebabkan kecelakaan kerja.

5. Menyalakan Genset Bensin

Setelah melakukan tahapan pengecekan beberapa komponen inti dan arus distribusi maka inilah tahapan dimana Anda harus mengaktifkan mesin tersebut. Tahapan aktivasi adalah;
- Pastikan lakukan Choke Genset sebelum dinyalakan, mengubah posisi untuk mempercepat genset menyala ketika dihidupkan.
- Posisi Choke berada dekat dengan karburator, biasanya disertai dengan logo segitiga
- Pastikan posisi tuas Choke berada di puncak logo segitiga
- Posisikan saklar mesin/ engine switch pada posisi on
- Posisikan tuas pengatur udara/ Choke pada posisi on

6. Menyalakan Genset Diesel

Hampir sama setelah semua dinyalakan dan disiapkan dengan benar, setelah semua siap maka kiat menggunakan genset untuk pemula bisa dilanjutan. Berikut tahapannya;
- Posisikan kunci kontak pada posisi ‘on’ kemudian biarkan sejenak
- Periksa voltase pada display 12V atau 24V tergantung dari accu yang dibutuhkan.

7. Pemanasan

Kiat menggunakan genset urutan ini mirip dengan ketika Anda menghidupkan kendaraan motor atau mobil, biarkan mesin melakukan pemanasa dengan sendirinya hingga 5 sampai 10 menit, hal ini juga untuk menjaga agar putaran sistem kerja mesin lebih stabil karena semua komponen dan pelumas sudah bekerja dengan sempurna. Setelah itu, Anda bisa menambahkan beban dengan menghidupkan panel yang ada secara berurutan satu-persatu.

8. Tarik Koil Perlahan

Ini adalah jenis genset mekanik, artinya untuk menghidupkan genset ini diperlukan tarikan yang kencang. Namun, sebelum melakukan penarikan kencang, Anda bisa melakukan tarikan lemah setelah terdapat beban dalam tarikan maka Anda bisa menariknya dengan kencang agar mesin menyala dengan baik.

9. Matikan Choke

Ini bisa dilakukan setelah genset menyala. Biarkan beberapa saat (5 menit pertama), dan genset dapat diberi beban. Jangan beri beban berat untuk pertama kali. Sebaiknya beban bertahap, 500 Watt, 1000 Watt, 2000 Watt dan seterusnya. Hal ini lazimn dilakukan di semua genset, baik manual starter ataupun elektrik starter.

10. Mematikan Genset

Inilah tahap akhir setelah generator ini usai digunakan, namun, hal ini juga bisa dilakukan jika terjadi sesuatu hal dan harus mematikan mesin demi keamanan. Berikut tahapannya;
- Matikan saklar MCB/ Breaker pembebanan pada posisi off
- Biarkan selama ± 5 menit agar putaran mesin generator menghabiskan gas buang
- Pastikan kontak mesin pada posisi OFF untuk tipe diesel dan bensin, manual ataupun elektrik

Beberapa tahapan ini sepertinya terlihat panjang, namun sebenarnya rangkaian ini dilakukan hanya sebentar, paling lama adalah sekitar 10 menit, sudah termasuk melakukan pemanasan awal agar putaran mesin stabil. Semoga kiat menggunakan genset untuk pemula ini bisa menjadi sara informatif Anda sehingga tak bingung ketika dihadapkan pada situasi harus mengoperasikan sebuah genset.

Sumber: ralalai(dot)com
  
Logged
Pages: [1]   Go Up