Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: 1 [2] 3   Go Down

Author Topic: Oli anda bukan TOP 1 kan?  (Read 35415 times)

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #20 on: June 06, 2008, 05:34:57 PM »

wah, repot juga kalo pake oli langka begitu  :huh:
  
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

FastNsf

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 9
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #21 on: June 08, 2008, 01:04:31 AM »

Olie synthetic bahan dasarnya PAO (Poly Alfa Olefin), bisa Ester. PAO paling bagus tapi mahal minta ampun. Kalau ga butuh spec khusus ya bahan dasar mineral sudah cukup. Kalau mau ikut Paris Dakkar Rally yah musti pakai yg bahan PAO. Kalau Olie sampe nyusut berarti kandungan airnya tinggi, sehingga waktu kena panas mesin airnya menguap trus susut plus oksidasi trus karatan. Tak kalah pentingnya adalah berapa kandungan sulfurnya. Kandungan sulfur tinggi akan menyebabkan kerak, digilas sama mesin .. seperti di amplas, trus mesin cepet rusak.
Baiknya jangan termakan iklan, dan jangan sembarangan milih olie. Bisa fatal.
SAE macam2, tergantung persyaratam mesin bisa juga karena kondisi lingkungannya. Misal untuk di antartica snowmobile butuh SAE 5W30 atau kalau perlu SAE 0W30 biar ga beku waktu diparkir lama. Di user manual kendaraan biasanya ada rekomendasinya.
Selain itu untuk bensin, diesel atau bisa dua2nya perlu memperhatikan API Service Class si olie .... Lebih jauh lagi coba tanyakan MSDS nya ada ga? MSDS = Material Safety Data Sheet.
Semoga bermanfaat.
Logged

safariban

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #22 on: June 13, 2008, 10:12:57 AM »

Mo bagi artikel aj n...ttg oli/pelumas... -_-
Pelumas yang Pas Untuk Kendaraan Anda
Banyaknya Pelumas kendaraan yang beredar di pasar memaksa konsumen untuk pintar-pintar memilih mana yang paling cocok untuk kendaraanya. Namun, kalau anda jeli, sebenarnya hanya ada dua hal yang perlu diperhatikan dengan seksama yaitu klasifikasi mutu pelumas(API Service) dan tingkat kekentalan pelumas(SAE).
Klasifikasi pelumas untuk mesin berbahan bakar bensin ditandai dengan huruf S sedangkan untuk mesin diesel(berbahan bakar solar)ditandai dengan huruf C. Klasifikasi sesuai dengan tingkat kemampuan pelumas dimulai dari yang terendah adalah SA, SB, SC, SD, SE, SF, SG, SH, SJ, dan SL(untuk mesin bensin) dan CA, CB, CC, CD, CE, CF-4, CH-4, dan CI-4(untuk mesin diesel). Pelumas yang memenuhi standar mutu ditandai dengan pencantuman kata "API Service", diikuti dengan klasifikasinya.
Pelumas dengan API Service SL lebih baik kemampuan kerjanya dari SJ. Pelumas dengan API service SJ lebih baik dari API Service SH, demikian seterusnya, yang berlaku juga bagi mesin diesel. Pelumas dengan API Service CH-4 lebih baik kemampuan kerjanya dari pelumas API Service CF-4. Oleh pembuat mesin, setiap kendaraan sudah ditentukan spesifikasi apa yang harus digunakan yang tercantum pada buku manual.
Menggunakan pelumas yang spesifikasinya lebih tinggi dari yang ditentukan oleh pembuat mesin, tidak jadi masalah. Tetapi sangat tidak disardankan menggunakan pelumas dengan spesifikasi lebih rendah dari yang ditentukan karena akan berakibat buruk pada mesin.
Untuk mengurangi gesekan dan keauan, dibutuhkan "lapisan" di antara dua permukaan yang bergerak untuk mencegah kontak langsung logam denga logam. Lapisan oli ini diperlukan dengan ketebalan yang minimum. Ketebalan lapisan oli tergantung pada kekentalan. Kekentalan adalah karakteristik yang sangat pentting dari pelumas.

Semoga bermanfaat!!....^^
safariban.blogspot.c0m
safariban.blogspot.c0m
« Last Edit: June 13, 2008, 10:19:45 AM by safariban »
Logged

senoaji

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 262
  • Lakukan saja!!!!!!!
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #23 on: June 20, 2008, 12:24:52 PM »

waw thx ya!!
Logged

pinolio

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #24 on: June 20, 2008, 12:49:15 PM »

TOP1 itu oli lokal buatan Indonesia. Mentang2 pake teknologi Amerika mereka menyebutkan oli Amerika. Hati-hati ketipu dengan iklan. Saya juga yakin TOP1 itu oli mineral, kalo oli synthetic pasti harganya mahal. Paling tidak >Rp.50.000 per liternya.
Logged

PiaL

  • Premium Member
  • Joki Balapan
  • *******
  • Reputation: 9
  • Offline Offline
  • Posts: 1,230
  • Never Give Up !!!
    • PiaL's World
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #25 on: June 20, 2008, 06:36:27 PM »

yup, setauku juga oli top 1 nggak dijual dinegara lain selain Indonesia, CMIIW  -_-
Logged


:ph34r: drive safely everyone :ph34r:

senoaji

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 262
  • Lakukan saja!!!!!!!
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #26 on: June 22, 2008, 08:59:31 AM »

hihihi ga kasian tuh kita baru aja ngancurin dagangannya orang:) yang dagang juga jangan nipu gitu lah
Logged

Shika_Nara

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 23
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #27 on: August 25, 2008, 02:28:32 PM »

testi..
dulu g pake katana taon 95, selalu pake top1, terus makin lama makin ga enak, terus turun mesin, di dalem mesinnya kata tukang bengkelnya banyak kerak tak terkira :buck2: ...
abis itu makin kacao aja tuh katana, sering mogok2 ga jelas gt aneh :uglystupid2: jadi terpaksa dijual deh...
jangan deh pake top satu, parahh..
yg bgs tuh kata nya oli pertamina aja, secara kita kan deket sama pabrik dan gudangnya, jadi ga banyak lead timenya di perjalanan di banding oli import, emang ga sebagus oli import, tapi kan harganya lbh murah, jadi lbh sering aja ganti olinya, asal SAE dan APInya sesuai aja...
tp klo emang ga punya waktu buat sering ganti oli yah pake oli import yg bagusan n mahalan aja.
IMHO & CMIIW
 ;D
Logged

0m364

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #28 on: September 22, 2008, 01:05:04 AM »

aku pake oli duron-e xl produk petro canada
meski harganya 300.000 per liter tapi drain interval sape 80.000km baru ganti oli
di indonesia untuk oli mesin dari petro canada emang gak di jual bebas (perdagangan tertutup)
untuk motor:
dihematkan hampir 2 juta
untuk mobil:
dihematkan 8.8 juta
kenapa??
karena dengan menggunakan oli ini pembakaran stabil dan normal sehingga diiritkan 10 s/d 30% untuk bensin
belum termasuk biaya perawatan, karena bisa mencapai 80.000km maka otomatis menjadikan awet di mesin, 2juta km belum turun mesin

ya kalo berminat bisa hubungi aku : 081556425099 (an: agung )
Logged

freakfun

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #29 on: September 27, 2008, 07:49:29 AM »

 sedihh deh oli saya bukan TOP 1 , :2funny:
Logged

d_LEADER76

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #30 on: October 04, 2008, 09:56:14 PM »

halo prend.....
Gw setuju ama yang pake olie duron dari petro canada....bravo....
Gw pake buat motor vega gw....n banyak temen2 gw pake di mobilnya.....bs mpe 80.000 km
dgn catetan perpack ga bocor ya.n API servis sae 15-40 SM/CJ-4?CI-4plus, buat mptor, mobil bensin, diesel,truck n bus pake cuman 1 macem oli. base oilnya 99,9% pure bisa diminum.
dimotor gw dlu pake olie yang 50rbuan bis jalan jauh pasti bau angus, ini mesin tetep panas tapi ga bau aus.
karena kerjasaya mobile.
bs di chek ke w3.petro-canada.c0m pilih produk DURON E-XL 15-40
kalo minat bisa call saya :ph34r:
Logged

d_LEADER76

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #31 on: October 04, 2008, 10:00:58 PM »

alamat w3.petro-canada.c0m
ini cuman kalo pada sayang motor lho.......
kalo motor awet kendaraan sehat kan lancar cari rejeki.....
Logged

Grecco95

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 4
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #32 on: December 05, 2008, 09:34:21 AM »

Untuk mobil pake ploduk ploduk Indonesia .. Prima XP
Untuk motor pake Castrol..

Kayaknya soal olie yang penting teratur ganti ya..
Logged

antonadr

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #33 on: December 23, 2008, 01:24:07 AM »

Memang saat ini di Indonesia belum ada ahli OLI yang bisa menjadi rujukan dalam memilih oli yang baik (maybe moga bentar lagi di Indonesia bisa mencetak AHLI2 OLI terbaik), yang saat ini ada adalah ahli mesin. Sekilas apa yang dikatakan oleh teman2 di atas tadi memang benar, bahwa patokan kita supaya bisa memilih oli yang baik adalah dari adanya tanda sertifikat pengujian oli, yang saat ini yang banyak digunakan adalah dari API (American Petroleum Institute), karena itu pilih oli yang tandanya API Service yang berbentuk "Donut" (lingkaran) dan menunjukkan grade yang tertinggi (saat ini SM untk bensin dan CJ untuk diesel), jadi jangan terkecoh hanya melihat tulisan API, karena kalau hanya tulisan saja tanpa ada gambar "Donut" itu diragukan, siapapun bisa mencantumkannya.
Di Indonesia ada Laboratorium untuk menguji oli juga yaitu CORELAB, maka dari itu jika teman2 ada yang mau meneliti oli yang saat ini digunakan (oli konvensional) maka bisa datang aja ke CORELAB untuk menguji apakah olinya masih layak pakai atau tidak. Teman saya ada yang care mengenai OLI sampai2 setelah dia menggunakan OLI DURON E XL dari PETRO CANADA dikendaraannya saat ini sudah sekitar 45.000 km belum pernah ganti OLI dan mesin kendaraannya tidak pernah rewel (hanya ganti filter udara) dan dia juga sudah menguji OLI DURON E XL tersebut di CORELAB, dengan hasil rekomendasi "OLI MASIH LAYAK PAKAI".
Maka oleh sebab itu, kita dalam memilih oli jangan didasarkan oleh saran bengkel yang notabene ahli mesin, penjual oli yang notabene merekomendasikan oli yang bagi dia keuntungannya paling gede, dan juga jangan didsarkan pada Iklan, yang notabene ARTIS itu bukan ahli OLI.

Saran saya.... PILIH OLI Yang bisa melindungi mesin sampai 2 juta km, dan dengan masa ganti oli (drain intervalnya) bisa lebih dari 40.000 km (bisa juga 80.000 km)..... makanya pakai aja OLI dari PETRO CANADA yaitu DURON E XL, yang mana dengan 300 rb / liter bisa dipakai lebih dari 2 tahun......
LUAARRRR BIAASSSAAAAAA.....
Logged

lubetec

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #34 on: June 27, 2009, 12:38:55 AM »

wah kalau menurut sy sangat riskan sekali memakai oli sampai lebih dari 20. 000 Km terutama untuk small engine dgn kapasitas oli cuma 4 liter, apakah oli filter nya akan mampuh bertahan selama itu, dan kalau mau jujur, apakah orang yg pernah pakai oli synthetic tersebut (Duron) tidak pernah menambahkan oli sama sekali selama kurun waktu yg lama tersebut? setahu saya, biasanya oli sebagus apa pun, setelah pemakaian 10. 000 KM pasti harus menambahkan 1 liter terutama kalau kita mengendarai kendaraan di jalan seperti Jakarta yg macet ini. 
Dan mengenai oli yg cepat menguap, bukan berarti oli tersebut banyak mengamdung air yg akan menguap pd suhu tinggi, tetapi karena kwalitas oli yg digunakan mutunya rendah karena mempunya flash point yang rendah.  jika dibandingkan dgn sintetik terutama PAO ( ini adalah jenis yg digunakan untuk oli mesin) tipe PAO ini memang mempunyai ketahanan terhadap panas yg sangat bagus jika di bandingkan dgn mineral base dan juga mepunyai nilai pour point yg lebih rendah dibandingkan dgn mineral base, sehingga PAO sangat baik sekali di gunakan pd negara yg punya 4 iklim terutama di daerah yg dingin sekali karena PAO base mempunyai VI yg jauh lebih tinggi di bandingkan dgn mineral base (PAO VI bisa mencapai 150-160, sedang MIneral berkisar 90-120).
Dgn perkembangan tehnologi mesin kendaraan jaman sekarang yg mengandalkan presisi untuk menghasilkan kendaraan yg irit tp jg harus bertenaga besar, maka kemampuan dr oli hrs mengikuti, yg mana itu di atur oleh API Service dan SAE.  Semakin tinggi API Service nya, semakin banyak kandungan additive nya.  dan untuk kekentalannya (SAE) kalau menurut sy bisa di sesuaikan dgn Manual booknya yg mana mereka mengikuti iklim di mana kendaraan digunakan.  tp prinsip sy semakin jauh rentang SAE nya adalah yg lebih baik sebagi contoh 15w50 lbh baik dr 20w50, 0w50 jauh lbh baik dr 20w50.
dan mengenai kwalitas, dalam membandingkan kwalitas harus apple to apple, maksudnya spt ini kita harus membandingkan oli yg memilik API service yg sama, jgn bandingkan oli dgn API SJ dgn oli API SM, ini bukan perbandingan yg adil. 
sy sebenarnya ingin bicara lebih banyak mengenai oli, tp terlalu banyak untuk di ulas satu per satu.  untuk saat ini sekian dulu dari saya mudah2an nanti sy bisa lanjutkan.
yang terpenting dalam memilih oli kalau menurut sy, pilih oli dgn merk yg sdh jelas spt Pertamina, Petronas, Conoco, Shell dan merk dunia lainnya.  dan yg lebih penting lg adalah pilih yg asli. 
Logged

bro_john

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 4
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #35 on: July 14, 2009, 02:04:51 PM »

Halo semuanya. . mau share juga nech mengenai oli duron dari canada. . .
awalnya sih saya kurang percaya dgn oli yg bisa digunakan hingga 80. 000 Km karena belum ada di indonesia. . . .
kebetulan background education saya adalah orang mesin jadi saya tahu sedikit mengenai perolian dan saya minta orang duron tsb mengirimkan ke saya semua informasi teknologi perolian petro canada lalu. . . dan sayapun mendapatkannya. . lalu saya cari-cari di internet mengenai ilmu perolian baik yg di indonesia dan di luar negeri dan juga di websitenya petro canada sendiri (w3. petro-canada@ FO)
dan informasi yang saya peroleh dari internet tsb mengatakan teknologi Hydrotreating Severe Hydrocracking da Hydroisomerization adalah teknologi yang paling mahal di dunia karena base oil yang menggunakan teknologi ini adalah masuk dalam golongan PAO (Poly Alfa Olefin) karena tidak mengandung unsur yang lain yang membuat oli menguap/berkurang. . . .
kemudoan saya mencoba nya di motor Honda Revo th 2008 saya. . . . dan saya sudah menggunakannya sejak bulan Januari 2009 dan saat ini sudah hampir 10. 000 Km dan sudah 6 bulan belum pernah service yang saya rasakan memang berbeda dgn oli biasa. . . suara mesin terasa lebih halus & akselerasi lebih bagus dari yg sebelumnya bensin saya rasakan lebih hemat 15% (lumayan) terus saya coba test suhu mesinnya dgn memegang knalpot dan mesin seperti orang olinya bilang. . . lalu saya coba tuch. . . ternyata memang lebih hangat dari sebelumnya saya coba pegang knalpot selama 2 detik. . panas sih panas ya. . . tp tangan saya ngak apa-apa ko'. . . terus minggu lalu hari jumat saya chek olinya apakah berubah warna dan apakah sudah berkrang. . . . . warna oli duronya masih kuning gelap dan masih kental bangat. . ketika saya chek belum ada bram, dan oli juga gak berkurang (tetap masih penuh sesuai jumlah kapasitas mesin). . . minggu lalu hari jumat di jl.  jend.  gatot subroto saya coba geber pake Gigi 3. . bisa tembus 85 Km/jam dan mesin masih terdengar & terasa halus. . . . itupun karena sudah 6 bulan tidak saya service. . . . munkin kalau saya service kondisinya ebih baik kali ya. . . . . .
tapi dalam minggu ini saya mau Tune Up mesin dulu, setting karburator dan bersihkan saringan udara biar mesin lebih baik lagi. . . . . .
jadi saya mau terus coba ol Duron ini apakah mampu digunakan hingga 80. 000 Km. . ? menurut saya. . . 70. 000 Km itu sudah luar biasa ya. . . . . . . !!! karena informasi yg saya baca di website petro canada sudah banyak perusahaan yg menggunakan oli duron ini. . . ada testimonialsnya lagi dalam bentuk pdf.  dan sudah dugunakan di 73 negara. . . . . sejak th 96 kl gak salah tuch. . . . . terus saya baca lagi . . ternyata petro canada adlh perusahaan yg pertama kali menghasilkan base oil termurni di dunia 99,9% th 2002 hingga saat ini blm ada yg 100%, berarti base oilnya masuk dlm golongan PAO dong. . . ??
Saya akan terus coba oli duron ini. . . nantikan informasi dari saya yang mengunakan oli duron pd motor honda Revo saya. . . . .
Logged

bro_john

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 4
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #36 on: July 14, 2009, 02:35:08 PM »

Informasi mengenai oli yang bisa digunakan hingga puluhan ribu Km ini membuat saya bertanya kenapa oli kita di indonesia tdk ada yang bisa digunakan hingga puluhan ribu Km yah. . . ? buat ajalah paling jelek 20. 000 Km ko ga ada juga sech. . . . . . ? padahal waktu saya tanya teman saya yang kuliah di New Jeland. . kalau disana mobil loe ganti oli dan Service Tune Up tiap berapa ribu km. . . terus dia jawab: "cuman 1 kali dalam setahun atau tiap 25. 000 Km" . . . o. . . gitu ya. . . . ? iya. . . . bedalah indoensia dgn luar negeri. . . teman saya bilang begitu. . .
hal ini menjadi pertanyaan bagi saya kepada oli yg beredar dipasaran kita indonesia. . . . sebenarna kenapa nech. . . . . ?
menurut saya memang benar juga ya oli sebenarnya bisa digunakan hingga puluhan ribu km kl kualitasnya memang baik dan sudah teruji di API. . . .
Sempat terlintas di pikiran saya sebuah pertanyaan. . . .
Oli yg digunakan oleh pesawat Ulang-alik luar angkasa yg pertama kali pake oli apa yah. . . . . . ko bisa dipake hingga ratusan ribu km lebih. . pulang pergi lagi. . . . berarti 1 juta km lebih dong. . . . . ?
padahal itu sudah lama sekali ya. . . . nah. . hal ini pulalah yg menbuat saya berfikir berarti sebenarnya oli dgn kemampuan bisa digunakan hingga puluhan ribu km sebenarnya sudah ada sejak puluhan tahun yg lalu. . . . cuman di negara kita indonesia tidak dipasarkan. . . . kurang menguntungkan dari sisi bisnis. . . . .
nah. . . dari logika inilah membuat saya semakin yakin dgn oli Duron ini. . . . . berarti pengusaha oli di pasaran indonesia cuman mau untung sendiri aja dong. . . tdk untung sama2. . . . . wah jadi membuat saya yakin trhdp oli duron ini. . . .
Terus timbul di benak saya. . . kenapa oli dgn kemapuan hingga puluhan ribu km tdk pernah ada di Iklan televisi atau majalah yg berbau otomotif ya. . . . . ?
saya coba tanya tuch sama orang oli duron nya. . . . . jawabnya: ya. . pastilah akan menimbulkan kontroversi mas. . . . . itu sama aja kita secara perlahan-lahan mematikan pasaran mereka secara tidak langsung. . . . . jawab saya: berarti sistem oli kita di indonesia sudah salah dari awal ya. . . . . ? wah. . kl gitu sulit juga utk merubahnya ya. . . ? paling yg mau beli oli dgn kualitas tinggi hanya orang2 yg punya uang saja dan peduli dgn perawatan. . . .
Logged

bro_john

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 4
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #37 on: July 14, 2009, 02:52:32 PM »

oli Duron yg saya pake di motor revo saya juga sudah saya saring pada saat di Km 9000 (padahal saran orang oli duron nya setelah 2000 Km lo harus disaring dulu. . . tp saya lupa hingga digunakan sejauh 9000 Km) pakai kain putih yg tebal yg halus. . supaya mengecek apakah benar tidak ada bram dari bekas gesekan dan saya gunakan juga magnet apakah ada butiran bram yg halus yg tertarik oleh magnet. . . ternyata olinya bersih dan pd magnet tdk ada bram yg tertinggal. . . . . . berarti memang benar seperti orang olinya bilang mengenai Superior Bore Polish Protection oleh Oli Duron sangat luar biasa. . . dan sudah lulus uji international pada mesin eropa amerika dan jepang. . . dia mampu meciptakan lapisan film yg baik sehingga gesekan tdk terjadi (bisa dibilang duron mampu meniadakan gesekan) gesekan antara dinding slinder dgn Piston dan ringnya. . . sehigga kerja mesin lebih halus dan sempurna. . . .
Logged

bro_john

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 4
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #38 on: July 17, 2009, 04:34:46 PM »

sebenarnya konsumen yang menggunakan  Oli Duron dari petro canada ini sudah banyak sekali terutama di daerah jawa timur, surabaya, jawa tengah karena kantor pusat Oli Duron yg merupakan importirnya ada disurabaya. . . dan bahkan sudah ada komunitas motor pengguna oli duron namanya FROMCI (Future Renewal Oil Motor Club Indonesia)  dan juga perusahaan angkutan maupun industri cuman saya dapat informasinya oli Oli produk Petro Canada ini tidak dipublikasikan secara meluas untuk menghindari kontroversi dgn produk2 lainnya yg kualitasnya di bawah Duron. . . . . .
mengenai statement oleh Bro Grecco95 yg mengatakan: "Kayaknya soal olie yang penting teratur ganti ya. . " saya bisa menyimpulkan bahwa Bro Grecco95 termasuk salah satu orang yang termakan oleh saran bengkel ataupun iklan. . . . . . coba kita pikirkan dech secara logika dan secara rasional. . . . . kenapa di indoensia tdk ada oli yg bisa digunakan begitu lama hingga puluhan ribu kilometer seperti di eropa dan amerika. . . ?? padahl di internet saya sudah cari2 informasi mengenai oli di luar negeri kebetulan saya dapat salah satu contoh oli AMS OIL yg ditest dan digunakan hingga 409. 000 Km tanpa ganti oli dan kondisi mesin masih bagus dan bukti testnya ada serta foto2nya saya download di internetdlm bentuk pdf. . . . . . berarti sebenarnya oli dgn Drain Interval hingga puluhan ribu km bahkan ratusan ribu km sudah ada sejak dulu. . . . . hanya cuman di indonesia tdk dipasarkan oleh pengusaha2 oli dinaggap kurang menguntungkan dan mereka melihat karakter orang indonesia yng suka harga murah dan gampang terpengaruh oleh iklan dan saran bengkel yg notabennya belum paham betul mengenai perolian. . . .

dan statement Bro Lubtec yg mengatakan: "Dan mengenai oli yg cepat menguap, bukan berarti oli tersebut banyak mengamdung air yg akan menguap pd suhu tinggi, tetapi karena kwalitas oli yg digunakan mutunya rendah karena mempunya flash point yang rendah.   jika dibandingkan dgn sintetik terutama PAO ( ini adalah jenis yg digunakan untuk oli mesin) tipe PAO ini memang mempunyai ketahanan terhadap panas yg sangat bagus jika di bandingkan dgn mineral base dan juga mepunyai nilai pour point yg lebih rendah dibandingkan dgn mineral base, sehingga PAO sangat baik sekali di gunakan pd negara yg punya 4 iklim terutama di daerah yg dingin sekali karena PAO base mempunyai VI yg jauh lebih tinggi di bandingkan dgn mineral base (PAO VI bisa mencapai 150-160, sedang MIneral berkisar 90-120). " boleh juga. . . tapi Bro Lubtec perlu tahu bahwa Base Oli yang di proses melalui Technologi Hydrotreating Severe Hydrocracking dan Hydroisomerization adalah base oil yg masuk dalam golongan PAO karena kemurniannya 99,9% mendekati sempurna. . berarti base oil tsb tdk mempunya kandungan yg membuat dia menguap dan Oli yg sangat murni tentu  saja sangat tahan terhadap suhu yang tinggi. . . . meningkatnya suhu mesin itu bukan hanya disebapkan oleh komponen yang begesekan tapi kandungan2 di dalam oli yg tidak murni yang membuat suhu mesin tsb semakin panas sehingga menyebapkan oli cepat mengalami breakdown dan tidak mampu melumasi dgn baik sehingga mengakibatkan suhu mesin meningkat. . . . jadi semuanya itu menurut saya terletak pada oli itu sendiri apakah dia mampu menciptakan "Crevice Volume" (lapisan film) dgn sangat baik antara dinding slinder dgn piston dan ring piston dan pada bearing dan bantalan duduk pada Crankshaft sehngga suhu mesin tetap normal ditambah lagi dgn Viscosity Indexnya yang tinggi yg mana pada suhu yg tinggi sekalipun kekentalannya tdk cepat trun secara drastis. . . . . .
Apa artinya kekentalan 20W-50 tapi kalau ternyata Viscosity Indexnya rendah. . . . . . . menurut saya tdk ada artinya oli kental-kental. . . yg paling penting adalah Flash Point dan Viscosity Index Oli intu sendiri berdasarkan hasil uji test laboratorium secara international oleh API.
Logged

HD_1607

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Re: Oli anda bukan TOP 1 kan?
« Reply #39 on: November 19, 2009, 09:27:39 AM »

gan ada yang pernah mencoba OLI BM 1? apa kelebihan dari oli BM1?
thx atas masukan nya. . .
Logged
Pages: 1 [2] 3   Go Up
 

anything