Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Poll

apakah sensor engine pada nissan xtrail yang menyala tidak bisa diperbaiki melainkan harus ganti baru pasport sensornya?

radiator
- 0 (0%)
sensor engine
- 0 (0%)

Total Members Voted: 0


Pages: [1]   Go Down

Author Topic: mobil nissan xtrail  (Read 11688 times)

karen

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 3
mobil nissan xtrail
« on: May 11, 2010, 11:47:45 PM »

pak, ikut nimbrung nih. . .  saya mau tanya karena saya awam mengenai mesin, sejarahnya xtrail saya di tune up dan ganti busi terakhir bulan 11 tahun 2009, lalu bulan maret mobil di service kilometer 90. 000km termasuk ganti oli dll dibengkel resmi nissan di puri indah.  lalu awal mei ini mobil mendadak naik temperatur dan ac menjadi panas sesudah saya tinggal mobil sebentar dalam keadaan hidup mesin dan acnya karena ada anak2 didalam.  temperatur mulai naik menjadi 3/4 lalu saya langsung bawa kebengkel terdekat ke arah pulang saya mampir ke bengkel ac, oleh mereka dicek nitrogen katanya tidak masalah, lalu mereka buka radiatornya dan diisi air radiatornya katanya hampir habis, dan mobil saya bawa pulang.  Besoknya mobil saya bawa ke bengkel terdekat dan oleh mereka radiator ditambal.  Sesudah ditambal mobil saya rasa makin tidak bertenaga  dan saya lihat tombol kuning didalam mobil menyala walau radiator sudah ditambal maka saya beli radiator baru biar lebih safety dan sayapun ke nissan di pluit, saya minta pengecekan lampu yang tetap menyala juga ganti radiatornya dengan yang baru.  Nah disinilah masalah banyak timbul, sesudah diperiksa katanya pasport sensornya musti ganti, tutup radiator musti ganti.  Sesudah diganti mereka bilang ok maka mobilpun saya kendarai dengan tenang dan saya mampir ke supermarket.  Sesudah belanja saya stater rasanya mobil suaranya kasar dan bergetar, selama ini tidak pernah sekalipun seperti itu.  Singkat cerita sampai dirumah mobil tidak saya pakai sampai pagi keesokan harinya. 
Pada saaat distater mobil kembali bergoncang2 dan bunyinya kasar lalu hilang selama beberapa menit kemudian.  Singkat cerita siang pas jemput anak, mobilnya saya parkir dan sekembalinya ke mobil saya stater2 mobil tidak mau menyala lagi sampai berkali2 saya stater dan icon 3 termasuk sensor yg kemarin diganti, oli dan accu semuanya menyala, mobil tidak menyala sampai beberapa kali, karena panik saya segere menelepon nissan pluit.  teknisi datang dan bilang accu tidak apa2, awalnya bilang businya kering tapi bukan merk nissan jadi masalah dan sumber tidak dapat ditemukan.  Lalu beberapa waktu kemudian mereka bilang dibawah busi ada air dan mungkin karena kepanasan waktu dulu sehingga bocor masuk kedalam dan perlu turun mesin untuk membetulkannya.  Apakah benar demikian pak? Saya bahas dengan teman2 mereka bilang kemungkinan rekayasa dari bengkel agar kita bolak balik sehingga mereka mendapatkan income lebih.   :huh:Karena saya protes ke mereka kenapa kemarinnya nggak dicek juga kalo ada unsur kepanasan, dan apa hubungan dengan sensor yang menyala itu, nissan pluit bilang tidak ada hubungan kebetulan, lalu juga stater tersebut selama saya pakai tidak pernah sekalipun tidak menyala bahkan pada saat belum diperbaiki di nissan puri semuanya ok dan lancar2 saja.  Katanya juga kebetulan dan tentang mesinnya tidak dicek lagi karena tidak ada perintah dari saya selaku konsumen, Harusnya pihak bengkel lebih tau kenapa radiator musti ganti kalo memang tidak ada masalah.  Pihak mereka harusnya lebih tau apa saja yang musti diperiksa karena kita bukan orang mesin.  Tolong infonya ya pak.  Terima kasih sebelumnya.
 :huh:
  
Logged

noeg

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 262
Re: mobil nissan xtrail
« Reply #1 on: August 25, 2010, 09:56:44 AM »

Pak saya ikut prihatin dengan apa yang bapak alami dengan "orang bengkel" tersebut. Memang harus kita akui (saya adalah teknisi otomotif), banyak teman-teman sejawat saya yang karena tidak tahu, tetapi tidak berani mengatakan tidak tahu.
Saya sendiri tidak memahami secara detail untuk merk Nissan, namun, menurut saya memang awalnya kerusakan tersebut adalah akibat kebocoran radiator, sehingga menimbulkan overheat, dan kaena mobil bapak sudah menggunakan ECU (komputer), yang bekerjanya berdasarkan sensor-sensor, maka secara keseluruhan sistem Engine sehingga kondisi seperti sekarang ini.
Khusus untuk turun mesin, memang bisa jadi akibat panas yang berlebih, mengakibatkan kondisi yang menyebabkan air masuk ke ruang mesin, dan bercampur dengan oli. indikasinnya mudah, dari Oil Cap (tutup oli) bisasanya menempel cairan yang berwarna seperti kopi susu (itu merupakan indikasi oli tercampur air), buka Oil Plug (baut tap oli) dan amati oli mesin yang keluar.

Semoga pengalaman Bapak tidak menyebabkan Bapak apriori terhadap profesi mekanik / teknisi otomotif.
Terima kasih
Logged

karen

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 3
no problem
« Reply #2 on: August 25, 2010, 04:04:49 PM »

 :P no problem anymore. . . . . . . . . . . . .
Logged
Pages: [1]   Go Up