Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: maw diskusi tentang TURBOCHARGE or SUPERCHARGE masuk sini!!!  (Read 14865 times)

AUTOFEVER

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 6
maw diskusi tentang TURBOCHARGE or SUPERCHARGE masuk sini!!!
« on: December 09, 2007, 09:14:59 PM »

yg maw diskusi tinggal replies aj siapa taw saya atow teman2 yg lain bisa menjawab Thx
  
Logged

mansetha

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 49
Re: maw diskusi tentang TURBOCHARGE or SUPERCHARGE masuk sini!!!
« Reply #1 on: January 21, 2008, 10:12:04 AM »

Sebagai referensi...

Turbocharger (TC) dan Supercharger (SC) sama-sama erat hubungannya dengan penambahan tenaga. Tetapi sebenarnya ada perbedaan orinsip pada kedua peranti ini.

Untuk meningkatkan tenaga mesin .TC dan SC adalah dua system yang seringkali di pakai. Meskipun sering di sebut,tak urung muncul keracunan mengartikan keduanya .
Menurut Society of Automotive Engineers (SAE), TC berfungsi menambah tekanan dan keperekatan dari cairan – dalam hal ini campuran udara dan bensin – yang masuk ke ruang baker mesin bensin. Untuk itu digunakan kompresor yang digerakan turbin melalui pemanfaatan tenaga dan tekanan gas sisa pembakaran. Bila mengacu pada kamus bahasa otomotif, supercharger adalah sebuah kompresor yang bekerja secara mekanis, digerakan puli crankshaft dengan bantuan tali pengerak (belt driven).

Di sisi lain, ada kesamaan dalam prinsip dasar unjuk kerjanya. Turbocharger (dan Supercharger) berfungsi seperti pompa uang menambah tenaga mesin piston dengan cara memberi tekanan kebih besar pada udara tambahan ke dalam stiap silinder. TEkanan yang di hasilkan kompresor di peroleh berkat bantuan sepasang gigi nanas dengan putaran berlawanan arah. Penambahan tekanan udara tadi berhubungan langsung dengan peningkatan perbandingan kompresi. Pemasangan turbo atau super charger pada mesin standar bias meningkatkan performa hingga 50% tanpa perlu menambah kapasitasnya.

Kelebihan supercharger ialah tersedianya tenaga seketika (instant power) pada putaran mesin rendah. Sehingga tidak terjadi kesenjangan waktu antara tekanan pedal gas dan reaksi mesin seperti pada Turbocharger. Soalnya, supercharger langsung menghasilkan tekanan ketika mesin dihidupkan.

Sayangnya,selian berat bentuknya pun banyak menyita kompartemen mesin. Peranti ini juga akan terus berfungsi walaupun pengemudi tidak memerlukan tenaga tambahan sehingga pemakaian bahan baker lebih boros. Untuk mengatasi kekurangan tersebut saat ini di temukan jalan keluarnya dengan memasang kopling elektronik yang akan mengerakan supercharger pada putaran tertentu. Supercharger terbaru ini sudah di gunakan Mercedes SLK.

Dalam pengukuran kekuatan tekananya. Supercharger memilii satuan berbeda walau ada kesepakatan mengacu pada Pounds-persquare-inch (Psi), tapi di eropa umumnya ukuran tekanan supercharger memakai satuan Bar, Sementara di arena Indycar dikenal istilah iches of boost, kependekan dari Inches of mercury manifold boost pressure.

Turbocharger sendiri memanfaatkan tekanan gas buang untuk memutar kipas atau turbin di dalam rumah turbocharger berbentuk mirip sudut (keong). Oleh sebuah poros, kipas atau turbin di hubungkan ke kipas atau turbin dihubungkan ke kipas kompresor yang di pasang di sebelah lain dari rumah turbo charger. Beberapa kelebihan turbocharger disbanding supercharger antara lain bobotnya ringan, dimensinya kecil sehingga memudahkan penempatanya. Turbo juga tidak membutuhkan suplai bahan baker lebih banyak dalam pemakaian normal, karena hanya memanfaatkan gas buang.

Dibalik keunggulanya turbocharger pun memiliki kekurangan yang kerap dijumpai, turbo-lag. Yakni, keterlambatan reaksi karena ada jeda waktu ketika pedal gas di tekan sampai tercapainya tekanan gas buang yang cukup memutar turbin. Untuk menghindari kelemahan ini, banyak pabrikan memilih memasang dua unit turbo kecil yang tidak membutuhkan tekanan tinggi dan dapat bereaksi lebih cepat sekaligus mampu memompa udara lebih banyak sehingga meperbaiki daya akselerasi. Tapi cara tersebut tidak selalu menjadi pilihan utama. Toyota misalnya, memasang dua turbo yang berbeda kemampuanya. Sebuah turbocharger kecil berfungsi sebagai pemicu akselerasi pada putaran rendah. Lalu saat mesin mencapai putaran tinggi, Fungsi turbo kecil tadi diambil alih turbo yang lebih besar. Sistem ini dikenal dengan nama sequential turbocharger . Yang perlu menjadi perhatian suhu pelumas mesin turbo umumnya lebih tinggi sehingga pemakaian oli perlu di jaga secara teratur.

Karena itu ,dalam perkembangan fungsi dan kebutuhanya, turbo dan supercharger modern di lengkapi intercooler yang biasanya di pasang pada posisi yang berhubungan langsung dengan aliran udara dari luar di bawah bemper atau tepat di balik kap mesin. Udara yang di keluarkan dari saluran buang mesin menuju ke saluran masuk turbo atau supercharger, mempunyai suhu tinggi yang akan terus menghasilkan tenaga maksimal termperatur udara yang amat tinggi sering membuat kipas, turbin dan rumah turbo jadi membara.
Itu sebabnya udara panas tadi dialirkan lebih dahulu ke intercooler. Disini, udara panas tadi dialirkan melewati kisi-kisi intercoler yang dilapisi water jacket untuk didinginkan .

dari forum sebelah.... :rolleyes:
Logged

senoaji

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 262
  • Lakukan saja!!!!!!!
Re: maw diskusi tentang TURBOCHARGE or SUPERCHARGE masuk sini!!!
« Reply #2 on: June 22, 2008, 11:26:40 AM »

thx infonya...
Logged

bedoel

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Re: maw diskusi tentang TURBOCHARGE or SUPERCHARGE masuk sini!!!
« Reply #3 on: February 21, 2009, 02:46:22 PM »

allow aku lg ngerjain skripsi ni.mo tes dyno tapi gak ada objeknya:( kalo ada mobil bensin yang pake turbo mo dites dyno bisa hub di no 085225035982 wawan.thanx
Logged

noeg

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 262
Re: maw diskusi tentang TURBOCHARGE or SUPERCHARGE masuk sini!!!
« Reply #4 on: March 10, 2009, 02:19:46 PM »

Bagaimana cara menghitung kebutuhan turbo jika tujuan akhir untuk meningkatkan torsi ?? (bukan power)
Saya butuh utk modifikasi truck
Trims
Logged

earthmover48b

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 3
Re: maw diskusi tentang TURBOCHARGE or SUPERCHARGE masuk sini!!!
« Reply #5 on: May 27, 2009, 12:31:55 PM »

dengan berkembangnya teknologi dalam dunia automotif. untuk jenis mobil keluar baru kebanyakan mereka udah menggunakan ECU sebagai otak. bilamana kt mau ngganti/menambah turbo atau supercharger. temen2 jgn lupa untuk menyesuaikan setting ECU nya untuk menghasilkan tenaga yg maksimal. :ph34r:


Logged

happyghost

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2
Re: maw diskusi tentang TURBOCHARGE or SUPERCHARGE masuk sini!!!
« Reply #6 on: September 15, 2009, 10:22:14 PM »

saya mau tanya apa saja yang harus disiapkan untuk memasang turbo selain turbo kit nya itu sendiri ?
Logged

earthmover48b

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 3
Re: maw diskusi tentang TURBOCHARGE or SUPERCHARGE masuk sini!!!
« Reply #7 on: September 16, 2009, 10:48:09 AM »

Quote from: happyghost link=topic=711. msg18265#msg18265 date=1253028134
saya mau tanya apa saja yang harus disiapkan untuk memasang turbo selain turbo kit nya itu sendiri ?


menurut saya turbo kit itu sendiri udah cukup tapi kalau mau hasil yang maksimal mesti up-grade intercooler, fuel pump dan air intake. 
Logged

happyghost

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2
Re: maw diskusi tentang TURBOCHARGE or SUPERCHARGE masuk sini!!!
« Reply #8 on: September 16, 2009, 10:53:56 PM »

trima kasih atas jwbnnya tp saya mw nanya lagi nih? turbo banyak memakai sistem pendingin oli, apakah oli yg dpakai pendingin turbo tsb memakai oli mesin juga?
Logged

noeg

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 262
Re: maw diskusi tentang TURBOCHARGE or SUPERCHARGE masuk sini!!!
« Reply #9 on: August 25, 2010, 03:18:31 PM »

Sebetulnya bukan pendingin oli, namun turbo membutuhkan pelumasan pada poros impelernya, dimana putaran poros tersebut sangat tinggi. Paling mudah dengan cara mencabang nepel switch oli untuk melumasi poros tersebut.
Logged

mink

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 8
Re: maw diskusi tentang TURBOCHARGE or SUPERCHARGE masuk sini!!!
« Reply #10 on: November 05, 2010, 10:01:04 PM »

klo bwat ningkatin torsi pke super charger aj, tp efek sampingnye m'nambah beban mesin. . 
Logged
Pages: [1]   Go Up