Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Menghilangkan Bau Apek di Kabin Mobil  (Read 5647 times)

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Menghilangkan Bau Apek di Kabin Mobil
« on: March 15, 2007, 11:11:07 AM »

Ada kalanya mobil kesayangan menimbulkan bau tak sedap dan apek, yang tentu saja mengganggu kenyamanan berkendara. Sebaiknya hal ini tidak dianggap sepele, mengingat bau tersebut juga menjadi salah satu pertanda tumbuhnya jamur di dalam kabin.

Bau apek bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti serpihan makanan, tumpahan minuman, selepas berkendara di genangan air yang tinggi sehingga mengenai karpet, dan lain-lain. Bila hal ini terjadi, berikut adalah beberapa hal yang patut dilakukan.

1. Periksalah area yang terkena basah, seperti jok mobil atau karpet. Demikian pula pada bagian langit-langit kabin dan AC untuk mencari sumber bau, sehingga memudahkan Anda untuk langkah selanjutnya.

2. Jika terdapat area basah pada jok mobil dan karpet, segera bersihkan dengan air bersih dan keringkan secara sempurna, bila perlu gunakan pengering rambut. Jemurlah karpet di bawah sinar matahari -- bila perlu selama beberapa hari -- untuk menghilangkan bau sekaligus mencegah timbulnya jamur pada bagian ini.

3. Ketika membersihkan jok mobil, air yang digunakan jangan terlalu banyak agar memudahkan proses pengeringan. Lagipula, air yang terlalu banyak dan tidak kering sempurna dapat menyebabkannya lembap, sehinga menimbulkan bau apek. Perawatan jok mobil ini harus disesuaikan dengan jenis jok yang digunakan.

4. Kebersihan pada bagian AC juga patut diperhatikan, mengingat bagian ini pun tak luput dari gangguan jamur. Untuk kebersihan lubang AC, gunakanlah kapas basah (bisa menggunakan alkohol) untuk mengelap debu-debu yang menempel. Hal ini pun demi kenyamanan saluran pernafasan Anda.

5. Bukalah jendela dan pintu mobil saat udara cerah, untuk mengeluarkan sisa-sisa bau apek dalam kabin. Jika bagian bawah karpet basah, lapisilah dengan menggunakan koran selama dijemur. Jemurlah selama 2-3 jam.

6. Taburkanlah bubuk kopi di atas lapisan koran dan biarkan selama semalaman penuh. Bubuk kopi tersebut berguna untuk menyedot bau apek dalam mobil, sekaligus menggantikannya dengan aroma yang menyegarkan indera penciuman.

7. Sebagai sentuhan terakhir, gunakanlah pengharum mobil dengan aroma yang mampu memberi kenyamanan maksimal bagi Anda saat berkendara.


Sumber: Kompas
  
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...
Pages: [1]   Go Up
 

anything