Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: masalah kelistikan motor sanek ( mocin )  (Read 22829 times)

tohatono

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 7
masalah kelistikan motor sanek ( mocin )
« on: March 28, 2007, 02:37:30 PM »

kepada : mekanik/all,forum otomotif.

motor sanek,akinya sering kering.kalo kelamaan dibiarin cdi entar mati.indikasinya lampunya malah terang baget.gimana ngatasinya ya.mohon dibalas di toha_the_best@yahoo.co.id

terima kasih.
  
Logged

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: masalah kelistikan motor sanek ( mocin )
« Reply #1 on: April 03, 2007, 09:38:39 AM »

Uda ganti aki ga? Kemungkinan besar kiproknya rusak. Coba aja ke bengkel trus cek kiproknya.
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

tohatono

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 7
Re: masalah kelistikan motor sanek ( mocin )
« Reply #2 on: April 08, 2007, 05:47:09 PM »

sebelom nya makaseh atas balasanya .
aku udah pernah ganti aki,terus udah ganti kiprop juga.Tapi enggak bertahan lama.klo masalah spull pengapian ma pengisian pengaruh nggak yah ?
klo bisa tolong di kasih tau cara ngetes kiprop,spull pengapian dan pengisian.
sekali lagi terima kasih atas perhatianya.
Logged

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: masalah kelistikan motor sanek ( mocin )
« Reply #3 on: April 11, 2007, 10:07:11 AM »

Pasang asesoris yang pake aki ga? Alarm? Lampu tambahan?
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

tohatono

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 7
Re: masalah kelistikan motor sanek ( mocin )
« Reply #4 on: April 12, 2007, 08:50:19 PM »

Terima kasih kembali,atas blsnya.

Untuk motor sanek ni,aku nggak masang aksesoris apapun.Masalahnya seandainya ditambah aksesoris takutnya akin nya malah nggak kuat,kan klo aki tekor tuh pengalaman ku,entar yang diserang cdi nya (pasti jebol ).

Sekalian nanya mas,apa bener klo pake pertamax bikin knalpot ama tangki keroppos.
Logged

bmoer

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 11
Re: masalah kelistikan motor sanek ( mocin )
« Reply #5 on: November 16, 2007, 11:14:25 PM »

mas Toha, motor sanexnya tipe apa?, model bebek atau matic?, saya juga punya sanex matic. kalo air aki berkurang dalam waktu yang agak lama, sepertinya wajar deh di motor, memang harus dikontrol, tapi kalo cepat keringnya, artinya pengisian terlalu besar ( over charge ) , jadi air akinya terlalu panas, dan menguap melalui lubang nafas di tutup aki..., biasanya overcharge ini akibat kiproknya rusak/mati, ciri-cirinya lampu terlalu terang dan kalo sering dibawa RPM tinggi bohlam lampu sering putus, kalo lama dibiarin supply listrik ke CDI terlau tinggi ( sanex kebanyakan memakai CDI AC, supply listriknya dari Sepul pengisian ke kiprok ( regulator ) terus ke input listrik 12v CDI ) akibatnya CDI mati. Kiprok sanex memang kurang baik, saya biasanya ganti dengan kiprok orisinil honda supra, lebih tahan lama. jadi air aki juga jangan sampai kurang mas, sebab kalo akinya rusak/ tidak bisa ngisi, kiproknya jadi panas, dan cepat mati. kalo untuk sepul nya, untuk sanex 4 tak biasanya sama dengan milik honda grand, saya ganti dengan yg imitasi saja cuma 45 ribu, sudah lengkap termasuk pick up coilnya. kalo untuk sanex matic yang 2 tak, agak repot tuh kayanya, saya belum dapet yang sama modelnya, biasanya saya gulung ulang saja di tukang dinamo. 

Kadang sesudah ganti kiprok milik Supra, kiproknya memang kuat ngga mati-mati tapi kalo digeber rpm tinggi, kadang-kadang lampu dekatnya yg putus, kadang saya cari jalan pintas dengan merubah supply listrik untuk lampu utama, diambil langsung dari aki. selama pengisian aki bagus, aki ngga akan tekor kok, cuma jangan lupa matikan lampu waktu berhenti karena selama saklar lampu masih on, lampu akan terus menyala walaupun kunci kontak off. Kalo kelupaan aki bisa tekor.

O..ya, sebaiknya sebelum mem vonis CDI mati, sebaiknya periksa soket-soket supply listrik ke coil mas, karena seringkali soketnya kendor, atau kotor, juga periksa percikan api dengan melepas kepala busi mas, kadang dua komponen ini yg sering bermasalah, dan terlihat seperti CDI nya yg mati.
Logged

yusdi

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
Re: masalah kelistikan motor sanek ( mocin )
« Reply #6 on: January 22, 2008, 10:33:50 PM »

masalah kayak gini apa berlaku buat motor lain..soalnya motorku ud 3 kali kejadian kayak gini...

kalo RPM agak tinggi lampu semakin terang,n lama2 putus....

3 kali aku cek kebengkel mulai dari bengkel resmi ampe montir kenalan temenku...

montirnya selalu bilang : kiproknya bermasalah/akinya bermasalah/sepul bermasalah

3 kali koq ga bener2? emang sih dulu akinya pernah beberapa bulan aku copot...

jadi sebenernya apa yg rusak?

tolong solusinya....

tq b4

nb: motorku kawasaki ninja 2003
Logged

noeg

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 262
Re: masalah kelistikan motor sanek ( mocin )
« Reply #7 on: March 13, 2008, 10:44:14 PM »

Cara ngecek regulator-rectifier (bahasa bengkel = kiprok) dalam kondisi terpasang :
Pakai multitester, posisi DC V
1. + tester pada kabel merah, - tester pada kabel hijau (masa body), coba geber gas,
    penunjukan volt meter tidak boleh melebihi 13,8 V, kalau diatas itu, berarti rusak,
    itu yang membuat aki mendidih, dan airnya sering habis / kering.

Set multitester pada AC V
+ tester pada kabel kuning, - tester pada kabel hijau / masa body, geber gas, penunjukan tidak boleh lebih dari 13,8 V diatas itu, regulator jebol, itu yang membuat lampu jadi terang buanget.

Kalau mau mengganti dengn kiprok honda grand, cermati posisi kabelnya,
pengalaman saya, motcin posisi socketnya ngaco.

Kalau terminal kiprok menghadap kita, posisi kiri atas dapat kabel merah, kiri bawah kabel putih, kanan atas kabel kuning, kanan bawah kabel hijau.

Gambarnya akan saya susulkan... (kalau bisa).

Semoga bisa membantu
Logged

Kang Nunu a.k.a Sphere

  • Global Moderator
  • Supir Pribadi
  • *****
  • Reputation: 8
  • Offline Offline
  • Posts: 946
  • In The Mercy of God
Re: masalah kelistikan motor sanek ( mocin )
« Reply #8 on: March 14, 2008, 10:20:29 AM »

Ditunggu gambarnya yah bro neog...
Logged
Hati-hati! ForumOtomotif.com dapat menyebabkan kecanduan.
Gunakan sesuai dosis dan baca aturan pakai...

noeg

  • Supir Taksi
  • ***
  • Reputation: 7
  • Offline Offline
  • Posts: 262
Re: masalah kelistikan motor sanek ( mocin )
« Reply #9 on: March 17, 2008, 11:28:59 AM »



Ini gambar untuk HONDA GRAND, SUPRA, GL PRO dan MAX CDI 
Urutan kabel :
- merah menuju terminal positif accu, arus DC
- Kuning dari spull penerangan, arus AC
- Putih dari spull pengisian, arus AC
- Hijau menuju massa atau negatif accu

semoga bermanfaat.   

.  .  .  .  koq gambarnya gak muncul ya ??? (Gambar sudah diperbaiki oleh Moderator)
coba lihat di http: i274.  photobucket.  com/albums/jj267/liek_no/regulator-rectifier.  gif
« Last Edit: March 24, 2008, 01:53:11 PM by Kang Nunu a.k.a Sphere »
Logged

tohatono

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 7
Re: masalah kelistikan motor sanek ( mocin )
« Reply #10 on: March 21, 2008, 03:48:31 PM »

Makacih atas saran-saran nya. . . Mocin gw sekarang udah agak mending-an.  Air aki nya udah gak kering lagi. . . Coz kipropnya udah aku ganti punya Vespa n kayaknya kipropnya lebih tahan terhadap arus yang tinggi. . he. . he. . hee.  Terus CDI nya pake punya Gl-Pro. :) Yang jadi masalah sekarang,mungkin gak seh klo sistem kelistrikan nya diganti dengan sistem kelistrikan Honda Grand ? Terus misal nya apa saja yang harus diganti ?
Logged
Pages: [1]   Go Up