Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Beberapa Masalah di AC Mobil Yang Sering Terjadi  (Read 320 times)

DokterMobil2000

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 74
  • SPESIALIS AC & MESIN TANPA BONGKAR MESIN. AC Mobil
    • http://www.doktermobil.com
Beberapa Masalah di AC Mobil Yang Sering Terjadi
« on: October 15, 2016, 01:35:24 PM »

Beberapa Masalah di AC Mobil Yang Sering Terjadi – Merupakan hal yang sangat wajar apabila dalam penggunaan AC Mobil memiliki beberapa kendala. Beberapa diantara masalah di AC mobil bisa dikarenakan faktor cuaca, faktor usia mobil atau faktor kelalaian pemilik mobil yang kurang teliti dalam melakukan perawatan pada mesin AC. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah AC mengeluarkan udara yang bau. Udara bau yang keluar dari AC ini biasanya diakibatkan karena evaporator dan bagian penyaring udara dalam mesin memiliki banyak kotoran yang menumpuk, sehingga mengakibatkan bakteri berkembang biak di dalam mesin yang mengakibatkan udara menjadi bau. Filter yang rusak juga disebabkan karena jamur dalam mesin berkembang dengan subur. Hal ini akan mengganggu kenyamanan pemilik mobil dalam menggunakan mobil. Ada baiknya untuk membersihkan bagian penyaringan, kipas AC, dan kelengkapan dari evaporator yang lainnya. Selain itu ada anda juga bisa meletakkan pengharum udara di dalam mobil untuk mengharumkan mobil.

Masalah di AC mobil selanjutnya adalah ketika AC yang tidak dingin tetapi mesin AC tetap bekerja. Hal yang perlu kita lakukan adalah dengan mengecek keadaan dari magnetic cluth, salah satu komponen yang penting untuk membuat udara yang dihasilkan oleh AC tetap dingin. Oleh karena itu, pastikan magnetic cluth dalam keadaan tidak rusak. Evaporator yang kotor dapat menyebabkan AC menjadi tersumbat dan cepat rusak. Kipas pada evaporator juga harus diperiksa apakah dapat bekerja dengan baik, sehingga tidak mengganggu ruang jalan udara evaporator. Apabila kondensor pada AC mobil rusak atau tersumbat benda lain yang menghambat aliran udara, segera ganti atau perbaiki kondensor supaya tetap dapat membantu kompressor dalam melepas panas.

Adanya air yang menetes di dalam mobil karena AC mobil yang rusak juga menjadi sebuah masalah di AC mobil yang cukup mengganggu pemilik mobil. Mobil menjadi lebih lembab, bahkan jika parah bisa mengakibatkan bagian dalam mobil tergenang air. Ini bisa diakibatkan oleh banyaknya air yang dihasilkan oleh evaporator pada mesin AC mobil. Ada baiknya anda menservice mobil anda dan meminta pegawai bengkel untuk membuatkan sebuah bak penampung untuk menampung air sisa embun pada bagian evaporator. Bagian penampung embun yang berisi air ini biasanya ditambahi dengan selang yang berfungsi untuk menyalurkan air sisa embun ke luar mobil. Akibatnya banyak air yang keluar dari bagian bawah pada mobil. Bak penampung air ini harus secara rutin anda periksa kebersihannya. Karena bak penampung yang bocor dan banyak debu yang terkumpul akan membuat saluran air tersumbat. Selain itu, selang air yang secara tidak sengaja tertekuk juga mengakibatkan air dari bak tumpah ke lantai mobil.

Ada baiknya juga anda memeriksa komponen yang ada dalam mesin, seperti cairan pelumas AC mobil yang membantu mesin untuk bekerja dan tidak membuat mesin menjadi aus, evaporator yang memiliki fungsi untuk menyaring panas, receiver sebagai alat penyaring kotoran dalam AC mobil, kondensor untuk melepaskan panas, katup ekspansi yang menjadi jalan keluarnya refrigerant, kompresor dan magnetic cluth yang fungsinya sebagai jembatan penerus tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Anda dapat memperbaikinya secara pribadi atau anda juga bisa  membawa mobil anda ke Dokter Mobil yang akan membantu anda mengatasi masalah di AC mobil secara cepat hanya dengan waktu pengerjaan satu jam dan tanpa perlu melakukan pembongkaran pada mesin AC, serta dilengkapi dengan fogging pada evaporator yang mencegah AC anda mengeluarkan bau yang menyengat. Selamat mencoba!

"Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya"
  
Logged
Phone : 0812 8348 2641
Whatsapp : 0838 9140 1743
BBM : d57537d5

Our Instagram : haritsaksesoris
Our Twitter : haritsaksesoris
Our FansPage : @bengkelmobilabc
Pages: [1]   Go Up