Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Beberapa Penyebab Dan Solusi AC Mobil Hidup Temperatur Naik  (Read 283 times)

DokterMobil2000

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 74
  • SPESIALIS AC & MESIN TANPA BONGKAR MESIN. AC Mobil
    • http://www.doktermobil.com
Beberapa Penyebab Dan Solusi AC Mobil Hidup Temperatur Naik
« on: October 19, 2016, 09:32:43 AM »

Beberapa Penyebab Dan Solusi AC Mobil Hidup Temperatur Naik – AC adalah salah satu penunjang kenyamanan paling penting dalam mobil Anda. Dengan adanya AC, Anda tidak perlu merasa kepanasan di dalam mobil.

Tapi jika saat AC mobil hidup temperatur naik bukannya hawa sejuk yang nyaman yang akan Anda rasakan. Sebaliknya anda akan merasa kepanasan dan gerah sehingga mau tak mau seringkali harus membuka kaca jendela.

Faktor utama mesin mobil menjadi panas saat AC hidup disebabkan karena extra fan yang fungsinya untuk mendinginkan dan membuang panas kondensor AC sedang dalam kondisi mati atau tidak hidup. Hal lain yang dapat terjadi jika extra fan AC mobil Anda tidak berputar atau mati, selain mesin menjadi panas AC mobil juga menjadi sulit dingin. Perlu diperhatikan bahwa apabila temperatur sudah sangat tinggi pada mobil anda, mesin harus segera dimatikan.

Hal ini karena jika Anda memaksa mesin hidup terus, bisa timbul akibat yang berbahaya.

Temperatur panas pada mesin mobil dapat disebabkan oleh beberapa hal, apabila AC mobil hidup temperatur naik maka ada hubungannya dengan AC Anda.

Salah satu  penyebab mesin temperature naik pada mobil Anda adalah radiator bisa saja ada kebocoran pada slang, thermostat, water pump dan fan yang tidak bekerja secara normal.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi naiknya temperatur pada mobil.

    1. Anda dapat memeriksa kondisi radiator mobil anda, cek apakah air radiator ada dalam kondisi penuh.
    2. Segera tambah apabila air di dalam radiator kurang, periksa pula kisi-kisi dan tutup radiator pastikan tidak ada kebocoran, jangan lupa juga memeriksa slang radiator mobil Anda.
    3. Pastikan ia jauh dari kemungkinan adanya klem yang kurang kencang atau adanya pecah.
    4. Kedua hal ini akan membuat kondisi temperatur mobil Anda panas pada saat AC dinyalakan. yang juga perlu Anda periksa apabila  AC mobil hidup temperatur naik adalah tank radiator.
   5. Cadangan air di penampungan radiator harus selalu cukup dan tidak kotor. anda juga perlu mempertimbangkan untuk menambah Long Life Cooland pada tank radiator Anda.

Jangan lewatkan juga memeriksa water pump mobil Anda apabila Anda mengalami AC mobil hidup temperatur naik, pengecekan water pump dilakukan dengan cara melihat dari bawah kendaraan. apabila memungkinkan naikkan kendaraan anda dan periksa dari bawah apakah ada lubang angin di bawah pada bagian water pump. Apabila Anda menemukan kebocoran atau air keluar dari lobang tersebut segera ganti dengan water pump yang baru. Extra fan mobil Anda juga perlu Anda perhatikan.

Fungsi extra fan adalah untuk mendinginkan kondensor AC pada mobil anda sehingga membantu agar temperatur tidak naik pada saat AC dihidupkan. Posisi extra fan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda mendinginkan dan membuang panas kondensor, jika meletakkan extra fan di depan kondensor AC mobil Ia akan meniupkan angin dingin dari arah depan ke kondensor, jika meletakkan extre fan di belakang, extra fan dan radiator akan berdampingan membuang panas radiator dan kondensor.

ada juga jenis mobil yang menggunakan lebih dari satu kodensor atau mobil yang menggunakan motor cooling fan yang bekerja ekstra.

Kesimpulannya temperatur yang naik pada saat Anda menyalakan AC mobil Anda dapat disebabkan oleh beberapa hal dan penanganannya dapat dilakukan melalui beberapa hal juga, temukan penyebab dan solusi AC mobil hidup temperatur naik yang paling tepat bagi Anda.

"Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya"
  
Logged
Phone : 0812 8348 2641
Whatsapp : 0838 9140 1743
BBM : d57537d5

Our Instagram : haritsaksesoris
Our Twitter : haritsaksesoris
Our FansPage : @bengkelmobilabc
Pages: [1]   Go Up