Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Cari Tahu Instalasi AC Mobil  (Read 268 times)

DokterMobil2000

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 74
  • SPESIALIS AC & MESIN TANPA BONGKAR MESIN. AC Mobil
    • http://www.doktermobil.com
Cari Tahu Instalasi AC Mobil
« on: October 19, 2016, 01:11:19 PM »

AC mobil saat ini bukan lagi menjadi aksesoris mobil dan sebaiknya kita tahu akan instalasi AC mobil kita sendiri agar kita mampu memperbaiki sendiri saat waktu yang mendadak kita harus memperbaiki AC mobil kita sendiri.

Dengan mengenal instalasi AC mobil kita, kita akan lebih tahu bahwa sesungguhnya kita tidak perlu repot repot mengeluarkan uang untuk membawa mobil kita ke bengkel dimana bayaran untuk bengkel sangat mahal dengan kondisi AC mobil yang kerusakannya mungkin tidak begitu parah. Nah, untuk itu, kita bisa mempelajari sedikit tentang instalasi yang ada di mobil kita khususnya tentang AC sendiri.

Berbicara tentang instalasi AC mobil, di dalam mobil, pada umumnya instalasi AC di dalam mobil mempunyai enam komponen utama yang penting dalam instalasinya. Enam komponen utama itu adalah filter, compressor, pressure switches, condenser, blower & evaporator dan expansion valves. Dari ke enam komponen ini, semua dari mereka sangat penting dalam instalasi AC di dalam mobil.

Jika salah satu mengalami kerusakan, otomatis proses kerja AC di mobil akan terganggu sehingga tidak bisa bekerjsa seperti yang seharusnya. Memang, bagi mereka yang tidak mengetahui tentang otomotif, mungkin ini akan membingungkan sekali. Namun, tidak ada salahnya untuk belajar lagi demi kenyamanan dalam berkendara terlebih lagi dengan mobil sendiri.

Setelah mengetahui instalasi AC mobil, mungkin anda akan bertanya tanya tentang bagaimana cara kerja AC mobil itu sendiri. Nah, jika anda memiliki pemikiran demikian, anda termasuk orang yang cerdas dimana anda akan mencari tahu apa yang menjadi jalan terbaik dalam mempelajari instalasi AC untuk mobil ini.

Tentang proses kerja AC di mobil, semua tergantung pada tombol switch on dan off. Saat anda menyalakan tombol AC di mobil anda, secara otomatis bagian magnet clutch akan mempengaruhi compressor dalam menekan udara yang bersuhu panas dan freon ke bagian condenser. Di dalam condenser inilah, perubahan suhu terjadi dari panas ke dingin.

Setelah udara dingin, udara akan berjalan ke blower dan evaporator dimana suhu udara yang sudah menjadi dingin tersebut dikeluarkan ke dalam ruangan mobil. Secara terus menerus, udara yang panas di sekitar condenser akan terus diserap dan diproses menjadi lebih dingin. Inilah yang menyebabkan mengapa tidak sedikit mobil yang meletakan condenser di dekat radiator dengan tujuan untuk membantu pendinginan radiator.

Nah, setelah tahu instalasi AC mobil dan proses kerjanya, anda akan mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana memperbaiki atau mengganti bagian yang menyebabkan AC mobil anda tidak berjalan dengan baik. Tentang Freon, kita juga harus mengetahui ini karena Freon adalah bahan yang digunakan untuk mengubah suhu udara menjadi dingin. Tanpa Freon, udara yang diserap di condenser tidak akan berubah menjadi dingin seperti yang seharusnya terjadi.

Perawatan, ini yang seharusnya dilakukan oleh orang yang mempunyai mobil. Perawatan yang baik akan menyebabkan AC mobil akan menjadi awet dan tahan lama. Nah berikut ada beberapa tips untuk merawat AC mobil kita.

Yang pertama adalah membersihkan condenser.
Dengan membersihkan condenser, kotoran yang menghambat akan hilang dan proses pendinginan akan lebih lancar.

Yang kedua

pembersihan evaporator dengan sikat khusus akan membuat suhu AC akan tetap sejuk. Tidak membuka kaca mobil saat AC bekerja juga sangat baik untuk memperingan kinerja kompresor. Nah, semoga informasi instalasi AC mobil ini bermanfaat bagi anda.

"Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya"
  
Logged
Phone : 0812 8348 2641
Whatsapp : 0838 9140 1743
BBM : d57537d5

Our Instagram : haritsaksesoris
Our Twitter : haritsaksesoris
Our FansPage : @bengkelmobilabc
Pages: [1]   Go Up