Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Penyebab AC Mobil Bau Dan Cara Mengatasinya  (Read 270 times)

DokterMobil2000

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 74
  • SPESIALIS AC & MESIN TANPA BONGKAR MESIN. AC Mobil
    • http://www.doktermobil.com
Penyebab AC Mobil Bau Dan Cara Mengatasinya
« on: October 24, 2016, 09:44:40 AM »

Bengkel Ac Mobil – Air Conditioner atau AC yang bau menjadi salah satu keluhan para pengendara mobil. Lalu apakah yang menjadi penyebab dari AC yang bau tersebut? Pada umumnya masalah tersebut berkaitan dengan kebersihan baik di dalam kabin mobil maupun bagian – bagian AC. Seperti yang telah diketahui, ruangan yang menggunakan AC lebih cenderung tertutup dan siklusnya berputar terus menerus sehingga jika ada bau tercium di dalamnya, maka bau tersebut tidak akan hilang. Bau apek atau asam yang keluar ketika anda menghidupkan AC tentu sangat mengganggu kenyamanan anda saat berkendara, oleh karena itu jangan sekali – sekali meremehkan masalah bau pada AC mobil anda meskipun hanya tercium samar – samar saja.

Jika berbicara mengenai penyebab AC mobil bau, maka ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya. Meskipun telah dijelaskan di atas bahwa bau tersebut sangat erat kaitannya dengan kebersihan kabin dan kebersihan sistem pendingin itu sendiri. Nah pada kesempatan kali ini, Dokter Mobil sebagai specialist service AC mobil Kelapa Gading Jakarta Utara akan sedikit memberikan gambaran mengenai beberapa penyebab AC mobil bau tersebut. Berikut ini penyebabnya :

  • Kabin yang kotor dan berbedu menjadi salah satu penyebab AC menjadi bau. Apalagi jika ada sisa makanan atau bangkai binatang seperti kecoa, cicak dan lain sebagainya, maka bau tersebut akan semakin parah. Untuk itu pastikan anda membersihkan secara rutin bagian kabin mobil anda.
  • Evaporator yang kotor dan berlendir juga dapat menyebabkan bau yang tidak sedap muncul ketika anda menyalakan AC mobil anda. Evaporator yang kotor tersebut disebabkan karena ada kotoran dan debu yang terhisap ketika siklus pendinginan terjadi dan menempel pada evaporator. Sama seperti pada kabin, bangkai binatang – binatang kecil yang masuk ke dalam evaporator juga menjadi salah satu kasus yang sering terjadi.
  • Evaporator yang bocor juga menjadi salah satu penyebab AC mobil bau tersebut. Namun bau yang keluar adalah bau freon dan ketajaman bau tersebut tergantung dengan seberapa parah kebocoran yang terjadi pada evaporator.

Nah setelah anda mengetahui Penyebab AC Mobil Bau, maka anda tentunya dapat melakukan pencegahan untuk menghindari masalah tersebut mengganggu perjalanan anda. Untuk mencegah debo, kototran atau bangkai binantang kecil masuk ke dalam evaporator anda, sangat dianjurkan bagi anda untuk menggunakan filter kabin. Filter kabin adalah semacam saringan yang berguna untuk mencegah debu dan kotoran termasuk bangkai binatang kecil tersedot oleh blower dan masuk ke dalam evaporator. Pemasangan filter kabin ini terbukti efektif dalam menjaga kebersihan siklus pendinginan pada AC mobil. Yang harus diingat adalah filter kabin perlu dibersihkan secara berkala dan diganti jika masa pakainya telah habis.

Beberapa kebiasaan yang tidak baik seperti merokok di dalam kabin ketika AC dinyalakan dan membuka jendela pada saat perjalanan juga dapat menyebabkan kabin menjadi kotor dan pada akhirnya akan menyebabkan bau tak sedap pada AC anda. Perhatikan pula pemilihan parfum untuk mobil anda, parfum dengan kualitas yang buruk dan dengan kadar alcohol yang tinggi juga dapat menyebabkan AC mobil berbau asam. Untuk itu selalu gunakan parfum yang dibuat khusus untuk mobil sehingga aman bagi AC mobil anda. Itulah sedikit gambaran mengenai penyebab AC mobil bau yang mungkin dapat membantu masalah pada AC mobil anda. Semoga bermanfaat.

"Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya"
  
Logged
Phone : 0812 8348 2641
Whatsapp : 0838 9140 1743
BBM : d57537d5

Our Instagram : haritsaksesoris
Our Twitter : haritsaksesoris
Our FansPage : @bengkelmobilabc
Pages: [1]   Go Up
 

anything