Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Faktor AC Mobil Tidak Berfungsi dengan Baik  (Read 224 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Faktor AC Mobil Tidak Berfungsi dengan Baik
« on: October 26, 2016, 11:20:56 AM »



AC atau air conditioning merupakan sistem pendingin yang telah diketahui dengan jelas kegunaannya. Saat ini AC telah menjadi suatu kebutuhan khususnya untuk para pengendara mobil, pasalnya dengan adanya AC yang terpasang membuat udara di dalam kabin lebih sejuk, terutama jika berkendara saat kemacetan disertai dengan udara yang panas. Tak bisa dibayangkan betapa pentingnya peran AC dalam rangkaian mobil.

Saat mengendarai mobil tak selalu kenyamanan yang sering kita dapat, segala kerusakan dari rangkaian mobil kadang sering terjadi dimanapun dan kapanpun, begitu pula dengan AC mobil Anda, tak selamanya AC mobil akan bekinerja dengan baik tanpa menimbulkan sedikit masalah. Hal ini tentu membuat para pengendara sensitif. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui gejala-gejala AC yang akan mengalami kerusakan beserta faktor yang membuat kinerja AC menurun.

Tanda-tanda AC akan mengalami kerusakan :

  • AC yang tidak menyala
    Tak beroperasi saat dinyalakan. Gejala ini tak bisa langsung dijadikan penyebab terjadinya kerusakan. Maka dari itu kenali penyebabnya dengan memeriksa sambungan listrik dari AC apakah terdapat masalah atau tidak, misalnya pada sekring. Jika merasa tak ada masalah kenali penyebab lain yang mungkin berasal dari relay, kabel magnetic clutch, motor blower atau komponen elektrikal AC lainnya.
  • Udara AC yang tidak optimal
    Salah satu gejala AC akan mengalami kerusakan ialah udara AC yang mendadak tidak dingin. Hal ini disebabkan karena berkurang atau habisnya freon AC yang terjadi karena adanya kebocoran pada sistem AC. Kerusakan ini dapat menjalar ke tahap yang lebih beresiko, untuk menghindari kerusakan yang akan lebih merugikan Anda, lekaslah menindak lanjuti masalah ini.
  • Suara AC yang berisik
    Tanda-tanda lain rusaknya AC Anda ialah terdengar suara yang bising dari AC mobil. Hal ini menandai bahwa kompresor AC telah mengalami kerusakan. Kerusakan kompresor AC dapat disebabkan karena berkurangnya kompresor oli atau buruknya kondisi bearing, penyebab lain ialah terjadinya keausan pada piston maupun silinder dari kompresor AC tersebut. Untuk menghindari hal semacam ini, teraturlah dalam memeriksa kondisi kompresor AC mobil Anda.

Untuk mengetahui faktor lainnya, silahkan kunjungi blog.belionderdil.co.id



  
Logged
Pages: [1]   Go Up