Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Memahami dengan Benar Apa itu Suku Cadang Genuine dan Aftermarket  (Read 255 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95



Setiap penggila otomotif terutama mobil, pasti selalu sadar akan pentingnya memilih kualitas suku cadang bagi mobilnya. Kualitas dari suku cadang itu sendiri yang terkadang menjadi faktor penentu tingkat ketahanan serta performa mobil saat dikendarai. Namun, masih banyak pula para pengendara yang kerap menanyakan apa itu Genuine Parts maupun Aftermarket Parts ketika mereka dihadapkan dengan pilihan suku cadang yang akan digunakan pada mobil mereka.

Kali ini BeliOnderdil akan memberikan informasi menarik seputar pengenalan lebih lanjut mengenai Genuine Parts dan Aftermarket Parts, dan apa yang membedakan kedua jenis suku cadang tersebut.

 

Genuine Parts

Kata Genuine berasal dari bahasa inggris yang artinya ‘asli’. Dalam dunia perdagangan suku cadang, Kata Genuine ini memang sudah tidak asing lagi. Suku Cadang atau yang biasa dikenal dengan onderdil adalah komponen dari mesin yang dicadangkan untuk perbaikan atau penggantian bagian kendaraan yang mengalami kerusakan. Suku cadang merupakan bagian penting dalam manajemen logistik dan manajemen rantai suplai. (©Wiki)

Dari penjelasan tersebut, kita bisa memberi penjelasan bahwa Genuine Parts adalah suatu komponen rangkaian mobil yang terdapat logo produsen mobil di produk tersebut layaknya sebuah produk official. Ini tidak berarti produk tersebut sebenarnya dibuat oleh produsen mobil, sering kali dibuat oleh perusahaan yang berbeda tetapi logo produsen mobil tetap ditambahkan. Produk Genuine ini tetap dikatakan asli karena bahan material dan pabrik pembuatnya adalah sama, hanya saja nama atau logo dari produsen mobil terkait tertulis di produk tersebut.

 

Aftermarket Parts

Aftermarket Otomotif adalah pasar sekunder industri otomotif, yang bersangkutan dengan produksi, daur-ulang, distribusi, ritel, hingga instalasi semua bagian kendaraan, bahan kimia, peralatan, dan aksesoris, serta komponen mobil lainnya oleh produsen asli (OEM) kepada konsumen. Dengan adanya suku cadang aftermarket, pengendara mobil bisa mendapatkan berbagai macam pilihan untuk menangani, merawat, dan mengatur komponen mobil mereka (©Wiki)

Lain halnya dengan suku cadang Genuine, Aftermarket Parts merupakan suku cadang yang dibuat oleh perusahaan lain yang secara langsung menggantikan produk aslinya, perusahaan Aftermarket membeli haknya untuk memproduksi barang-barang dari OEM atau Genuine Parts, dengan merubah sedikit beberapa tampilan. Untuk produk aftermarket memang lebih murah dibandingkan produk genuine.

 
dan, apa saja perbedaan suku cadang genuine dan after market lainnya, silahkan kunjungi blog.belionderdil.co.id sekarang juga.
  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything