Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Mengisi Air Radiator Mobil? Lakukan Sendiri!  (Read 285 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Mengisi Air Radiator Mobil? Lakukan Sendiri!
« on: October 26, 2016, 02:14:23 PM »



Radiator merupakan salah satu komponen penting dari sistem pendingin mesin mobil dimana berfungsi untuk mendapatkan temperatur yang sesuai agar dapat mendukung kinerja mesin yang optimal dengan perannya sebagai pendingin suhu pada mesin.

Jangka pemakaian radiator perlu diperhatikan, umumnya setiap jarak 20.000 km Anda disarankan untuk mengganti air radiator agar tetap bersih dan tidak mampet.  Perawatan radiator perlu dilakukan secara berkala. Untuk mengetahui kondisi air radiator, apakah sudah keruh atau tidak, Anda dapat melihatnya melalui lubang di bagian atas radiator.

Cara pengisian atau penggantian air radiator yang mudah dapat Anda lakukan sendiri di rumah, hal ini tentunya mengurangi keluarnya biaya berlebih jika Anda mengisinya ke bengkel terdekat.

Dikutip dari MekanikMitsubishi.com, berikut ini cara-cara yang harus Anda lakukan untuk mengisi air radiator :

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah memastikan bahwa mesin mobil sedang dalam kondisi dingin, hal ini bertujuan agar tidak mencelakai tangan ketika melakukan pengisian air radiator.
  • Langkah berikutnya ialah membuka penutup lubang radiator dan baut tempat pembuangan air radiator yang masing-masing terletak di bagian atas dan bawah radiator. Diamkan sejenak sampai air radiator telah terbuang seluruhnya. Pastikan saat melakukan proses ini mesin mobil Anda dalam keadaan menyala agar tak ada air yang tersisa atau air terbuang sepenuhnya di sistem pendingin.

Baca selengkapnya di blog.belionderdi.co.id
  
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything