Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Cara Mudah Mengganti Filter Udara Mobil  (Read 279 times)

BeliOnderdil

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 95
Cara Mudah Mengganti Filter Udara Mobil
« on: October 26, 2016, 02:52:27 PM »



Filter udara atau Air filter merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi mobil dimana berfungsi untuk mencegah masuknya udara kotor ke dalam ruang pembakaran. Dengan adanya filter udara yang melekat dengan mesin mobil, tak ada udara kotor yang masuk, untuk itu sistem pembakaran akan beroperasi dengan sempurna dan membuat kinerja mobil semakin optimal.

Pada dasarnya, setiap pemakaian pasti ada jangka waktu yang dimiliki, sama halnya dengan filter udara, apabila semakin sering kendaraan digunakan maka filter udara akan semakin kotor dimana akan menganggu proses pembakaran dan membuat performa kendaraan menurun.

Untuk waktu pembersihan filter udara, dapat dilakukan tiap mobil menempuh jarak 1000 sampai 5000 km, sedangkan penggantiannya ketika mobil menempuh jarak 20.000 km dengan aktivitas pencucian 5 kali. Namun, Anda juga harus menyelaraskan dengan kondisi lingkungan atau medan jalan yang dilalui. Pembersihan dan penggantian filter udara lebih sering dilakukan apabila Anda melewati jalan dengan lingkungan yang sangat berdebu. (© mobilku.org)



Jika filter udara Anda sudah melebihi jangka waktu pemakaian, berikut ini ialah cara mengganti filter udara dengan baik dan benar :
  • Pada dasarnya, penggantian filter udara mudah untuk dilakukan. Bagi Anda yang masih awam atau belum pernah mengganti filter udara secara pribadi, Anda dapat membaca buku panduan mobil atau berkonsultasi ke bengkel terdekat mengenai letak filter udara pada mobil Anda.
  • Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah mengamankan mobil dengan memarkirkannya dengan menggunakan rem parkir atau rem tangan. Atur gigi mobil ke gigi pertama khusus untuk pengguna transmisi manual.
  • Pertama-tama buka kap mesin mobil, kemudian lepaskan kap mesin beserta tuas di dalam mobil. Pasang batang prop (besi penyangga) untuk mengangkat dan menahan kap mobil.

Dan untuk 6 cara lainnya Anda dapat baca selengkapnya di blog.belionderdil.co.id
 


 

  
Logged
Pages: [1]   Go Up