Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Manual  (Read 254 times)

DokterMobil2000

  • Supir Angkot
  • **
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 74
  • SPESIALIS AC & MESIN TANPA BONGKAR MESIN. AC Mobil
    • http://www.doktermobil.com
Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Manual
« on: November 02, 2016, 10:53:52 AM »

    Banyak orang mengatakan bahwa memiliki mobil dengan transmisi manual akan lebih mudah dalam hal perawatan dibandingkan dengan mobil dengan transmisi otomatis atau A/T. Namun bukan berarti Anda boleh menyepelekan penggunaan transmisi pada mobil manual. Banyak orang tidak sadar jika menginjak pedal kopling tidak pada tempatnya bisa membuat kerja dari kopling menjadi lebih berat. Ujung-ujungnya kopling akan mengalami kerusakan. Bahkan jika tidak segera disadari, maka kerusakan ini akan membutuhkan biaya perawatan yang besar.
    Beberapa kesalahan yang sering tidak sadar dilakukan oleh para pengemudi mobil manual yang akhirnya membuat pedal transmisi bermasalah antara lain yaitu:

[LIST=1]
  • Sering menekan pedal saat melambatkan kendaraan,
  • Menekan kopling dengan posisi setengah atau full saat berada dalam kondisi jalanan menanjak,
  • Tanpa sadar menekan pedal kopling karena berada di sisi kiri kaki kita, dan beberapa hal lain.


Beberapa hal diatas bisa membuat banyak akibat. Diantaranya yaitu minyak kopling jadi berkurang, Kabel kopling yang mengarah pada gigi perseneleng mengendur dan lama-lama bisa putus. Dimana akhirnya pedal kopling terasa keras dan terkadang tidak bisa kembali ke posisi semula.

Karena itulah, meskipun terlihatnya sepele tapi tapi Anda harus rutin melakukan cek rutin atas kondisi kopling. Untuk perawatan rutin ini sendiri, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan sendiri. seperti mengecek jumlah minyak kopling di tempat penampungannya. Jika sudah berwarna keruh berarti waktunya diganti. Atau jika jumlahnya sudah berada di bawah batas minimal berarti and perlu curiga ada masalah lain terhadap kopling tersebut.

Ketika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan hal diatas, memang lebih baik melakukan cek rutin ke bengkel mobil langganan. Tapi pastikan bengkel yang berkualitas karena terkadang ada beberapa bengkel yang salah mendiagnosa kerusakan pada kopling. Sehingga ada yang seharusnya diganti tapi tidak diganti dan sebaliknya. Untuk itu cari saja bengkel mobil yang teknisinya bisa dipanggil ke rumah sehingga kita juga bisa mengawasi pekerjaannya tanpa harus membuang waktu. Adapun yang direkomendasikan adalah Dokter Mobil yang berada di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya"
  
Logged
Phone : 0812 8348 2641
Whatsapp : 0838 9140 1743
BBM : d57537d5

Our Instagram : haritsaksesoris
Our Twitter : haritsaksesoris
Our FansPage : @bengkelmobilabc
Pages: [1]   Go Up