Indonesian Automotive Community

Please login or register.

Login with username, password and session length
Advanced search  

News:

Daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum posting ke forum.

Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Carbon Cleaning Pengusir Kerak Carbon & Cara Hemat BBM Mobil  (Read 1457 times)

DokterMobilIndonesia

  • Penumpang Bis
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Carbon Cleaning Pengusir Kerak Carbon & Cara Hemat BBM Mobil
« on: November 03, 2016, 04:32:05 PM »

Kondisi kendaraan yang sudah cukup berumur (10 tahun keatas) biasanya sering mengalami pemborosan dalam hal penggunaan bahan bakar. Biasanya hal ini terjadi karena disebabkan oleh banyak hal, mulai dari setelan mesin yang kurang tepat hingga pada terdapatnya kerak carbon pada ruang pembakaran mesin yang merupakan sisa-sisa pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Seperti kita ketahui, untuk bahan bakar dengan oktan rendah, kemungkinan terdapat sisa hasil pembakaran yang tidak sempurna cukuplah tinggi.

 

Bila Anda cukup paham dengan kondisi mesin kendaraan serta memiliki peralatan bengkel yang lengkap, tentu pada waktu luang kondisi ini bisa sedikit diotak-atik dengan mengatur setelah mesin ke posisi paling tepat. Namun bila kita kurang mengerti tentang permesinan kendaraan serta terbatasnya peralatan untuk mengotak-atik mesin, tentu bengkel adalah solusi yang paling tepat. Untuk mengatasi kondisi seperti ini, biasanya bengkel akan:

 

Melakukan tune up atau mengatur settingan mesin pada kondisi yang ideal sehingga sistem akselerasi, kopling serta tarikan gas bisa efektif dan bertenaga ketika digunakan,
Memberikan cairan cleaner pada ruang mesin agar kerak atau kotoran yang mungkin tersisa dalam ruang pembakaran bisa terbuang maupun larut,
Bila kerak ini sudah tidak mungkin lagi dibersihkan, biasanya bengkel akan memberi saran untuk membuka mesin bagian atas sehingga bisa dibersihkan kerak-kerak yang mengganggu tersebut.
 

Proses membuka ruang pembakaran mesin ini sering dinamakan sebagai overhaul yang bagi sebagian orang tentu akan cukup memberatkan karena biaya yang diperlukan untuk mengerjakan proses ini bisa dibilang mahal. Namun tentunya demi mendapatkan kondisi kendaraan yang kembali maksimal, baik dari segi tarikan gas hingga pada efektivitas konsumsi bahan bakar, biasanya kita akan langsung mengiyakan saran dari pihak bengkel tersebut. Padahal saat ini sudah terdapat sebuah cara yang cukup efektif dan berbiaya terjangkau untuk mengatasi kondisi tersebut.

Cara dimaksud adalah dengan menggunakan metode carbon cleaning yang apabila dilihat dari bahasanya saja sudah dapat diartikan sebagai metode pembersihan karbon. Selain lebih terjangkau dalam prosesnya, metode ini tidak lagi mengharuskan kendaraan Anda dibuka ruang pembakaran mesinnya sehingga tidak sampai overhaul. Adapun cara dari metode ini biasanya sebagai berikut:

 

Kondisi mesin harus dipanaskan terlebih dahulu, kemudian matikan mesin dan seluruh kelistrikan kendaraan,
Bagian busi pada mesin dilepas kemudian mulai dimasukkan cairan khusus pembersih kerak karbon melalui lubang busi tersebut hingga ukuran tertentu,
Setelah cairan dalam ruang pembakaran kembali tersebut didiamkan selama kurang lebih 15 menit, maka cairan disedot dan pasti sudah banyak kerak yang rontok ataupun terbawa oleh cairan khusus tersebut.
 

Dengan bersihnya ruang pembakaran dari kerak-kerak karbon sisa pembakaran yang bisa mengganggu kinerja dari pergerakan mesin itu sendiri, maka sudah pasti rasa tarikan serta kehematan penggunaan bahan bakar akan lebih terasa seperti ketika Anda baru membeli kendaraan. Tentu hal ini secara tidak langsung juga akan mempengaruhi umur kendaraan Anda.

Penggunaan peralatan tertentu untuk meningkatkan performa kendaraan, juga bisa saja dilakukan asalkan peralatan tersebut telah teruji dan memiliki kualitas terbaik. Seperti penggunaan alat JS One electric power booster yang akan mampu mengembalikan performa kendaraan mulai dari efektivitas kelistrikannya, meningkatnya kemampuan perangkat kendaraan seperti lampu, ac dan lainnya pada tahap maksimal serta yang paling menarik adalah penggunaan bahan bakar yang bisa lebih efisien dan tentu saja hemat.
  
Logged

bimo

  • Tukang Ojek
  • *
  • Reputation: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 16
    • rental mobil
Re: Carbon Cleaning Pengusir Kerak Carbon & Cara Hemat BBM Mobil
« Reply #1 on: November 28, 2016, 03:22:07 PM »

Kalo ane sih nyebutnya spray karbu bukan carbon cleaning, tapi sebenernya sama aja sih wkwkkww. Kalo ini sih memang wajib digunain ya apalagi tiap service mobil, memang sih abis make spray karbu jadinya tarikan lebih enteng dan mesin mobil lebih josss, karena semua debu dan kotoran bakal ilang.
Logged
Pages: [1]   Go Up
 

anything